ADVERTISEMENT

13 Ide Hampers Lebaran Unik yang Cocok untuk Bisnis 2022 [+Tipsnya]

Posted on 26 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Meskipun Hari Raya 2022 sudah di depan mata, belum terlambat kok memulai usaha kecil-kecilan buat tambah THR lebaran nanti. Selain ide jualan takjil dan minuman bulan puasa, kamu bisa coba ide hampers lebaran unik yang cocok untuk bisnis modal kecil yang menguntungkan. 

Walaupun hanya usaha musiman, tapi kalau sukses, usaha hampers bisa saja berlanjut. Hampers memang identik dengan hari raya. Namun bagi beberapa kalangan, hampers juga kerap dipakai untuk bingkisan pada perayaan / momen lain, seperti acara arisan, hadiah, wedding, dll.

Nah, jadi tertarik untuk memulai bisnis jualan hampers untuk lebaran kali ini? Yuk, simak ide hampers lebaran yang unik dan cocok dijadikan usaha.

ADVERTISEMENT

Daftar Ide Bisnis Hampers Lebaran Unik

Berkirim hadiah berupa parcel & hampers saat menjelang hari raya Idul Fitri menjadi viral belakangan ini. Terlebih semenjak adanya pandemi, trend kirim parcel, lebih populer dengan sebutan hampers, semakin meningkat.

Beberapa orang mungkin ada yang lebih memilih untuk membagikan hampers buatan sendiri. Tapi, tak sedikit pula yang sibuk dan tidak sempat membuat hampers sendiri. Orang-orang ini akan lebih memilih untuk memesan atau membelinya karena lebih cepat dan praktis. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tidak hanya kue kering, kamu bisa variasikan isian hampers dengan berbagai barang unik agar semakin menarik perhatian.

Buat kalian yang ingin coba memulai bisnis ini, yuk simak beberapa ide hampers unik yang cock untuk momen lebaran.

ADVERTISEMENT

1. Makanan Khas Hari Raya

ide hampers lebaran unik_makanan hari raya

Ide hampers lebaran 2022 yang pertama adalah makanan khas Hari Raya. Perayaan Hari Raya Idul Fitri tak lengkap tanpa sajian khas lebaran, seperti ketupat, opor, rendang, dan kue kering. Selain menjadi ide makanan menjelang lebaran, beberapa menu ini juga cocok untuk hampers.

Kamu bisa kemas berbagai menu tersebut ke dalam satu set hampers menggunakan box menarik, lengkap dengan menu tambahan seperti sambal, kerupuk dan menu lauk lainnya.

Untuk variasi, kamu juga bisa ganti menu makanan berat di atas menjadi patisserie. Misal, mengkombinasikan kue kering dengan brownies, cheese cake atau kue lapis. Selain cocok jadi ide jualan takjil, kue-kue ini juga pas disajikan saat hari raya.

Jangan lupa sesuaikan bingkisan dengan isian hampers. Kamu bisa lakukan survey contoh hampers makanan yang ada di sosial media untuk inspirasi. Untuk tarifnya, kamu bisa jual mulai dari harga Rp 100.000 – Rp 300.000, menyesuaikan dengan isian hampers.

ADVERTISEMENT

2. Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan dan Hari Raya identik dengan ibadah. Waktu tersebut menjadi momen yang pas untuk berbagi perlengkapan ibadah. Makanya, tidak sedikit yang memilih perlengkapan ibadah sebagai hampers dibanding makanan.

Nah, kamu bisa mengkreasikan hampers berisi perlengkapan ibadah. Misalnya, mukena, sajadah, sarung, dan sebagainya. Dengan kemasan bertemakan warna putih ditambah kartu ucapan lebaran, hampers akan lebih bernuansa islami.

Untuk harga jualnya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 500.000. Tapi, kamu bisa menyesuaikan dengan budget pembeli dengan menawarkan sistem custom.

3. Cutlery Set & Peralatan Dapur Minimalis

Siapa yang tidak tergiur dengan set peralatan makan & minum cantik yang dikemas dalam hampers eksklusif? Set alat makan & minum bisa jadi ide isian hampers yang unik karena pasti masih jarang.

Dengan pemilihan peralatan yang bagus ditambah kreativitas tinggi saat mengemasnya, hampers buatanmu pasti akan laris karena terlihat unik dan menarik. Ada banyak peralatan yang bisa jadi ide bahan isian hampers, misal tea set, piring + sendok + gelas, atau tumbler.

ADVERTISEMENT

Untuk menjangkau kelas menengah ke atas, kamu juga bisa jual hampers premium berisi peralatan berbahan porselen. Selain mewah, hampers ini juga akan semakin menarik apabila dikemas secara unik.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa tawarkan peralatan memasak sebagai varian pilihan hampers. Isiannya bisa berupa pisau, spatula, talenan atau kotak bumbu dapur. Hampers berisi set perlengkapan makan & dapur ini bisa kamu jual dengan kisaran Rp 150.000 – Rp 250.000 saja.

4. Produk Kesehatan

Produk kesehatan bisa jadi pilihan yang cocok untuk ide jualan hampers lebaran terutama di saat pandemi seperti sekarang. Selain lebih terjangkau dan mudah dicari, produk kesehatan juga lebih bermanfaat dan pasti dipakai oleh penerima hampers.

Kamu bisa menawarkan hampers produk kesehatan yang berisi masker, hand sanitizer, tissue basah, dan perlengkapan tambahan lainnya. Jangan lupa gunakan kemasan yang menarik dengan warna senada agar semakin menarik pembeli.

Dengan menawarkan hampers produk kesehatan, kamu tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga ikut berkontribusi membantu masyarakat melindungi diri dari wabah Covid.

5. Lilin Aromaterapi

lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi sangat cocok jadi ide hampers lebaran unik 2022, apalagi kalau dikemas dengan cantik ditambah kartu ucapan lebaran. Selain unik, lilin aromaterapi juga sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk wewangian ruangan saat lebaran.

Kamu bisa menawarkan berbagai varian aromaterapi seperti kopi, vanilla, rose, lavender atau aroma manis dari buah-buahan. Selanjutnya, hias kemasan sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. 

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Transfer Shopeepay ke OVO 2021 Terlengkap!

19 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Ada nggak sih cara transfer Shopeepay ke OVO? Jawabannya ada. Memang tidak secara langsung karena belum tersedia fitur transfer OVO di Shopee. Namun, Anda tetap bisa mengirim saldo dari ShopeePay …

Cara Transfer Bank Mandiri Lewat ATM, SMS, Mobile & Internet Banking Mandiri

16 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Bagaimana sih cara transfer bank Mandiri lewat ATM atau metode lain? Pertanyaan ini memang seringkali ditanyakan. Mungkin kamu masih kesulitan untuk melakukan transfer ya? Entah itu lewat ATM atau saat …

✔Cara Menghubungi Call Center Shopee [Via Chat, Email & Telepon]

15 Sep 2021 BY Ayu Triworo

Sedang ada masalah saat membeli produk di Shopee? Atau kendala saat memakai aplikasi? Jangan panik, ini cara menghubungi call center Shopee yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalahmu.  Call center atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *