Pengiriman Paket Terlambat Saat Lebaran? Ini 3 Penyebab Utamanya!

Posted on 19 Jul 2019 By Nisa Husnainna

Paket Terlambat Datang Saat Lebaran – Momen lebaran merupakan waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan, salah satunya dengan mengirimkan hadiah kepada saudara, sahabat, dan handai taulan di luar kota. Namun apa jadinya apabila paket yang Anda kirimkan tak kunjung diterima oleh kerabat Anda? Atau bagaimana perasaan Anda apabila baju lebaran yang Anda beli di toko online terlambat datang?

 

Sebagian orang merasa kesal, kecewa, dan cenderung menyalahkan jasa ekspedisi ketika mengalami masalah keterlambatan paket. Namun jangan berburuk sangka dulu. Di bawah ini, kami akan membagikan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya kedatangan paket yang Anda kirim maupun yang akan Anda terima. Yuk, kita simak 3 penyebab utama paket terlambat datang saat lebaran!

ADVERTISEMENT

 

1. Jalanan Darat Macet

Telah kita ketahui bersama bahwa mendekati hari lebaran, arus lalu lintas terpantau macet dan padat di sejumlah titik di jalur darat. Orang-orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman demi bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga besar tercinta. Jalanan pun dipenuhi oleh pemudik dengan kendaraan roda 4 maupun 2. Lantas, bagaimana nasib barang kiriman toko online yang dikirim melalui jalur darat? Tentunya kemacetan dan kepadatan kendaraan di jalan ini berimbas pada terhambatnya paket sampai ke tujuan sesuai jadwal.

 

Untuk mengantisipasi hal ini, kami sarankan agar Anda mengirim paket menggunakan cargo pesawat. Akan tetapi, biaya pengiriman barang dengan cargo pesawat akan dihitung minimal per 10 kg. Hal ini sudah menjadi ketentuan (default) dari pihak manajemen cargo pesawat. Jadi apabila barang yg Anda kirim tidak sampai 10 kg, akan tetap dihitung seharga 10 kg oleh pihak manajemen maskapai penerbangan. Namun untuk orang yang mengirim barang dalam skala besar, penggunaan cargo pesawat adalah solusi yang sangat tepat.

Cek tarif ongkir cepat: https://pluginongkoskirim.com/cek-tarif-ongkir/

 

2. Overload

Seperti yang telah penulis sampaikan di awal, menjelang lebaran orang-orang ramai mengirimkan hadiah kepada satu sama lain. Tidak hanya secara personal, namun institusi dan perusahaan terkadang juga memberikan bingkisan parcel kepada karyawannya menggunakan jasa ekspedisi.

 

Pengiriman barang oleh jasa ekspedisi ke seluruh Indonesia menggunakan 3 jalur, yaitu jalur darat, udara, dan laut. Apabila pengiriman paket melalui jalur darat terhambat dikarenakan macet dan jalanan yang padat merayap (seperti yang telah penulis jelaskan pada poin nomor 1), maka untuk pengiriman paket melalui jalur udara juga tidak jauh berbeda. Di hari-hari mendekati lebaran, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara juga meningkat. Tentu saja maskapai penerbangan lebih mendahulukan kuota (space) untuk barang penumpangnya meskipun biasanya jasa ekspedisi juga sudah memesan kuota ekstra.

 

Realitanya, hingga kini belum ada satu pun jasa ekspedisi di Indonesia yang sudah mempunyai maskapai sendiri. Bahkan perusahaan logistik sebesar JNE pun belum mempunyai pesawat sendiri sehingga masih menggunakan jasa maskapai seperti Garuda dan lain sebagainya.

 

3. Tren Belanja Online

Tradisi adanya uang Tunjangan Hari Raya atau THR di Indonesia serta anggapan turun temurun bahwa berlebaran harus dengan baju baru, mempengaruhi kondisi psikis masyarakat untuk berbelanja banyak menjelang lebaran.

 

Sebelum berkembangnya toko online dan marketplace, masyarakat memiliki budaya membelanjakan uang THR-nya untuk membeli baju dan perlengkapan lebaran di mall-mall atau pusat perbelanjaan. Namun seiring kemajuan dunia bisnis online, perilaku masyarakat mengalami perubahan. Culture (budaya) masyarakat yang senang berbelanja di mall kini mulai terkikis dan sebagian besar beralih ke berbelanja di toko online.

 

Tradisi membelanjakan THR ini menyebabkan penjualan di semua e-commerce meningkat. Bisa Anda bayangkan tidak hanya Anda yang menunggu-nunggu kedatangan paket di rumah, namun puluhan ribu pembeli lainnya juga mengharapkan kedatangan paketnya sebelum lebaran tiba. Lonjakan pengiriman barang e-commerce ini dibuktikan dengan adanya permintaan sejumlah marketplace dan toko online kepada perusahaan jasa ekspedisi untuk menambah space pada periode lebaran tahun 2019 ini.

 

Lalu bagaimana tipsnya agar paket cepat sampai di bulan puasa? Tenang, sobat! Kami tidak hanya membahas alasan paket terlambat datang, namun juga akan membeberkan tips and trick-nya pada halaman ini. Berikut 3 tips dan trik mencegah atau menghindari keterlambatan pengiriman barang saat lebaran:

  • Mengambil paket langsung ke ekspedisi
  • Tidak mengirim barang setelah H-5 menuju lebaran
  • Jangan mengirim barang di hari Minggu

 

Apabila keterlambatan hanya satu sampai dua hari saja, itu masih wajar. Namun apabila sudah lebih dari 3 hari, Anda dapat melaporkan ke Customer Service jasa ekspedisi yang digunakan. Semoga membantu!

 

Baca juga: 3 Jasa Ekspedisi yang Paling Murah untuk Penggemar Belanja Online

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T dengan Mudah dan Cepat

13 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Sebelum membeli barang atau transaksi online, Anda harus mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T.¬†Jika kita membeli barang secara online maka kita tidak tahu apakah barang kita sudah …

JNE atau J&T, Mana yang Paling Bagus Menurut Kamu?

19 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan bertumbuhnya bisnis online, jasa ekspedisi juga ikut kecipratan untungnya. Jika beberapa tahun lalu jasa ekspedisi hanya melayani pengiriman barang untuk urusan personal atau perusahaan retail besar saja, kini pelanggan …

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress – Jika Anda memiliki toko online, maka salah satu fitur terpenting yang harus website Anda miliki adalah fitur penghitungan ongkos kirim. Jika Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *