ADVERTISEMENT

10 Aplikasi E-Wallet Terbaik di Indonesia yang Paling Banyak Dipakai

Posted on 21 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Bukan cuma Gopay atau OVO,  ada sekitar 38 aplikasi e-wallet yang telah berlisensi resmi OJK dari Bank Indonesia. Namun, siapakah pemegang status e-wallet terbaik di Indonesia?

Melalui artikel berikut, kita akan mengulas 10 daftar dompet digital terbaik lokal yang memiliki pengguna serta paling tinggi. Siapakah mereka? Yuk simak sampai selesai.

10 Daftar E-Wallet Terbaik di Indonesia

E-wallet atau dompet digital semakin populer di masyarakat karena menawarkan transaksi cashless yang mudah, cepat dan praktis. Transaksi melalui e-wallet juga dianggap lebih aman.

ADVERTISEMENT

Bukan itu saja, banyak aplikasi e-wallet menawarkan promo berupa potongan harga dan cashback yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.  

Sebut saja Gopay dan OVO, dengan menggunakan kedua dompet digital ini pengguna bisa menikmati keuntungan lebih ketika bertransaksi di aplikasi Gojek dan Grab.

Lantas, dari daftar e wallet di Indonesia, mana sih yang terbaik dan memiliki pengguna paling banyak?

Menurut data statistik pengguna e wallet di Indonesia 2021, berikut 10 aplikasi e wallet terbaik di Indonesiayang sudah kami rangkum.

ADVERTISEMENT

1. Gopay

Platform e wallet terbaik di Indonesia 2021 adalah Gopay. Anda tentu tidak asing dengan dompet digital satu ini. Gopay adalah pdompet virtual milik Gojek untuk pembayaran transaksi pada fitur GoCar, GoFood, GoPulsa, dan fitur Gojek lainnya.

Selain untuk pembayaran dalam aplikasi, Gopay juga dapat digunakan untuk membayar di sejumlah merchant yang telah menjadi partner Gojek, baik secara online maupun offline.

Gopay juga menyediakan layanan transfer saldo ke sesama pengguna Gopay dan juga transfer via bank. Per 2021, Gopay juga bekerja sama dengan Tokopedia dan menjadi platform pembayaran resmi aplikasi tersebut.

gopay

Selain itu, Gopay juga meluncurkan fitur baru berupa Gopay Paylater. Fitur ini merupakan layanan pinjaman online untuk transaksi di Gojek dan Tokopedia.

Menurut riset App Annie pada Q2 2019, Gopay memiliki pengguna aktif bulanan paling banyak sejak 2017 hingga sekarang. Hal ini membuat Gopay dijuluki sebagai raja Fintech dalam negeri.

ADVERTISEMENT

2. OVO

Aplikasi e wallet terbaik selanjutnya adalah OVO. OVO dapat digunakan untuk pembayaran virtual aplikasi Grab, transaksi ecommerce, merchant, dan berbagai transaksi virtual lainnya.

Tak heran, OVO merajai >70% transaksi di kafe, bioskop, restoran hingga pusat perbelanjaan besar seperti mall dan supermarket. OVO juga melayani transfer antar bank dan fitur keuangan lainnya.

Menariknya lagi, OVO aman karena sudah terdaftar resmi di OJK. OVO juga menawarkan banyak promo serta cashback bagi penggunanya.

Bahkan, survey terbaru pada Juli 2021 menunjukkan bahwa OVO memperoleh poin tertinggi. Dari 1000 responden, OVO meraih angka penggunaan lebih tinggi 96% dibanding Gopay 95%.

3. Dana

Rekomendasi e wallet terbaik 2021 selanjutnya adalah Dana. Dana adalah e-wallet milik perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi yang bekerjsa sama dengan manajemen AliPay.

ADVERTISEMENT

Dana menyediakan layanan pembayaran yang sangat lengkap dan berlaku untuk transaksi di berbagai merchant online & offline seperti:

  • Bukalapak
  • Cinema XXI
  • TIX ID
  • BBM
  • Alfamart
  • BPJS Kesehatan
  • BNI
  • BCA
  • Maybank
  • KFC
  • Samsung Pay
  • Sepulsa
  • dan sebagainya.

dana

Selain itu, Dana juga menawarkan metode pembayaran dengan QR Code di gerai yang telah resmi menjadi rekan Dana. Karena lengkap, mudah, praktis dan aman, Dana menempati posisis ke-3 dompet digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Menurut peneltian Kadence International Indonesia, Dana meraih 93% dari 1000 responden yang diteliti pada Juli 2021.

4. ShopeePay

Sebagai pemain baru, ShopeePay patut diacungi jempol karena langsung mendapat tempat di hati masyarakat. ShopeePay merupakan fitur pembayaran virtual untuk transaksi di aplikasi Shopee.

Aplikasi ShopeePay menyediakan layanan transfer online ke sesama pengguna dan transfer via bank. ShopeePay juga dapat digunakan untuk membayar transaksi di outlet yang sudah bekerja sama dengan Shopee.

Yang terbaru ada fitur ShopeePay Later. Ini adalah fitur pinjaman online yang memudahkan penggunanya untuk memperoleh pinjaman yang cepat dan mudah.

Dari survey yang dilakukan Kadence, pengguna aktif bulanan ShopeePay mencapai angka 81%. Hal ini wajar, sebab ShopeePay dianggap lebih banyak menawarkan promosi. ShopeePay juga menyediakan layanan pembayaran yang lengkap dan aman.

5. Doku Wallet

Rekomendasi pilihan e-wallet terbaik berikutnya adalah Doku. Sama seperti Dana, Doku memiliki fitur pembayaran digital yang banyak dan lengkap. Beberapa fitur yang tersedia di dompet virtual ini diantaranya:

  • link kartu kredit
  • uang elektronik / cash wallet
  • fitur belanja online
  • fitur belanja offline di merchant Doku

Selain beberapa fitur tersebut, Doku juga bisa Anda pakai untuk keperluan beli atau bayar pulsa, data, Spotify, listrik, multifinance, BPJS, langganan TV bahkan pembayaran Alfamart.

Doku juga menyediakan fitur tarik tunai, transfer bank, serta gransfer ke sesama pengguna Doku. Selain cepat dan praktis, Doku juga sangat aman karena dilengkapi dengan sistem two-point verification untuk menjamin keamanan data dan privasi penggunanya.

6. LinkAja

linkaja

LinkAja merupakan salah satu pioneer  dompet digital Indonesia yang diluncurkan salah satu anak usaha BUMN, yaitu Bank Mandiri.

LinkAja merupakan satu-satunya e-wallet yang berlaku di seluruh perusahaan HIMBARA, mulai dari bank BUMN, Pertamina hingga Telkomsel.

Oleh karena itu, LinkAja juga menjadi rekomendasi ewallet terbaik untuk prakerja karena langsung terhubung dengan berbagai program pemerintah.

Sama seperti dompet digital lainnya, LinkAja berfungsi untuk membayar transaksi virtual, misalnya:

  • Bayar tagihan listrik
  • Beli token listrik
  • Bayar BPJS
  • Langganan TV kabel
  • Beli gear haming
  • Bayar asuransi (Tokyo Marine, CAR, Jiwasraya, dll)
  • Bayar cicilan multifinance
  • Bayar langganan TV online
  • Donasi
  • Dll.

7. Jenius

Jenius adalah aplikasi dompet digital terbaik milik Bank BTPN. Aplikasi ini menjadi inovasi baru yang dikhususkan bagi kaum milenial yang lebih menyukai transaksi cashless.

Bukan itu saja, Jenius juga memiliki berbagai layanan menarik yang tidak tersedia di e-wallet lain. Berikut fitur-fiturnya:

  • fitur tabungan
  • kartu debit dan kredit virtual
  • langganan Spotify dan Netflix
  • split bills
  • metode pembayaran QRIS
  • bunga sampai 4%
  • transaksi vallas (Dollar dan Yen)
  • belanja online dan offline
  • dan banyak lagi.

Masalah keamanan, Jenius sangat bisa diandalkan. Dompet digital ini sudah terdaftar resmi di OJK dan bahkan mempunyai sertifikat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menariknya lagi, Jenius melayani pembayaran internasional yang berlaku di Netflix, Amazon bahkan New York Times. Aplikasi ini juga sering mengadakan promo diskon serta voucher.

8. Sakuku

sakuku

Jika Anda nasabah bank BCA, Sakuku bisa jadi alternatif e-wallet selanjutnya. Sakuku adalah aplikasi keuangan virtual di bawah naungan Bank Central Asia.

Banyaknya nasabah BCA di Indonesia membuat Sakuku juga menjadi aplikasi yang memiliki banyak peminat. Selain lebih praktis, Sakuku menawarkan berbagai fitur keuangan, Split Bills, top up dan tarik saldo, isi pulsa, hingga pembayaran online maupun offline.

Sakuku memiliki 2 layanan:

  1. Sakuku (maksimal saldo 2 juta), dan
  2. Sakuku Plus (maksimal saldo 10 juta).

Kedua layanan tersebut memiliki fitur yang sama, bedanya hanya pada jumlah maksimal saldo yang boleh disimpan. Cara topup keduanya pun sama, yakni melalui transfer ATM dan aplikasi Klik BCA.

9. iSaku

Rekomendasi aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia berikutnya yaitu iSaku. iSaku adalah fitur yang diluncurkan Indomaret. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan customer dalam bertransaksi cashless.

Melalui iSaku, Anda tidak hanya bisa belanja secara mudah, cepat dan praktis. Tetapi juga bisa menikmati berbagai promo cashbak menggunakan poin rewards.

Selain untuk belanja di Indomaret, iSaku juga menawarkan fitur pembayaran online di outlet-outlet lain, layanan transfer serta tarik tunai.

10. OCTO Go Mobile 

Aplikasi e-wallet ini mungkin masih cukup awam bagi sebagian orang. Tapi, siapa sangka Octo Go Mobile berada di urutan ke-5 pengguna aktif terbesar di Indonesia.

Octo Go Mobile merupakan aplikasi dompet virtual luncuran Bank CIMB yang menawarkan solusi keuangan mobile terlengkap. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi ke bank, ATM ataupun gerai keuangan offline lainnya.

Cukup pakai Scan kode QR, seluruh model pembayaran bisa terselesaikan dengan mudah, cepat dan praktis.

Keamanan aplikasi ini juga sudah sangat terjamin. Octo Go Mobile dilengkapi sistem keamanan menggunakan sensor sidik jari dan wajah yang hanya bisa diakses oleh pemiliknya.

Kelebihan E Wallet

Sebagai layanan cashless, e-wallet menawarkan banyak kelebihan dibandingkan transaksi tunai. Berikut sejumlah kelebihan yang ditawarkan aplikasi dompet digital.

Mudah, Cepat, dan Praktis

Yang utama dari aplikasi dompet digital adalah kemudahan dan kepraktisannya. Dengan menggunakan aplikasi ini tidak perlu repot bawa uang kemana-mana.

Semua transaksi pembayaran dapat diselesaikan secara online menggunakan perangkat smartphone, koneksi internet dan akses ke aplikasi.

Lebih Aman

Beberapa orang masih ragu menggunakan aplikasi FinTech karena masih ragu dengan keamanannya. Padahal, sudah banyak aplikasi yang telah resmi terdaftar di OJK yang dilengkapi sistem keamanan yang canggih, seperti PIN, face lock, hingga sidik jari.

Jika pun Anda mengalami masalah bisa langsung melapor ke OJK dan BI.

Banyak Promosi

Hampir semua aplikasi e-wallet selalu mengadakan promo berupa diskon dan juga cashback. Bahkan, ada yang menghadirkan promo khusus setiap harinya.

Sehingga, bisa dibilang dengan aplikasi ini Anda juga bisa lebih hemat karena bisa memanfaatkan promo saat belanja.

Tips Aman Pakai E-Wallet

Meskipun dijamin aman, sebagai pengguna bijak sebaiknya tetap waspada ketika melakukan transaksi e-wallet di smartphone.

Berikut sejumlah tips yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan pakai VPN saat bertransaksi menggunakan e-wallet agar data penting terkit perbankan tidak muda tersebar.
  2. Pastikan seluruh identitas pribadi yang terdaftar di e-wallet hanya diketahui oleh Anda sendiri.
  3. Hindari menyebarkan data-data pribadi terkait perbankan ke sosial media, misal no KTP, nama ibu kandung, bahkan saldo e-wallet.
  4. Gunakan aplikasi e-wallet resmi yang diunduh melalui Playstore atau Appstore dan hindari aplikasi palsu.
  5. Gunakan aplikasi e-wallet yang sudah terdaftar resmi di OJK.

Nah, sudah kami rangkum semua daftar e-wallet terbaik di Indonesia yang mempunyai jumlah pengguna terbanyak. Dari ke-10 aplikasi FinTech di atas, mana nih yang menurutmu layak digunakan?

Setelah memilih dan mengaktifkan salah satu e-wallet terbaik di Indonesia di atas. Jangan lupa terapkan tips-tips di atas ya supaya tetap aman saat menggunakannya yaa

Baiklah kalau begitu, sekian pembahasan kali ini. Semoga membantu kalian yang sedang mencari referensi dompet digital untuk kemudahan transaksi online.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Ini Cara & Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Agar Cair

6 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Cara & Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Agar Cair – Ketika kamu resign (keluar) dari pekerjaanmu dan memutuskan untuk tidak bekerja lagi, tentu kamu ingin mencairkan uang BPJS Ketenagakerjaanmu. Tapi masih …

13 Ide Jualan Takjil di Bulan Puasa Ramadhan, Modal Kecil Pasti Untung!

4 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Mau tetap produktif menambah cuan di bulan Ramadhan dengan jualan takjil? Simak 13 ide jualan takjil di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba berikut ini. Saat momen Ramadhan, takjil menjadi …

Daftar Alamat Kantor Anteraja Jakarta Timur, Nomor Telepon & Jam Buka

18 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Anda sedang mencari lokasi kantor hub, agen dan staging staging Anteraja Jakarta Timur untuk kirim atau komplain paket Anteraja? Beruntung mampir di artikel ini.  Melalui postingan kali ini kami sajikan alamat kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *