5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online

Posted on 30 Apr 2019 By Nisa Husnainna

Plus Minus Payment Gateway – Zaman telah berubah dengan cepat. Kini metode pembayaran pun berkembang tidak hanya melalui transfer rekening bank, namun juga telah tersedia berbagai macam cara pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat seperti internet banking, kartu kredit, hingga payment gateway.

Internet banking dan kartu kredit mungkin sudah tidak asing dan telah umum digunakan oleh masyarakat. Namun untuk payment gateway belum semua orang mengetahuinya. Apa itu Payment Gateway?

Sesuai dengan istilahnya ‘gateway’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti ‘pintu gerbang’ dan ‘payment’ yang berarti pembayaran, payment gateway adalah pintu gerbang atau media dalam melakukan transaksi pembayaran.

ADVERTISEMENT

Bagi orang yang mengembangkan bisnis online atau e-commerce, pasti akan selalu menggunakan payment gateway untuk melakukan transaksi. Begitu juga bagi yang seringkali melakukan transaksi pembelian online, maka payment gateway sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk memudahkan pembayaran.

Plus minus setiap payment gateway sebenarnya berbeda-beda. Dengan kata lain, setiap payment gateway mempunyai kelebihan (plus) dan kekurangan (minus)nya masing-masing. Maka dari itu tinggal Anda saja yang harus pandai memilihnya sesuai kebutuhan. Di bawah ini adalah plus minus payment gateway untuk toko online Anda:

Baca juga: Midtrans vs Doku, Mana Payment Gateway yang Terbaik?

 

Plus

Adapun kelebihan dan keunggulan payment gateway untuk toko online adalah :

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Tidak semua toko online dapat mengaktifkan payment gateway. Pengaktifan payment gateway membutuhkan syarat-syarat khusus yang tidak dapat dipenuhi oleh sembarang toko online. Maka dari itu, toko online yang menggunakan payment gateway dapat dipastikan adalah toko online terpercaya. Hal ini akan membuat konsumen merasa aman dan tidak khawatir berbelanja di sana.

2. Aman dalam Bertransaksi

Transaksi menggunakan payment gateway akan lebih aman karena layanan ini menjamin keamanan transaksi yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Pengguna tidak perlu khawatir terhadap terjadinya penipuan kartu kredit dan penipuan transaksi keuangan lainnya. Sistem enkripsi data nomor kartu kredit ataupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman untuk dilakukan.

3. Mudah dan Praktis dalam Berbelanja secara Online

Pelanggan dapat melakukan transaksi tanpa perlu membuka website penjual dan website pihak ketiga. Tidak hanya mudah dan praktis untuk pembeli, penggunaan payment gateway pun memudahkan penjual karena pemilik toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. Payment gateway dapat menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkan ke satu rekening milik toko online.

4. Dapat Menjangkau Wilayah Penjualan yang Lebih Luas

Dengan menggunakan payment gateway, maka jangkauan pelanggan bisa lebih luas hingga ke luar negeri karena seluruh konsumen dapat mengakses payment gateway sampai dengan ke seluruh dunia. Anda pun tidak perlu menyewa toko lagi, karena bisnis ini adalah bisnis online sehingga tidak memerlukan tempat untuk berjualan di suatu wilayah ataupun negara seperti halnya bisnis offline yang membutuhkan tempat yang luas.

5. Proses Cepat dan Terlindungi

Penggunaan payment gateway lebih cepat dan mudah dalam memeriksa pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Metode ini aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online. Payment gateway juga melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi. Proses dijamin cepat dan aman untuk transaksi masal karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang singkat.

 

Minus

Di antara banyak kelebihan metode pembayaran payment gateway, metode ini juga tetap memiliki kekurangan seperti yang tercantum di bawah ini:

1. Membutuhkan Persyaratan yang Rumit untuk Aktivasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mengaktifkan payment gateway pada toko online, ada beberapa persyaratan yang diminta oleh penyedia layanan. Antara lain yaitu memastikan hosting website toko online Anda cukup tangguh dan tidak mendadak down saat diakses.

2. Masyarakat Masih Kurang Familiar dengan Payment Gateway

Walaupun metode payment gateway telah menjamur, namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang lebih memilih pembayaran dengan metode transfer rekening bank. Hal ini disebabkan karena transfer rekening bank sudah sangat familiar di kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk berbelanja online, namun juga banyak institusi pendidikan maupun pengumpulan dana sumbangan bantuan bencana alam yang menggunakan transfer rekening bank untuk metode pembayarannya. Berdasarkan hasil riset, transfer rekening bank juga masih menjadi metode pembayaran yang paling populer di Indonesia.

3. Dikenakan Charge

Poin minus lainnya dari penggunaan payment gateway yaitu adanya charge atau biaya transaksi. Sebagai perbandingan, berikut kami paparkan biaya transaksi dari beberapa payment gateway:

  • Midtrans = Midtrans mengenakan charge sebesar 4% + Rp 2.200 ke merchant yang sudah termasuk biaya pajak.
  • Veritrans = Biaya dibebankan berdasarkan layanan perbankan seperti Visa dan Mastercard dan akan dikenakan biaya 3,9% + Rp 2.000 per transaksi.
  • iPayMu = Pembayaran dengan kartu kredit dikenakan biaya 3,5% atau Rp 5.000 per transaksi.

4. Uang Tidak Dapat Langsung Ditarik

Meskipun Anda bisa mengecek data transferan setiap saat, namun sayangnya Anda tidak bisa mengecek neraca (balance) rekening Anda seperti online banking. Proses penarikan uang biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan payment gateway di atas, kami menyarankan pemilik toko online untuk menggunakan sistem pembayaran transfer bank langsung ke akun toko online. Hal ini dikarenakan sistem pembayaran transfer bank dapat diintegrasikan dengan plugin konfirmasi pembayaran guna memudahkan pekerjaan admin toko online. Selain itu, sistem pembayaran transfer bank juga lebih familiar di masyarakat Indonesia sehingga penggunanya lebih banyak. Instal Plugin Konfirmasi Pembayaran pada laman berikut: https://tonjoostudio.com/product/plugin-konfirmasi-pembayaran/

 

Sumber Referensi:
• Yasha. 27 Februari 2018. Payment gateway di Indonesia: Panduan Lengkap. Dewaweb.com – https://goo.gl/4BJJDH

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Cek Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Bekasi (Terlengkap)

20 Sep 2019 BY Nisa Husnainna

Cek Tarif Ongkir Jakarta Bekasi 2019 Terlengkap – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Bekasi, halaman ini sangat tepat untuk Anda. Berikut kami paparkan informasi tarif …

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T dengan Mudah dan Cepat

13 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Sebelum membeli barang atau transaksi online, Anda harus mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T. Jika kita membeli barang secara online maka kita tidak tahu apakah barang kita sudah …

Daftar Kantor JNE di Malang yang Paling Sering Dicari

1 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor JNE di Malang – JNE merupakan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang, paket, dan dokumen ke seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai jasa ekspedisi yang telah meraih penghargaan ‘1st …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *