Info Lengkap Proses Pengiriman Paket TIKI

Posted on 13 Feb 2019 By Fadhil Guntur Ashari

Pernahkah Anda menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang? Jika pernah, Anda pasti sudah tak asing dengan nama TIKI, bahkan pernah menggunakan TIKI untuk mengantarkan paket Anda. Di Indonesia, TIKI adalah pemain lama dalam penyedia jasa pengantaran barang. Sebelum jasa ekspedisi terkatrol naik karena menjamurnya bisnis e-commerce, TIKI sudah beroperasi menyediakan layanan jasa untuk pengiriman paket ke seluruh Indonesia.

Perusahaan dengan slogan “Hanya Satu Titipan Kilat” ini pun sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia. Bagaimana TIKI memproses paket dari tangan pengirim hingga sampai di tangan penerima? Mari belajar dari perusahaan yang telah bertahan lebih dari 30 tahun ini.

 

ADVERTISEMENT

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

 

Pengirim paket menitipkan barang di agen TIKI

Tahapan awal ini tentunya tahapan yang akan dilalui oleh semua jasa ekspedisi yang ada. Ketika Anda sudah sampai ke agen TIKI terdekat, pastikan Anda menyimpan bukti pengiriman yang diberikan. Di dalam bukti pengiriman tersebut ada nomor resi yang nantinya akan dipakai untuk melacak paket Anda. Jika Anda bekerja sama sebagai mitra TIKI, TIKI pun melayani penjemputan paket ke tempat Anda. Namun, TIKI menerapkan jumlah dan berat minimal untuk mendapatkan layanan ini.

 

Paket akan dijemput menuju Town Office

Di sore hari, paket yang ada di tiap agen akan dijemput oleh agen TIKI menuju ke town office. Town office adalah istilah yang digunakan TIKI untuk menjelaskan kantor perwakilan daerah milik TIKI. Karena proses penjemputan ini berlangsung pada saat sore hari, sangat disarankan agar Anda menitipkan barang di agen sebelum sore hari.

Agen TIKI memang buka sampai malam hari, namun paket yang datang ke agen di malam hari akan dijemput oleh pihak town office keesokan harinya. Di town office ini, paket akan dimasukkan ke dalam karung besar sebelum dikirimkan ke kantor pusat Jakarta pada malam hari.

 

Paket diantar menuju kantor pusat Jakarta

Sebagai catatan, tidak semua pengiriman ke seluruh Indonesia harus melewati titik transit di kantor pusat Jakarta. Hanya paket yang berasal dari Jabodetabek dan beberapa kota di Jawa Barat saja yang melewati titik transit ini.

Di kantor pusat ini, paket yang telah diturunkan kemudian diberikan barcode. Barcode ini akan digunakan untuk mengecek jumlah paket yang dikirimkan dari town office ke kantor pusat. Selain barcode, TIKI akan memindai QR code yang ada di paket. Hasil pemindaian dari QR code ini akan otomatis terunggah ke sistem secara online dan pelanggan bisa melacak keberadaan paket melalui nomor resi.

Proses yang berlangsung belum berhenti sampai disini. TIKI kemudian mengelompokkan barang menjadi dua kategori. Dua kategori tersebut adalah Luar Terpal (LT) dan Masuk Terpal (MT).  Kategori Masuk Terpal (MT) ditujukan untuk barang – barang berukuran kecil. Sedangkan kategori Luar Terpal (LT) ditujukan untuk barang berukuran besar seperti kendaraan dan furniture. Setelah proses pengkategorian ini, barang kembali disortir berdasarkan tempat tujuan sehingga TIKI pun bisa menentukan paket akan dikirim lewat jalur udara atau jalur darat.

 

Paket diterima di agen TIKI alamat tujuan dan dikirim ke alamat penerima

Setelah melewati proses di kantor pusat, paket akan langsung diantarkan menuju ke agen TIKI ke alamat tujuan. Proses ini tentunya membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Pengiriman untuk paket di luar pulau tentu memakan waktu lebih lama dibanding pengiriman dalam pulau. Sesampainya di agen, paket akan diserahkan ke kurir untuk diantarkan ke alamat penerima.

Mau proses pengiriman berjalan lebih cepat? Pastikan Anda menitipkan barang ke TIKI sebelum tengah hari. Dengan begitu, paket Anda tidak perlu menunggu penjemputan ke town office keesokan harinya. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Info Lengkap Proses Pengiriman Paket J&T Express

Gambar: nsmhd.blogspot.com

`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce WordPress

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Berbicara mengenai cara membuat toko online WooCommerce WordPress untuk pemula, erat hubungannya dengan plugin yang akan digunakan dan juga theme yang digunakan. Dalam hal ini menggunakan CMS WordPress. Ya, tentu …

Mengenal Tonjoo, Pengembang Plugin Ongkos Kirim, Simak!

11 May 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Jika sebelumnya kamu pernah membeli dan menggunakan plugin ongkos kirim dari Tonjoo, kamu mungkin bertanya – tanya “Siapa sih Tonjoo sebenarnya?”, “Apa sih yang menjamin plugin ongkos kirim yang dikembangkan …

Daftar Kantor JNE di Malang yang Paling Sering Dicari

1 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor JNE di Malang – JNE merupakan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang, paket, dan dokumen ke seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai jasa ekspedisi yang telah meraih penghargaan ‘1st …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *