Apa Itu Free Ongkir? Arti, Manfaat, dan Strategi Ampuh Naikkan Omset Bisnis

Anisa 21 Jun 2023 4 Menit 0

Free ongkir artinya bebas biaya pengiriman, yakni adalah program yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli saat melakukan transaksi di online shop atau e-commerce.

Bisa dibilang program free ongkir merupakan cara promosi produk yang bertujuan untuk memikat pembeli agar melakukan checkout tanpa harus mempertimbangkannya kembali.

Apalagi jika harga barang yang dibeli ternyata sangat mahal, maka adanya bebas ongkir akan sangat membantu mereka.

Walaupun memberikan segudang keuntungan, tetapi tak sedikit penjual yang enggan memanfaatkan tawaran bebas ongkir karena menganggap bahwa merekalah yang menanggungnya. Padahal tidak sama sekali!

Lalu apa arti free ongkir yang sebenarnya dan bagaimana peranannya untuk bisnis online di Indonesia saat ini?

1. Apa itu Free Ongkir?

Gratis ongkir xtra adalah

Source: tokopedia. Com

Free ongkir artinya bebas ongkir atau gratis ongkir, yakni sebuah program yang ditawarkan oleh marketplace pada penjual, yang kemudian dari penjual diberikan kepada pembelinya.

Dengan kata lain, biaya bebas ongkir ini ditanggung oleh pihak marketplace sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku, bukan ditanggung oleh penjual.

Meski dinamakan ‘gratis ongkir’, tetapi belum tentu pembeli akan benar-benar mendapatkan 100% bebas ongkir, karena besarannya tergantung jarak pengiriman dan batas nominal yang diatur oleh marketplace.

Contoh:Ketika belanja di Tokopedia kamu mendapatkan promo bebas ongkir 20 ribu, sedangkan menurut jarak pengiriman dari Jakarta ke rumahmu besaran ongkirnya adalah 23.000. Itu berarti tarif ongkir normal yang sebenarnya dikurangi promo bebas ongkir, sehingga kamu harus membayar Rp3.000.

Penggunaan free ongkir sendiri rupanya memang sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan seller.

Tak heran jika sekarang banyak toko online di Indonesia yang memberikan gratis ongkir pada penggunanya setiap hari.

2. Manfaat Program Free Ongkir

Program bebas ongkir memiliki beberapa manfaat, baik bagi bisnis (penjual) maupun bagi pembeli, karena keduanya sama-sama diuntungkan.

Apa manfaat free ongkir dalam dunia bisnis?

  • Bagi pembeli,free ongkir dapat digunakan untuk mengurangi total pembelian saat belanja online di marketplace
  • Bagi penjual, free ongkir mampu menaikkan angka penjualan (omzet) dan pemesanan oleh pembeli, sehingga dapat mengurangi biaya iklan atau promosi lainnya

Kendati memberikan banyak benefit, tetapi jika kamu punya online shop di aplikasi belanja online, sebaiknya tidak memberikan gratis ongkir tanpa strategi bisnis.

Sebab, sebagian besar mereka para penjual yang menawarkan promo bebas ongkir akan memberikan persyaratan tertentu pada pembeli.

Contohnya penjual di Tokopedia mengaktifkan promo bebas ongkir apabila pembeli checkout produk minimal Rp50.000.

Tentunya cara mengaktifkan promo bebas ongkir di Tokopedia dengan di marketplace lain berbeda, sehingga kamu juga harus memperhitungkan untung dan ruginya.

3. Strategi dan Cara Menerapkan Promo Free Ongkir

Jika Anda ingin menerapkan promo ongkir bagi para pembeli sebagai strategi untuk meningkatkan omzet penjualan, maka perhatikan beberapa hal di bawah ini:

3.1. Tetapkan Kriteria Produk

Free ongkir shopee

Contoh penerapan gratis ongkir xtra di shopee pada produk yang paling laris terjual

Umumnya promo free ongkir berkisar antara 10 ribu hingga 50 ribu tergantung jumlah checkout dan jenis produk yang dipilih oleh pembeli.

Apabila harga barang yang dibeli berada di bawah 50 ribu, tetapi Anda memberikan promo gratis ongkir 20 ribu, kemungkinan produk Anda yang lain akan kurang diminati karena mereka akan memilih membeli produk bernilai murah.

Untuk mencegah hal ini terjadi, usahakan Anda memilih produk yang menguntungkan jika diberi promo gratis ongkir.

3.2. Pasang Promo Free Ongkir saat Momen Tertentu

Free ongkir shopee seller

Contoh penerapan gratis ongkir xtra di shopee saat momen flash sale

Ingin produk laris manis dan laku keras? Terapkan promo bebas ongkir pada saat momen besar.

Misalnya promo free ongkir saat lebaran, bebas ongkir saat harbolnas, dan saat MayDay.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.