4 Cara Menghapus Akun DANA Premium Secara Permanen & Sementara

Posted on 16 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Aplikasi DANA yang tidak terpakai bisa memenuhi space di HP serta rentan terkena penipuan oleh pihak tak bertanggung jawab. Untungnya, akun DANA bisa dihapus dan cara menghapus akun DANA pun cukup mudah.

Pengguna bisa menghapus secara sementara dengan cara menonaktifkannya di aplikasi. Bisa juga melakukan penghapusan secara permanen via website, telepon dan email.

Apakah kamu ingin menghapus akun DANA dan membuat yang baru? Atau ingin menutup DANA dan mau beralih ke akun e-wallet lain misalnya?

Sebelum itu, jangan lupa tarik saldo DANA dan kosongkan isinya dulu, baru simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Bisakah Akun DANA Dihapus?

Tentu saja bisa. Kamu tentu tahu DANA merupakan dompet digital, sama dengan GoPay, OVO, ShopeePay, dll. Akun semacam ini bisa dinonatifkan sementara ataupun dihapus selamanya.

ADVERTISEMENT

Sama dengan cara menghapus akun Lazada atau akun dompet digital dan marketplace lainnya. Tidak ada fitur khusus hapus akun di aplikasi. Caranya juga tidak sesederhana cara menutup akun Instagram, Facebook, dan akun sosial media lainnya.

Penghapusan akun DANA premium ataupun akun reguler membutuhkan proses verifikasi sistem untuk menghindari tindakan kejahatan.Verifikasi penting sebab biasanya akun DANA terhubung dengan platform lain.

Misalnya platform marketplace seperti Bukalapak, Lazada, atau Blibli. Ada juga DANA yang terhubung dengan aplikasi seperti Buzzbreak, Snack Video atau TikTok.

Untuk itu, menutup akun DANA tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak DANA.

Bagaimana Cara Menghapus Akun DANA?

Sampai saat ini terdapat dua pilihan untuk menghapus akun, yaitu:

  1. menonaktifkan akun atau hapus sementara
  2. menghapus akun selamanya atau secara permanen.
ADVERTISEMENT

Baik menonaktifkan akun dan menutup akun secara permanen caranya sangat mudah dan bisa dilakukan baik di iPhone ataupun di HP.

Untuk hapus akun sementara bisa kamu lakukan secara langsung di aplikasi DANA. Yakni dengan uninstall atau menghapus aplikasinya, bukan akunnya. Dengan cara ini, kamu masih bisa mengakses akun kapanpun kamu butuhkan.

Sementara hapus akun secara permanen dilakukan secara manual melalui website resmi DANA, call center dan email. Untuk saat ini, DANA memang belum menyediakan fitur hapus akun secara langsung di aplikasi. Sehingga perlu menghubungi customer service untuk melakukannya.

Cara Menonaktifkan Akun DANA

Cara paling gampang untuk menonaktifkan akun DANA adalah dengan uninstall aplikasinya. Dengan cara ini, kamu bisa menghapus akun DANA via aplikasi.

Langkah-langkah menonatifkan akun DANA adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi DANA, lakukan login dengan username dan password.
  • Klik menu Pengaturan > pilih Hapus Instalasi.
  • Cara lain, bisa dengan menekan dan menahan logo DANA APK di bagian menu. Kemudian klik Hapus Instalasi.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan untuk konfirmasi untuk menghapus aplikasi.

Perlu diingat, cara ini tidak serta merta menutup akun kamu melainkan hanya menghapus aplikasinya. Sementara akun DANA masih dapat diakses dengan menginstall ulang aplikasi dan login dengan username dan password.

Cara Menghapus Akun DANA Permanen

ADVERTISEMENT

Apakah cara di atas belum menyelesaikan masalah kamu? Tenang saja, masih ada alternatif lain.

Untuk menutup akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif atau ganti akun dengan yang baru, maka kamu perlu mencoba cara hapus akun secara permanen.

Berbeda dengan cara di atas, cara menutup akun DANA secara permanen tidak ada fitur khusus di aplikasi. Melainkan kamu harus menghubungi call center DANA dan meminta penghapusan akun.

Cara menutup akun DANA permanen bisa dilakukan dengan 4 langkah berikut.

1. Melalui Web Resmi DANA

Cara pertama adalah dengan menghubungi customer service DANA via website resminya. Cara ini bisa kamu lakukan melalui HP ataupun laptop. Langahnya sebagai berikut:

  • Kunjungi halaman resmi DANA di https://www.dana.id/en/contact.
  • Lengkapi data diri pada formulir, meliputi Nama – Nomor HP – Email.
  • Di bagian Pesan, ketikkan permintaan untuk menghapus akun DANA secara permanen disertai alasannya sejelas mungkin.

2. Melalui Telepon

Selain melalui website, kamu juga bisa menghubungi customer service melalui nomor telepon. Cara ini membutuhkan pulsa untuk panggilan. Untuk itu siapkan dana sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk berjaga-jaga.

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
Caranya sebagai berikut:...

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Bagaimana Cara Kerja Google?: Crawling, Indexing, dan Ranking

15 Feb 2021 BY Mufti Syawaludin

Sebagian besar kebanyakan orang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari sebuah informasi. Namun, sudahkah anda tau gimana cara kerja Google ini bisa menampilkan konten yang relevan sesuai dengan kueri …

Cara Duet di TikTok Paling Mudah Agar Ada Suaranya [Tanpa Aplikasi]

22 Des 2021 BY Ayu Triworo

Mau ikutan trend duet yang lagi viral di TikTok? Cara duet di TikTok mudah sekali. Yaitu dengan memakai fitur duet dengan suara atau pakai suara sendiri yang sudah ada di …

Daftar Biaya Kirim Barang ke Amerika Semua Ekspedisi [Lengkap]

31 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Sama seperti pengiriman luar negeri lainnya, biaya kirim barang ke Amerika memang cenderung mahal karena dikenakan biaya ekspor. Selain itu, jarak kirim ke Amerika cukup jauh, sehingga membutuhkan biaya yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *