10 Jenis Packing Barang yang Aman untuk Pengiriman Paket

Hanif 02 Aug 2023 5 Menit 0

Memilih jenis packing barang yang sesuai dengan paket adalah salah sau hal penting ketika ingin mengirim barang.

Di dalam proses logistik, tahap packing adalah suatu hal yang krusial dan dapat membuat paket lebih terlindungi dan menambah kepuasan pelanggan.

Oleh kaena itu, mari kita ulas 10 jenis packing barang yang paling aman untuk digunakan dalam pengiriman paket. Pahami jenis-jenis packing yang akan memberikan perlindungan terbaik bagi barang-barang Anda.

ADVERTISEMENT

Pentingnya Memilih Jenis Packing yang tepat

Memilih jenis packing yang tepat sangatlah penting, karena menentukan banyak faktor, diantaranya keamanan barang, kepuasan pelanggan, dan branding.

a. Keamanan dan Perlindungan Barang

Utamanya, tujuan dari packing adalah untuk melindungi barang yang dikirim dari kerusakan. Dengan packing yang tepat, barang yang dikirim dapat terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama proses pengiriman, seperti guncangan, benturan, hingga perubahan cuaca.

b. Kemudahan Handling Barang

Jenis packing yang tepat juga dapat membantu dalam proses pengiriman barang. Misalnya barang elektronik yang besar akan sulit diangkat jika hanya menggunakan kardus polos. Beberapa pabrikan menyertakan bolongan pada kardus nya yang bisa digunakan sebagai handel untuk mengangkat barang tersebut.

Begitu juga barang lain yang berbentuk bola, seringkali membutuhkan packing kardus agar tidak menggelinding dalam pengiriman.

ADVERTISEMENT

c. Kepuasan Pelanggan

Menerima paket yang terjaga dengan baik tentu memberikan pengalaman positif bagi pelanggan. Ini penting, terutama di era e-commerce saat ini, di mana kebanyakan transaksi berlangsung secara online dan pengiriman barang menjadi bagian penting dari proses pembelian.

ADVERTISEMENT

d. Branding

Packing juga bisa menjadi sarana efektif untuk branding. Sebuah packing yang menarik dan representatif bisa menjadi titik pertama interaksi fisik antara pelanggan dengan produk atau brand Anda.

Jadi, memilih jenis packing yang tepat bukan hanya soal bagaimana cara melindungi barang selama pengiriman, namun juga bagaimana packing tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjadi media promosi efektif untuk brand Anda.

ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Packing Barang

Jenis jenis packing barang untuk paket

Ketika di kantor logisitik, disamping packing kardus yang paling banyak dijumpai, mungkin kamu juga menjumpai beberapa packing barang lain, kan? Berikut beberapa jenis-jenis packing barang yang bisa digunakan untuk berbagai jenis barang.

1. Packing Kardus

Kardus adalah bahan packing yang paling sering digunakan karena mudah didapat dan cukup aman untuk berbagai jenis barang. Kardus memiliki berbagai ukuran dan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman. Biasanya digunakan untuk mengemas buku, elektronik, dan barang-barang rumah tangga lainnya.

Bahan kardus sendiri juga bermacam macam. Ada yang berbentuk kotak karton yang berkesan premium dan mewah, lalu ada juga kardus corrugated yang memiliki struktur penguat. Tidak jarang, potongan kardus juga diselipkkan sebagai sekat.

2. Packing Bubble Wrap

Bubble wrap berfungsi untuk melindungi barang dari benturan dan goncangan. Bubble wrap sangat efektif untuk barang yang rentan pecah seperti kaca, keramik, dan elektronik. Biasanya, bubble wrap digunakan bersamaan dengan bahan packing lain seperti kardus.

3. Packing Foam Wrap

Foam atau busa biasanya digunakan untuk barang-barang yang memiliki bentuk tidak biasa atau yang membutuhkan proteksi tambahan terhadap benturan. Foam seringkali digunakan untuk melindungi perangkat elektronik, peralatan medis, dan barang-barang seni.

4. Packing Styrofoam

Styrofoam, atau busa polistirena, adalah bahan packing yang sangat populer terutama untuk barang-barang yang rapuh atau mudah pecah. Bahan ini memiliki kemampuan isolasi yang baik dan dapat menyerap benturan dengan baik, menjadikannya pilihan yang ideal untuk melindungi barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan produk kaca. Selain itu, styrofoam juga ringan sehingga tidak menambah beban berat secara signifikan.

5. Packing Plastik

Plastik sering digunakan sebagai bahan packing karena sifatnya yang fleksibel dan tahan air. Plastik bisa digunakan dalam berbagai bentuk, seperti box thinwall, container box, stretch film yang digunakan untuk mengamankan palet, atau plastic wrap untuk melindungi barang dari debu dan kotoran. Barang seperti buku, pakaian, dan produk non-pecah biasanya cukup aman dikirim dengan bahan packing plastik.

Simak bagaimana cara membungkus paket dengan kresek. Dengan teknik yang tepat, packing ini bisa membuat barang jadi rapi!

6. Packing Kertas

Packing kertas adalah solusi packing yang paling sederhana dan ramah lingkungan. Kertas bisa digunakan sebagai pengisi dalam kardus untuk mencegah barang bergerak selama transportasi, atau digunakan sebagai bungkus untuk melindungi permukaan barang. Selain itu, kertas dalam packing sayuran juga berfungsi sebagai penyerap air agar tidak lembab.

Kertas juga bisa dicetak untuk branding dan biasanya digunakan untuk barang-barang ringan seperti pakaian, buku, dan dokumen.

7. Packing Karung

Bagi kalian yang sering berkunjung ke kantor logistik pasti kerap menemui karung sebagai salah satu media paking barang yang kerap digunakan.

Karung biasanya digunakan untuk barang-barang yang berukuran besar dan berat. Biasanya, karung digunakan untuk pengiriman biji-bijian, bahan bangunan, atau barang-barang berukuran besar lainnya.

Selain itu, karung juga kerap digunakan untuk menyatukan banyak barang sekaligus, sehingga ketika mengirim barang jumlah banyak, barang tersebut bisa menjadi satu bagian. Makannya, karung menjadi salah satu alat packing favorit untuk aktivitas kulakan oleh tengkulak.

8. Packing Kayu

Packing kayu biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang berat dan besar seperti mesin, peralatan berat, dan barang industri lainnya. Selain itu, packing kayu untuk barang elektronik juga kerap digunakan dalam eCommerce. Kayu memberikan perlindungan maksimal terhadap benturan dan dapat menahan beban berat.

9. Packing Amplop

Pasti sudah familiar dengan pelindung dokumen yang kerap digunakan untuk surat menyurat ini, kan?

Amplop biasanya digunakan untuk pengiriman dokumen, surat, dan barang-barang kecil lainnya. Beberapa jenis amplop memiliki lapisan bubble wrap di dalamnya untuk memberikan perlindungan tambahan. Untuk lebih lengkapnya, cermati cara membungkus dokumen yang pernah kami bahas.

Halaman Selanjutnya
10. Packing Air Bags...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *