Cara Menambahkan Fitur Refund pada WooCommerce

Posted on 8 Apr 2019 By Nisa Husnainna

Cara Menambahkan Fitur Refund Refund (pengembalian) adalah suatu proses bisnis yang tidak terelakkan dalam dunia toko online. Sistem refund harus dikelola dengan baik karena merupakan salah satu after sales dari suatu toko online. Dengan adanya Plugin Refund, maka akan mempermudah toko online me-manage proses refund dengan form refund yang terintegrasi dengan order.

 

Apa Itu Plugin Refund Request Tonjoo?

Plugin Woo Ongkir WordPress Tonjoo memiliki fitur Refund Request yang dapat dipasang pada website Anda guna membantu customer dalam proses refund.

ADVERTISEMENT

Plugin Refund Request Tonjoo dapat memberikan cara yang efisien untuk mengelola pengembalian uang maupun barang di Toko WooCommerce Anda. Salah satu Plugin Refund WooCommerce Terbaik dikembangkan oleh Tonjoo Studio.

Plugin Refund Request Tonjoo memungkinkan pelanggan untuk mengajukan refund (pengembalian) hanya dengan mengisi form singkat pada website Anda. Admin website Anda dapat menanggapi form refund tersebut dengan menerima ataupun menolaknya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di toko online Anda.

Baca juga: 3 Tips Memaksimalkan Penggunaan Plugin Refund

 

Manfaat Memiliki Plugin Refund Request Tonjoo di WooCommerce

Di antara manfaat dari Plugin Refund Request di WooCommerce adalah:

1. Proses Pengembalian yang Mudah

Plugin Refund Request membuat proses pengembalian barang maupun uang secara keseluruhan menjadi lebih mudah. Pelanggan Anda dapat dengan mudah meminta pengembalian (refund) langsung dari website.

2. Lebih Sedikit Peluang Kehilangan Pelanggan

Sebagian besar Refund terjadi karena pelanggan tidak senang dengan pesanan mereka. Memfasilitasi mereka dengan cara yang tepat untuk mendapatkan pengembalian uang/barang akan meningkatkan peluang pelanggan yang sama melakukan pembelian lagi di toko Anda di masa mendatang.

3. Penjualan di Masa Mendatang Terjamin

Menyediakan fasilitas refund dalam bentuk form ataupun kupon akan menjamin bahwa pelanggan Anda akan melakukan pembelian lagi di masa mendatang yang akan berdampak pada terjaminnya penjualan Anda di masa depan.

4. Menghemat Banyak Waktu

Mengelola permintaan Refund secara manual adalah tugas besar bagi Admin atau Customer Support (CS) toko online Anda. Plugin Refund Request melacak dan menyimpan semua data permintaan refund dari pelanggan karena form refund terintegrasi dengan order.

5. Dapatkan Kepercayaan dari Pembeli Anda

Memiliki Plugin Refund Request di WooCommerce akan membuat pelanggan membeli produk Anda dengan lebih percaya diri. Mereka tidak perlu khawatir tentang cara mendapatkan pengembalian uang atau barang saat mereka membutuhkannya.

 

Alur Proses untuk Menambahkan Fitur Refund pada WooCommerce

Seperti halnya form Payment Confirmation, pembuatan form Refund Request juga menggunakan shortcodeShortcode adalah fungsi khusus yang akan sering kita gunakan pada WordPress kita, sehingga kita tidak perlu mengulang-ulang proses yang sama setiap kali kita membutuhkannya. Shortcode ini bisa dipasang baik di pos atau halaman/page. Akan tetapi untuk membuat halaman form Refund lebih disarankan dipasang di halaman/page.

Shortcode yang digunakan dalam plugin Refund Request adalah: [refund-form].

Menambahkan fitur Refund pada website WooCommerce sangat mudah. Berikut adalah langkah demi langkah membuat halaman refund request:

1. Login ke area back-end website Anda: namawebsite.com/wp-admin/

2. Pada menu ‘Refund Request’, klik ‘Settings’.

2

 

3. Pada tab General, terdapat kode bertuliskan: [refund-form]. Block (tandai) kode tersebut kemudian copy (salin).

3

 

4. Pada menu Pages, pilih ‘Add New’.

4

 

5. Kolom judul dapat diisi dengan bebas (misal: Refund). Setelah itu paste (tempel) kode yang telah di-copy tadi dan klik ‘Publish’.

5

6. Selanjutnya, pada menu ‘Appearance’ klik ‘Menus’.

6

 

7. Pada kolom Pages akan terlihat pilihan ‘Refund’ yang telah Anda buat tadi. Centang kolom ‘Refund’ tersebut lalu klik ‘Add to Menu’.

7

 

8. Menu Refund telah muncul di Menu Structure (seperti pada gambar di bawah). Klik tombol ‘Save Menu’ untuk memunculkan menu ini pada halaman front-end website Anda.

8

 

9. Selesai! Anda telah berhasil menambahkan fitur Refund pada website Anda.

9

 

Silakan lihat halaman Refund Request Anda, maka kurang lebih tampilannya akan seperti ini:

request refund front end

Dengan Plugin Refund, kini Admin toko online Anda dapat memproses permintaan refund dari customer secara efisien dan mudah. Tertarik untuk mencoba? Plugin Refund bisa Anda dapatkan di laman berikut: https://tonjoostudio.com/product/plugin-refund/

 

Bagaimana Cara Mengajukan Refund? Baca selengkapnya: Cara Melakukan Refund di Toko Online

 

 

Gambar dan Referensi: hoicker.com

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Yuk, Pahami Pengertian Harbolnas untuk Belanja Sepuasnya!

17 Dec 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Lho, kok toko online A berani kasih diskon sampai 80%? Di toko online B semua barang dipukul rata dengan harga Rp 20,000. Toko C juga berani memberikan ongkos kirim gratis. …

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T dengan Mudah dan Cepat

13 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Sebelum membeli barang atau transaksi online, Anda harus mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T. Jika kita membeli barang secara online maka kita tidak tahu apakah barang kita sudah …

Daftar Alamat dan Telepon Kantor Wahana di Surabaya, Lengkap!

12 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Fungsi mengetahui alamat kantor jasa ekspedisi salah satunya yaitu kita dapat mengambil barang/paket kita langsung ke kantor tersebut. Bagi Anda warga Kota Surabaya, berikut ini kami rangkumkan dengan lengkap daftar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *