ADVERTISEMENT

Live Shopping Instagram, Shopee & TikTok: Cara Baru Belanja Online 2022

Posted on 18 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Tingginya penggunaan internet membuat bisnis media online semakin bervariasi. Salah satunya adalah live shopping yang menjadi cara baru belanja online. Trend live shopping makin banyak ditemukan baik di marketplace maupun media sosial.

Hal tersebut membuat pengalaman belanja semakin variatif dan tentu saja menarik perhatian. Bagaimana tidak, meskipun dilakukan secara online, penjual dan pembeli dapat berkomunikasi secara langsung layaknya transaksi offline pada umumnya.

Bedanya, komunikasi terjadi lewat saluran live streaming atau siaran langsung video call. Sementara pembeli dapat menghubungi penjual menggunakan fitur di kolom chat.

ADVERTISEMENT

Nah, buat kamu yang penasaran dengan trend jualan live shopping dan apa saja keunggulannya, yuk simak artikel berikut. Melalui pembahasan kali ini, kami juga akan berikan tutorial memulai video streaming jualan + tips agar live streaming shopping semakin ramai. 

Apa Sih Live Shopping Itu?

Live Shopping adalah kegiatan belanja online secara langsung yang dilakukan melalui siaran video / live streaming.  

Dalam cara belanja ini, terdapat 3 kegiatan marketing yang berlangsung yaitu promosi, interaksi dan transaksi.

Penjual akan menjelaskan secara langsung mengenai produk yang mereka tawarkan. Sementara konsumen sebagai penonton dapat berkomunikasi atau memberikan timbal balik berupa pertanyaan sampai pembelian barang melalui kolom komentar / chat.

Dengan adanya platform ini, konsumen bisa lebih mudah mengetahui berbagai hal terkait produk. Mulai dari detail barang, harga, bahkan hingga ke proses lebih jauh seperti tawar menawar.

Namun perlu kamu ketahui bahwa siaran live streaming shopping biasanya tidak berlangsung lama. Penjual akan membatasi waktu siaran hanya dalam beberapa menit saja. Jadi, proses transaksi jual-beli melalui live streaming berlangsung secara singkat dan cepat.

ADVERTISEMENT

Di beberapa platform, video live streaming belanja bisa disimpan oleh penonton. Sehingga, konsumen yang ketinggalan siaran dapat memutarnya kembali lain waktu.

Jenis Live Shopping di Indonesia

Live Streaming Shopping merupakan strategi jualan baru yang belum begitu banyak diterapkan oleh pelaku usaha. Namun kita bisa menemukan sejumlah platform marketplace dan sosial media yang menyediakan fitur ini. Sebut saja live shopping Shopee, Instagram, TikTok dan fitur streaming Facebook.

Beberapa nama di atas cukup populer dan hits untuk berjualan online via live streaming. Namun mereka bukanlah platform pioneer. Karena, cara belanja live shopping pertama kali diterapkan oleh marketplace Lazada pada tahun 2019 sebagai strategi menyiasati pandemi.

Hasilnya, cara ini mampu meningkatkan penjualan hingga 45%. Metode tersebut pun diikuti oleh ecommerce lain seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Bahkan beberapa paltform media sosial juga tak ketinggalan. Instagram dan TikTok misalnya, kedua media sosial ini menyediakan fitur belanja online. Di Instagram kamu bisa menemukannya melalui Instagram Shopping. Sementara di TikTok melalui fitur bernama TikTok Shop.

ADVERTISEMENT

Selain kedua platform ini, beberapa media sosial lain seperti Facebook dan Twitter juga menyediakan fitur serupa. Maraknya penggunaan metode baru ini membuat live streaming shopping menjadi cara baru belanja yang makin diminati. 

Selain mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli, live streaming shopping biasanya menawarkan banyak diskon dan hadiah besar-besarn. Bukan hanya bagi pembeli, jualan dengan live streaming juga memberikan banyak keuntungan bagi penjual.

Apa saja? Yuk lanjut di ulasan berikut ini.

Keunggulan Jualan dengan Live Shopping

Sebagai trend baru belanja online, live streaming nyatanya sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan. Namun sebetulnya masih ada banyak keuntungan yang dapat kamu raih dengan memanfaatkan cara ini.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • mengukur minat masyarakat terhadap produk.
  • menciptakan interaksi yang lebih dekat antara pembeli dengan penjual.
  • memberikan pengalaman baru berbelanja.
  • memiliki banyak pilihan untuk menampilkan produk.
  • memudahkan konsumen untuk melihat secara langsung produk yang dijual.
  • membantu menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
  • sebagai teknik marketing yang unik dan lebih natural.
  • dapat sekaligus menjadi bahan riset dan survey kepuasan pembeli.
  • meningkatkan penjualan produk dan sekaligus meningkatkan keuntungan.

Berbagai keuntungan di atas tentu hanya dapat kamu raih apabila live streaming shopping berjalan optimal. Untuk mengoptimalkan penjualan lewat streaming, kamu bisa berkolaborasi dengan live shopping influencers yang sedang populer. 

Memanfaatkan peran influencer akan semakin meningkatkan user engagement dan brand awareness. Pembeli tentu akan lebih percaya dan lebih tertarik membeli jika produk terkesan digunakan oleh si influencer.

ADVERTISEMENT

Namun jika bisnis masih kecil dan budgetmu masih terbatas, kamu bisa mencoba cara memulai live shopping sederhana + tipsnya berikut ini.

Cara Memulai Live Streaming Jualan

Bagaimana cara memulai live streaming shopping Instagram, Shopee dan TikTok yang benar? Apapun platfrom yang akan kamu pilih, silakan ikuti beberapa langkah berikut untuk memulai video belanja online yang optimal.

1. Siapkan Peralatan Streaming

Pada tahap ini, kamu perlu menyiapkan sejumlah kebutuhan alat untuk live shopping, seperti:

  • Ponsel pintar full baterai dengan jaringan internet stabil.
  • Pakai tripod atau monopod untuk memudahkan dalam pengaturan kamera.
  • Gunakan mikrofon agar suara dapat didengar audiens.
  • Pasang background yang menarik, usahakan tidak terlalu ramai (netral saja).
  • Lebih baik menggunakan ring light agar pencahayaan semakin terang,
  • Pastikan koneksi internet minimal 4 mb/detik untuk kelancaran proses siaran.
  • Siapkan produk & narasi untuk membantu kelancaran live streaming.
  • Adakan pengumuman melalui sosial media / platform lainnya setidaknya H-1 minggu sebelum siaran.

2. Komunikasi dengan Audiens

Setelah peralatan siap, kamu bisa langsung melakukan live streaming melalui platform yang dipilih, Bisa dengan Live Shopee, Instagram Shopping, TikTok Shop atau media Facebook.

Saat live shopping berlangsung, kamu bisa mulai dengan menyapa audiens dan memaparkan produk yang hendak dijual. Pastikan kamu intens berinteraksi dengan penonton dengan menjawab pertanyaan yang ada di komentar.

Tipsnya adalah, tetaplah santai dan manfaatkan waktu sebaik mungkin agar penonton betah mengikuti siaran. Pastikan juga produk serta wajah tampil secara keseluruhan di layar, tidak terpotong dan jelas.

3. Lakukan Secara Rutin

Untuk mendapatkan hasil optimal tentu tidak hanya dengan satu atau dua kali percobaan saja. Kamu harus konsisten melakukan siaran agar citra tokomu meningkat.

Selain itu, kamu juga bisa terapkan beberapa tips berikut agar jualan online semakin optimal.

  • Lakukan siaran streaming minimal 1 – 2x seminggu.
  • Gunakan produk yang konsisten / sama agar mudah diingat.
  • Pakai teknik copywriting yang baik untuk judul siaran. Contohnya menggunakan kata Promo, Obral, Diskon dan lain sebagainya.
  • Bersikap ramah dan mempertahankan interaksi yang baik dengan audiens.

4. Lakukan Promosi lewat Sosial Media

Sosial medua adalah platform terbaik untuk melakukan promosi. Tidak hanya produk, tetapi juga berbagai hal mengenai toko dan jualan kamu.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Whatsapp atau yang lainnya untuk mempromosikan siaran langsung yang akan kamu adakan.

Berikan informasi detail terkait waktu penayangan (jam mulai & berakhir), produk-produk yang dijual sampai promo yang akan kamu tawarkan. Jangan lupa juga beri info untuk mengakses siaran.

Tips Agar Live Shopping Ramai Pembeli

Setelah mengikuti beberapa langkah untuk memulainya, kamu juga bisa menerapkan beberapa tips berikut agar siaran ramai dan banyak pembeli.

  • Konsep dan tujuan live streaming jelas.
  • Lakukan publikasi terlebih dahulu (melalui media sosial misalnya).
  • Pastikan kualitas internet, suara dan video bagus.
  • Bangun interaksi yang baik dengan audiens.
  • Sertakan promo dan diskon untuk menarik minat pembeli.

Nah, itu tadi sekilas mengenai live shopping sebagai cara baru belanja online berikut keuntungan, cara memulai serta tips nya agar ramai. Jadi gimana menurutmu? Apakah sulit melakukannya? Tidak kan?

Untuk itu, kamu bisa jadikan cara ini sebagai alternatif agar toko dan produk jualan agar semakin laris. Selamat mencoba ya!

Kamu juga bisa bagikan informasi ini ke kerabat, saudara atau teman-teman yang sedang berjuang dengan bisnis / UMKM mereka lhoh. Caranya dengan klik tombol ShareJika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar yaa.

Sekian, terima kasih 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

10 Cara Mengatasi Kode OTP Shopee Tidak Masuk Lewat SMS & WA

29 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Baru mau daftar Shopee tapi terkendala dengan kode OTP? Jangan panik, yuk simak apa penyebab sekaligus cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk di artikel berikut.  Saat pertama kali membuka …

Cara Mengganti Nama Facebook di HP & Desktop Terbaru

3 Des 2021 BY Ayu Triworo

Cara mengganti nama Facebook sebetulnya cukup mudah dan bisa dilakukan semua pengguna yang memiliki akun. Namun, mungkin saking lamanya Anda tidak ganti nama jadi lupa bagaimana caranya.  Melalui tulisan kali …

Review Biaya, Lama Pengiriman Cargo Shopee, Kelebihan & Kekurangan

17 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Jasa kirim hemat dan reguler merupakan dua layanan favorit yang tersedia di Shopee. Tapi, tahukah kamu ternyata ada juga lho pengiriman cargo Shopee. Sesuai namanya, cargo Shopee merupakan layanan pengiriman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *