Berapa Batas COD Shopee Terbaru? Ini Syarat dan Ketentuannya Sekarang!

Anisa 30 Jan 2023 3 Menit 0

Cara pakai fitur COD di Shopee sebenarnya sama dengan beberapa e-Commerce lain. Tapi, kamu tahu nggak sih batas COD Shopee yang terbaru?

Apabila pembeli menggunakan metode pembayaran COD melebihi dari batas transaksi yang dianjurkan oleh Shopee, maka akan kena biaya penanganan sepersekian persen.

Kebijakan ini tidak jauh berbeda dengan di Tokopedia. Salah satu penyebab tidak bisa COD di Tokopedia yakni dikarenakan pembeli sudah melebihi batas nilai belanja harian.

Makanya, supaya kamu tetap bisa pakai layanan ini, pahami terlebih dahulu ya batas maksimal COD di Shopee berikut!

ADVERTISEMENT

1. Apa Itu COD Shopee?

COD (Cash on Delivery) menurut Shopee adalah metode pembayaran di tempat yang dilakukan usai kurir memberikan paket secara langsung pada pembeli.

Fitur Bayat di tempat umumnya dipilih oleh pengguna yang ingin membeli barang dengan nominal cukup tinggi, tidak memiliki akun rekening bank, dan saldo e-wallet miliknya sedang habis.

Walaupun COD dianggap sebagai solusi paling jitu bagi sebagian besar penggunanya, akan tetapi tetap ada syarat tertentu agar dapat menggunakan fitur ini!

Apa saja kira-kira syarat ketentuan COD Shopee?

2. Syarat dan Ketentuan COD di Shopee

Perlu kamu ketahui bahwa sistem COD untuk pembeli berlaku dengan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh seluruh pengguna aplikasi Shopee.

2.1 Syarat COD Shopee

Mau pakai metode pembayaran COD di Shopee? Baca dulu yuk sistem COD untuk pembeli berikut ini!

  • Pengguna memilih seller yang mengaktifkan fitur COD pada tokonya
  • Pembeli harus membayar nilai barang sama dengan tagihan yang tertera pada aplikasi ketika membuat pesanan
  • Jika ternyata produk yang dipesan tidak sesuai deskripsi toko/rusak, pembeli bisa melakukan refund atau menukar produk pada penjual. Namun ketahui terlebih dahulu syarat dan cara mengembalikan barang COD di Shopee
  • Pembeli dilarang membuka paket sebelum membayarkan tagihannya terlebih dahulu ke kurir yang mengantar pesanan

Batas cod shopee berapa kali sehari

Catatan Penting:Fitur pembayaran di Shopee tidak ada batas minimum pembelian, akan tetapi nilai transaksi maksimal yang diberlakukan oleh pihak marketplace adalah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah).

Ini berarti, pembeli bisa menggunakan layanan COD meski hanya membeli barang senilai Rp30.000,00 (tiga puluh ribu) saja. Namun tidak akan bisa memakai fitur tersebut jika belanja produk seharga Rp6.000.000,00 (enam juta rupiah).

ADVERTISEMENT

2.2 Ketentuan Fitur COD Shopee

Setelah mengetahui syarat di atas, kamu juga wajib mempelajari ketentuan COD di Shopee sebelum memilih fitur tersebut

Berikut ketentuan dan batas COD Shopee yang wajib diketahui oleh pengguna!

  1. Bagi pembeli yang menggunakan metode pembayaran COD untuk pertama sampai dengan ketiga kalinya, maka tidak dikenakan biaya penanganan (0%)
  2. Untuk pembelian produk pakai COD Shopee yang keempat kali hingga seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebanyak 4%
  3. Pengguna yang teridentifikasi sebagai dropshipper, baik yang telah mengaktifkan dan pakaifitur dropship di Shopee maupun yang pernah pakai fitur COD ke lebih dari 3 alamat berbeda, maka akan dikenakan tarif penanganan 10%
  4. Sementara sistem COD untuk penjual di Shopee juga berlaku jika mendapatkan pesanan dropship melebihi dari pesanan normal, maka seluruh orderan tersebut akan dikenakan biaya penanganan 10%
  5. Pengguna yang belanja produk di Shopee melalui website/komputer (bukan aplikasi) dan menggunakan fitur COD, maka akan dikenakan tarif penanganan sebanyak 10%
  6. Fitur COD pada akun pembeli akan dinonaktifkan atau dimatikan oleh Shopee apabila dalam 2 bulan (60 hari kalender) pembeli telah melakukan pembatalan pesanan sebanyak 2 kali
  7. Fitur COD pada akun pembeli akan diaktifkan atau dihidupkan kembali oleh Shopee setelah 60 hari sejak dinonaktifkan sistem dan pengguna dapat memanfaatkannya kembali

Batas minimum cod shopee

Dari ketentuan yang telah dijabarkan lewat poin-poin di atas, tentunya kamu sudah punya gambaran tentang batas COD Shopee ya.

Lalu, sebenarnya berapa batasan pakai layanan COD Shopee?

ADVERTISEMENT

3. Batas COD Shopee bagi Pembeli

Batas COD Shopee berapa kali sehari? Sebenarnya jika mengacu pada website resmi Shopee, batas maksimum COD hanya ditentukan oleh nilai transaksinya yakni Rp5.000.000,00.

Kemudian di laman berikutnya, Shopee juga mempertegas bahwa pengguna tidak bisa bayar pakai metode COD karena bisa saja telah melewati batas maksimum pesanan mingguan.

Pernyataan dan jawaban tersebut mempertegas kalau pengguna tetap bisa belanja online di Shopee pakai fitur COD selama transaksinya tidak lebih 5 juta rupiah dalam satu hari, satu minggu, atau bahkan satu bulan.

Sistem dan batas COD Shopee tentunya berlaku bagi pembeli baru maupun lama.

Untuk membuktikannya, Tim Plugin Ongkos Kirim pun mencoba mengaktifkan layanan COD saat proses pencarian produk.

Namun saat hendak checkout produk kursi pijat senilai Rp8.900.000,00, muncul pemberitahuan dari sistem “Nominal pesananmu telah melebih batas maksimum untuk pembayaran COD. Mohon pilih metode pembayaran lainnya”

Mencapai batas cod shopee

Kesimpulannya adalah batas maksimal (limit) pembelian produk pakai fitur COD di Shopee senilai Rp5.000.000,00 memang benar-benar dihitung per transaksi.

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa COD di Shopee? Tentunya kamu harus menggunakan metode pembayaran lain atau memilih produk dengan harga di bawah Rp5 juta.

ADVERTISEMENT

FAQ

Berapa batas COD Shopee?

Jika dulunya batas minimum pembelian produk menggunakan layanan COD Shopee adalah Rp50.000,00 per transaksi, kini pada kebijakan baru pengguna dapat memanfaatkan fitur COD tanpa tanpa minimum pembelian. Dengan kata lain, belanja barang senilai Rp12.000 pun tetap bisa memakai layanan tersebut. Sedangkan batas maksimum pembelian produk pakai metode pembayaran COD adalah Rp5.000.000.

Bagaimana mengaktifkan COD di Shopee untuk pembeli?

Pembeli dapat mencari produk terlebih dahulu, kemudian pada menu Metode Pembayaran saat filter produk, silakan pilih COD (Bayar di Tempat)

Mengapa saya tidak bisa COD lagi?

Pembeli tidak dapat melakukan COD apabila lokasi tempat tinggalnya tidak termasuk ke dalam jangkauan kurir mitra yang menyediakan layanan COD Shopee, sudah melebihi batas maksimum belanja pakai fitur COD, fitur COD dinonaktifkan oleh Shopee, dan sebagainya.

Akhir Kata

Semoga setelah mengetahui batas COD Shopee yang terbaru, kamu tidak khawatir lagi ya untuk menggunakan layanan Bayar di Tempat.

Yang paling penting, bayar barang sesuai dengan tagihan serta sebelum membuka barang tersebut.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Anisa Juniardy seputar Bisnis, Ekspedisi, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Sumber:

  • Apa itu Metode Pembayaran COD (Bayar di Tempat)? – https://seller.shopee.co.id/edu/article/3360
  • Tentang Program COD Cek Dulu – https://seller.shopee.co.id/edu/article/16175
  • [Bayar di Tempat] Mengapa saya tidak bisa membayar menggunakan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat)? – https://help.shopee.co.id/portal/article/72041-[Bayar-di-Tempat]-Mengapa-saya-tidak-bisa-membayar-menggunakan-metode-pembayaran-COD-(Bayar-di-Tempat)?previousPage=secondary%20category#:~:text=Pemesanan%20melebihi%20batas%20maks.%20pembelian,COD%20(Bayar%20di%20Tempat)
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *