ADVERTISEMENT

4 Tips & Cara Dapat Barang Gratis dari Tiktok Shop, 100% Berhasil!

Posted on 21 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Selain dapat komisi, keuntungan lain bergabung di TikTok Affiliate adalah bisa memperoleh sampel produk gratis dari seller TikTok Shop. Kamu pasti penasaran kan gimana sih cara dapat barang gratis dari Tiktok Shop?

Beberapa seller memang tidak memberikan sampel gratis melainkan harus membelinya terlebih dahulu. Namun, ada juga lho yang menyediakan sampel cuma-cuma bagi para affiliator.

Oleh karena itu, melalui artikel berikut ini kami akan berikan tips serta tutorial cara mendapatkan produk gratis di TikTok Shop. Check it out!

ADVERTISEMENT

Seputar TikTok Shop Affiliate

TikTok Shop Affiliate merupakan program yang menghubungkan Brand Produk dengan Content Creator untuk memasarkan produk berbasis komisi.

Dalam hal ini, setiap produk yang direview melalui video pendek atau live stream berpeluang menghasilkan keuntungan bagi kreator. Keuntungan tersebut berupa komisi / uang sebanyak 5% sampai 15% dari hasil penjualan.

Skema umum TikTok Shop Affiliate dalam mendapatkan uang bisa dilihat dalam step-step berikut:

  • Penuhi persyaratan (usia >18 tahun, memiliki minimal 100.000 followers, dsb).
  • Mendaftar akun TikTok Shop.
  • Mencari produk untuk direview (ada yang gratis dan ada yang beli).
  • Membuat video review atau mengadakan live streaming.
  • Menautkan anchor link keranjang di video atau live stream.
  • Menunggu komisi dikirim ke nomor rekening.
  • Begitu seterusnya.

Kalau kalian ingin mendalami program ini, silakan simak panduan TikTok Affiliate yang sudah pernah kami ulas di artikel sebelumnya. Di postingan tersebut kami kupas tuntas cara daftar hingga cara dapat komisi dari TikTok Shop.

Apa Itu Sampel Gratis TikTok Shop?

Sampel gratis TikTok Shop adalah produk atau barang yang diberikan oleh TikTok seller untuk direview oleh konten kreator melalui video atau live streaming.

ADVERTISEMENT

Dalam program TikTok Shop Affiliate, selain memberikan komisi, seller TikTok Shop biasanya menyediakan sampel gratis kepada setiap pengguna yang ingin mereview produknya.

Walaupun ada pula beberapa seller yang meminta kreator untuk membeli, bukan berupa sampel gratis.

Gimana Cara Dapat Barang Gratis dari TikTok Shop?

Cara mendapatkan produk gratis dari TikTok sebetulnya sangat mudah. Namun, kamu harus memiliki akun TikTok Shop dan mendaftar program TikTok Affiliate terlebih dahulu. Baru setelah terdaftar, kamu bisa ajukan permintaan untuk mendapatkan produk gratis.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan barang gratis dari TikTok Shop. Di bawah ini, kami berikan 4 tips yang paling ampuh dan dijamin berhasil.

  1. Bergabung di TikTok Shop Official. 
  2. Mengajukan permintaan secara manual kepada seller. 
  3. Ikut Program Incentive TikTok Shop. 
  4. Menambahkan produk dari seller berlabel sampel gratis. 

Tutorial selengkapnya akan kita bahas di part selanjutnya, stay tuned!

1. Bergabung di TikTok Shop Official

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan bergabung di komunitas TikTok Shop Official. Untuk bergabung di program ini gratis dan tidak membutuhkan cara yang ribet.

Setelah mengaktifkan akun TikTok Shop, kamu bisa ikuti langkah berikut untuk mendapatkan produk gratis:

  1. Buka akun TikTok > pilih menu TikTok Shop > temukan banner Komunitas TikTok Shop Official.
  2. Klik banner.
  3. Akan tampil beberapa keuntungan bergabung di Komunitas TikTok Shop Official, salah satunya mendapatkan sampel gratis.
  4. Masukkan nama akun & nomor telepon.
  5. Klik Submit.
  6. Setelah bergabung, kamu akan diinvite ke grup oleh admin TikTok dimana akan ada banyak informasi menarik seputar TikTok Shop.

Selain dapat sampel gratis, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kamu peroleh setelah bergabung di Komunitas TikTok Shop Official yaitu:

ADVERTISEMENT
  • Pembaruan informasi E-commerce terkini.
  • Sampel gratis + pengiriman gratis.
  • Tanya jawab secara eksklusif.
  • Pendaftaran langsung secara resmi.
  • dan banyak keuntungan lainnya.

2. Mengajukan Permintaan ke Seller

Cara yang paling umum dilakukan jika ingin dapat sampel gratis adalah dengan minta langsung ke brand / seller yang bersangkutan secara manual. Cara minta sampel gratis langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok > login akun > klik menu TikTok Shop.
  2. Di halaman Today’s Data, klik Add Products.
  3. Akan tampil banyak sekali pilihan produk + komisinya yang bisa kamu review di halaman Add Products.
  4. Kamu bisa pilih produk melalui menu Kategori atau scroll ke bawah di bagian You may also like (barang-barang populer di TikTok).
  5. Pilih salah satu produk, klik Add. Kamu bisa langsung scroll ke bawah dan klik Hubungi Penjual / ikon headphone untuk mengirimkan pesan.
  6. Atau bisa juga melalui menu etalase TikTok Shop.
  7. Kalau produk sudah masuk etalase, klik link produk lalu pilih Hubungi Penjual untuk menghubungi customer service.
  8. Kirimkan pesan permintaan sampel produk gratis dengan format umum sebagai berikut:

———————————————————————————————

FORMAT PENULISAN PERMINTAAN BARANG KE SELLER :
———————————————————————————————
Hai, Nama saya adalah…… dengan akun Tiktok…… dengan Jumlah followers saat ini …..
No Whatsapp saya…. alamat saya….. Saya ingin tahu apakah anda dapat mengirimkan sampel, karena saya sangat tertarik merekam video dan mempromosikan produk ini.
Silakan follow saya, besar harapan saya untuk bekerja sama lebih lanjut.
Terimakasih.

———————————————————————————————

Format di atas adalah contoh yang paling umum digunakan oleh kreator TikTok. Namun, kamu bisa memodifikasi beberapa bagian agar lebih terlihat menarik.

Ohya perlu diingat, tidak semua seller mau memberikan sampel gratis. Untuk itu, silakan tunggu beberapa saat hingga seller merespon pesanmu.

Jika tidak ada balasan dalam beberapa hari atau seller menolak, kamu bisa kirimkan pesan di atas ke seller produk lainnya.

ADVERTISEMENT

3. Ikut Program Incentive TikTok Shop

Cara ketiga yang dapat kamu coba adalah dengan mengikuti program Incentive TikTok Shop. Pada prrogram ini, TikTok akan memberikan para kreator terpilih berbagai sampel gratis, yang nantinya akan kamu promosikan di etalase TikTok Shop, video singkat, live shopping maupun livestreaming.

Kalau kamu beruntung dan menjadi kreator terpilih, kamu wajib memasukkan dan mengunggah produk yang telah diperoleh ke etalase / showcase akun TikTok Shop.

Setelah itu, silakan buat video singkat atua livestreaming untuk mempromosikan produk. Jika setelah menerima sampel gratis kamu tidak melakukannya, akan ada sanksi khusus.

4. Pilih Toko yang Berlabel Sampel Gratis

Cara dapat barang gratis dari TikTok Shop yang terakhir adalah dengan menambahkan produk dari seller yang mempunyai label sampel gratis. 

Cara ini hampir sama dengan cara manual sebelumnya. Hanya saja, kamu harus mencari toko yang memang menyediakan sampel gratis.

Artinya, kamu harus cari satu per satu toko yang mau mengirimkan sampel gratis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok > login akun > klik menu TikTok Shop.
  2. Klik pada bagian Add Products / Tambah Produk.
  3. Cari barang yang ingin kamu review. Klik salah satu link, scroll ke bawah untuk lihat deskripsi.
  4. Jika ada tulisan Sampel Gratis, klik pilihan Minta untuk mengajukan pengiriman produk.
  5. Pilih variasi / warna produk (jika tersedia) > klik Minta Sampel Gratis.
  6. Di halaman Informasi Pribadi Anda, masukkan Info Kontak seperti Nama, Alamat Email dan Nomor HP.
  7. Klik Simpan.
  8. Akan muncul format permintaan sampel gratis yang disertai pernyataan kesediaan untuk memposting video / livestreaming berisi link produk setelah barang terkirim dalam 15 hari.
  9. Centang pada bagian pernyataan tersebut, lalu klik Kirim.
  10. Selesai.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, kamu bisa cek status permintaan dan pantau prosesnya pada halaman Perincian Permintaan.

Gimana? Mudah kan cara dapat produk gratis dari TikTok Shop? Kamu nantinya juga akan dapat komisi kalau ada pembelian melalui video dan link yang kamu promosikan.

Sangat menguntungkan bukan? Yuk, silakan dicoba!

FAQ

Pada bagian ini kami akan berikan informasi tambahan terkait smapel gratis yang ada di TikTok Shop. Semoga membantu.

  • Apakah Sampel Gratis TikTok Bayar?

Tidak. Sampel gratis TikTok Shop itu gratis, baik untuk produk maupun pengirimannya. Jadi, kamu tidak akan dimintai bayaran apapun jika sudah dapat persetujuan permintaan sampel gratis ke seller. 

  • Apa Itu Produk Affiliate TikTok?

Produk Affiliate adalah produk yang dijual oleh seller TikTok Shop yang nantinya akan direview oleh kreator. Setiap penjualan yang berhasil melalui link yang dipromosikan lewat livestream & video akan menghasilkan komisi. 

Penutup

Demikian beberapa cara dapat barang gratis dari TikTok Shop yang bisa kamu coba. Caranya cukup mudah dan sederhana, kamu bisa lakukan melalui akun TikTok masing-masing.

Tapi, jangan lupa untuk tetap amanah dan bertanggung jawab. Setelah menerima produk gratis, kamu wajib review dan promosi produk tersebut melalui video atau livestream video.

Nah, buat kamu yang punya online shop dan butuh info cek tarif & cek resi jasa ekspedisi, bisa juga lho akses linknya di situs kami berikut ini.

Hasilnya lebih akurat, cepat dan pastinya gratis. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Alamat dan Telepon Kantor Wahana di Surabaya, Lengkap!

12 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Fungsi mengetahui alamat kantor jasa ekspedisi salah satunya yaitu kita dapat mengambil barang/paket kita langsung ke kantor tersebut. Bagi Anda warga Kota Surabaya, berikut ini kami rangkumkan dengan lengkap daftar …

Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

6 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Update terbaru cara memilih jasa pengiriman di Shopee dimana semenjak tidak adanya lagi fitur opsi pengiriman di marketplace yang satu ini membuat para penggunanya kebingunan dan tidak sedikit pula yang …

Cara Jitu Membuat dan Menambah Lokasi Baru di Google Maps

25 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Cara Jitu Membuat dan Menambah Lokasi Baru di Google Maps – Zaman sekarang, ketika ingin menuju ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, orang-orang cenderung akan langsung membuka Google Maps. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *