Cara Cek Resi Paxel untuk Melacak Paket Same Day, Instant, Dll

Posted on 26 Jul 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Sejak melesat dengan catatan kenaikan pengiriman 53% di Ramadan 2022 lalu, pengiriman paket menggunakan layanan ekspedisi logistik Paxel meningkat secara eksponensial.

Jika Anda salah satu pengguna Paxel, karena masih baru, mungkin Anda juga belum mengetahui cara cek resi Paxel untuk melihat sudah sampai mana paket Anda.

Berikut penjelasan tentang cara melihat resi Paxel yang langkahnya dapat Anda ikuti. Selain itu, ada juga contoh resinya. Informasi lain terkait Paxel juga tersedia. Cek cek di bawah~

Cara Cek Resi Paxel dan Contoh Resinya

Bagi Anda pengguna baru Paxel, memang mungkin terkesima dengan betapa cepatnya layanan Paxel ini. Sehingga memungkinkan untuk mengirim makanan.

Namun kadang memang Anda perlu mengetahui paket tersebut sudah sampai mana. Lalu bagaimana cara melacak paket Paxel di Aplikasi dan Browser?

Di mana letak nomor resi Paxel? Berikut uraian lengkapnya.

1. Cara Cek Resi Paxel Paket Melalui Aplikasi

ADVERTISEMENT

Jika Anda sudah menginstal aplikasi Paxel, Anda dapat mengecek resi Paxel melalui aplikasi tersebut di HP Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Paxel;
  2. Klik tombol “Lainnya”;
  3. Pada bagian Sewa, Belanja & Laca, klik opsi “Lacak”;
  4. Masukkan nomor resi/kode pengiriman;
  5. Klik tombol “Lacak Pengiriman”;
  6. Selesai.

Sementara itu cara cek resi paxel same day juga memiliki langkah yang sama dengan di atas. Karena memang pelacakan lokasi paket semua terintegrasi menjadi satu.

Namun jika Anda mungkin sebagai penerima paket dan tidak mempunyai aplikasi Paxel, Anda dapat melakukan pengecekan resi Paxel melalui Browser Google, loh.

2. Cara Cek Resi Paxel Melalui Browser

Untuk cek resi/awb tracking paket Paxel melalui browser, lakukan langkah berikut:

  1. Kunjungi laman https://paxel.co/id/track-shipments
  2. Masukkan “kode pengiriman/resi”;
  3. Klik “Lacak Pengiriman”;
  4. Selesai.
ADVERTISEMENT

Nah, mudah bukan untuk melakukan pengecekan terkait keberadaan paket Anda menggunakan fitur cek resi tersebut.

Jika Anda pengguna layanan pengiriman logistik lain seperti JNE, J&T, AnterAja dan yang semisal, Anda bisa, kok melakukan cek resi menggunakan layanan kami.

3. Contoh Nomor Resi/AWB Paxel

Nomor resi Paxel sendiri disebut AWB atau Airway Bill. AWB atau resi Paxel memiliki 27 digit nomor dengan kombinasi huruf dan angka. Untuk awalnya adalah huruf EM.

Contoh nomor contoh resi/AWB Paxel adalah seperti berikut ini:

Jika Anda adalah seller dan memiliki transaksi peredaran barang dengan jumlah yang tinggi, Anda bisa juga mendownload aplikasi cetak label paket dengan mudah, loh.

Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan pelabelan pada paket Anda dengan lebih mudah dan efisien.

Jadi Anda tinggal berpikir bagaimana memilih jenis layanan pengiriman via Paxel. Anda pasti sudah tahu kan ragam jenis layanan Paxel apa saja?

ADVERTISEMENT

Jika belum, simak selengkapnya berikut ini ~

6 Jenis Layanan Paxel, Area Jangkauan dan Estimasi Sampai

Karena termasuk pemain baru di bidang Logistik, banyak yang masih belum mengetahui area jangkauan paxel sampai mana saja.

Selain itu, Startup besutan Founder JNE, Djohari Zein, ini memiliki jenis layanan pengiriman seperti apa, sih. Berikut rangkumannya:

  1. Layanan Pengiriman Sameday;
  2. Layanan Pengiriman PaxelBig;
  3. Layanan Pengiriman Frozen;
  4. Layanan Pengiriman Nextday;
  5. Layanan Pengiriman Reguler;
  6. Layanan Pengiriman Instant.

Penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Layanan Pengiriman Sameday Delivery

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Paxel same day, layanan pengiriman ini, seperti namanya, mengirimkan paket yang memungkinkan pengiriman sehari sampai.

Sementara itu, untuk jangkauan area pengiriman paket Paxel Sameday meliputi pulau Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera.

Untuk estimasi tibanya dapat Anda pilih melalui aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengiriman Sameday hanya menerima pengiriman maksimal berat 5 kg.

Namun jika Anda bertanya Paxel same day maksimal jam berapa, berdasarkan pengulikan informasi pada laman resmi Paxel belum ditemukan data tersebut.

2. Layanan Pengiriman PaxelBig

Sementara itu, jika Anda memiliki bisnis dengan jumlah pengiriman yang besar, Anda dapat menggunakan pengiriman jenis PaxelBig.

Karena menggunakan jenis pengiriman ini, Anda bisa memberikan barang dengan berat hingga 20 kg dengan dimensi mencapai 50 x 50 x 80 cm.

Untuk pengiriman di atas 10 kg, Anda juga mendapat tarif per kg yang cukup ekonmis, yakni Rp. 2000 per kg.

Jenis layanan pengiriman logistik yang bekerja sama dengan Blue Bird Group ini mempu menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan Denpasar.

Dengan jangkauan tersebut, kedepannya, PaxelBig masih akan terus berekspansi ke kota dan daerah yang lainnya.

3. Layanan Pengiriman Frozen

Yang membedakan dengan jenis jasa pengiriman Paxel dengan logistik lain adalah Paxel bisa kirim makanan dan adanya layanan khusus untuk pengiriman frozen food.

Hal ini mungkin dilakukan karena Paxel memiliki fasilitas:

  • Motor dengan box freezer
  • Freezer atau Chiller di proses transit
  • Cold truck atau truk pendingin

Sementaar untuk biaya pengiriman frozen food sendiri juga cukup terjangkau dengan beberapa paket yang tersedia – Small, Medium, Large, dan Custom.

  • Small = Berat maksimal 5 kg; ukuran maksimal 20 x 20 x 8 cm; biaya Rp.1.000
  • Medium = Berat maksimal 5 kg; ukuran maksimal 30 x 22 x 12 cm; biaya Rp. 2.000
  • Large = Berat maksimal 5 kg; ukuran maksimal 35 x 30 x 25 cm; biaya Rp. 3.000
  • Custom = Berat maksimal 5 kg; ukuran maksimal 50 x 50 x 50 cm; biaya Rp. 4.000

Namun untuk pengiriman luar kota, ada biaya tambahan yang dibebankan pada pengguna, ya.

Sedangkan untuk pengiriman dalam kota, Anda hanya terkena biaya tambahan Flat Rp. 1.000. Jadi bisa disimpulkan bahwa paxel bisa kirim ke luar kota, ya.

Hal yang perlu diperhatikan untuk pengiriman frozen food adalah bahwa makanan tersebut harus tahan selama 4 jam di luar suhu ruangan.

Karena ada kemungkinan ketika Hero (kurir) Paxel mengantar, bisa memakan waktu beberapa jam.

4. Layanan Pengiriman Nextday

Untuk pengiriman barang Paxel dengan estimasi waktu lebih dari satu hari, layanan ini memiliki branding nama Nextday.

Untuk memilih jenis layanan pengiriman ini, Anda dapat menemukannya di aplikasi Paxel, ya.

Sementaa itu, untuk jangkauan pengiriman layanan Paxel Nextday masih belum ada informasi lebih lanjut. Jika Anda tau, bisa beri informasinya di kolom komentar, ya (thanks).

5. Layanan Pengiriman Reguler

Sementara itu, layanan Paxel lainnya yang dapat Anda pilih adalah layanan pengiriman Reguler.

Layanan reguler memiliki estimasi waktu tiba di lokasi tujuan mulai 2 hingga 3 hari. Namun melalui aplikasi, Anda dapat menentukan estimasi jemput dan pengiriman sesuai kebutuhan.

Sama seperti layanan Paxel Nextday, untuk area jangkauan pengiriman Reguler masih belum tertera informasi pada official website Paxel.

6. Layanan Pengiriman Instant

Jika Anda ingin memilih layanan yang paling cepat, Anda bisa memilih pengiriman Paxel Instant. Karena pengiriman ini hanya memerlukan estimasi waktu sekitar 2 jam saja.

Untuk memberi layanan ini, Paxel bekerja sama dengan Gosend dengan maksimal jarak pengiriman adalah 40 km dari titik pengirim ke penerima.

Sementara berat paket maksimal yang diperbolehkan menggunakan pengiriman Paxel Instant adalah 20 kg. Itulah layanan yang mungkin Anda pertanyakan apa paxel instant.

Namun secara keseluruhan, layanan pengiriman Paxel hanya meliputi area di Indonesia saja. Untuk pengiriman luar negeri, Anda bisa kirim paket via Fedex.

Call Center Paxel dan Sosial Media

Jika Anda menemui kendala atau membutuhkan bantuan dalam mengunakan layanan pengiriman logistik Paxel, Anda dapat menghubungicall center Paxel, pada kontak berikut:

Untuk sosial media Paxel, dapat Anda temui pada portal berikut ini:

Penutup

Demikian uraian kami tentang cara cek resi Paxel untuk jenis layanan Sameday, Instant dan lainnya. Semua cara pelacakan memiliki metode yang sama.

Sebagai salah satu Startup Logistik yang naik daun, sejak berdiri di tahun 2017, Paxel yang merupakan perusahaan milik Djohari Zein ini unggul dalam pengiriman cepat, harga murah.

Jika ada saran, kritik konstruktif atau masukan apapun, bisa Anda sampaikan ke email kami di contact@tonjoo.com.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Paling Mudah [+Lengkap]

25 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada saat membeli barang di Shopee dan sudah melakukan checkout atau bahkan terlanjur membayar namun Anda merasa ada yang salah sehingga ingin cancel pesanan tersebut. Untuk itu, Anda perlu tahu …

Gaji Kurir Lazada Rider & Mobil: Tunjangan, Sistem Kerja & Pendaftaran

31 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Bekerja di salah satu ecommerce terbesar di Asia Tenggara, berapa sih sebetulnya gaji kurir Lazada LEL Express? Apakah gajinya setara dengan gaji kurir Shopee Express atau malah lebih besar?Sebagai marketplace …

Info Batas FUP Indihome 2022 Dan Cara Cek FUP Terbaru [+Lengkap]

26 Mei 2022 BY Mufti Syawaludin

FUP Indihome merupakan solusi untuk mengatasi masalah koneksi internet tidak stabil yang kerap muncul. Tujuannya adalah agar seluruh pengguna Indihome dapat mengakses internet dengan lancar tanpa kendala.Sayangnya, banyak pengguna belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *