13 Cara Memilih Lokasi yang Bagus untuk Memulai Wirausaha + Izinnya

Posted on 19 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha adalah langkah awal yang sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda ke depannya. Salah satu keuntungan memilih lokasi yang tepat dan strategis untuk usaha yaitu bisa meningkatkan usaha dengan cepat.

Meski demikian, memilih tempat usaha srategis bukanlah perkara mudah. Ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari faktor kepadatan penduduk, keamanan, kebersihan hingga perizinan.

Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami akan bantu Anda memilih serta menentukan lokasi yang strategis untuk memulai usaha. Buat kalian yang ingin membangun ruko atau tempat usaha offline, yuk simak faktor apa saja yang wajib diperhatikan.

Bagaimana Cara Memilih Lokasi yang Bagus untuk Memulai Wirausaha?

Lokasi usaha yang tepat dan strategis menjadikan suatu usaha lebih mudah berkembang. Sebab, selain promosi produk, lokasi juga sangat menentukan besar kecilnya tingkat penjualan.

Untuk itu, sebelum memulai usaha baiknya Anda memilih lokasi yang tepat dan strategis dan juga cocok untuk usaha. Anda perlu riset dan melakukan banyak perbandingan untuk menemukan lokasi yang benar-benar cocok. Baik dari segi lokasi maupun anggaran.

ADVERTISEMENT

Bukan itu saja, ada banyak hal lain yang harus Anda perhatikan, seperti tingkat keramaian, keamanan dan juga kebersihan lokasi usaha.

Untuk membantu, berikut kami sajikan beberapa cara dan tips yang wajib dipertimbangkan saat memilih lokasi usaha. Simak yaa.

1. Lokasi Sesuai dengan Budget

Budget merupakan hal pertama yang wajib Anda perhatikan sebelum menentukan tempat usaha. Pastikan lokasi usaha yang dipilih sesuai dengan budget. Anda bisa memilih untuk membeli toko, membangun sendiri, menyewa tahunan atau kontrak untuk beberapa bulan.

Selain biaya untuk tempat, Anda juga perlu memperhatikan anggaran lain terkait biaya perawatan, listrik, air, maupun perizinan. Meskipun sepele, keperluan kecil semacam itu bisa jadi masalah apabila tidak dipertimbangkan.

Apalagi kebutuhan perawatan lokasi usaha seperti di atas biasanya merupakan kebutuhan bulanan rutin. Maka dari itu, silakan lakukan riset dan observasi agar tidak mengalami overbudgeting saat sudah menentukan lokasi.

2. Sesuaikan dengan Demografi Target Pasar

Langkah penting selanjutnya adalah menentukan lokasi berdasar target pasar. Target pasar merupakan masyarakat yang Anda bidik untuk menjadi calon konsumen. Setiap usaha pasti memiliki target yang berbeda-beda.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi demografi target pasar, seperti gender, usia, tingkat pendapatan serta kepadatan penduduk. Sebelum memilih lokasi, Anda harus tahu siapa target pasar bisnis Anda.

Lakukan riset terlebih dahulu kemudian cari tahu letak demografinya. Hal ini akan mempermudah Anda menentukan lokasi yang cocok untuk usaha. Dengan begitu, pemasaran usaha akan semakin mudah dijalankan.

3. Tingkat Keramaian Tinggi

Salah satu contoh lokasi usaha yang strategis adalah berada di lokasi yang ramai dengan tingkat lalu lalang tinggi. Semakin ramai lokasi, tingkat penjualan akan semakin tinggi, peluang usaha meningkat pun akan semakin besar.

Tidak heran, kawasan ramai di perkotaan seperti alun-alun, pusat kota, dan lokasi lainnya menjadi salah satu lokasi favorit untuk memulai usaha. Namun, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membangun usaha di tengah / pusat kota yang notabene harganya pasti tinggi.

Anda bisa pilih lokasi di perkotaan yang memiliki tingkat lalu lalang yang memadai dan potensial untuk membangun usaha.

Jangan lupa pertimbangkan juga besar kepadatan dan tingkat pendapatan masyarakat di sekitar tempat usaha. Hal ini juga sangat mempengaruhi daya beli yang akan berdampak pada usaha Anda.

4. Aksesnya Mudah

Ciri ciri tempat usaha yang strategis berikutnya adalah memiliki akses yang mudah, baik untuk kendaraan pribadi maupun alat transportasi umum.

Hal ini penting karena konsumen biasanya sangat selektif dalam hal kenyamanan. Orang-orang tentu akan lebih memilih toko yang mudah dijangkau daripada yang tidak.

ADVERTISEMENT

Anda bisa perhatikan beberapa hal untuk mendapatkan lokasi yang menyediakan akses mudah. Misalnya, mudah dijangkau kendaraan pribadi / umum, akses jalan lebar dan baik, dan tidka terlalu jauh dari kawasan pemukiman penduduk.

5. Lokasi Dekat dengan Supplier Bahan Baku Usaha

Selain mudah dijangkau konsumen, pertimbangan berikutnya adalah dekat dan mudah diakses oleh penyedia bahan baku. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menjalani usaha ke depannya.

Anda tidak akan kebingungan saat bahan baku sedang habis karena bisa langsung menuju supplier untuk stok barang. Atau, Anda bisa minta supplier untuk mengirimkan bahan baku ke toko secara langsung.

Hal ini tentu akan semakin mudah dilakukan apabila tidak ada kendala dalam hal akses dan jangkauan. Berbeda jika lokasi supplier jauh, tentu akan ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya dalam hal pengiriman bahan baku.

6. Memiliki Tingkat Kompetisi Rendah

Tips cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha selanjutnya adalah mencari lokasi dengan tingkat kompetisi yang rendah. Artinya, pilih lokasi yang belum ada usaha usaha seperti Anda agar minim persaingan.

Sebaiknya hindari lokasi yang sudah banyak usaha yang serupa dengan bisnis Anda. Hal tersebut lebih aman karena Anda tidak perlu bersaing secara ketat dengan penjual lainnya.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Daftar Harga Ongkir Jakarta Semarang Seluruh Ekspedisi Lengkap

19 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Harga Ongkir Jakarta – Semarang 2019 (All Ekspedisi) – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Semarang, halaman ini sangat tepat untuk Anda. Berikut kami paparkan …

Cara Daftar Merchant Shopee Food bagi Pemula + Syaratnya [Mudah]

6 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Selain Grab dan Gojek, pelaku bisnis kuliner dan UMKM kini bisa juga menggunakan Shopee sebagai tempat promosi bisnis, yaitu melalui fitur Shopee Food. Di artikel berikut, kita akan bahas apa …

Berapa Lama Pengiriman J&T Express? [Info Lengkap & Terbaru]

19 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Berapa lama pengiriman J&T Express Jakarta Surabaya atau ke daerah lain? Sepertinya tidak sedikit yang bertanya mengenai hal ini. Sama dengan estimasi pengiriman Shopee Express, durasi pengiriman J&T juga berbeda-beda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *