Cara Menjadi Agen ID Express: Syarat, Ketentuan dan Keuntungan

Posted on 1 Agu 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Semakin berkembangnya marketplace dan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak hingga Blibli, telah membuka banyak bisnis turunan.

Maka dari itu Anda mungkin juga tertarik mencari cara jadi agen ID Express yang caranya hampir sama dengan menjadi agen Shopee Express.

Apa saja persyaratan dan ketentuan untuk menjadi agen ID Express? Bagaimana cara daftarnya? Dan apa saja keuntungannya? Semua kami ulas di sini.

Cara Menjadi Agen ID Express

Dengan meningkatnya permintaan layanan pengiriman paket, salah satu ekspedisi swasta yang berdiri sejak 2019, ID Express membuka agen untuk masyarakat yang berminat.

Meski tergolong baru, namun ID Express telah menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat. Terbukti dengan jumlah karyawannya saat ini yang mencapai 20.000.

Untuk jadi agen ID Express, Anda harus memenuhi 5 langkah berikut:

ADVERTISEMENT
  1. Memenuhi persyaratan lokasi agen ID Express
  2. Memenuhi persyaratan sistem agen ID Express
  3. Memenuhi persyaratan administrasi agen ID Express
  4. Melakukan pendaftaran agen ID Express
  5. Menyiapkan biaya buka agen ID Express

Penjelasan lebih rinci mengenai detail persyaratan lokasi, sistem, administrasi, pendaftaran dan biaya adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi Persyaratan Lokasi Agen ID Express

Tahapan awal dalam memulai kerjasama ID Express dalam rangka menjadi agen pengirimannya adalah dengan memenuhi persyaratan lokasi.

Lokasi di sini adalah tempat di mana Anda memiliki bangunan sebagai gedung atau outlet yang layak untuk ID Express.

memiliki akses yang dapat dilalui kendaraan roda empat. Ini penting karena proses mengantar atau mengambil paket barang ID Express menggunakan mobil boks.

Selain persyaratan lokasi, Anda juga perlu menyediakan sarana dan prasarana seperti meja dan kursi admin, tempat meletakkan paket, plang, hingga kursi tunggu.

2. Memenuhi Persyaratan Sistem Agen ID Express

ADVERTISEMENT

Langkah selanjutnya untuk memenuhi persyaratan jadi agen ID Express adalah memenuhi persyaratan sistem. Berikut beberapa perangkat yang Anda perlukan:

a. Komputer atau laptop

Komputer atau laptop dibutuhkan untuk memasukkan data pengiriman barang. Karena sistem monitoring hingga cek resi pengiriman ID Express harus selalu di-update.

b. Printer

Printer dibutuhkan sebagai salah satu syarat sistem agen ID Express, salah satunya untuk mencetak faktur atau struk pengiriman atau penerimaan barang.

Usahakan dalam membeli printer, Anda memilih printer yang cepat dan memiliki kekuatan penggunaan jangka panjang.

Tidak mengapa memilih printer yang sedikit lebih mahal. Karena jika hanya mempertimbangkan printer murah dan mudah rusak, ini akan menimbulkan kendala nantinya.

c. Koneksi internet

ADVERTISEMENT

Koneksi internet penting untuk ekosistem ekspedisi pengiriman barang. Karena semua sistemnya terintegrasi. Jadi harus senantiasa terkoneksi dengan internet.

Untuk koneksi internet Anda tidak harus memiliki kecepatan yang hingga 10GB meski jika mampu juga tidak mengapa.

Hanya saja jangan terlalu lemot, ya. Karena ekspedisi ini berhubungan dengan pelanggan. Jika proses lama karena internet lemot, ini akan berpengaruh pada pelanggan ID Express.

d. Wifi

Selain koneksi internet, Anda juga perlu menambahkan WIFI. Karena kadang kebutuhan operasional menggunakan 1 komputer saja tidak cukup.

Jadi akan ada masa dimana membutuhkan beberapa device, seperti iPad atau laptop yang terpisah dari komputer admin utama. Maka ini juga perlu internet dan WIFI.

e. Timbangan digital skala 30 kg

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

7 Aplikasi Cetak Label Pengiriman di HP dan PC, 2 Menit Jadi

25 Jul 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

McKinsey: UMKM Indonesia berkontribusi pada PDB Indonesia hingga 140 miliar dolar AS di 2030 mendatang. Utamanya disokong bisnis online. Namun, dalam bisnis online, banyak yang cara membuat label pengiriman online …

Daftar Lengkap Kantor JNE di Jogja Mulai Dari Kantor Pusat Hingga Agennya

23 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan yang berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat ini bahkan menjadi perusahaan ekspedisi dengan cabang terbanyak di Indonesia.Untuk Anda …

Cara Riset Keyword Mudah Untuk Dapat Halaman Pertama Google

17 Feb 2021 BY Mufti Syawaludin

Kata kunci sangat berperan penting untuk kualiatas konten dan mendapatkan ranking di mesin pencari, untuk itu perluanya mengetahui cara riset keyword yang baik dan benar.Oleh karena itu, pada kesempatan kali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *