Gaji Kurir Lazada Rider & Mobil: Tunjangan, Sistem Kerja & Pendaftaran

Ayu Triworo 31 Jan 2022 5 Menit 0

Bekerja di salah satu ecommerce terbesar di Asia Tenggara, berapa sih sebetulnya gaji kurir Lazada LEL Express? Apakah gajinya setara dengan gaji kurir Shopee Express atau malah lebih besar?

Sebagai marketplace besar, tentu Lazada tidak sembarangan dalam membayar honor bagi karyawannya. Ditambah trend belanja online yang semakin tinggi, gaji kurir diperkirakan semakin meningkat dan akan terus naik seiring waktu. Nah, lantas berapa sih total pendapatan kurir pengiriman di Lazada Express?

Jangan kemana-mana, jawab rasa penasaran kalian melalui artikel berikut!

Berapa Gaji Kurir Lazada Express?

Jika membahasa soal gaji kurir di ekspedisi Lazada Express terbagi dalam dua jenis yaitu:

  1. gaji untuk kurir motor
  2. gaji untuk kurir mobil

Berbeda dengan gaji kurir ID Express, JNE atau jasa ekspedisi lainnya, gaji pokok kurir Lazada tidak ditentukan per bulan. Sistem gaji kurir Lazada ditentukan per hari dan dibedakan untuk kurir motor dan mobil.

Selain itu, gaji juga tidak berdasarkan UMR/UMK daerah mesipun dalma praktiknya besaran bisa sangat bervariasi di tiap daerah.

Untuk pendapatan rata-rata kurir motor per hari adalah Rp 175 ribu. Sementara kurir mobil mendapatkan upah sebanyak Rp 367 ribu per hari. Dengan masing-masing kewajiban pengiriman sebanyak 25 paket per hari.

Upah harian tersebut merupakan gaji pokok yang sudah mencakup uang operasional seperti tunjangan bensin, makan, kehadiran serta pulsa. Tapi baru upah minimal dan belum termasuk bonus insentif paket dan tunjangan tahunan.

Sistem Gaji, Rincian & Perhitungan

Penghasilan kurir di Lazada sebetulnya tidak sebatas pada gaji pokok harian saja. Baik kurir motor / rider maupun kurir mobil mendapatkan gaji dengan kategori sebagai berikut:

  • Gaji pokok harian (Rp 175.000= kurir motor & Rp 367.000= mobil) untuk pengiriman 25 paket per hari, termasuk juga uang bensin, kehadiran dan pulsa.
  • Asuransi kecelakaan ataupun kematian sebesar Rp 120.000 yang dipotong dari gaji tahunan (setahun sekali) + garansi 1 tahun.
  • Bonus pengiriman paket jika melebihi target pengiriman sebesar Rp 5.000 per paket.
  • Bonus tahunan menyesuaikan kinerja kurir masing-masing.

Dari rincian slip gaji kurir Lazada di atas, maka gaji kurir Lazada perbulan bisa di atas UMR. Bahkan melebihi gaji kurir Ninja Express yang masih standar upah minimum.

Biar semakin jelas, mari lihat ilustrasi perhitungan gaji kurir baik rider (sepeda motor) maupun kurir mobil berikut ini.

Rincian Gaji Kurir Sepeda Motor (Rider) Lazada

Estimasi pendapatan rider Lazada dalam sehari bisa mencapai Rp 175.000 untuk pengiriman 25 paket (minimal). Dengan patokan ini, maka total gaji kurir Lazada per bulan adalah:

Rp 175.000 x 25 = Rp 4.375.000 / bulan

Gaji di atas belum termasuk bonus pengiriman di atas 25 paket sebesar Rp 5.000 per paketnya dan bonus tahunan dna lain-lain.

Rincian Gaji Kurir Mobil Lazada

Sementara pendapatkan kurir mobil per hari bisa mencapai angka Rp 367.000 untuk pengiriman 25 paket. Total pendapatan pokok sebulan yaitu:

Rp 367.000 x 25 = Rp 9.175.000 / bulan

 

Jumlah gaji tersebut sudah termasuk uang operasional tapi belum mencakup bonus tambahan, asuransi dan bonus tahunan. Jika kurir bisa mengirim paket lebih banyak, akan ada bonus tambahan sebanyak Rp 5.000 per paket.

Jika diakumulasi dengan uang tunjangan dan lain-lain, tidak menutup kemungkinan total gaji mitra kurir Lazada untuk rider bisa melebihi Rp 5 juta. Sementara kurir mobil bisa meraih penghasilan sampai Rp 1 jutaan per bulan. Cukup fantastis bukan?

Gaji kurir Lazada LEX di Sejumlah Kota

Ohya, walaupun tidak mengikuti UMR daerah, penghasilan kurir Lazada bisa berbeda-beda tiap daerah, menyesuaikan peraturan wilayah setempat. Jadi, gaji kurir di Karawang, Bandung, Bogor tentu beda dengan gaji di Makassar, Jakarta ataupun Surabaya.

Lebih lengkapnya silakan simak tabel rincian pendapatan kurir Lazada di berbagai kota besar berikut.

  • Yogyakarta

Jogja dalam Kota

Jogja Luar Kota

  • Gaji rider motor: Rp 100.000 per hari x 25 = Rp 2.500.000 per bulan.
  • Gaji kurir mobil: Rp 310.000 per hari x 25 = Rp 7.750.000 per bulan.
  • Gaji rider motor: Rp 120.000 per hari x 25 = Rp 3.000.000 per bulan.
  • Gaji kurir mobil: Rp 407.000 per hari x 25 = Rp 10.175.000 per bulan.
  • Medan
Halaman Selanjutnya
Ingat ya, ulasan gaji di...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.