13 Ide Jualan Takjil di Bulan Puasa Ramadhan, Modal Kecil Pasti Untung!

Ayu Triworo 04 Apr 2022 5 Menit 0

Mau tetap produktif menambah cuan di bulan Ramadhan dengan jualan takjil? Simak 13 ide jualan takjil di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba berikut ini.

Saat momen Ramadhan, takjil menjadi salah satu yang paling diburu masyarakat untuk berbuka puasa. Tak heran, banyak bermunculan stand pasar Ramadhan dimana pedagang berkumpul menjajakan berbagai menu takjil.

Buat kamu yang ingin menambah penghasilan, bulan Ramadhan 2022 kali ini bisa jadi momen yang tepat. Sebab, pemerintah sudah mengurangi pembatasan aktivitas di luar rumah dan mengijinkan lapak-lapak jualan di pasar Ramadhan.

Untuk itu, yuk mulai bergerak biar dompet terisi! Ketahui apa saja ide jualan bulan puasa 2022 yang simpel dan bermodal kecil tapi menguntungkan. Penasaran? Simak daftarnya berikut ini.

13 Ide Jualan Takjil di Bulan Puasa Ramadhan

Sebetulnya ada banyak sekali jenis jualan takjil yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan di Ramadhan ini. Mulai dari menu minuman, makanan ringan, makanan basah hingga makanan berat seperti nasi.

Nah, di sini kami akan rangkum beberapa menu yang paling diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari yang paling simpel hingga yang kekinian.

1. Es Kelapa Muda

Siapa yang menolak ide jualan takjil Ramadhan yang satu ini? Es kelapa muda menjadi salah satu menu yang selalu laris manis terutama saat bulan puasa.

Selain segar dan murah, kelapa muda sangat menyehatkan karena berfungsi untuk mengganti elektrolit tubuh.

Cara berjualannya pun sangat mudah dan simpel. Kamu hanya perlu menyiapkan kelapa, es batu, gula, dan jeruk nipis, sirup atau madu sebagai tambahan. Untuk mencari kelapa muda juga gampang, kamu bisa gunakan jasa supplier yang ada di daerahmu.

2. Es Buah

Selain kelapa muda, ide jualan takjil di bulan puasa yang rekomended selanjutnya adalah es buah. Yang segar-segar dan manis seperti es buah pasti selalu laris jika dijual saat bulan puasa.

Untuk jualan menu yang satu ini juga gampang dan tidak butuh modal besar. Semua bahannya juga sangat mudah dicari, dan yang paling utama gampang dibuat.

Kalau punya modal lebih, kamu juga bisa memilih dan memvariasikan es buah agar semakin menarik pembeli. Misal, dengan berjualan es buah cocktail, es semangka viral, es buah campur susu, es buah serut, sop buah, es campur, es blewah, es timun dan banyak lagi.

3. Es Kuwut

Ide jualan minuman bulan puasa viral yang dijamin menguntungkan berikutnya adalah es kuwut. Es yang identik dengan buah melon ini masih jarang dijual, padahal cukup banyak dicari karena rasanya yang unik.

Modalnya tidak begitu besar, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah. Bahan utama membuat es kuwt yaitu buah melon, daging kelapa muda, jeruk nipis, selasih dan sirup melon. Cara membuatnya pun tidak susah, kamu bisa mencari resepnya di sosial media.

4. Aneka Gorengan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, gorengan menjadi salah satu menu yang wajib ada saat berbuka puasa. Maka dari itu, meskipun saat ini minyak mahal, gorengan tetap jadi menu takjil simple bisa jadi ide jualan.

Selain karena dijamin laris manis, jualan gorengan sangat mudah karena tidak butuh banyak tahap untuk menyiapkannya. Berikut beberapa ide jualan gorengan yang bisa kamu coba jajakan di stand pasar Ramadhan:

  • Tempe goreng
  • Bakwan
  • Tahu isi
  • Molen Pisang
  • Keju goreng
  • Donat / cakwe / odading
  • Jamur / tahu krispi
  • Risol
  • Martabak tahu
  • Pisang goreng
  • Martabak tahu
  • Cireng

Untuk berjualan gorengan, kamu bisa pilih satu atau beberapa jenis saja, sesuaikan dengan budget / modal dan kemampuanmu.

5. Martabak Mini

Selanjutnya kamu bisa mencoba ide jualan takjil murah meriah yang juga gampang membuatnya. Yups, martabak mini. Menu satu ini menjadi makanan favorit bagi para penyuka manis, terutama dari kalangan anak-anak.

Biar makin cuan, coba sediakan aneka toping yang menarik dan lezat. Misalnya, keju,, meses, buah-buahan atau coklat lumer warna warni. Untuk berjualan martabak mini, kamu bisa siapkan dari rumah atau langsung dimasak di stand makananmu.

6. Aneka Puding

Tidak hanya martabak, kamu juga bisa mencoba jualan menu manis lain, seperti puding. Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok jadi kudapan saat berbuka puasa. Puding juga sangat baik bagi tubuh karena dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain modalnya kecil, jualan puding juga gampang. Kamu pun bisa menjual variasi puding bermacam-macam yang sesuai dengan budget. Untuk modal murah, mungkin kamu bisa berjualan puding sederhana, seperti puding coklat, santan, atau puding satu – dua rasa saja.

Jika modalmu cukup besar, kamu bisa coba jualan puding sutra, pudot, atau puding susu yang divariasikan dengan buah-buahan.

7. Aneka Bubur

Mencoba jualan bubur untuk menu takjil Ramadhan? Kenapa tidak. Bagi kalangan milenial, bubur mungkin tidak begitu disukai.

Tapi bagi anak-anak dan orang tua, bubur biasanya menjadi pilihan menu buka terbaik. Sebab, selain manis, bubur bertekstur lembut sehingga mudah dicerna dan aman untuk perut kosong.

Halaman Selanjutnya
Ide jualan menu takjil bubur...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.