ADVERTISEMENT

13 Ide Hampers Lebaran Unik yang Cocok untuk Bisnis 2022 [+Tipsnya]

Posted on 26 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Meskipun Hari Raya 2022 sudah di depan mata, belum terlambat kok memulai usaha kecil-kecilan buat tambah THR lebaran nanti. Selain ide jualan takjil dan minuman bulan puasa, kamu bisa coba ide hampers lebaran unik yang cocok untuk bisnis modal kecil yang menguntungkan. 

Walaupun hanya usaha musiman, tapi kalau sukses, usaha hampers bisa saja berlanjut. Hampers memang identik dengan hari raya. Namun bagi beberapa kalangan, hampers juga kerap dipakai untuk bingkisan pada perayaan / momen lain, seperti acara arisan, hadiah, wedding, dll.

Nah, jadi tertarik untuk memulai bisnis jualan hampers untuk lebaran kali ini? Yuk, simak ide hampers lebaran yang unik dan cocok dijadikan usaha.

ADVERTISEMENT

Daftar Ide Bisnis Hampers Lebaran Unik

Berkirim hadiah berupa parcel & hampers saat menjelang hari raya Idul Fitri menjadi viral belakangan ini. Terlebih semenjak adanya pandemi, trend kirim parcel, lebih populer dengan sebutan hampers, semakin meningkat.

Beberapa orang mungkin ada yang lebih memilih untuk membagikan hampers buatan sendiri. Tapi, tak sedikit pula yang sibuk dan tidak sempat membuat hampers sendiri. Orang-orang ini akan lebih memilih untuk memesan atau membelinya karena lebih cepat dan praktis. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tidak hanya kue kering, kamu bisa variasikan isian hampers dengan berbagai barang unik agar semakin menarik perhatian.

Buat kalian yang ingin coba memulai bisnis ini, yuk simak beberapa ide hampers unik yang cock untuk momen lebaran.

ADVERTISEMENT

1. Makanan Khas Hari Raya

ide hampers lebaran unik_makanan hari raya

Ide hampers lebaran 2022 yang pertama adalah makanan khas Hari Raya. Perayaan Hari Raya Idul Fitri tak lengkap tanpa sajian khas lebaran, seperti ketupat, opor, rendang, dan kue kering. Selain menjadi ide makanan menjelang lebaran, beberapa menu ini juga cocok untuk hampers.

Kamu bisa kemas berbagai menu tersebut ke dalam satu set hampers menggunakan box menarik, lengkap dengan menu tambahan seperti sambal, kerupuk dan menu lauk lainnya.

Untuk variasi, kamu juga bisa ganti menu makanan berat di atas menjadi patisserie. Misal, mengkombinasikan kue kering dengan brownies, cheese cake atau kue lapis. Selain cocok jadi ide jualan takjil, kue-kue ini juga pas disajikan saat hari raya.

Jangan lupa sesuaikan bingkisan dengan isian hampers. Kamu bisa lakukan survey contoh hampers makanan yang ada di sosial media untuk inspirasi. Untuk tarifnya, kamu bisa jual mulai dari harga Rp 100.000 – Rp 300.000, menyesuaikan dengan isian hampers.

2. Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan dan Hari Raya identik dengan ibadah. Waktu tersebut menjadi momen yang pas untuk berbagi perlengkapan ibadah. Makanya, tidak sedikit yang memilih perlengkapan ibadah sebagai hampers dibanding makanan.

ADVERTISEMENT

Nah, kamu bisa mengkreasikan hampers berisi perlengkapan ibadah. Misalnya, mukena, sajadah, sarung, dan sebagainya. Dengan kemasan bertemakan warna putih ditambah kartu ucapan lebaran, hampers akan lebih bernuansa islami.

Untuk harga jualnya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 500.000. Tapi, kamu bisa menyesuaikan dengan budget pembeli dengan menawarkan sistem custom.

3. Cutlery Set & Peralatan Dapur Minimalis

Siapa yang tidak tergiur dengan set peralatan makan & minum cantik yang dikemas dalam hampers eksklusif? Set alat makan & minum bisa jadi ide isian hampers yang unik karena pasti masih jarang.

Dengan pemilihan peralatan yang bagus ditambah kreativitas tinggi saat mengemasnya, hampers buatanmu pasti akan laris karena terlihat unik dan menarik. Ada banyak peralatan yang bisa jadi ide bahan isian hampers, misal tea set, piring + sendok + gelas, atau tumbler.

Untuk menjangkau kelas menengah ke atas, kamu juga bisa jual hampers premium berisi peralatan berbahan porselen. Selain mewah, hampers ini juga akan semakin menarik apabila dikemas secara unik.

ADVERTISEMENT

Jika memungkinkan, kamu juga bisa tawarkan peralatan memasak sebagai varian pilihan hampers. Isiannya bisa berupa pisau, spatula, talenan atau kotak bumbu dapur. Hampers berisi set perlengkapan makan & dapur ini bisa kamu jual dengan kisaran Rp 150.000 – Rp 250.000 saja.

4. Produk Kesehatan

Produk kesehatan bisa jadi pilihan yang cocok untuk ide jualan hampers lebaran terutama di saat pandemi seperti sekarang. Selain lebih terjangkau dan mudah dicari, produk kesehatan juga lebih bermanfaat dan pasti dipakai oleh penerima hampers.

Kamu bisa menawarkan hampers produk kesehatan yang berisi masker, hand sanitizer, tissue basah, dan perlengkapan tambahan lainnya. Jangan lupa gunakan kemasan yang menarik dengan warna senada agar semakin menarik pembeli.

Dengan menawarkan hampers produk kesehatan, kamu tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga ikut berkontribusi membantu masyarakat melindungi diri dari wabah Covid.

5. Lilin Aromaterapi

lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi sangat cocok jadi ide hampers lebaran unik 2022, apalagi kalau dikemas dengan cantik ditambah kartu ucapan lebaran. Selain unik, lilin aromaterapi juga sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk wewangian ruangan saat lebaran.

Kamu bisa menawarkan berbagai varian aromaterapi seperti kopi, vanilla, rose, lavender atau aroma manis dari buah-buahan. Selanjutnya, hias kemasan sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. 

Hampers lilin aromaterapi bisa dijual dengan harga lebih terjangkau yakni sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000an saja.

6. Minuman

Hampers berisi makanan memang sudah biasa, tapi bagaimana kalau minuman? Pasti terkesan unik. Ya, kamu bisa tawarkan hampers dengan isian minuman kemasan / botol yang nantinya bisa dijadikan sebagai pelengkap menu lebaran.

Kalau minuman sirup sudah cukup mainstream, kamu bisa sediakan minuman unik seperti kopi, teh, yogurt drink atau susu segar. Jika kamu concern dengan kesehatan, bisa juga lho tawarkan minuman herbal seperti jus buah atau jamu.

Harga jual untuk hampers minuman berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000, tergantung jenis minuman yang digunakan. Kamu pun bisa menyediakan set hampers minuman custom dengan harga menyesuaikan budget pembeli.

7. Produk Herbal / Superfood

produk herbal superfood

Saat ini masyarakat cenderung peduli dengan kesehatan. Sehingga banyak yang mulai membiasakan konsumsi makanan sehat / superfood, seperti madu dan kurma.

Kedua produk makanan herbal tersebut bisa jadi ide hampers unik kekinian terlebih jika kamu pandai dalam mengemas dan menghiasnya. Makanan seperti kurma memang identik dengan Ramadhan dan cocok jadi ide jualan menjelang lebaran.

Kamu bisa gunakan berbagai produk herbal sebagai isian hampers lebaran yang menyehatkan. Bisa juga dengan menambah produk sejenis lain sebagai pelengkap. Misal kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete, pistachio dan kacang arab.

Untuk hampers premium, kamu juga bisa tambahkan susu almond dan coklat Turkey sebagai pemanisnya. Harga jual hampers mulai dari Rp 150.000 – Rp 300.000.

8. Bumbu Dapur

Kamu pasti belum pernah menjumpai hampers berisi bumbu dapur, kan? Nah, ini bisa jadi ide hampers unik yang anti mainstream, lhoh. Bumbu dapur bisa sangat bermanfaat saat lebaran terutama jika dikirimkan ke kerabat atau teman yang hobi memasak.

Untuk menjual hampers ini kamu harus pandai menghias agar tampilannya meriah. Misalnya, dengan menggunakan wadah kaca atau anyaman bambu berwarna mencolok. Jangan lupa sertakan kartu ucapan lebaran agar nampak lebih berkesan.

Dengan menawarkan hampers bumbu dapur, kamu bisa menjangkau pasar kelas menengah karena harga jualnya cukup terjangkau. Yakni sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 saja.

9. Kosmetik & Skin Care

Mau jualan hampers unik yang anti mainstream? Nah, produk kosmetik dan skin care bisa jadi ide hampers lebaran kekinian yang patut dicoba. Produk kosmetik dan skin care memang cukup banyak dicari untuk membantu agar tampil maksimal saat lebaran.

Oleh karena itu, kamu bisa menawarkan aneka hampers dengan isian body care seperti lulur, body lotion, parfum, body scrub atau sabun seharga Rp 150.000 – Rp 200.000.

Atau, bisa juga menyediakan varian hampers berisi kosmetik seperti lipstik, bedak, moisturizer, dan berbagai perlengkapan lainnya dengan harga sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000.

Nah, kamu bisa jual secara custom agar pelanggan dapat menyesuaikan berapa banyak isian hampers serta merk/brand kosmetik dan skin care yang ingin digunakan. Pasti akan laris manis khususnya bagi kaum hawa.

10. Makanan Ringan

Makanan ringan kemasan juga cocok lho jadi ide hampers snack saat lebaran. Hampers berisi berbagai makanan kesukaan keluarga tentu akan semakin memeriahkan suasana. 

Jualan hampers makanan ringan juga tidak repot dan harganya pun terjangkau. Kamu hanya perlu membeli berbagai snack favorit anak-anak, seperti coklat, ciki, permen, wafer, kacang, dan sebagainya.

Lalu mengemasnya dengan kemasan keranjang yang unik. Jangan lupa berikan kartu ucapan lebaran agar hampers terkesan lebih bermakna.

Untuk berjualan hampers makanan ringan, kamu bisa patok harga mulai dari Rp 50.000 – Rp 100.000 saja.

11. Tanaman Hias

tanaman hias

Siapa sangka, tanaman hias bisa jadi peluang bisnis hampers lebaran kekinian selain kue kering? Hampers memang nggak melulu makanan. Tanaman hias juga cocok dijadikan hadiah lebaran dan bisa lebih bermanfaat, lho.

Hampers ini bisa jadi dekorasi untuk mempercantik ruang tamu atau ruang keluarga saat lebaran. Ada banyak pilihan tanaman hias yang dapat kamu kemas sebagai hampers unik. Misalnya, tanaman kaktus, monstera, lidah mertua, keladi dan banyak lagi.

Harga hampers tanaman hias bisa sangat beragam, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000, tergantung jenis tanamannya.

Nah, kamu juga harus super kreatif saat mengemas hampers ini agar tanaman tetap dalam kondisi baik. Sebaiknya sertakan kartu ucapan lebaran dan panduan untuk perawatan tanaman juga ya.

12. Sembako

Sembako menjadi salah satu buruan para ibu-ibu saat menjelang lebaran. Apalagi tahun ini, harga sembako semuanya naik. Dengan menawarkan hampers sembako tentu akan jadi bingkisan yang sangat bermanfaat.

Memang modal yang kamu butuhkan nantinya akan banyak, tapi tak ada salahnya jika keuntungannya juga besar. Selain itu, bahan-bahan untuk hampers ini juga sangat mudah dicari, dan cara mengemasnya pun gampang.

Untuk jualan hampers ini, kamu pasti masukkan berbagai kebutuhan sembako harian seperti minyak goreng, gula, kental manis, teh, kopi, dan mie instant. Kamu juga bisa tambahkan berbagai produk pelengkap seperti kecap, sarden, bumbu serbaguna. Pasti akan lebih menarik pembeli!

13. Aksesoris

Ide hampers untuk teman yang bisa kalian jadikan peluang bisnis menguntungkan adalah aksesoris. Bagi perempuan, aksesoris penting untuk menunjang penampilan saat lebaran. 

Oleh karena itu, mengirimkan hampers berisi aksesoris tentu jadi ide yang cukup unik. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk tambah penghasilan.

Ada banyak pilihan aksesoris yang bisa kamu masukkan ke dalam isian hampers. Misalnya, hijab, scarf, bros, strap masker, kacamata, sepatu, tas, perhiasan, dan berbagai aksesoris lainnya.

Untuk menjualnya, kamu bisa terapkan sistem custom agar pembeli dapat memilih isian hampers sesuai keinginan. Harga hampers aksesoris bisa sangat bervariasi, tergantung isian hampers dan juga merknya.

Tips Memulai Bisnis Hampers Lebaran

Meskipun hanya menjadi usaha musiman, bisnis hampers lebaran tidak boleh dimulai secara asal-asalan. Alih-alih ingin dapat untung, kamu malah bisa saja rugi karena tidak memulainya dengan tepat.

Untuk itu, yuk ketahui dulu beberapa tips memulai bisnis hampers lebaran tahun 2022 ini.

1. Tentukan Modal Usaha

Modal adalah aspek paling penting dalam memulai bisnis. Pilih bahan-bahan isian hampers yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Dalam bisnis hampers, kamu harus pertimbangkan berapa budget yang dibutuhkan untuk 1 paket hampers yang terdiri dari isian, kemasan dan kartu ucapan. Setelah itu, baru hitung berapa modal yang dibutuhkan untuk menentukan harga jualnya. b

2. Cari Supplier Terpercaya

Tips selanjutnya adalah memilih supplier bahan isian hampers. Pastikan kamu memilih partner terpercaya yang menyediakan bahan lengkap, harga terjangkau dan berkualitas.

Usahakan lokasi supplier tidak jauh dari tempat tinggal agar lebih mudah untuk menyetok barang.

3. Kuasai Teknik Menghias Bingkisan

Hal yang paling penting dalam berjualan hampers tidak hanya terkait isiannya saja. Tetapi cuma tampilan hampersnya. Untuk itu, pastikan kamu sudah punya skill mengemas, menghias dan merangkai hampers. Atau paling tidak kamu mempelajari beberapa tekniknya terlebih dahulu.

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk belajar teknik membungkus hampers. Misalnya melalui tutorial video Youtube, TikTok, atau Instagram.

4. Tawarkan Promo

Promo selalu jadi trik sukses mencuri perhatian pembeli. Apalagi menjelang lebaran, hampir semua toko menawarkan promo untuk menarik pembeli.

Sebagai momen awal untuk promosi usaha, berikan berbagai promo menarik untuk calon pelanggan. Misal dengan memberikan potongan harga atau bonus pembelian. Jika kamu melayani pembelian online bisa juga dengan memberikan gratis ongkir untuk pembelian pertama.

5. Teknik Marketing yang Bagus

Terapkan teknik marketing yang bagus agar usahamu semakin dikenal oleh masyarakat. Untuk langkah awal, kamu bisa promosikan bisnis hampers ke kerabat dekat, kolega, teman atau kenalan.

Minta mereka untuk memberikan testimoni mengenai pacakging dan isian hampers sebagai masukan. Baru setelah itu, kamu bisa lanjutkan promosi ke sosial media atau platform lain yang lebih luas.

Jangan lupa buatlah gambar atau video iklan agar semakin menarik saat melakukan promosi secara online.

6. Variasikan Pilihan Hampers

Semakin banyak variasi isian dan tema hampers yang kamu tawarkan, tentu akan semakin menarik minat pembeli. Dengan menyediakan beberapa tema hampers dapat membantu customer menentukan pilihan mereka.

Tentu beda tema akan berbeda harga pula. Nah, kamu bisa patok harga hampers sesuai isian dan juga sesuai kesulitan dalam mengerjakannya.

7. Buka Pesanan Custom

Selain berbagai pilihan tema, ada baiknya kamu juga menyediakan pesanan custom. Hal ini penting karena biasanya ada customer yang ingin berbeda dari yang lainnya.

Sebagai pemilik bisnis hampers, ikutilah kemauan customer dengan memberikan layanan custom sesuai isian dan tema yang mereka inginkan. lebih baik lagi jika kamu memberikan sedikit masukan dan saran yang cocok dengan konsep customer.

8. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Jika membuka bisnis hampers secara online, kamu harus bekerja sama dengan jasa ekspedisi untuk mengirimkan pesanan. Oleh karena itu, pastikan memilih jasa ekspedisi terpercaya yang siap mengirim pesanan hampers secara aman ke alamat tujuan.

Kamu juga perlu memilih jasa ekspedisi yang bisa kirim barang secara cepat dengan harga terjangkau. Sebab biasanya konsumen tidak ingin terbebani dengan ongkos kirim yang mahal.

Untuk itu, sebaiknya lakukan pengecekan biaya kirim dan cari jasa terpercaya yang menawarkan ongkir terjangkau. Kamu bisa manfaatkan fitur cek tarif untuk menentukan partner jasa ekspedisi dan untuk pemantauan paket melalui fitur cek resi.

Nah, itulah tadi beberapa ide hampers lebaran unik serta tips memulai usaha hampers yang bisa dijadikan bahan referensi. Silakan dicoba dan jajal peruntunganmu, siapa tahu bisa sukses! Kalau memilih bisnis hampers makanan, kamu juga bisa lanjutkan dengan membuka bisnis makanan pre order online

Sekian postingan kami kali ini. Semoga bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar yaa. Kami akan dengan senang hati membantu 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor J&T di Malang Hingga Jam Buka

5 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor J&T Malang – Seperti yang telah kami bahas pada beberapa artikel sebelumnya, J&T memang merupakan ekspedisi yang masih terbilang baru. Perusahaan ekspedisi J&T baru didirikan pada tahun 2015 namun …

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar dan Cara Kerja SEO

10 Feb 2021 BY Mufti Syawaludin

Secara umum, SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization‘ atau ‘Optimisasi Mesin Pencari’, yang artinya teknik optimasi untuk merangking kata kunci dan menambah trafik di mesin pencari Google. Supaya lebih …

10 Aplikasi E-Wallet Terbaik di Indonesia yang Paling Banyak Dipakai

21 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Bukan cuma Gopay atau OVO,  ada sekitar 38 aplikasi e-wallet yang telah berlisensi resmi OJK dari Bank Indonesia. Namun, siapakah pemegang status e-wallet terbaik di Indonesia? Melalui artikel berikut, kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *