Download Template Invoice Gratis Di Sini, Tinggal Edit Saja!

Hanif 12 Jun 2024 4 Menit 0

Daripada membuat invoice atau faktur penjualan dari nol, gunakan template invoice gratis di bawah ini saja.

Membuat invoice dari awal bisa memakan waktu dan kadang membingungkan. Untuk itu, kami telah mengumpulkan beberapa template commercial invoice gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses ini.

Dengan template-template ini, Anda bisa dengan mudah menghasilkan invoice yang profesional, rapi, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

ADVERTISEMENT

Template Invoice Gratis Word

Menggunakan template invoice gratis di Word adalah solusi praktis bagi Anda yang ingin membuat invoice dengan cepat dan mudah.

Sebenarnya Microsoft Word menawarkan berbagai template invoice yang bisa diunduh dan disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Tapi sebagai alternatif, bisa juga download beberapa template invoice dari sumber lain seperti Canva.

Selain itu, bisa juga menggunakan template faktur pembelian atau invoice di bawah ini.

Download template invoice gratis di sini, tinggal edit saja! 1

Contoh di atas adalah salah satu contoh template invoice Word yang cukup simple. Cukup ganti logo perusahaan, background, dan item di dalam invoice, dan voila Anda sudah mendapatkan invoice untuk perusahaan Anda sendiri!

Download template invoice gratis di sini, tinggal edit saja! 3

Template invoice selanjutnya menggunakan aksen warna biru dan kuning yang Anda bisa edit sendiri di Microsoft Word. Sesuaikan warna dengan guideline warna dari perusahaan Anda untuk mendapatkan hasil yang profesional.

Template invoice di Word dirancang untuk kemudahan penggunaan. Anda tidak perlu memiliki keterampilan desain khusus untuk membuat invoice yang terlihat profesional. Cukup unduh template, buka di Word, dan mulai mengisi detail yang diperlukan.

Template invoice di Word sangat mudah untuk disesuaikan. Anda bisa menambahkan logo perusahaan, mengubah warna, menyesuaikan font, dan mengedit teks sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan invoice yang sesuai dengan identitas branding bisnis Anda.

Setelah barang dikirim, jangan lupa untuk membuat dokumen pengiriman dan termasuk juga rekap dokumen stock opname.

Contoh Invoice Tagihan Excel

Menggunakan template invoice di Excel bisa menjadi pilihan yang sangat praktis dan efisien untuk berbagai jenis bisnis. Excel menyediakan fleksibilitas dan fungsi perhitungan otomatis yang memudahkan Anda dalam membuat invoice dengan cepat dan akurat.

Berikut adalah beberapa contoh template invoice pembelian sebagaimana dihadirkan oleh invoicehome.

Download template invoice gratis di sini, tinggal edit saja! 5

Tempate invoice di atas cukup minimalis, namun sudah cukup lengkap dengan styling, sehingga cukup masukkan nama perusahaan, logo, dan nominalnya saja untuk menjadi invoice yang profesional.

Download template invoice gratis di sini, tinggal edit saja! 7

Contoh template invoice excel selanjutnya menggunakan aksen merah yang memudahkan untuk mengetahui bagian penting dari invoice. Tidak jauh berbeda dari template sebelumnya, cukup masukkan nama perusahaan, logo, dan nominalnya saja agar template siap digunakan.

Anda juga bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan. Termasuk juga untuk mengkaitkanya dengan file excel lain, atau memasukkan rumus excel yang mempermudah perhitungan billing invoice.

Contoh Tagihan Word

Tidak jauh berbeda dengan invoice, surat tagihan di Word juga berfungsi untuk mengingatkan pelanggan bahwa ada pembayaran yang harus dilakukan. Mirip email reminder pembayaran, ya?

Sebenarnya invoice bisa diartikan menjadi faktur penjualan, namun bisa juga diartikan sebagai tagihan. Walaupun sebenarnya untuk tagihan bisa juga disebut billing.

Dari format di bawah, terjemahkan saja ke Bahasa Indonesia untuk mendapatkan template surat tagihan.

Download template invoice gratis di sini, tinggal edit saja! 9

ADVERTISEMENT

Contoh Template Invoice Gratis

[Logo Perusahaan]

PT. Contoh Perusahaan
Jl. Contoh Alamat No. 123
Kota, Provinsi, Kode Pos
Telepon: +62-123-4567
Email: info@contohperusahaan.com

[Date]

Yth. Bapak/Ibu [Nama Pelanggan]
[Alamat Pelanggan]
[Kota, Provinsi, Kode Pos]

Nomor: 001/SPT/IV/2024
Perihal: Surat Tagihan Pembayaran

Dengan hormat,
Kami berharap Bapak/Ibu dalam keadaan sehat. Bersama surat ini, kami ingin memberitahukan bahwa tagihan atas jasa/produk yang telah kami sediakan untuk [Nama Pelanggan atau Perusahaan] masih belum terbayarkan. Adapun rincian tagihan tersebut adalah sebagai berikut:

– Produk 1 ……………………………………………………………………………………… Rp 500.000.-
– Produk 2 ……………………………………………………………………………………… Rp 700.000.-

Total: Rp 1,200,000.-

Kami mohon agar pembayaran dilakukan dalam waktu 7 hari sejak tanggal penerimaan surat ini. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank ke rekening berikut:

Bank ABC
No. Rekening: 1234567890
Atas Nama: PT. Contoh Perusahaan

Jika Bapak/Ibu telah melakukan pembayaran, mohon untuk mengabaikan surat ini. Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat kami,
[Tanda Tangan]
Nama Penerbit Tagihan
Jabatan
PT. Contoh Perusahaan

Menggunakan surat tagihan di Word memudahkan perusahaan dalam menjaga komunikasi yang profesional dengan pelanggan sambil memastikan transparansi dalam penagihan. Surat tagihan yang jelas dan terstruktur membantu mempercepat proses pembayaran dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.

ADVERTISEMENT

Bagian Template Invoice

Jika Anda mencermati contoh template invoice di atas, maka masing-masing surat akan memiliki bagian surat sebagai berikut.

  • Kop Surat
    Cantumkan kop surat perusahaan yang mencakup nama perusahaan, logo, alamat, nomor telepon, dan email. Ini memberikan kesan profesional dan memudahkan pelanggan dalam menghubungi Anda.
  • Tanggal Surat
    Tanggal penulisan surat harus dicantumkan di bagian atas untuk referensi.
  • Informasi Perusahaan:
    Di bagian atas invoice, cantumkan informasi perusahaan Anda seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email. Tambahkan juga logo perusahaan untuk memberikan kesan profesional.
  • Detail Pelanggan:
    Sertakan informasi pelanggan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Ini memudahkan dalam identifikasi penerima invoice.
  • Nomor dan Tanggal Invoice:
    Nomor invoice unik dan tanggal penerbitan invoice sangat penting untuk keperluan pencatatan dan referensi di masa mendatang.
  • Deskripsi Produk atau Jasa:
    Bagian ini mencakup kolom untuk mendeskripsikan setiap produk atau jasa yang ditagih. Sertakan informasi seperti jumlah, harga per unit, dan total harga untuk setiap item.
  • Subtotal dan Total:
    Excel memudahkan perhitungan dengan menggunakan rumus otomatis. Masukkan subtotal, pajak (jika ada), dan total keseluruhan yang harus dibayar oleh pelanggan. Misalnya, gunakan rumus =SUM(C2) untuk menghitung subtotal.
  • Metode Pembayaran:
    Cantumkan informasi tentang metode pembayaran yang diterima, seperti transfer bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lainnya. Ini memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran.
  • Batas Waktu Pembayaran:
    Tetapkan batas waktu pembayaran untuk menghindari keterlambatan.

Jika ada informasi tambahan yang perlu disampaikan kepada pelanggan, seperti syarat pembayaran atau diskon khusus, cantumkan di bagian catatan.

ADVERTISEMENT

Akhir Kata

Mengelola keuangan bisnis dengan rapi dan profesional adalah langkah penting menuju kesuksesan. Dengan menggunakan template invoice gratis, Anda dapat membuat proses penagihan menjadi lebih efisien dan terlihat profesional tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Baik Anda memilih template dari Word atau Excel, keduanya menawarkan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan template invoice gratis yang telah kami rekomendasikan. Mulailah mengoptimalkan proses penagihan Anda sekarang juga, dan rasakan manfaatnya dalam operasional bisnis sehari-hari.

Oh iya, jangan lupa untuk mengirimkan barang setelah invoice dibayarkan ya! Setelah itu barulah Anda bisa mengirim dokumen Proof of Delivery.

Selamat mencoba, dan semoga bisnis Anda semakin sukses!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Hanifseputar bisnis, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


sumber:

  • Canva
  • Invoice home – https://invoicehome.com/?msclkid=d179492a17241c40766d2f4de8b8c80b
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *