ADVERTISEMENT

20+ Ide Jualan Minuman Bulan Puasa Kekinian & Tradisional Laris Manis

Posted on 5 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Bulan puasa jualan apa ya? Buat kamu yang mau bisnis kecil-kecilan di bulan puasa yang modalnya kecil tapi dijamin untung, yuk simak daftar ide jualan minuman bulan puasa yang kami rangkum berikut.

Saat memasuki bulan puasa, jualan takjil bisa jadi pilihan terbaik untuk menambah penghasilan. Selain tidak begitu ribet, jualan takjil hanya memerlukan modal kecil. Dan juga, ada banyak tempat jualan yang bisa kamu gunakan, seperti stand pasar Ramadhan atau pinggir jalan.

Setelah menyimak ide jualan takjil bulan puasa 2022, selanjutnya yuk ketahui apa saja ide jualan minuman bulan puasa 2022 yang bisa jadi cuan. Penasaran kan? Langsung saja kita bahas.

ADVERTISEMENT

15 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa Modal Kecil

Butuh ide jualan bulan puasa modal kecil untuk menambah cuan saat hari raya nanti? Selain ide jualan makanan bulan bulan puasa 2022, jualan minuman juga bisa alternatif terbaik.

Selain mudah, jualan minuman di bulan puasa juga dijamin laris. Apalagi jika menjual minuman segar, sehat dan murah saat sore hari ketika warga sedang ngabuburit.

Berikut beberapa rekomendasi minuman pereda dahaga puasa untuk ide jualan, dari minuman tradisional hingga kekinian.

1. Aneka Es Buah

es buah

Siapa yang menolak segarnya es sirup dicampur susu dengan isian buah-buah segar seperti semangka, melon, cincau dan selasih?

Terlebih saat bulan puasa dengan cuaca panas dan gerah. Es buah bakal jadi pilihan terbaik untuk meredakan dahaga saat berbuka puasa.

ADVERTISEMENT

Selain dijamin laris manis, bahan-bahan pembuatan es buah mudah didapat. Jualan es buah juga tidak butuh modal banyak. Kamu hanya perlu modal beli es, susu, sirup, buah-buahan dan kemasannya.

Untuk menambah untung, kamu juga bisa sembari jualan sop buah dengan komposisi isian yang agak sedikit berbeda. Misal, dengan menambahkan jenis buah dan toping.

2. Es Kelapa Muda

Dari ujung Sabang sampai Merauke, es kelapa muda menjadi salah satu minuman legend yang sangat mudah ditemukan. Apalagi saat sedang bulan puasa.

Sebab, selain menyegarkan, es kelapa muda atau degan juga murah, menyehatkan pula. Tidak heran, minuman ini menjadi ide jualan takjil sore hari yang dijamin menguntungkan.

Agar lebih menarik pembeli, kamu bisa mengkombinasikan kelapa muda dengan rasa, varian dan toping beragam. Misal, dengan menambahkan jeruk, madu, atau alpukat.

ADVERTISEMENT

3. Es Kelapa Kopyor

Kalau es kelapa muda sudah banyak penjualnya, kamu bisa menjual menu serupa yang agak sedikit berbeda, yaitu es kelapa kopyor.

Meskipun agak mahal, es jenis ini termasuk banyak peminatnya lho. Rasanya yang unik, menyegarkan dan yang pastinya sehat akan menjadi daya tarik sendiri.

Hanya saja, kamu butuh lebih banyak usaha untuk mencari supplier kelapa kopyor dan tentu saja modal yang agak sedikit lebih besar. Tapi, jika kamu berhasil menerapkan trik jualan, dijamin bisa untung besar dengan jualan minuman ini.

4. Aneka Jus Buah

Ide jualan minuman untuk takjil Ramadhan berikutnya adalah aneka jus buah. Tak dipungkiri, jus buah masih punya banyak peminat. Minuman ini selalu jadi pilihan terbaik untuk berbuka puasa karena rasanya segar dan sehat.

Kamu bisa memberikan banyak pilihan jus buah bagi pembeli. Beberapa buah yang kerap dijadikan jus diantaranya alpukat, strawberi, melon, mangga, jambu, dan buah naga.

ADVERTISEMENT

Cara berjualan minuman ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan blender, buah-buahan, air, gula, es batu dan susu. Jika ingin lebih simpel, kamu bisa langsung mengemasnya dalam cup-cup yang siap beli. Praktis kan?

5. Es Jeruk Peras

Kalau jualan jus membutuhkan beberapa macam buah, kamu bisa mencoba alternatif minuman yang lebih simpel. Yaitu es jeruk peras. Kesegaran minuman ini selalu memiliki daya tarik tersendiri. Dijamin, jualanmu akan selalu laris manis.

Ada banyak pilihan buah jeruk yang dapat kamu jadikan bahan minuman ini. Misalnya, dengan menjual es jeruk peras biasa atau jeruk baby yang rasanya lebih segar.

Jika punya modal lebih bisa gunakan alat khusus pemeras jeruk yang dapat disewa di beberapa tempat khusus. Dengan begitu, jualanmu akan lebih menarik perhatian pembeli.

6. Es Semangka Viral

es semangka

Selain es jeruk peras, jenis minuman kekinian yang satu ini juga bisa jadi ide kreatif bulan Ramadhan lho. Es yang sedang viral ini terbilang jenis baru yang diadopsi dari India. Bisa dipastikan akan ada banyak yang membeli karena penasaran.

Selain itu, memang rasa es ini juga sangat enak dan menyegarkan. Bahan pembuatan es semangka viral juga sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan buah semangka, sirup dan es batu.

Jika ingin lebih variatif, bisa juga dengan menambahkan susu murni dan kental manis dan juga selasih. Tampilannya semakin cantik dan rasanya pun semakin segar. Pasti laris manis deh!

7. Es Kuwut

Perpaduan melon dan daging kelapa yang menggiurkan. Apalagi ditambah sirup melon, selasih dan perasan jeruk nipis! Siapa yang akan menolak kesegaran es kuwut khas Bali ini?

Dari penampilannya saja sudah menarik, apalagi rasanya. Es kuwut menjadi salah satu menu buka puasa yang segar dan juga menyehatkan.

Jika ingin lebih irit modal, kamu bisa ganti buah melon dengan irisan mentimun. Kamu bisa jual dengan harga yang lebih ramah di kantong. Rasanya tidak banyak berubah kok, masih terasa segar dan sangat cocok untuk buka puasa.

8. Es Dawet

Selain beberapa minuman viral, minuman tradisional seperti es dawet jangan ketinggalan. Meskipun jadul, es cendol menjadi salah satu menu primadona yang melegenda.

Dan pastinya, es cendol selalu punya peminat dan tetap laris manis saat bulan puasa. Rasanya yang manis gurih khas gula jawa sangat pas dijadikan pembuka dahaga setelah puasa seharian.

Selain itu, jualan es cendol juga tidak repot. Serta, modal yang kamu butuhkan tidak besar. Jadi, tak ada salahnya kamu mencoba jualan es dawet sebagai ide jualan takjil saat sore hari.

9. Es Teh

Salah satu minuman favorit di lesehan, burjo dan hampir semua tempat makan di seantero Indonesia. Es teh menjadi pilihan simpel yang selalu cocok dijadikan minuman menjelang buka puasa.

Memang agak sedikit umum, tapi coba lihat saat ini ada banyak gerai minuman es teh yang dikemas dengan rasa, varian dan packaging yang menarik. Nah, kamu bisa coba jualan es teh dan ikut bersaing dengan yang lainnya.

Untuk menarik pembeli, kamu bisa gunakan packaging menarik atau menambahkan rasa seperti lemon tea, lychee tea, teh melati, teh hitam, dll. Kamu juga bisa mempelajari trik mencampur berbagai merk teh untuk mendapatkan rasa yang unik.

10. Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Ide jualan minuman bulan puasa yang wajib kamu pertimbangkan selanjutnya adalah es pisang ijo. Selain menyegarkan, es pisang ijo juga mengenyangkan sehingga menjadi salah satu ide takjil favorit saat buka puasa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk jualan es ini juga sangat sederhana, yaitu pisang  dan adonan tepung hijau. Jika belum bisa membuatnya, kamu bisa gunakan referensi di Google atau sosial media.

Ide jualan es pisang ijo untuk bulan puasa ini bisa jadi pilihan untuk menambah penghasilan. Sebab, selain mudah, es ini memiliki penggemar yang banyak terutama di kalangan dewasa.

11. Es Cincau

Cincau menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah absen ketika bulan Ramadhan. Khususnya di Indonesia, cincau biasanya dijadikan bahan campuran es dengan kuah gula jawa, santan ataupun susu.

Nah, kamu bisa jadikan es cincau sebagai ide jualan menjelang buka puasa. Rasanya sangat menyegarkan, lembut dan pastinya menyehatkan. Cincau sangat baik diminum saat buka puasa dan dapat membantu memelihara penceranaan.

Ada dua pilihan es cincau yang dapat dijadikan sebagai ide jualan. Yang pertama cincau hitam yang biasanya sangat mudah ditemukan di pasaran. Kedua, cincau hijau dari dedaunan yang bisa kamu olah sendiri secara mudah.

Atau kamu bisa menjual varian minuman kekinian seperti Cappucino Cincau. Bahannya tetap sama, kamu hanya perlu mengganti minuman dengan Cappucino. Selain itu, bisa juga menambah beberapa toping seperti milo, coklat atau boba.

12. Es Campur

Selain es buah, banyak pula orang yang menyukai es campur untuk menu buka puasa. Dengan rasa yang manis, segar dan aneka toping di dalamnya, es campur menjadi paket lengkap untuk meredakan haus dan lapar.

Harganya yang terjangkau juga menjadi alasan kenapa es campur selalu ramai peminat.

Nah buat kalian yang tertarik jualan es ini, kamu bisa mencampurkan buah-buahan, jelli, kolang kaling, cincau dan cendol untuk isiannya.

Sementara untuk kuahnya bisa divariasikan dengan campuran santan atau susu dengan sirup aneka rasa. Pastikan kombinasi isian es campur lengkap dan menarik agar semakin menggunggah selera.

Nah, selain es campur, kamu juga bisa menyediakan minuman alternatif lain dengan bahan yang kurang lebih sama, seperti es oyen, es teler atau es rumput laut. Kamu hanya perlu memvariasikan isian dan sirup saja agar terlihat sedikit berbeda.

13. Alpukat Kocok

es alpukat kocok

Ide jualan minuman bulan puasa berikutnya adalah alpukat kocok. Buah alpukat tinggi kalori sehingga sangat cocok untuk menu buka puasa. Selain sehat, alpukat juga sangat mengenyangkan.

Nah, es alpukat kocok ini bisa jadi ide jualan kreatif yang pastinya tidak akan sepi pembeli. Selain viral, alpukat kocok juga memiliki rasa yang nikmat sehingga banyak yang menyukainya.

Apalagi jika ditambah es batu, susu dan berbagai toping menarik lain. Es alpukat kocok tidak hanya mengenyangkan, tetapi lebih segar dan pas menjadi menu pembuka puasa.

Untuk membuatnya, siapkan es serut, alpukat, susu, dan krimer lalu kocok menjadi satu. Agar lebih menarik, tambahkan berbagai topping lezat seperti meses, oreo, milo, boba atau regal. Jangan lupa pilih alpukat yang bagus dan sudah matang agar rasanya semakin nikmat.

14. Es Sari Tebu

Buka puasa identik dengan sesuatu yang manis dan menyegarkan. Kalau alpukat kocok bisa jadi menu minuman dan makanan karena mengenyangkan. Es sari tebu biasanya menjadi pendamping menu makanan buka puasa.

Es sari tebu merupakan pilihan pas pengganti air putih saat berbuka puasa. Tak heran, es ini tak pernah sepi peminat. Rasa manisnya yang alami dan segar juga sangat baik untuk mengganti cairan tubuh.

Selain banyak peminat, jualan es sari tebu juga gampang karena penyajiannya sangat mudah. Namun, kamu harus punya alat pemeras tebu agar bisa jualan es ini. Jadi, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu jika modalmu minim.

15. Es Blewah

es blewah

Ide jualan takjil Ramadhan yang segar dan manis selanjutnya adalah es blewah. Blewah merupakan salah satu buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Saat bulan puasa,  sangat mudah sekali menemukan buah ini di pasar, toko buah bahkan warung sayur.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat es blewah sangat sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan blewah, air, es, gula / sirup atau pemanis. Meskipun sederhana, rasanya khas berupa manis dan segar, pas sekali jadi penyegar setelah seharian puasa.

Untuk itu, es blewah cocok sebagai ide jualan bulan puasa modal kecil yang menguntungkan. Apalagi, sepertinya masih jarang orang yang menjual es blewah. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih cuan lebih banyak.

Agar lebih banyak untung kamu juga bisa mengkreasikan es blewah dengan berbagai sirup aneka rasa. Atau dengan menambahkan isian pada es blewah jualanmu.

16. Thai Tea & Boba

Seiring meningkatnya inovasi di dunia kuliner, jenis minuman di Indonesia juga semakin pesat. Ada banyak jenis minuman kekinian pendatang baru yang populer di masyarakat, salah satunya thai tea dan boba.

Nah, karena sedang viral, kamu bisa menjadikan paduan thai tea dengan boba sebagai ide jualan takjil di bulan Ramadhan.

Thai tea merupakan teh susu khas Thailand yang sekarang menjadi minuman populer di Indonesia. Sedangkan boba terbuat dari tapioka dan gula aren yang biasanya dijadikan topping minuman.

Cara membuat thai tea dan boba sangat mudah. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Jika tertarik, silakan Googling resep membuat thai tea dan boba. Jika kesulitan, kamu pun bisa membeli bahan instant yang sudah jadi.

Dengan jualan minuman viral seperti thai tea dan boba, dijamin jualanmu pasti laris manis. Thai tea juga memiliki rasa yang manis dan segar. Ditambah dengan boba yang kenyal dan mengenyangkan, sangat cocok jadi menu buka puasa.

17. Es Buko Pandan

es buko pandan

Selain thai tea dan boba, minuman viral yang bisa jadi ide jualan bulan puasa adalah Buko Pandan. Buko Pandan merupakan menu kha Filipina. Isiannya berupa paduan potongan puding pandan, daging kelapa muda, nata decoco dan selasih dicampur kuah susu murni/krimer/susu evaporasi dan sirup yang manis.

Perpaduan rasa gurih, manis dan mengenyangkan adalah menu yang tepat untuk takjil saat buka puasa. Untuk menambah kesegaran, kamu bisa tambahkan es batu atau bisa dengan menyimpannya ke lemari pendingin sebelum dijual.

Selain buko pandan yang identik dengan daun pandan yang harum, kamu bisa memvariasikan rasa dengan mengganti isian puding. Misalnya, dengan menggunakan puding mangga ditambah kuah susu mangga. Atau yang biasa disebut manggo sago.

18. Es Kolang Kaling

Selain cincau dan blewah, kolang kaling juga sangat mudah ditemukan saat bulan puasa. Buah kaya manfaat ini menyehatkan pencernaan dan sangat baik untuk tenggorokan. Sehingga cocok jadi salah satu menu untuk berbuka puasa, baik untuk manisan, campuran kolak / es campur maupun dijadikan bahan utama isian es.

Nah, tak ada salahnya kamu menjadikan kolang kaling sebagai ide minuman bulan puasa. Jangan salah, buah ini banyak juga lho peminatnya. Apalagi jika kamu pandai dalam mengolahnya menjadi minuman menyegarkan.

Untuk ide jualan es kolang kaling, kamu bisa mencampurkan kolang kaling yang sudah direbus dengan sirup aneka rasa dan menambahkan selasih.

19. Es Sarang Burung

Es sarang burung terbuat dari campuran agar-agar serut, sirup, selasih, buah dan es yang dicampur susu untuk alternatifnya. Meskipun bahannya sederhana, tapi tampilan dan rasa es satu ini sangat istimewa.

Hanya dengan melihat tampilannya saja, siapapun akan tergoda dengan kesegaran es sarang burung. Apalagi jika dijual di stand pasar Ramadhan saat sore hari. Dijamin pasti banyak yang tertarik untuk membeli.

Tertarik jualan es sarang burung? Cara membuatnya sangat mudah dan tidak butuh modal besar. Untuk pengemasannya juga gampamg, kamu tinggal masukkan ke dalam cup cup ukuran sedang.

20. Es Rainbow Mojito

es mojito

Salah satu minuman yang cocok untuk menu pelepas dahaga setelah puasa sehari penuh adalah es mojito. Es mojito merupakan sejenis koktail yang berasal dari negeri Kuba. Biasanya es ini sering terdapat di kafe atau restoran.

Tapi, menjelang buka puasa bayak pula penjual pinggir jalan yang menjajakan es ini karena banyak peminatnya.

Minuman ini identik dengan rasa manis asam segar yang berasal dari campuran daun mint dan perasan jeruk nipis. Karena sangat menyegarkan, es mojito sangat pas menjadi pendamping menu buka puasa.

Agar lebih menarik pembeli, kamu bisa variasikan es mojito dengan berbagai topping buah-buahan. Misalnya, lemon, melon, strawberi, jeruk atau semangka. Dengan begitu kamu pun bisa meningkatkan harga per cup dan mendapat lebih banyak untung.

Penutup

Itulah 20 ide jualan minuman buka puasa yang kami rekomendasikan. Sebetulnya masih ada banyak sekali jenis minuman yang berpotensi cuan. Misalnya, es mocktail, es oyen, es dalgona, es susu murni, atau minuman dingin.

Nah, tinggal gimana nih kalian mau serius jualan atau tidak? Kalau memang mau jualan, kamu harus telaten dan konsisten. Bila perlu pelajari juga berbagai tips jualan dan bisnis di situs ini atau partner kami di situs Pintar Jualan untuk menambah referensi.

Oke, sekian dulu ya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share postingan ini ke kerabat atau teman yang membutuhkan. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

3 Cara Hubungi Call Center J&T Express [+ Tips Agar Ditanggapi]

19 Agu 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mengalami masalah pengiriman dan ingin menghubungi call center J&T Express, puk puk puuuk scroll laman ini sampai bawah yaa~ Kami telah merangkum layanan Customer Service J&T …

Hub Transit Shopee Express Standard Dimana? Ini Arti dan Info Lokasinya!

7 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Saat pakai ekspedisi Shopee Express, kamu pasti pernah melihat status “paket Anda telah tiba di Hub Transit“, apa sih artinya? Dan lokasi Hub transit Shopee Express Standard dimana saja? Sebagai …

Ini Cara & Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Agar Cair

6 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Cara & Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan Agar Cair – Ketika kamu resign (keluar) dari pekerjaanmu dan memutuskan untuk tidak bekerja lagi, tentu kamu ingin mencairkan uang BPJS Ketenagakerjaanmu. Tapi masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *