ADVERTISEMENT

Yuk, Pahami Pengertian Harbolnas untuk Belanja Sepuasnya!

Posted on 17 Des 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Lho, kok toko online A berani kasih diskon sampai 80%? Di toko online B semua barang dipukul rata dengan harga Rp 20,000. Toko C juga berani memberikan ongkos kirim gratis. Ada apa dengan semua toko online di awal Desember ini? Kenapa toko online seperti berlomba – lomba mengobral diskon besar atas nama harbolnas? Yuk, pahami pengertian harbolnas dan tanggal harbolnas 2018 untuk belanja sepuasnya.

Harbolnas yang sering kamu lihat berseliweran di bulan Desember ini adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Seperti namanya, hari ini adalah hari yang tepat buat kamu untuk belanja online sepuas hati. Pasalnya, berbagai macam toko online pun siap memberikan berbagai tawaran menggiurkan seperti promo ongkir, diskon besar – besaran, atau memberikan produk gratis hanya dalam satu hari saja.

Tentu saja ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk para penggemar belanja online.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Biaya Ongkos Kirim Barang, Nomor 5 Seller Wajib Baca!

Harbolnas sendiri diinisiasi oleh toko online yang tergabung dalam IDEA (Indonesia Ecommerce Association). Beberapa toko online tersebut adalah Lazada, BukaLapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, dan Berrybenka. Saat ide tentang harbolnas ini muncul ke permukaan, sebenarnya ada dua tujuan yang ingin dicapai.

ADVERTISEMENT
  1. Tujuan pertama adalah untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang sistem belanja secara online yang saat itu masih sangat baru dan banyak masyarakat yang masih belum terbiasa berbelanja secara online karena meragukan keamanannya.
  2. Tujuan kedua adalah untuk merangsang pertumbuhan industri kreatif di Indonesia untuk ikut terjun ke sistem jual beli online.

Tanggal 12 Desember 2012 (12-12-12) kemudian dipilih sebagai tanggal cantik untuk menyelenggarakan event ini pertama kalinya. Hasilnya? Antusiasme masyarakat Indonesia ternyata amat positif dalam menyambut pesta belanja ini. Kedua tujuan utama penyelenggaraan Harbolnas berhasil dicapai. Harbolnas juga memberikan keuntungan maksimal bagi pihak penjual maupun pembeli.

Penjual mendapatkan banyak order yang otomatis memberikan banyak keuntungan dan pembeli mendapatkan barang dengan harga yang amat miring.Terinspirasi dari kesuksesan pada penyelenggaraan pertama ini, Harbolnas pun kini rutin diadakan setiap tahun pada bulan desember. Jumlah toko online yang bergabung dalam harbolnas pun semakin bertambah setiap tahunnya.

Di tahun 2017, Harbolnas pun melangkah lebih jauh untuk menggandeng UMKM di Indonesia dalam pesta belanja ini. Tujuannya adalah agar UMKM pun merasakan secara langsung dampak positif Harbolnas dan juga sistem belanja secara online.

Untuk mencapai tujuan ini, UMKM pun dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya melalui roadshow di beberapa kota di Indonesia.Pesta belanja seperti Harbolnas ini tentu bukan yang pertama di Indonesia. Di luar negeri, pesta belanja seperti ini dikenal dengan nama Cyber Monday dan Black Friday. Cyber Monday identik dengan perayaan Thanksgiving day sedangkan Black Friday dekat dengan perayaan natal.

ADVERTISEMENT

Istilah Black Friday sendiri diambil karena pada hari tersebut, neraca pembukuan mereka yang awalnya merah (rugi) berubah menjadi hitam (untung) karena banyaknya orang yang berbelanja untuk kebutuhan natal.

Lalu, untuk tahun ini, kapan Harbolnas diadakan? Tahun ini harbolnas diadakan di tanggal 12 Desember 2018. Dengan semakin menjamurnya toko online di Indonesia, tentu semakin banyak pilihan untuk berbelanja sepuas hati. Beberapa toko online pun sudah mulai memberikan tawaran promo menarik beberapa hari sebelum tanggal 12 Desember.

Jangan heran jika mulai dari akhir November nanti berbagai promo harbolnas sudah mulai berseliweran di iklan pinggir jalan maupun di social media kamu. Gak mau ketinggalan ikut serta dalam pesta belanja ini kan? Yuk, persiapkan isi dompetmu mulai dari sekarang!

Recommended! Bagi pemilik toko online e-commerce, dapatkan Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/

 

Gambar: pexels.com

Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Tarif Bea Masuk Barang Import dan Perhitungannya [Panduan Lengkap]

8 Jul 2021 BY Ifan Prasya

Sebagai warga negara yang baik, kita harus taat pada aturan. Termasuk juga untuk pembayaran tarif bea masuk saat membeli barang import dari luar negeri. Pun dengan pajak import yang berlaku. …

Cara Transfer Bank BRI Lewat ATM, SMS, Mobile & Internet Banking BRI

28 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara transfer bank BRI dimana terdapat beberapa metode transfer. Bisa lewat Mesin ATM BRI, Mobile Banking BRI, Internet Banking BRI dan juga …

Midtrans vs Doku, Mana Payment Gateway yang Terbaik?

3 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Setelah sebelumnya kita membahas tentang 5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua payment gateway yang paling populer di Indonesia, yaitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *