Door to Door dalam Pengiriman Barang Vs. Jasa Port to Port

Posted on 1 Agu 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Jika Anda memulai bisnis export-import barang, memang penting mempelajari tarif bea masuk barang Impor untuk memperhitungkan overall cost.

Namun istilah seperti door to door dalam pengiriman barang juga perlu Anda ketahui. Karena hal ini juga berpengaruh pada efisiensi pengiriman dan biayanya juga.

Meski konsepnya mirip dengan pengiriman via Paxel yang paketnya dijemput di rumah, namun untuk skala internasional penggunaan istilahnya dalah door-to-door.

Selain itu, mungkin ada juga di antara Anda yang melakukan pengiriman barang domestik dalam jumlah besar dan bertemu dengan istilah di atas. Lalu, apa maksudnya?

Door to Door dalam Pengiriman Barang dan Port to Port? (A-Z)

Berikut penjelasan tentang proses pengiriman “door to door” dan “port to port”. Selain itu, eksplanasi berikut juga akan sedikit menyinggung istilah “door to port” dan “port to door”.

Lebih detail lagi, jika Anda memiliki distributor barang import dari China, tentu lebih mudah jika memahami proses pengiriman dan juga rekomendasi jasa ekspedisi door-to-door.

1. Pengiriman Barang Door to Door

ADVERTISEMENT

Jadi, apa itu door to door dan port to port? Apa bedanya?… Sebentar. Kami akan menjelaskan satu per satu, ya.

Door to door adalah proses pengiriman barang atau paket dengan cara dijemput oleh cargo dari rumah atau gudang, kemudian dikirim langsung hingga ke alamat tujuan.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengantarkan paket barang tersebut ke kantor cargo pengirimannya.

Pemilihan menggunakan opsi pengiriman door-to-door mungkin ditengarai beberapa alasan, seperti:

  1. Jumlah barang yang akan dikirim cukup besar, sedangkan Anda belum memiliki armada untuk mengirimkannya ke pihak cargo;
  2. mungkin Anda memiliki armada, namun jika dibandingkan dengan layanan door-to-door, pengeluaran atau cost-nya lebih murah;
  3. request dari pelanggan yang ingin pengirimannya dikirimkan sampai ke lokasi tujuan; atau
  4. ada alasan lainnya yang menjadi pertimbangan operasional bisnis Anda.

Jadi itulah yang disebut door to door dalam pengiriman barang. Lalu bagaimana contoh konkrit yang bisa menggambarkan proses pengiriman door-to-door?

ADVERTISEMENT

Berikut kami sediakan skenario atau gambaran prosesnya. Selain itu, uraian di bawah juga menjelaskan tentang rekomendasi ekspedisi yang melayani pengiriman door-to-door.

Lebih jauh lagi, untuk memberi Anda beberapa pertimbangan sebelum membuat keputusan pengiriman barang, uraian tentang manfaat door-to-door juga sudah tersedia. Yuk, cek ~

a. Contoh Pengiriman Barang Door to Door

Sebagaimana semua jenis penjelasan, kadang jika tanpa adanya contoh door to door, akan sulit dipahami.

Maka berikut ini adalah contoh pengiriman door to dooryang dapat Anda jadikan gambaran.

Misalnya Anda sudah mengetahui cara import barang dari China dan juga cara ekspor ke China. Kemudian ada pesanan di toko Anda untuk dikirim ke China.

Selanjutnya, Anda memilih pengiriman paketdoor to door service. Maka Anda tidak perlu pergi ke kantor cargo seperti Deliveree dan Damri Logistik untuk mengirim barang.

Seusai membungkus paket dan buat label pengiriman, Anda tinggal menghubungi pihak cargo untuk menjemput paket tersebut ke lokasi penjemputan.

Itulah contoh pengiriman menggunakan jasa import door to door, yang dapat Anda ikuti prosesnya dalam mempermudah bisnis Anda.

b. Rekomendasi Ekspedisi Kirim Barang Door to Door

ADVERTISEMENT

Nah ketika pertanyaan di kepala Anda tentang “door to door maksudnya apasudah terjawab, kemudian Anda sudah bersiap untuk mengirim paket ke luar negeri.

Mungkin Anda sudah memahami cara kirim paket ke luar negeri lewat Fedex. Namun keinginan untuk mengirim menggunakan layanan pengiriman dalam negeri juga mencuat.

Berikut beberapa rekomendasi ekspedisi pengiriman paket yang memiliki layanan door-to-door:

  • Deliveree
  • Damri logistik
  • Sindo Shipping
  • BMP Cargo Express
  • Kargo Tech

Sebenarnya layanan pengiriman ekspedisi door-to-door sudah diterapkan di berbagai ekspedisi.

Salah satu contoh ekspedisi yang menerapkan layanan door to door dalam pengiriman barang dengan area pengiriman lokal populer dilakukan oleh Paxel.

Jasa ekspedisi ini siap menjemput atau pick-up barang Anda ke rumah. Namun bedanya adalah, Paxel menggunakan sistem pengiriman estafet.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

Cara Login dan Logout Web Telegram di HP & Desktop [Tutorial]

4 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Sama seperti Whatsapp, Telegram kini juga bisa diakses di perangkat komputer menggunakan fitur Telegram Web. Lantas, bagaimana sih cara login dan logout web telegram? Daripada penasaran, mending simak tutorial & …

Cara Belanja di Elevenia, Mudah Order Bagi Pemula (Lengkap)

5 Agu 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Sejak resmi meluncur pada awal maret 2014 dan bertahan hingga saat ini, Elevenia telah mampu bersaing dengan marketplace lain seperti BliBli, Tokopedia hingga Bukalapak.Meski belum termasuk daftar e-commerce paling banyak …

Cara Menerima Paket Barang JNE, Mudah Kok!

20 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Menerima Paket Barang JNE – Selama ini, kebanyakan pengguna JNE mengira bahwa cara menerima paket barang JNE yaitu hanya dengan menunggu sampai kurir mengantarkan barangnya ke rumah.Akibatnya, kita menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *