ADVERTISEMENT

Cara Jualan Online Live Streaming Untuk Pemula [Terlengkap!]

Posted on 14 Jul 2021 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Apakah kamu tertarik untuk tahu bagaimana cara jualan online live streaming? Dan ingin mencobanya untuk toko online kamu? Nah, maka pas sekali kamu berada di artikel yang tepat.

Belakangan ini fitur live streaming sedang populer di kalangan para pemilik toko online loh, mereka memanfaatkannya untuk membantu promosi jualan mereka.

Maka dari itu, tetap di artikel ini karena kita akan membahas.

ADVERTISEMENT
  • Pengertian live streaming.
  • Manfaat live streaming untuk jualan.
  • Cara agar produk laris dengan fitur live streaming.
  • Platform sosial media dan marketplace yang cocok untuk jualan online live streaming.
  • Cara jualan online live streaming di grup Facebook, Instagram, Tiktok dan Shopee.

Bagaimana sangat menarik kan pembahasan kita kali ini, oleh karena itu ikuti terus sampai selesai ya.

Apa Itu Live Streaming?

Pengertian live streaming sendiri merupakan video yang disiarkan dan dilakukan secara langsung saat itu juga atau realtime. Kamu tidak perlu editing dan post-production.

Live streaming ini sifatnya dua arah. Tidak hanya kamu yang bisa berinteraksi dengan audiens, tetapi juga sebaliknya. Penonton kamu dapat meninggalkan komentar dan memberi reaction selama live berlangsung.

Selain itu, waktu yang diberikan juga tidak terbatas sehingga kamu bisa melakukan live streaming berapapun lamanya. Tidak hanya itu hasil video live ini juga bisa kamu simpan, jadi apabila ada yang ketinggalan masih bisa menonton juga.

ADVERTISEMENT
Baca Juga : 6 Tips Jualan Online di Tahun 2021 [Kiat Sukses Bagi Pemula]

Manfaat Jualan Memakai Fitur Live Streaming

Selanjutnya kamu juga perlu tahu apa manfaat dari cara jualan menggunakan live streaming toko online.  Agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Meningkatkan Brand Awareness

Mungkin selama ini para konsumen hanya mengenali brand sebatas melihat foto produk atau video yang kamu publikasikan. Nah, dengan melakukan live streaming konsumen dapat lebih mengenali brand kamu loh.

Mereka bisa lebih aware dengan ciri khas brand kamu seperti logo, warna, slogan dan identitas merek lainnya. Bahkan terdapat studi yang mengatakan bahwa konsumen cenderung tertarik melihat video secara live dibandingkan dengan konten tertulis atau gambar saja.

Mengapa? Karena dengan live streaming konsumen merasa lebih update dengan perkembangan produk dari toko tersebut.

ADVERTISEMENT

Mudahnya, semakin sering brand berinteraksi dengan konsumen maka semakin besar pula keterikatan konsumen terhadap brand.

Baca Juga : Platform CMS Terbaik Untuk Buat Web Toko Online [+Tips Memilih]

Meningkatkan Komunikasi Dengan Konsumen

Keuntungan cara jualan online live streaming yang lain adalah dapat meningkatkan komunikasi kamu dengan konsumen.

Dengan cara live streaming, apabila terdapat pertanyaan dari konsumen, maka kamu bisa menjawabnya secara langsung dan spontan. Hal itu juga dapat membuat konsumen memberikan rasa percaya lebih terhadap brand kamu.

Selain itu, apabila kamu sedang melakukan live, pasti nanti akan muncul notifikasinya. Dari hal tersebut mungkin ada audiens baru yang sebelumnya belum tahu brand kamu mereka tertarik dan akhirnya ikut menonton.

Maka dengan melakukan live stream juga dapat menjangkau audiens lebih luas lagi.

ADVERTISEMENT

Memberikan Konten Yang Fresh

Karena live streaming tidak bisa diedit dan konten yang disampaikan cenderung spontan maka bisa memberikan kesan baru pada audiens kamu.

Selain itu karena dilakukan secara realtime saat itu juga maka dapat dibilang konten tersebut masih fresh.Nah, karena spontan itu juga dapat memunculkan bagaimana brand personality kamu.

Cara Agar Laris Manis Jual Apapun Pakai Fitur Live Streaming

Untuk berjualan lewat live streaming juga butuh strateginya loh. Tidak serta merta langsung melakukan live saja. Berikut ini kita akan share beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat berjualan menggunakan fitur live streaming.

Persiapkan Peralatan dan Bahan Untuk Live Streaming

Saat melakukan live, kualitas video merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Maka dari itu persiapkan dengan baik peralatan seperti berikut.

  • Handphone, dengan kualitas gambar yang baik.
  • Tripod.
  • Mikrofon, agar suara yang dihasilkan bisa lebih jernih.
  • Internet, pastikan kualitas internet di tempat kamu stabil ya. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap penonton kamu.

Sedangkan bahannya yaitu konten yang akan kamu bahas pada live tersebut. Sehingga pembicaraan yang kamu lakukan bisa terarah.

Namun, ada baiknya juga jangan terlalu membaca naskah lakukan saja secara spontan dan natural.

Promosikan Jadwal Live Streaming

Setelah brand kamu memiliki jadwal live streaming yang akan dilakukan. Selanjutnya kamu bisa mempromosikan ke konsumen, lewat story Instagram, feeds Instagram atau membagikannya ke sosial media lain agar semakin banyak penonton yang akan melihat live streaming kamu.

Semakin banyak penonton, maka semakin banyak orang yang mengenali produk kamu juga. Apabila mereka tertarik dengan produk tersebut lama kelamaan pasti akan membelinya sehingga jualan kamu akan lebih laris.

Bagikan Informasi Yang Jelas & Lakukan Live Dengan Konsisten

Berikan info sejelas mungkin seperti produk apa saja yang dijual atau produk terbaru yang baru rilis, harganya, bagaimana cara order dan lainnya.

Hal tersebut dapat membuat konsumen merasa lebih puas atas informasinya dan tidak bertanya – tanya. Selain itu jangan lakukan live hanya sekali saja, tetapi secara konsisten.

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor TIKI di Jogja Hingga Jam Buka

17 Mei 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Alamat Lengkap dan Nomor Telepon TIKI di Jogja – Sedang ingin mengirimkan barang menggunakan ekspedisi TIKI namun tidak tahu di mana letak kantor atau agennya? Perusahaan ekspedisi TIKI menyediakan …

Cara Dropship Di Shopee Paling Mudah Dan Lengkap [+Tipsnya]

30 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Bingung ingin berjualan apa? Apalagi tidak memiliki produk? Tenang saja, Anda bisa memulai jualan online dengan cara dropship di Shopee. Dropship adalah menjualkan barang milik orang lain tanpa harus membelinya …

Berapa Gaji Youtuber Pemula?

28 Apr 2022 BY Ririn Ayu

  Kalau membahas soal tayangan konten apa yang terlintas di benak kamu? Youtube atau tiktok? Lalu, kalau kita mengerucut ke Youtube saja, apa yang terpikirkan? Atau siapa? Mungkin Cocomelon dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *