Review Biaya, Lama Pengiriman Cargo Shopee, Kelebihan & Kekurangan

Ayu 17 Mar 2022 4 Menit 0

Jasa kirim hemat dan reguler merupakan dua layanan favorit yang tersedia di Shopee. Tapi, tahukah kamu ternyata ada juga lho pengiriman cargo Shopee.

Sesuai namanya, cargo Shopee merupakan layanan pengiriman khusus barang berat dan berukuran besar. Misalnya, peralatan rumah tangga, elektronik dan barang besar lainnya.

Jadi, kalau kamu belanja produk jumbo di Shopee tidak usah bingung lagi terkait biaya ongkir. Cargo Shopee bisa alternatif supaya tarif pengiriman tetap realistis.

Lantas, apakah sistem dan tarifnya sama dengan layanan lainnya? Dan berapa lama pengiriman, serta apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk kupas tuntas di artikel berikut.

Apa Itu Pengiriman Cargo Shopee?

Cargo Shopee atau biasa disebut pengiriman reguler cargo Shopee adalah fasilitas kirim paket khusus barang besar / berat yang tidak sesuai jika dikirim lewat layanan ekspres.

Layanan pengiriman ini lebih cocok dipakai untuk barang berukuran besar atau berat di atas 10 kilogram. Customer tidak akan terbebani dengan tarif pengiriman yang tinggi apabila membeli produk-produk besar.

Dengan layanan cargo, tarif ongkir cenderung lebih terjangkau bila dibandingkan dengan pengiriman reguler yang bisa mencapai berkali-kali lipat dari harga normal.

Untuk pengiriman cargo, Shopee bekerja sama dengan 3 jasa ekspedisi populer khusus barang besar yang ada di Indonesia yaitu:

  1. JNE Trucking (JTR), dan
  2. SiCepat Gokil (Kilat Cargo)
  3. J&T Cargo

Dengan ketiga layanan pengiriman ini, selain biaya lebih terjangkau, pengiriman lebih cepat dan terjamin. Untuk info lebih lengkap, silakan baca ulasan selanjutnya di bawah ini.

Apa Beda Cargo dan Reguler di Shopee?

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, perbedaan utama reguler dengan cargo terletak pada berat, tarif dan jenis barang.

Pada pengiriman reguler, biasanya tidak ditetapkan minimum berat pengiriman. Perhitungan biaya ongkir didasarkan tarif per kilogram. Sementara pada pengiriman cargo biasanya sudah ditentukan berat minimum pengiriman, misalnya 10 kg, 50 kg, dsb.

Karena menggunakan sistem tersebut, tarif per kg pada layanan cargo terhitung lebih murah dibandingkan reguler. Jadi, jika kamu ingin mengirim barang berat sebaiknya gunakan layanan cargo agar tarifnya bisa lebih terjangkau.

Untuk jenis barang, ekspedisi cargo biasanya hanya menerima barang dengan kapasitas besar atau barang berat saja. Beberapa jenis barang yang umum dikirim dengan cargo diantaranya furniture, kendaraan, elektronik, bahan pokok, bahan industri, dll.

Sedangkan untuk pengiriman reguler biasanya hanya melayani pengiriman barang ringan atau kecil. Seperti dokumen, makanan ringan, baju, aksesori, fashion, dan sebagainya.

Berapa Biaya Pengiriman Jasa Cargo Shopee?

Biaya jasa pengiriman cargo Shopee bisa bervariasi tergantung jarak antar lokasi serta kebijakan dari Shopee. Namun, estimasi biaya cargo yang ditentukan di masing-masing jasa ekspedisi bisa jadi gambaran.

Berikut tarif biaya pengiriman cargo JNE Trucking, SiCepat Gokil dan J&T Cargo dilansir dari situs web resmi mereka:

  • Tarif pengiriman cargo menggunakan JNE Trucking variatif dan menyesuaikan lokasi tujuan. Untuk tarif standar mulai dari Rp 30 ribu per 10 kg.
  • Biaya pengiriman menggunakan SiCepat Gokil adalah Rp 15 ribu per 10 kg. Tapi, tarif juga bisa berbeda-beda tergantung lokasi pengiriman.
  • Tarif pengiriman dengan J&T Cargo bisa sangat bervariasi menyesuaikan lokasi pengiriman. Sebagai contoh, pengiriman Jakarta – Jogja, tarifnya mencapai Rp 50.000 ribu per 10 kg.

Berapa Lama Pengiriman Kargo / Ekonomi Shopee?

Karena memiliki tarif yang relatif murah, banyak konsumen mempertanyakan pengiriman cargo Shopee berapa lama? Dan apakah pengiriman cargo shopee diantar sampai rumah?

Oke, mari kita jawab.

Berbeda dengan estimasi Shopee Express, layanan cargo Shopee menggunakan jasa kirim dari JNE Trucking, SiCepat Cargo dan J&T Cargo.

Maka lama pengiriman bisa dilihat dari estimasi yang tersedia di situs web resmi mereka.

  • Untuk layanan dengan JNE Trucking, estimasi pengiriman cargo Shopee berkisar antara 2 hingga 7 hari (bisa lebih cepat / lambat tergantung lokasi tujuan) (minimum berat 3 kg dan maksimum 249 kg).
  • Untuk layanan dengan SiCepat Cargo, estimasi pengiriman cargo Shopee sama dengan layanan reguler, yakni sekitar 1 sampai 3 hari (minimal 10 kg).
  • Untuk layanan dengan J&T Cargo sama dengan layanan SiCepat Cargo, yakni 1 sampai 3 hari (minimal berat 5 kg dan maksimal 80 kg).

Untuk pertanyaan kedua, apakah pengiriman cargo Shopee diantara sampai alamat tujuan? Jawabannya adalah iya. Sesuai pengalaman dan review beberapa pengguna, paket akan diantar ke rumah sesuai alamat tujuan.

Jadi, bisa dibilang tidak ada fasilitas yang berbeda ya baik untuk layanan hemat, reguler dan cargo ini. Dengan layanan cargo, kamu tetap bisa menerima paket di rumah tanpa harus repot ambil sendiri ke counter jasa ekspedisi.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Ayu
Ditulis oleh

Ayu

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *