Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot, Jualan Kembali Lancar

Moch. Nasikhun Amin 30 Dec 2022 3 Menit 0

Ketika aplikasi Shopee berjalan lambat, tentu ini mengganggu aktivitas berjualan. Sehingga kamu perlu mengetahui cara mengatasi aplikasi Shopee lemot agar bisnis tidak terkendala.

Bahkan kelemotan aplikasi bisa menganggu Shopee Seller Balance kamu. Karena nggak bisa memproses penjualan, sehingga saldo di Seller Balance ya nggak nambah-nambah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi Shopee yang lemot hingga tidak ada gambarnya? Berikut ini kami jelaskan penyebab dan cara mengatasinya. Markimak. Mari kita simak 😉 ~

Ciri-Ciri Aplikasi Shopee Bermasalah dan Lemot

Ada beberapa ciri-ciri aplikasi Shopee yang sedang mengalami masalah, sehingga menyebabkan aplikasi tersebut berjalan lambat. Berikut di antaranya:

  • Loading lama saat buka aplikasi
  • Muncul Pemberitahuan error
  • Ketika menavigasi ke beberapa fitur tidak bisa sat-set
  • Aplikasi Shopee tidak ada gambarnya
  • Beberapa fitur tidak bisa atau sulit dibuka, seperti ShopeePay dan lainnya

Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot

Berikut ini kami uraikan cara mengtatasi aplikasi Shopee yang lemot berdasarkan penyebabnya.

Catatan:

Cara di bawah ini kami praktikkan menggunakan perangkat Samsung Galaxy A32 dengan sistem operasi Android 12. Penggunaan perangkat yang berbeda dengan sistem operasi yang berbeda, bisa memiliki istilah yang berbeda pula. Namun kurang lebih caranya sama.

1. Perbarui Aplikasi Shopee

Apakah kamu sudah menggunakan aplikasi Shopee terbaru? Jika belum update, kemungkinan penyebab aplikasi Shopee kamu lemot adalah karena belum diperbarui.

Biasanya setiap aplikasi masih memiliki bug, yakni sebuah kegagalan atau kesalahan pada aplikasi yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa berjalan dengan baik, sehingga aplikasi Shopee harus di-update.

Cara memeriksa apakah aplikasi Shopee kamu sudah diperbarui atau belum, pergi ke Google Play Store > cari aplikasi Shopee > jika ada tombol Perbarui pada aplikasi Shopee, maka sebaiknya kamu perbarui.

Jika tidak ada tombol Perbarui, artinya aplikasi Shopee yang kamu gunakan memang sudah terbaru dan tidak ada masalah dengan hal itu. Jadi, kamu bisa coba cara selanjutnya:

2. Bersihkan Cache Aplikasi Shopee

Cara mengatasi Shopee error yang membuat aplikasinya lelet adalah dengan membersihkan cache. Karena salah satu penyebab aplikasi lemot adalah karena cache yang sudah menumpuk.

Cache adalah tempat penyimpanan sementara untuk data yang sering kamu gunakan atau akses. Semakin sering dan lama kamu menggunakan Shopee, maka semakin banyak data di dalam cache.

Jadi, sebaiknya kamu menghapus cache secara rutin agar aplikasi Shopee dapat beroperasi secara ringan. Penghapusan cache tidak menyebabkan akun kamu keluar, jadi aman.

Cara membersihkan cache adalah dengan buka Settings (Pengaturan) > gulir ke bawah dan pilih Apps > pilih Shopee > gulir ke bawah dan pilih Storage (Penyimpanan) > ketuk Clear cache > Selesai.

Cara mengatasi aplikasi shopee lemot

3. Logout, Hapus Apliksi, Login

Percobaan selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan aplikasi Shopee yang lemot adalah dengan logout > hapus aplikasi > login kembali.

Masih belum ada alasan yang mendasar kenapa cara ini mungkin berhasil. Namun, berdasarkan beberapa percobaan yang dilakukan pengguna Shopee, cara ini bisa membantu aplikasi Shopee agar tidak lemot.

Untuk logout dari Shopee, langkah-langkahnya adalah buka menu Saya di aplikasi Shopee > ketuk ikon Settings di bagian kanan atas > gulir ke bawah dan ketuk Logout.

Cara mengatasi aplikasi shopee lemot

Jika sudah keluar, silakan kamu hapus terlebih dahulu aplikasi Shopee-nya, kemudian masuk kembali menggaunakan akun yang sama. Menghapus aplikasi bisa jadi salah satu cara refresh aplikasi Shopee agar tidak lemot.

4. Perbaiki Jaringan

Penyebab lain yang membuat Shopee lemot bahkan susah diakses adalah karena jaringan internet yang buruk atau data internet yang tidak memadahi.

Jika memang akar permasalahannya adalah jaringan, maka kamu bisa menyelesaikannya dengan pergi ke tempat atau area yang memiliki jaringan internet bagus.

5. Tutup Aplikasi di Background

Permasalahan lain yang sering menjadi penyebab lemotnya aplikasi Shopee adalah karena banyaknya aplikasi atau program yang dibuka di HP secara bersamaan. Sehinga aplikasi Shopee jadi lemot.

Misalnya saat kamu buka apliaksi Shopee, kamu juga sedang membuka Google Chrome, YouTube, Instagram, atau aplikasi lainnya. Maka kamu perlu menutup aplikasi atau program yang sedang berjalan tersebut.

Biasanya ini terjadi pada HP yang memiliki RAM dan Storage yang sedikit dan sudah dipasang banyak aplikasi di HP tersebut. Sehingga menyebabkan aplikasi lemot.

Sudah Berhasil Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot?

Sampai di sini, dapat kita simpulkan bahwa cara mengatasi aplikasi Shopee lemot bisa dengan beberapa metode, tergantung dengan permasalahan yang menyebabkannya.

Kamu juga mungkin pelu membaca-baca syarat menjadi Star Seller di Shopee. Hal tersebut bisa menambah wawasan jika ingin serius berjualan di Shopee.

Ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun? Kamu dapat menyampaikannya melalui email kami di contact@tonjoo.com. Feedback dari kamu sangat berarti untuk kami 🙂

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir Gratis. Mudah. Akurat.

Jika Kamu hendak melakukan cek resi dan tarif ongkos kirim dapat dengan mudah Kamu lakukan menggunakan layanan kami, loh. Selain itu juga 100% gratis.

Yuk, cek resi dan ongkos kirim pengiriman barang kamu.

Lacak di mana paket JNE, POS, Tiki, JNT, Wahana, Lion Parcel, Sicepat, dll dengan mudah, akurat, dan gratis hanya di Plugin Ongkos Kirim!


Baca juga artikel menarik di Plugin Ongkos Kirim yang terkait dengan Bisnis , Info Ekspedisi, Cara Belanja atau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pluginongkoskirim.com


Sumber:

  • Are Your Apps Running Slow? How to Make Apps Load Faster – https://careerkarma.com/blog/how-to-make-apps-load-faster/#:~:text=As%20your%20app%20builds%20up,some%20memory%20from%20your%20phone.
  • Top Reasons Why Your Mobile App is Slow and How to Fix it – https://www.freecodecamp.org/news/top-reasons-why-your-mobile-app-is-slow-and-how-to-fix-it-f0f7ce524934/
  • Top Reasons Why Your Mobile App is Slow and How to Fix it – https://intercom.help/classcover-support/en/articles/4334068-top-reasons-why-your-mobile-app-is-slow-and-how-to-fix-it
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Moch. Nasikhun Amin
Ditulis oleh

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.