ADVERTISEMENT

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat Youtube Secara Gratis

Posted on 31 May 2021 By Aorinka Anendya

Bagaimana cara ampuh meningkatkan penjualan lewat youtube secara gratis? Nah bagi para penjual atau pengusaha, di era modern seperti sekarang ini sudah banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk.

Sedangkan bagi kamu yang masih bingung ingin usaha apa. Bisa cek di artikel peluang usaha online 2021.

Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah Youtube. Youtube merupakan platform yang cukup sering digunakan oleh banyak orang, maka dari itu kamu bisa beriklan produk di sana.

ADVERTISEMENT

Bagi yang sedang mencari strategi marketing youtube untuk produk, ikuti terus artikel ini sampai selesai dan jangan sampai ada yang terlewat ya. Karena di artikel ini kita akan membahas beberapa hal diantaranya adalah.

  • Cara ampuh meningkatkan penjualan lewat Youtube.
  • Ide konten Youtube untuk membantu meningkatkan penjualan.
  • Cara membuat akun Youtube untuk jualan yang simple.

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat Youtube

Seperti yang sudah disinggung di atas, saat ini Youtube sering digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu potensi kamu untuk promosi produk di Youtube akan semakin besar.

 semakin banyak pengguna = semakin besar potensi untuk promosi

Inilah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan lewat Youtube. Untuk  menambah referensi, bisa membaca tips jualan online untuk pemula.

1. Memiliki Channel Youtube yang Profesional

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah channel. Coba jujur saja, pasti saat mencari referensi video di Youtube kamu akan mencari channel yang terlihat profesional bukan? Channel yang profesional tentu di dalamnya terdapat video yang berkualitas juga.

ADVERTISEMENT

Nah, professional di sini bisa diidentifikasi dengan poin – poin di bawah ini.

Profil Channel yang Jelas.

Saat membuka sebuah channel pasti akan menemukan beberapa menu, salah satunya yaitu menu Tentang.

Nah, di menu ini kamu bisa gunakan untuk menjelaskan gambaran singkat mengenai produk atau  jasa yang akan dijual.

Baca Juga :

Jika menuliskannya dengan baik dan tidak asal – asalan maka penonton pun akan menaruh percaya pada produk tersebut. Dan begitupula sebaliknya, jika menuliskannya sembarangan, konsumen pun akan berkurang rasa kepercayaannya.

Dan justru bisa menyebabkan mereka tidak jadi membeli produk tersebut.

Selain itu di menu ini kamu juga bisa mencantumkan website dan sosial media produk seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Jadi, jika ada konsumen yang penasaran dengan produk kamu mereka bisa langsung klik pada link tersebut dan akan dibawa ke sosial media yang dituju.

ADVERTISEMENT

Deskripsi Video yang Berkualitas

Channel Youtube yang profesional memiliki deskripsi video yang berkualitas. Di deskripsi ini bisa diisi banyak hal, tentu yang masih relevan dengan konten dan produk.

Misalkan seperti :

  • Website produk. Bagi yang tokonya belum memiliki website, baca artikel ini agar tidak salah memilih jasa pembuatan website.
  • Sosial media produk.
  • Kontak yang bisa dihubungi.
  • Atau, gambaran isi konten yang sedang dibahas dalam video.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Cara ampuh meningkatkan penjualan lewat Youtube selanjutnya yaitu dengan membuat konten yang berkualitas. Hal ini tentu menjadi kunci utama bagi yang melakukan promosi produk lewat Youtube.

Lalu sebenarnya bagaimana definisi dan cara membuat konten Youtube yang berkualitas?

Definisi setiap orang mungkin berbeda, tapi di artikel kali ini kita akan memberikan beberapa poin yang bisa menjadi acuan sebelum membuat konten yang berkualitas.

Tentukan Tema Konten

Tema merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Menentukan tema merupakan langkah awal agar isi channel kamu jelas akan membahas apa.

Bagaimana bisa fokus membuat konten jika tema saja masih bingung di tengah jalan?

Tema juga harus disesuaikan dengan produk yang sedang dijual. Misalkan menjual makanan, maka sebaiknya tema kontennya membahas tentang makanan.

ADVERTISEMENT

Buat Video yang Berkualitas Tinggi

Kualitas di sini maksudnya adalah video yang disajikan apakah gambarnya jernih, suaranya jelas dan penyampaiannya mudah dimengerti oleh penonton?

Karena video yang memiliki kualitas bagus akan membuat penonton nyaman juga saat melihatnya. Jika penonton nyaman, maka mereka juga akan kembali lagi ke channel kamu.

Untuk mendapatkan video dengan kualitas yang bagus, tidak perlu pusing memikirnya. Cukup sediakan beberapa alat di bawah ini.

  • Kamera handphone atau kamera webcam yang berkualitas bagus seperti GoPro.
  • Mikrofon eksternal.
  • Ring light atau lampu yang berbentuk seperti cincin.
  • Tripod.

Jika ingin mendapatkan kualitas yang bagus memang harus mau mengeluarkan modal yang cukup.

Buat Isi Konten yang Bermanfaat

Di sisi lain, jangan hanya fokus pada kualitas video saja tetapi pada isi kontennya juga. Apa sih yang dicari penonton dalam sebuah konten? Tentu informasi yang ingin mereka dapatkan kan?

Oleh karena itu usahakan buatlah konten yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan para penonton.

Jika isi konten bermanfaat dan bagus, pasti penonton tersebut akan kembali lagi menonton video kamu. Dan perlahan, yang niat awal mereka bukanlah membeli produk justru lama kelamaan akan tertarik dan ingin mencoba.

Dari situlah penjualan produk sedikit demi sedikit akan mengalami peningkatan.

Buat Video yang Related dengan Produk

Tadi kita juga sudah menyinggungnya sedikit di atas. Lalu apa tujuannya membuat video yang related dengan produk? Kira – kira begini cara kerjanya.

Misalkan produk yang dijual adalah kosmetik, ide videonya bisa tentang tutorial make up dengan menyelipkan sedikit promosi produk kosmetik tersebut. Di sisi lain, penonton sedang mencari tutorial dan menemukan video tersebut.

Maka penonton akan melihatnya dan otomatis mereka pun sekilas akan melihat produk yang kamu jual lalu tertarik untuk mencari tahunya. Nah, itulah salah satu cara menggunakan Youtube untuk promosi.

video yang disisipi promosi -> penonton melihat konten sekaligus produk -> penonton mencari tahu produknya -> mereka tertarik membeli produk tersebut.

Kira – kira seperti itu alur mudahnya. Dan semakin lama penjualan produkmu akan terus meningkat.

3. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Salah satu cara mengiklankan produk di Youtube yang harus dicoba adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Bukan hanya di website yang perlu diperhatikan kata kuncinya, di Youtube juga sama.

Dengan kata kunci yang tepat sasaran, maka video akan semakin naik di halaman pencarian dan mudah ditemukan.

Penggunaan kata kunci youtube ini juga bisa membantu meningkatkan brand awareness, sehingga produk kamu pun akan turut dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga :

Lalu bagaimana cara mencari kata kunci Youtube?

Riset Keyword

Riset, riset dan riset. Tidak perlu khawatir kehabisan topik untuk konten , karena ada banyak hal yang bisa dibahas dan dijadikan konten. Setiap harinya juga pasti ada saja trend baru yang muncul di masyarakat.

Namun, yang perlu diingat kamu tidak bisa asal dalam  memilih keyword. Walau bagaimanapun tetap harus menyesuaikan dengan produk yang sedang dijual.

Nah, bagaimana cara riset keyword Youtube? Bisa menggunakan beberapa tools gratis di bawah ini.

  • Google Trends
  • Youtube Analytics
  • Google Keyword Planner
  • Keywordtool.io

Atau cara yang paling mudah yaitu menuliskan satu sampai dua kata di pencarian, dan nanti akan muncul keyword suggestion dari Youtube seperti gambar di bawah.

riset-kata-kunci-di-youtube

Dan masih banyak tools lain, ada juga yang berbayar yang tentu hasil pencariannya pun akan lebih maksimal.

Riset Hashtag

Mungkin ada yang sering melihat banyak hashtag di Youtube? Hal itu bukan tanpa alasan. Manfaat hashtag Youtube adalah agar memudahkan audiens atau penonton menemukan konten kamu.

Untuk formatnya sama seperti tautan atau link, jadi jika klik di hashtag tersebut selanjutnya akan dibawa ke video lain yang serupa.

Tetapi, aturannya masih sama seperti sebelumnya yakni hanya boleh memasukan hashtag yang sesuai dengan isi konten dan kata kunci yang sedang dibahas.

Cara meriset hashtag untuk konten Youtube pun cukup mudah.

  • Menuliskan langsung di kolom pencarian.

  • Menggunakan hashtag generator Youtube (Rapidtags.io, tagsyoutube.com, dll)

Nah, setelah melakukan riset kata kunci dan hashtag. Lalu selanjutnya bagaimana penempatannya yang benar?

4. Menempatkan Kata Kunci dan Hashtag

Setelah melakukan riset kata kunci dan hashtag, selanjutnya adalah menempatkan keduanya dengan benar, bagaimana caranya?

Letakkan di Judul

Judul merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh audiens, oleh karena itu agar video di klik dan ditonton oleh mereka. Maka buatlah judul yang menarik.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Waralaba, Jenis dan Contoh Usaha Bisnisnya

Beberapa cara membuat judul pada video Youtube :

  • Mengandung kata kunci utama.
  • Tidak mengandung clickbait.
  • Relevan dengan konten yang dibahas.
  • Buatlah kalimat yang membuat audiens penasaran.

Letakkan di Kolom Deskripsi

Mungkin ada sebagian orang yang masih menyepelekan deskripsi. Padahal bisa menuliskan banyak hal di sana. Salah satunya hashtag yang sudah diriset tadi.

Di sini kamu bisa menuliskannya sebanyak 15 kali. Selain hashtag, bisa juga menuliskan kata kunci utamanya tadi agar peluang video muncul di pencarian lebih besar.

5. Bangun Komunikasi dengan Audiens

Cara ampuh meningkatkan penjualan lewat Youtube juga bisa dilakukan lewat membangun komunikasi dengan penonton.

Mengapa? Karena komunikasi merupakan salah satu faktor penting untuk membangun kepercayaan audiens terhadap produk.

Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan muncul rasa keterikatan antara audiens dengan kamu. Selain itu hal ini akan memberi rasa nyaman juga pada audiens.

Jika komunikasi sudah berhasil dibangun proses untuk mempromosikan produk ke audiens pun akan lebih mudah.

Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membangun komunikasi dengan audiens.

Aktif Membalas Komentar

Saat membuat suatu konten pasti nantinya ada audiens yang berkomentar, entah itu hanya spam saja atau memang berniat menanyakan terkait konten tersebut atau produk.

Nah, di situlah bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga keramahtamahan kepada audiens.

Jika menyambut komentar mereka dengan suka cita, maka mereka pun akan merasa nyaman dengan pembawaan kamu. Dan kepercayaan mereka kepada  produk tersebut akan terus meningkat.

Bangun Percakapan

Masih mirip seperti sebelumnya, hanya saja di sini kamu bisa memulai percakapan lebih dulu dengan mereka. Bagaimana caranya? Saat pembuatan konten, buatlah seolah sedang berinteraksi dengan mereka.

Bisa dengan cara menanyakan pendapat entah mengenai konten yang dibahas atau apapun. Lalu jika ada yang menjawab lewat komentar berikan juga respon yang baik kepada mereka.

Baca Juga : 20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet: Cocok untuk Pemula

Ide Konten Youtube Untuk Meningkatkan Penjualan

1. Video Pengenalan Produk

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan promosi produk di Youtube yaitu dengan cara mengenalkan produknya.

Bagaimana audiens bisa tahu kamu sedang menjual produk apa jika  tidak menjelaskannya? Minimal jelaskan secara singkat mengenai produk tersebut.

Bisa dengan model presentasi, webinar dengan tema yang masih serupa dengan produk atau dengan metode lain yang menarik.

2. Tutorial

Ide konten yang selanjutnya yaitu tutorial. Kebanyakan dari audiens biasanya mencari tutorial lewat Youtube. Saat diberi pilihan untuk membaca artikel tutorial atau video, kebanyakan dari mereka pasti akan memilih video.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat konten tutorial yang dapat menjawab pertanyaan para audiens. Lalu di dalam video tersebut bisa turut disisipkan informasi seputar produk yang sedang dijual agar audiens jadi tertarik untuk melihatnya.

3. Unboxing Produk

Selain mengenalkan produk kepada masyarakat luas, sesekali juga bisa dibuatkan konten unboxing atau membuka kemasan produk.

Nah, di sinilah kamu bisa menggunakan produknya. Misalkan menjual kosmetik, bisa membuat konten yang isinya membuka kemasan produk kosmetik itu.

Selanjutnya bisa juga melakukan review dari mulai harga yang dibanderol, bahan yang digunakan sampai dengan macam – macam pilihan produk yang ditawarkan.

Sedangkan untuk jasa, tentu tidak bisa melakukan unboxing kan. Nah, bisa diganti konten yang isinya seperti manfaat penggunaan jasa, atau menjelaskan lebih rinci mengenai jasa tersebut.

4. Testimoni Customer                                               

Cara selanjutnya adalah dengan membuat video yang berisikan testimoni dari pelanggan yang sudah puas terhadap produk kamu.

Ulasan yang baik dan rekomendasi dari para pelanggan tentu akan menciptakan kepercayaan yang tinggi terhadap bisnis . Jika sudah percaya, maka mereka tidak ragu lagi untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.

Cara Membuat Channel Youtube Untuk Jualan yang Simple

Bagi yang belum memiliki channel Youtube untuk jualan, jangan khawatir. Karena di artikel ini kita juga akan membahasnya. Nah, bagaimana cara membuat channel Youtube sendiri?

1. Buat Akun Google

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun google atau akun gmail. Karena satu akun google bisa dipakai untuk semua produknya.

Untuk membuat akun google tersebut bisa disesuaikan dengan nama channel atau toko yang akan dibuat nantinya.

Jika sudah memiliki akun, bisa skip saja langkah ini.

2. Login ke Youtube

Langkah selanjutnya, buka situs Youtube lalu login dengan akun yang sudah dibuat sebelumnya.  Caranya, di pojok kanan atas pilih tombol Login dan pilih akun Google nya.

3. Buat Channel

Langsung saja untuk membuat channel kamu bisa klik akun Google di pojok kanan atas. Lalu nanti tampilannya akan seperti ini.

cara-membuat-akun-youtube

Dan pilih tombol Buat Channel.

Selanjutnya, muncul gambar seperti di bawah. Di sini akan diminta untuk memasukan nama channel dan gambar untuk profil channel tersebut. Lalu pilih tombol Buat Channel.

cara-membuat-akun-youtube

Sampai sini, channel sudah berhasil dibuat. Otomatis kamu akan dibawa pada halaman seperti di bawah.

cara-membuat-akun-youtube

Pada halaman tersebut, terdapat beberapa pilihan diantaranya berikut ini.

  • Sesuaikan Channel

Di halaman ini bisa mengatur beberapa hal, seperti gambar banner, watermark video, deskripsi channel, URL channel dan info kontak yang bisa dihubungi.

  • Kelola Video

Di sini kamu bisa mengelola video yang terdapat di channel. Dari mulai melihat tanggal upload video, jumlah komentar yang masuk dan jumlah tayangan pada video.

Sampai sini bisa diedit lagi agar tampilan channelnya menarik. Dan mulai mengupload konten untuk membantu penjualan produk.

Itulah beberapa langkah cara membuat channel Youtube untuk jualan yang simple.

Jika kita rangkum, maka kira – kira seperti ini hasilnya.

Rangkuman

Untuk meningkatkan penjualan lewat Youtube bisa dilakukan memiliki channel Youtube yang profesional, membuat konten yang berkualitas, gunakan kata kunci yang tepat dan penempatannya yang benar, terakhir bangun komunikasi dengan audiens.

Agar Channel Youtubenya profesional dapat dibantu dengan profil channel yang jelas dan deskripsi yang berkualitas.

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas dapat dimulai dari menentukan tema konten, membuat video berkualitas tinggi, isi konten yang bermanfaat dan video yang related dengan produk

Agar video muncul di pencarian gunakan kata kunci yang tepat, dengan cara  meriset keyword dan hashtag. Lalu tempatkan di judul dan kolom deskripsi video.

Untuk meningkatkan keterikatan antara penjual dan pembeli bangun komunikasi dengan audiens.  Dengan cara aktif membalas komentar audiens dan membangun percakapan dengan mereka.

Video pengenalan produk, tutorial, unboxing produk dan testimoni customer. Merupakan ide konten yang bisa dibuat untuk membantu penjualan.

Membuat channel Youtube yang simple dapat dimulai dari membuat akun Google, login ke Youtube dan langsung membuat channel.

ide-konten-youtube-untuk-meningkatkan-penjualan

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan lewat Youtube.

Sebenarnya di era teknologi seperti ini berbisnis sudah bisa dilakukan lebih mudah, bahkan dari rumah, bagi yang baru memulainya, bisa coba membaca artikel cara memulai bisnis online dari rumah.

Apabila masih ada pertanyaan langsung tuliskan saja di kolom komentar ya. Segera praktekan dan semoga bermanfaat.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Yang terus belajar untuk membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Apa Itu Backlink? Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

3 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Mungkin diantara kamu sudah mengerti apa itu baclink tapi bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Istilah backlink pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para blogger, content writer, maupun pakar SEO. …

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai?

27 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai? – Sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang telah berpengalaman selama hampir 30 tahun, JNE terus berupaya meningkatkan pelayanannya. Salah satunya dengan menciptakan layanan pengiriman kilat …

Daftar Lengkap Kantor J&T di Surabaya Hingga Jam Buka

31 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor J&T Surabaya – Surabaya, kota yang terkenal dengan ikon patung Sura dan Baya itu merupakan salah satu kota dengan tujuan pengiriman logistik terbanyak. Bagi yang belum tahu, Kota Surabaya adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *