17 Ide Jualan Menjelang Lebaran Tanpa Modal, Kreatif & Menguntungkan

Posted on 13 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Mau tambah cuan tapi masih bingung jualan apa ya di bulan Ramadhan? Selain ide jualan takjil, kamu bisa lho mencoba peruntungan dengan menjual kebutuhan Hari Raya. Melalui artikel ini, kami akan sajikan inspirasiide jualan menjelang lebaran yang pasti laris manis.

Bagi kalian yang otak bisnisnya encer tentu tidak ingin kehilangan peluang di bulan Ramadhan. Pada bulan tersebut, ada banyak sekali kebutuhan umat muslim yang harus dipenuhi. Mulai dari ide jualan takjil, perlengkapan ibadah Ramadhan hingga kebutuhan untuk Hari Raya.

Semua hal di atas adalah peluang sekaligus sumber cuan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

Nah, buat kalian yang butuh referensi peluang usaha di hari Raya Idul Fitri, yuk simak berbagai ide kreatif yang cocok untuk bisnis saat Ramadhan berikut ini.

Ide Jualan Menjelang Lebaran yang Laris Manis

Sebetulnya ada banyak sekali ide kreatif di bulan Ramadhan yang bisa kamu jadikan peluang bisnis. Misal ide jualan minuman buka puasa, makanan takjil, atau perlengkapan ibadah.

ADVERTISEMENT

Namun biasanya kebutuhan masyarakat meningkat dan agak sedikit berubah saat menjelang lebaran. Secara, di negara kita masih memiliki tradisi unik seperti mudik, silaturahmi, kupatan, dan berbagai tradisi unik lainnya.

Nah, hal ini bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa mencoba jualan makanan, produk dan berbagai jasa yang pasti laku saat menjelang lebaran. Berikut referensinya.

Ide Jualan Makanan

Salah satu kebutuhan menjelang lebaran yang paling utama adalah makanan. Perayaan lebaran identik dengan momen makan-makan. Pada momen ini masyarakat biasanya menyajikan makanan khusus khas lebaran yang jarang ditemukan di hari-hari biasa.

Buat kamu yang ahli di bisnis kuliner, berikut beberapa rekomendasi menu lebaran yang bisa dijadikan cuan.

1. Aneka Kue Kering

kue kering

Lebaran tanpa kue kering rasanya hampa! Inilah yang menggambarkan bagaimana kue kering menjadi primadona saat hari Raya. Mulai dari menu legend seperti Nastar, Kastengel, Lidah Kucing, Putri Salju hingga kue kekinian yang variatif jadi idaman pas lebaran.

ADVERTISEMENT

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat kue kering, bisnis ini layak dicoba. Selain pasti laku, bisnis kue kering terbilang mudah dan sangat menguntungkan. Kamu bisa memulai dengan sistem PO agar kue kering fresh saat sampai ke tangan konsumen.

Kalau ingin lebih praktis, kamu juga bisa jualan makanan kering lain seperti snack atau camilan ringan. Makanan ini juga laris manis saat lebaran. Bisnis ini cenderung lebih mudah, kamu tidak perlu mengolahnya sendiri melainkan tinggal cari suppliernya.

2. Makanan Basah

Selain kue kering, kue-kue basah juga menjadi salah satu menu favorit saat Hari Raya. Kue basah adalah hidangan lezat yang biasanya menjadi pemanis meja ruang tamu. Misalnya, cake, kue lapis, kue soes, puding, dessert box dan aneka jenis dessert lainnya.

Di kota-kota besar, biasanya masyarakat menghidangkan banyak jenis cake sebagai pelengkap. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis jualan aneka kue sebagai pelengkap bisnis kue kering.

Hanya saja, tentu membutuhkan modal yang lebih banyak karena bahan-bahan membuat kue basah biasanya agak mahal.

3. Hidangan Lebaran

Saat Hari Raya tiba, memasak makanan dalam porsi besar dan beraneka macam untuk menjamu para tamu adalah hal yang lumrah. Tapi tidak sedikit pula yang lebih memilih untuk memesan makanan karena tidak ingin repot.

Sehingga tidak heran bisnis katering juga meningkat saat menjelang lebaran. Apalagi di kota-kota besar yang mayoritas penduduknya beraktivitas padat. Katering adalah satu-satunya cara untuk bisa makan besar dan enak tanpa ribet.

Untuk itu, yuk manfaatkan peluang ini untuk menambah cuan. Kamu bisa sediakan katering makanan khas lebaran seperti:

ADVERTISEMENT
  • Ketupat
  • Opor
  • Rendang
  • Sambal Goreng
  • Sate
  • Soto
  • dan banyak lagi.

Kamu bisa menawarkan sistem pemesanan per paket atau per menu. Selain menu di atas, ada baiknya kamu juga menguasai menu masakan khusus lainnya. Siapa tahu calon konsumen memiliki preferensi hidangan lebaran sendiri.

4. Aneka Buah

aneka buah

Ide jualan terlaris menjelang lebaran selanjutnya adalah aneka buah. Buah biasanya banyak dicari saat lebaran untuk hampers atau parcel.

Buah-buahan juga menjadi hidangan pelengkap yang wajib ada di meja makan dan meja tamu. Secara, hidangan lebaran identik dengan makanan berlemak sehingga buah adalah menu wajib sebagai penetralisir.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin bisnis mudah tapi menguntungkan saat menjelang lebaran bisa coba jualan aneka buah. Kamu bisa menjual buah-buahan di halaman toko atau pinggir jalan yang ramai.

Pastikan kamu menyediakan buah yang bervariasi karena biasanya pembeli lebih suka di toko yang buahnya lengkap. Selain itu, kamu juga harus pandai dalam mencari supplier buah yang terpercaya.

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
5. Oleh-Oleh Khas Daerah...

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Daftar Kode Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan 141 Bank Lainnya

10 Agu 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

Banyak kemudahan yang kita peroleh, terutama saat bertransaksi lewat e-banking; meskipun beda bank. Untuk melakukan transfer uang ke rekening bank lain lewat mesin ATM, kita butuh kode bank untuk verifikasi. Kode …

6 Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

27 Mei 2022 BY Nisa Husnainna

Jualan online bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang lewat internet. Selain mudah, jualan online juga fleksibel, bisa dikerjakan oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja sekalipun. Tertarik? Mending …

Mengenal Sosok Jet Lee, Pemilik J&T Express Yang Wajib Kamu Ketahui!

6 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Tahukah kamu siapakah pemilik J&T Express? Nah, jangan hanya sering menggunakan jasa ekspedisinya, tapi kamu tidak tertarik dengan sosok yang ada di balik kesuksesan J&T Express.Setiap kesuksesan yang dicapai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *