Berapa Gaji Youtuber Pemula?

Posted on 28 Apr 2022 By Ririn Ayu
ADVERTISEMENT

 

Kalau membahas soal tayangan konten apa yang terlintas di benak kamu? Youtube atau tiktok?

Lalu, kalau kita mengerucut ke Youtube saja, apa yang terpikirkan? Atau siapa?

Mungkin Cocomelon dengan baby shark? Blackpink yang terkenal dengan views youtube yang besar dan menempati peringkat dua belas?

Atau malah Tzuyang yang terkenal dengan konten Youtube berisi mukbang dan makan-makan? Mungkin youtuber lokal seperti Atta Halilintar atau Nessie Judge?

Siapa sih yang tidak mengenal platform yang digunakan untuk menggunggah video satu ini. Sejak beberapa tahun belakangan, youtube menjadi salah satu platform untuk membagi video terbesar.

ADVERTISEMENT

Banyak orang yang membuat channel berisi konten tentang banyak hal. Lalu, gimana sih cara youtuber mendapatkan penghasilan padahal hanya mengunggah video saja?

Sumber Penghasilan Youtuber

Cara youtuber mendapatkan uang dari youtube bisa dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Youtube Ads

Youtube ads adalah layanan iklan Youtube yang berfungsi untuk promosi baik layanan atau jasa. Iklan ini yang muncul di video. Pemilik channel Youtube bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di videonya.

Cara kerjanya adalah content creator akan mendapatkan penghasilan ketika pengguna menekan iklan atau menunggu iklan sampai selesai atau lebih dari 15 detik.

ADVERTISEMENT

 

  1. Affiliate Marketing

Hal lain bisa menambah penghasilan youtuber adalah dengan affiliate marketing yaitu bekerjasama dengan perusahaan untuk mengiklankan produknya.

Semakin banyak penonton yang membeli produk menggunakan kode youtuber tertentu maka akan makin banyak pula penghasilannya.

Untuk tarif iklan sendiri tidak sama antara satu dengan yang lain.

 

  1. Endorsement

Kadang kita mendengar kata di-endorse atau endorsement. Nah, cara lain untuk menambah penghasilan para youtuber adalah dengan endorsement

ADVERTISEMENT

Untuk endorsement dapat dilakukan kalau youtuber bekerjasama dengan pemilik produk yang hendak dipromosikan.

 

Berapa Gaji Youtuber Pemula

Berapa sih sebenarnya gaji untuk kamu dapatkan kalau kamu jadi youtuber pemula?

Di awal kamu menggunggah konten bisa jadi kamu belum akan mendapatkan apa pun. Bahkan mungkin kamu tidak akan memiliki penghasilan.

Jadi, yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak branding agar konten yang kamu buat makin dikenal orang. Setelah itu, kamu bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain agar menambah penghasilan kamu.

Dilansir dari Influencermarketinghub, Rata-rata saluran Youtube pemula akan menerima sekitar 18 dolar atau sekitar Rp. 254.000,00 per 1.000 tampilan video. Namun, penghasilan itu bukan pathokan resmi karena haji setiap youtuber berbeda.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ririn Ayu

Related Post

Cara Belanja di ShopBack, Beli di Shopee Dapat Cashback!

10 Agu 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Bagi kamu yang tertarik dengan produk terlaris di Tokopedia atau Shopee namun sayang banget kalau mengeluarkan uang, kamu bisa coba cara belanja di ShopBack.Aplikasi shopback dapat kamu gunakan untuk mendapat …

10 Cara Dapat Uang dari Shopee Tanpa Berjualan Dijamin Berhasil!

7 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Selain buka toko dan jualan online, ada banyak cara dapat uang dari Shopee yang dapat dilakukan lho! Dengan memanfaatkan berbagai aplikasi penghasil uang di Shopee, kamu bahkan mampu memperoleh penghasilan …

Cara Menghapus Halaman Facebook Secara Permanen di HP & PC

4 Des 2021 BY Ayu Triworo

Facebook Fanpage yang sudah lama tak terpakai sebaiknya dihapus agar tidak memenuhi space dan jadi sampah tag. Lantas, bagaimana cara menghapus halaman Facebook yang kita buat?Caranya cukup mudah dan praktis, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *