Paket SiCepat Tidak Bergerak? Cek Penyebab dan Solusinya!

Posted on 25 Jul 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Menurut paparan Mordor Intelligence, orang belanja online di Indonesia meningkat pesat saat pandemi, dari 75 juta saat sebelum covid-19 mencapai 85 juta selama pandemi.

Sebagai salah satu pemeran logistik untuk pengiriman paket belanjaan online tersebut, meningkatnya demand pengiriman barang berpengaruh pada paket SiCepat tidak bergerak.

Jika Anda belanja di Tokopedia, Bukalapak atau e-commerce semisal menggunakan SiCepat dan mengalami kendala paket diam saja, baca penyebab dan solusinya berikut.

Paket SiCepat Tidak Bergerak! Apa Penyebab dan Solusinya?

Jika Anda mengalami fenomena di mana paket SiCepat Anda tidak segera datang, Anda tidak perlu terburu-buru mendatangi kantor SiCepat terdekat, ya.

Berikut penjelasan lengkap penyebab kenapa paket SiCepat tidak bergerak, dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Paket Tidak Bergerak karena Pengiriman Overload

Kendala pertama yang sering menyebabkan paket SiCepat tidak bergerak adalah karena kuantitas pengiriman barang di SiCepat mengalami overload.

ADVERTISEMENT

Overload merupakan meningkatnya jumlah pengiriman barang di SiCepat yang terjadi secara signifikan.

Lalu bagaimana jika paket SiCepat tidak bergerak karena mengalami overload? Bagaimana cara mengatasinya?

Solusinya:

Jika penyebab tidak bergeraknya paket SiCepat Anda dikarenakan overload, Anda tidak perlu khawatir.

Anda hanya perlu menunggu sekitar 2 hari sejak masa estimasi waktu paket datang. Misal berdasarkan estimasi, kedatangan paket di hari senin.

Maka Anda bisa menunggu hingga 2 hari sesudahnya, yakni hingga hari Rabu. Jika paket datang, Anda akan mendapat notifikasi, kok.

2. Ada Keterlambatan Update Resi SiCepat

ADVERTISEMENT

Penyebab lainnya yang membuat paket SiCepat Anda tidak segera bergerak adalah karena adanya keterlambatan dalam update resi.

Karena bagian yang meng-update resi atau keberadaan paket bukanlah kurir, maka ada kemungkinan kurir memang sedang di jalan.

Sehingga admin yang biasa meng-update keberadaan paket belum dapat melakukannya.

Solusinya:

Jika kemungkinan penyebab paket SiCepat tidak bergerak adalah karena keterlambatan update resi, Anda tunggu saja hingga keesokan hari.

Namun jika memang belum ada pembaruan informasi ketika Anda cek resi SiCepat, Anda dapat melakukan konfirmasi ke CS SiCepat pada portal kontak-nya.

Anda dapat menemukan cara kontak SiCepat pada section Customer Service SiCepat di bawah.

3. Jenis Layanan Pengiriman Paket SiCepat

Jika Anda menggunakan layanan SiCepat dengan ongkos kirim yang murah, misal untuk layanan SiCepat HALU, maka biasanya membutuhkan waktu pengiriman yang cukup lama.

ADVERTISEMENT

Solusinya:

Jika Anda segera memerlukan barang yang Anda beli di toko online, sebaiknya Anda memilih layanan SiCepat dengan harga yang sedikit premium.

Contoh layanan SiCepat yang sedikit lebih mahal namun pengirimannya cepat adalah SiCepat BEST (Besok Sampai Tujuan).

4. Lokasi Tujuan Sulit Terjangkau

Penyebab lain yang membuat paket Anda yang Anda beli di Shopee, Bukalapak atau Tokopedia hanya diam saja adalah karena tujuan paket tersebut sulit dijangkau.

Destinasi yang berada di pedalaman, misalnya seperti Kecamatan Batulicin, Kalimantan Selatan, tentu ini berdampak pada lamanya paket Anda sampai tujuan.

Solusinya:

Untuk permasalahan daerah tujuan yang sulit dijangkau, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menunggu paket tersebut datang.

Alternatif lainya adalah Anda dapat mengirimkan paket tersebut ke daerah tetangga yang kemungkinan memiliki medan yang mudah dijangkau.

Sehingga paket tersebut bisa Anda ambil ketika datang.

5. Adanya Kendala Operasional SiCepat

Kendala operasional bisa menjadi salah satu faktor penyebab pengiriman paket menggunakan SiCepat terhambat.

Contoh kendala operasional yang berdampak pada ekspedisi pengiriman paket adalah adanya pandemi, bencana alam atau kejadian di luar kontrol yang membuat lumpuh.

Sehingga ketika Anda cek resi SiCepat, Anda mendapati bahwa paket Anda seperti diam saja.

Solusinya:

Jika ada indikasi bahwa terjadi kendala operasional, Anda bisa memastikan terlebih dahulu, apakah area yang dilalui pengiriman paket Anda terjadi kendala.

Anda dapat mengeceknya melalui berita yang beredar. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konfirmasi kepada CS SiCepat pada kontak yang ada.

Kami sudah menyediakan daftar layanan pelanggan atau customer service pada section di bawah, pada bagian customer service.

Sementara itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan tentang durasi masing-masing layanan pengiriman SiCepat di bawah ini.

Durasi Pengiriman Berdasarkan Jenis Layanan SiCepat

Jika Anda membaca review SiCepat, banyak yang beranggapan bahwa pelayanan SiCepat sangat bagus. Namun juga ada yang berpikir pengiriman SiCepat lambat, benarkah?

Setiap pengguna jasa SiCepat wajib memahami bahwa setiap layanan pengirimannya ada Estimated Time of Arrival (ETA) estimasi waktu kedatangan.

Merujuk laman resmi SiCepat, berikut adalah layanan pengiriman ekspedisi SiCepat beserta estimasi waktu kedatangan paketnya.

1. SiCepat HALU

Layanan SiCepat pertama adalah HALU (Harga Mulai Lima Ribu. HALU tersedia di platform e-commerce Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Seperti namanya, layanan HALU memiliki patokan tarif mulai Rp. 5 ribu saja. Cukup murah untuk sebuah pengiriman paket.

Sementara itu, terkait estimasi waktu sampai pengirimannya menyesuaikan platform e-commerce masing-masing.

Karena murah, kadang ada berbagai kendala pada sistem pengiriman HALU. Sehingga banyak yang mencari tahu bagaimana cara komplain ke SiCepat halu.

Untuk menghubungi SiCepat, Anda dapat menemukan kontaknya di bawah berjudul Customer Service.

2. SiCepat SIUNTUNG

Bagi Anda yang ketika checkout belanjaan di Tokopedia menggunakan layanan pengiriman SiCepat SIUNTUNG, estimasi sampai paket mulai dari 15 jam hingga sesuai denganETA.

Untuk perkiraan waktu 15 jam tersebut khusus wilayah Jabodetabek dan Bandung. Sementara wilayah lain bisa lebih dari itu.

3. SiCepat BEST

Namun jika Anda ingin menyingkat waktu pengiriman, Anda bisa mencoba layanan Besok Sampai Tujuan (BEST) dengan harga yang lebih mahal daripada SIUNTUNG dan HALU.

Untuk layanan ini, estimasi waktu sampai tujuan adalah 1 hari. Namun khusus di kota besar di Indonesia saja, ya.

4. SiCepat SAMEDAY DELIVERY

Opsi pengiriman yang lebih singkat dari BEST adalah jenis pengiriman SiCepat Sameday delivery.

Pengiriman ini memiliki estimasi barang sampai di hari yang sama. Dengan waktu 8 maksimal 8 jam untuk pengiriman dalam kota.

Sementara itu wilayahnya adalah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya-Sidoarjo, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung, Batam, Makassar, dan Kota lainnya.

Namun ada salah satu ketentuan penting yang harus Anda perhatikan, yakni batas waktu pickup harus sebelum pukul 12.59 dan wajib ada label pengirimannya.

5. SiCepat GOKIL

Cargo Kilat (GOKIL) merupakan layanan SiCepat Ekspres dengan pengiriman barang minimum 10 kg dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk estimasi waktu sampainya menyesuaikan ketentuan Platform e-commerce yang Anda gunakan. Sementara, destinasi tujuannya adalah seluruh kota besar di Indonesia.

6. SiCepat H3LO

Layanan H3LO adalah layanan kirim barang 3,3 kg namun Anda hanya dikenakan harga bayar 2 kg.

Namun paket pengiriman ini hanya berlaku di social commerce dan drop paket di gerai.

Untuk estimasi kedatangan paket adalah 1 – 3 hari. Sementara, destinasi tujuannya adalah seluruh pulau Jawa dan Bali.

7. SICepat COD

Untuk pengiriman Cash on Delivery sebenarnya sama dengan berapa lama pengiriman Si Cepat reguler seperti HALU atau SIUNTUNG.

Jadi untuk melihat estimasi pengirimannya, Anda dapat mengecek di platform e-commerce yang Anda gunakan, ya. Misalnya Tokopedia atau Bukalapak.

8. SiCepat GO

Bagi Anda yang hendak mengirim paket ke luar negeri, Anda bisa menggunakan layanan SiCepat GO. Untuk estimasi waktunya sendiri belum diketahui.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir masalah packing dengan layanan SiCepat. Karena SiCepat ada jasa packingnya. Salah satu unggulannya adalah packing kayu SiCepat.

Cara Mengetahui Paket SiCepat Sudah Sampai Dimana

Jika Anda sudah memastikan bahwa pengiriman paket SiCepat Anda melampaui batas waktu yang telah ditentukan, Anda perlu cek resi sicepat lagi.

Untuk melacak paket sicepat, Anda dapat melakukan cara berikut:

  1. Kunjungi laman https://www.sicepat.com/checkAwb;
  2. Masukkan “nomor resi” pada kolom yang tersedia;
  3. Klik “Lacak”;
  4. Selesai.

Jika Anda sudah memahami cara mengetahui paket SiCepat ada dimana, namun hasil pemeriksaan Anda menunjukkan paket masih berhenti tidak bergerak, Anda hubungi CS.

Untuk menghubungi CS, berikut kami berikan daftar kontaknya.

Customer Service: Call Center dan Sosial Media SiCepat

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara menghubungi kurir SiCepat, Langsung saja menuju call center SiCepat, atau mencatat dan menghubungi kontak SiCepat di bawah ini:

1. Call Center SiCepat

2. Media Sosial SiCepat

Dari saja Anda sudah mengetahui ke mana komplain SiCepatbaik via WhatsApp, Telepon, Line hingga e-mail

Penutup

Demikian penjelasan tentang mengapa paket SiCepat tidak bergerak dan bagaimana cara mengatasinya.

Semoga penjelasan kami dapat menjawab pertanyaan dan membantu kesulitan yang Anda hadapi.

Jika ada saran, kritik konstruktif atau masukan apapun, bisa Anda sampaikan ke email kami di contact@tonjoo.com.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
...

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

Apa Itu Leads (Prospek)? – Arti dan Pentingnya Leads

10 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Apa Arti Leads (Prospek) – Layaknya kebanyakan industri atau sektor pekerjaan yang ada, sektor penjualan bisnis (business sales) mempunyai banyak kata unik yang digunakan dalam kalangannya sendiri. Seperti yang banyak kita …

Cara Mencari Kantor Sicepat Terdekat Super Praktis

17 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Sedang mencari kantor SiCepat terdekat dari lokasi saya? Pelanggan setia SiCepat tidak perlu binngung jika ingin menemukan lokasi kantor terdekat. Caranya cukup mudah dan praktis. Anda hanya butuh smartphone dan …

Cara COD SiCepat tanpa Marketplace Bisa via 7 Platform Ini!

18 Agu 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Cash on Delivery (COD) adalah metode pembayaran belanja barang yang banyak digandrungi pembeli online. Hal ini ditengarai karena kadang pembeli lebih suka bayar ketika barangnya sudah ada di tangan mereka.Sementara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *