ADVERTISEMENT

Cara Jualan Online Live Streaming Untuk Pemula [Terlengkap!]

Posted on 14 Jul 2021 By Aorinka Anendya

Apakah kamu tertarik untuk tahu bagaimana cara jualan online live streaming? Dan ingin mencobanya untuk toko online kamu? Nah, maka pas sekali kamu berada di artikel yang tepat.

Belakangan ini fitur live streaming sedang populer di kalangan para pemilik toko online loh, mereka memanfaatkannya untuk membantu promosi jualan mereka.

Maka dari itu, tetap di artikel ini karena kita akan membahas.

  • Pengertian live streaming.
  • Manfaat live streaming untuk jualan.
  • Cara agar produk laris dengan fitur live streaming.
  • Platform sosial media dan marketplace yang cocok untuk jualan online live streaming.
  • Cara jualan online live streaming di grup Facebook, Instagram, Tiktok dan Shopee.

Bagaimana sangat menarik kan pembahasan kita kali ini, oleh karena itu ikuti terus sampai selesai ya.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Live Streaming?

Pengertian live streaming sendiri merupakan video yang disiarkan dan dilakukan secara langsung saat itu juga atau realtime. Kamu tidak perlu editing dan post-production.

Live streaming ini sifatnya dua arah. Tidak hanya kamu yang bisa berinteraksi dengan audiens, tetapi juga sebaliknya. Penonton kamu dapat meninggalkan komentar dan memberi reaction selama live berlangsung.

Selain itu, waktu yang diberikan juga tidak terbatas sehingga kamu bisa melakukan live streaming berapapun lamanya. Tidak hanya itu hasil video live ini juga bisa kamu simpan, jadi apabila ada yang ketinggalan masih bisa menonton juga.

Baca Juga : 6 Tips Jualan Online di Tahun 2021 [Kiat Sukses Bagi Pemula]

Manfaat Jualan Memakai Fitur Live Streaming

Selanjutnya kamu juga perlu tahu apa manfaat dari cara jualan menggunakan live streaming toko online.  Agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

ADVERTISEMENT

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Meningkatkan Brand Awareness

Mungkin selama ini para konsumen hanya mengenali brand sebatas melihat foto produk atau video yang kamu publikasikan. Nah, dengan melakukan live streaming konsumen dapat lebih mengenali brand kamu loh.

Mereka bisa lebih aware dengan ciri khas brand kamu seperti logo, warna, slogan dan identitas merek lainnya. Bahkan terdapat studi yang mengatakan bahwa konsumen cenderung tertarik melihat video secara live dibandingkan dengan konten tertulis atau gambar saja.

Mengapa? Karena dengan live streaming konsumen merasa lebih update dengan perkembangan produk dari toko tersebut.

Mudahnya, semakin sering brand berinteraksi dengan konsumen maka semakin besar pula keterikatan konsumen terhadap brand.

Baca Juga : Platform CMS Terbaik Untuk Buat Web Toko Online [+Tips Memilih]

Meningkatkan Komunikasi Dengan Konsumen

Keuntungan cara jualan online live streaming yang lain adalah dapat meningkatkan komunikasi kamu dengan konsumen.

Dengan cara live streaming, apabila terdapat pertanyaan dari konsumen, maka kamu bisa menjawabnya secara langsung dan spontan. Hal itu juga dapat membuat konsumen memberikan rasa percaya lebih terhadap brand kamu.

Selain itu, apabila kamu sedang melakukan live, pasti nanti akan muncul notifikasinya. Dari hal tersebut mungkin ada audiens baru yang sebelumnya belum tahu brand kamu mereka tertarik dan akhirnya ikut menonton.

Maka dengan melakukan live stream juga dapat menjangkau audiens lebih luas lagi.

Memberikan Konten Yang Fresh

Karena live streaming tidak bisa diedit dan konten yang disampaikan cenderung spontan maka bisa memberikan kesan baru pada audiens kamu.

ADVERTISEMENT

Selain itu karena dilakukan secara realtime saat itu juga maka dapat dibilang konten tersebut masih fresh.Nah, karena spontan itu juga dapat memunculkan bagaimana brand personality kamu.

Cara Agar Laris Manis Jual Apapun Pakai Fitur Live Streaming

Untuk berjualan lewat live streaming juga butuh strateginya loh. Tidak serta merta langsung melakukan live saja. Berikut ini kita akan share beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat berjualan menggunakan fitur live streaming.

Persiapkan Peralatan dan Bahan Untuk Live Streaming

Saat melakukan live, kualitas video merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Maka dari itu persiapkan dengan baik peralatan seperti berikut.

  • Handphone, dengan kualitas gambar yang baik.
  • Tripod.
  • Mikrofon, agar suara yang dihasilkan bisa lebih jernih.
  • Internet, pastikan kualitas internet di tempat kamu stabil ya. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap penonton kamu.

Sedangkan bahannya yaitu konten yang akan kamu bahas pada live tersebut. Sehingga pembicaraan yang kamu lakukan bisa terarah.

Namun, ada baiknya juga jangan terlalu membaca naskah lakukan saja secara spontan dan natural.

Promosikan Jadwal Live Streaming

Setelah brand kamu memiliki jadwal live streaming yang akan dilakukan. Selanjutnya kamu bisa mempromosikan ke konsumen, lewat story Instagram, feeds Instagram atau membagikannya ke sosial media lain agar semakin banyak penonton yang akan melihat live streaming kamu.

ADVERTISEMENT

Semakin banyak penonton, maka semakin banyak orang yang mengenali produk kamu juga. Apabila mereka tertarik dengan produk tersebut lama kelamaan pasti akan membelinya sehingga jualan kamu akan lebih laris.

Bagikan Informasi Yang Jelas & Lakukan Live Dengan Konsisten

Berikan info sejelas mungkin seperti produk apa saja yang dijual atau produk terbaru yang baru rilis, harganya, bagaimana cara order dan lainnya.

Hal tersebut dapat membuat konsumen merasa lebih puas atas informasinya dan tidak bertanya – tanya. Selain itu jangan lakukan live hanya sekali saja, tetapi secara konsisten.

Misalkan satu minggu sekali di hari senin jam 10 pagi atau waktu lainnya. Dengan adanya jadwal seperti itu maka konsumen kamu pun akan menunggu – nunggu dan meluangkan waktunya untuk menonton.

Platform Sosial Media Dan Marketplace Untuk Jualan Online

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara jualan menggunakan live streaming. Tentu kamu perlu memilih platform nya terlebih dulu. Saat ini hampir semua sosial media memiliki fitur tersebut, namun kita akan membahas platform yang populer digunakan sekarang ini.

Facebook

Pertama adalah Facebook. Di Facebook terdapat 2 macam fitur streaming. Yang pertama adalah melakukan live langsung di beranda, opsi yang pertama ini mirip dengan milik Instagram.

Opsi kedua yaitu melakukan live di grup Facebook. Jadi yang bisa menonton hanyalah anggota grup saja.

Baca Juga : Cara Beriklan di Facebook Ads Untuk Jualan Online [Mudah + Komplit]

Instagram

Sosial media yang kedua adalah Instagram. Tentu kamu sudah tahu kan dengn fitur live ini. Mungkin kamu juga sudah sering menggunakannya. Namun, kebanyakan orang menggunakan fitur ini hanya untuk hiburan saja.

Padahal bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk. Selain itu kamu juga bisa menyimpan hasil videonya ke IGTV atau diposting ke Instagram Stories.

Tiktok

Sosial media selanjutnya untuk cara jualan menggunakan live streaming yaitu Tiktok. Namun tidak semua pengguna Tiktok bisa melakukan live. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya.

  • Followers minimal 1.000
  • Usia minimal 16 tahun.
  • Menggunakan Tiktok versi terbaru.

Youtube

Fitur live streaming Youtube bisa digunakan oleh siapa saja. Kamu hanya perlu memperbarui versi Youtube yang paling baru.

Hanya saja jika kamu baru pertama kali menggunakan live stream tersebut, butuh waktu kurang lebih 24 jam untuk mulai mengaktifkannya. Tidak hanya itu loh, kamu bahkan bisa mendapatkan pendapatan dari live stream dengan syarat mengaktifkan iklan dan menggunakan super chat.

Tapi tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan menggunakan live stream ini juga bisa menjadi solusi cara meningkatkan penjualan lewat Youtube secara gratis.

Shopee

Bukan hanya sosial media yang terdapat fitur live stream, beberapa marketplace juga menyediakannya. Salah satunya adalah marketplace besar Shopee.

Tidak hanya memiliki program Flash Sale Shopee tetapi juga Live Sale, yang merupakan kegiatan promosi Shopee Live. Jadi di sana kamu bisa menawarkan diskon dan voucher untuk pembeli yang menonton live streaming.

Dengan mengikuti program LIVE Sale, penjual dapat menarik penonton lebih banyak dan meningkatkan penjualan lewat sesi streaming tersebut.

Setelah mengetahui platform apa saja yang cocok digunakan untuk jualan online live streaming. Selanjutnya adalah mencoba fitur tersebut di masing – masing platform.

Cara Jualan Online Live Streaming di Grup Facebook

Sebelum mencoba fiturnya, kamu harus pastikan beberapa hal berikut.

  • Memiliki akun Facebook.
  • Mengupdate Facebook ke versi yang terbaru.

Karena live streaming juga merupakan salah satu tips mudah jualan laris di Facebook.

  • Masuk ke Facebook lalu pilih menu Akun Saya di pojok kanan. Setelah itu scroll ke bawah sampai menemukan bagian Grup.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 1 Live Streaming Grup Facebook Masuk Menu Saya Pilih Grup
@Langkah 1 Live Streaming Grup Facebook Masuk Menu Saya Pilih Grup
  • Jika sudah, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah dan pilih Grup Anda.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook, Langkah 2 Live Streaming Grup Facebook Pilih Grup Anda
@Langkah 2 Live Streaming Grup Facebook Pilih Grup Anda
  • Lalu nanti akan muncul semua grup kamu, klik pada grup yang akan digunakan untuk live streaming.
Baca Juga : Cara Beriklan di Facebook Ads Untuk Jualan Online [Mudah + Komplit]
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook, Langkah 3 Live Streaming Grup Facebook Pilih Grup
@Langkah 3 Live Streaming Grup Facebook Pilih Grup
  • Jika sudah, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah dan klik pada Siaran Langsung.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook, Langkah 4 Live Streaming Grup Facebook Pilih Siaran Langsung
@Langkah 4 Live Streaming Grup Facebook Pilih Siaran Langsung
  • Setelah itu muncul tampilan untuk mengatur siarang langsung. Diantaranya adalah menambahkan lokasi, menandai teman, mengundang teman untuk bergabung dalam live streaming. Jika sudah bisa langsung memilih tombol Mulai Video Siaran Langsung
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook, Langkah 5 Live Streaming Grup Facebook Setting Live Streaming
@Langkah 5 Live Streaming Grup Facebook Setting Live Streaming
  • Sampai sini live streaming nya sudah bisa kamu mulai. Mudah kan?

Cara Jualan Online Live Streaming di Instagram

Selanjutnya cara menggunakan live streaming toko online di Instagram berikut langkahnya..

  • Masuk ke aplikasi Instagram, lalu di bagian beranda swipe ke kanan hingga muncul tampilan seperti di bawah. Geser ke kanan sampai dengan tulisan Langsung.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Instagram, Langkah 1 Live Streaming Instagram Pilih LANGSUNG
@Langkah 1 Live Streaming Instagram Pilih LANGSUNG
  • Lalu klik pada ikon 4 garis berikut untuk. Dan nanti akan muncul tampilan untuk menambahkan judul pada tulisan Tambahkan Judul… jika sudah selesai klik tombol Tambahkan Judul untuk menyimpan nama judulnya.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Instagram, Langkah 2 Live Streaming Instagram Pilih Ikon Garis Lalu Tambahkan Judul
@Langkah 2 Live Streaming Instagram Pilih Ikon Garis Lalu Tambahkan Judul
  • Apabila tombol lingkaran seperti gambar yang kedua untuk memulai video.
  • Jika live sudah selesai, klik tombol back saja lalu nanti muncul seperti di bawah ini dan pilih Akhiri Video.
Baca Juga : Panduan & Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Dengan Mudah
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Instagram, Langkah 3 Live Streaming Instagram Pilih Akhiri Video
@Langkah 3 Live Streaming Instagram Pilih Akhiri Video
  • Selanjutnya nanti terdapat opsi apakah hasil video tersebut ingin dibagikan ke IGTV, di unduh atau dihapus saja.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Instagram, Langkah 4 Live Streaming Instagram Pilih Akan Dibagikan Kemana
@Langkah 4 Live Streaming Instagram Pilih Akan Dibagikan Kemana

Cara Jualan Online Live Streaming di Tiktok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk melakukan live streaming di Tiktok harus memenuhi persyaratannya terlebih dulu. Jika sudah maka fitur live stream bisa digunakan.

  • Masuk ke beranda Tiktok, lalu pilih tombol + seperti berikut.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Tiktok, Langkah 1 Live Streaming Tiktok Pilih Tombol Plus
@Langkah 1 Live Streaming Tiktok Pilih Tombol Plus
  • Setelah itu muncul tampilan untuk mengatur live stream, diantaranya adalah menambahkan judul, menambahkan topik, mengubah foto.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Tiktok, Langkah 2 Live Streaming Tiktok Setting Live Streaming
@Langkah 2 Live Streaming Tiktok Setting Live Streaming
  • Apabila kamu ingin menambahkan topik, kira – kira seperti ini tampilannya.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Tiktok, Langkah 3 Live Streaming Tiktok Pilih Topik
@Langkah 3 Live Streaming Tiktok Pilih Topik
  • Jika sudah selesai semua plih tombol Mulai Siaran LANGSUNG seperti gambar kedua.

Penting untuk diperhatikan juga, apabila kamu sudah selesai melakukan live streaming. Maka hasil rekaman videonya bisa kamu akses dan kamu ditinjau lagi pada Pengaturan dan Privasi > LIVE replay selama 90 hari > Pelajari Selengkapnya.

Cara Jualan Online Live Streaming di Youtube

Sosial media yang terakhir yaitu Youtube. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu, diantaranya.

  • Menggunakan perangkat dengan Android minimal 5.0+
  • Mengaktifkan live streaming.
  • Memverifikasi channel.
  • Tidak memiliki pembatasan live streaming dalam 90 terakhir.

Langsung saja berikut langkahnya.

  • Masuk ke beranda Youtube, lalu pilih tombol plus di tengah seperti di bawah ini.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Youtube, Langkah 1 Live Streaming Youtube Masuk Youtube Pilih Tombol Plus
@Langkah 1 Live Streaming Youtube Masuk Youtube Pilih Tombol Plus
  • Selanjutnya, jika kamu belum pernah mengaktifkan fitur live streaming maka akan muncul tampilan seperti di bawah. Kamu diminta untuk memverifikasi terlebih dulu menggunakan nomor telepon. Dan klik MULAI.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Youtube, Langkah 2 Live Streaming Youtube Pilih Mulai Untuk Verifikasi Nomor
@Langkah 2 Live Streaming Youtube Pilih Mulai Untuk Verifikasi Nomor
  • Lalu masukan nomor telepon yang akan digunakan untuk verifikasi. Pilih DAPATKAN KODE.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Youtube, Langkah 3 Live Streaming Youtube Pilih Masukan Nomor
@Langkah 3 Live Streaming Youtube Pilih Masukan Nomor
  • Setelah itu, kamu akan mendapat kode yang harus dimasukan untuk verfikasi. Jika kode sudah dimasukan dan berhasil maka seperti ini tampilannya.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Youtube, Langkah 4 Live Streaming Youtube Pilih Verifikasi Berhasil
@Langkah 4 Live Streaming Youtube Pilih Verifikasi Berhasil

Tunggu sampai 24 jam sampai fitur live aktif. Jika sudah masuk ke beranda Youtube lagi.

  • Pilih tombol plus lalu Live Streaming.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 6 Live Streaming Youtube Pilih Tombol Plus Lalu Live Streaming
@Langkah 6 Live Streaming Youtube Pilih Tombol Plus Lalu Live Streaming
  • Lalu nanti muncul tampilan berikut yang berisikan ketentuan live streaming. Selanjutnya pilih MULAI.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 7 Live Streaming Youtube Syarat Melakukan Live
@Langkah 7 Live Streaming Youtube Syarat Melakukan Live
  • Lalu nanti akan muncul tampilan untuk mengatur live streaming seperti judul, deskripsi dan opsi lainnya. Jika sudah pilih BERIKUTNYA.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 7 Live Streaming Youtube Isi Judul, Deskripsi dan Opsi Lainnya
@Langkah 7 Live Streaming Youtube Isi Judul, Deskripsi dan Opsi Lainnya
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti selfie dengan hitungan mundur untuk gambar thumbnail.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 8 Live Streaming Youtube Selfie Untuk Thumbnail
@Langkah 8 Live Streaming Youtube Selfie Untuk Thumbnail
  • Terakhir yaitu pilih LIVE STREAMING.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Grup Facebook Langkah 7 Live Streaming Youtube Pilih Live Streaming Untuk Memulai
@Langkah 7 Live Streaming Youtube Pilih Live Streaming Untuk Memulai

Cara Jualan Online Live Streaming di Shopee

Terakhir yaitu cara jualan menggunakan live streaming toko online Shopee. Pastikan kamu sudah memiliki akun Shopee dan sudah membuat toko online di sana.

  • Masuk ke aplikasi Shopee, lalu ke menu Jika sudah scroll ke bawah sampai menemukan fitur Shopee Live.
Baca Juga : 14+ Produk Terlaris Tahun 2021 Di Tokopedia dan Shopee Banyak Dicari
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Shopee, Langkah 1 Live Streaming Shopee Pilih Shopee Live
@Langkah 1 Live Streaming Shopee Pilih Shopee Live
  • Selanjutnya nanti muncul tampilan seperti berikut dan pilih Buat live streaming.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Shopee, Langkah 2 Live Streaming Shopee Pilih Buat Live Streaming
@Langkah 2 Live Streaming Shopee Pilih Buat Live Streaming
  • Jika sudah, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa hal yaitu judul, foto untuk cover, produk terkait yang akan dibahas pada live streaming.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Shopee, Langkah 4 Live Streaming Shopee Setting Live Streaming
@Langkah 3 Live Streaming Shopee Setting Live Streaming
  • Kira – kira beginilah tampilan kolom yang sudah diisi. Jika sudah yakin klik LANJUT.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Shopee, Langkah 4 Live Streaming Shopee Setting Live Streaing Yang Sudah Diatur
@Langkah 4 Live Streaming Shopee Setting Live Streaming Yang Sudah Diatur
  • Selanjutnya nanti muncul tampilan untuk memulai live seperti berikut. Pilih Mulai Live Streaming untuk memulai live nya.
Cara Jualan Menggunakan Live Streaming Shopee, Langkah 5 Live Streaming Shopee Mulai Live Streaming
@Langkah 5 Live Streaming Shopee Mulai Live Streaming

Itulah beberapa cara jualan online live streaming yang bisa kamu coba di sosial media ataupun platform di atas.

Apabila terdapat kendala saat melakukan live atau masih ada yang belum jelas bisa kamu sampaikan di kolom komentar saja ya.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

10 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Berita [+Ulasan Lengkap]

2 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Simak rekomendasi tema WordPress premium terbaik untuk berita berikut ini bagi kamu yang punya budget lebih untuk membeli tema WordPress. Di WordPress sendiri sudah menyediakan banyak tema WordPress berita gratis …

8 Tema WordPress Terbaik Dan Gratis Untuk Berita [+Cara Instalnya]

1 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Bagi kamu yang akan membuat website portal berita. Baca daftar tema WordPress terbaik dan gratis untuk berita. Yang bisa kamu dapatkan secara mudah dan bagaimana cara instalasinya. Perlu kamu ingat, …

Daftar Harga Ongkir Jakarta Palembang Seluruh Ekspedisi Lengkap

9 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Harga Ongkir Jakarta – Palembang 2019 (All Ekspedisi) – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir JNE dari Jakarta ke Palembang, halaman ini adalah halaman yang tepat untuk Anda. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *