ADVERTISEMENT

JNE atau J&T, Mana yang Paling Bagus Menurut Kamu?

Posted on 19 Jul 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Dengan bertumbuhnya bisnis online, jasa ekspedisi juga ikut kecipratan untungnya. Jika beberapa tahun lalu jasa ekspedisi hanya melayani pengiriman barang untuk urusan personal atau perusahaan retail besar saja, kini pelanggan mereka kebanyakan datang dari pemilik toko online baik yang memiliki website sendiri atau berjualan via marketplace. Karena banyaknya jasa ekspedisi yang ada, kami pun sudah bisa merangkum 9 jasa pengiriman barang untuk mendukung bisnis online Anda.

Dari banyaknya pilihan tersebut, nama JNE dan J&T Express tentu tidak asing bagi Anda. JNE adalah pemain lama dalam bisnis pengiriman barang. Sedangkan, J&T Express bisa dibilang seperti pemain baru yang menyediakan solusi dan terobosan terkini dalam penyedia layanan pengiriman barang.

Jadi, JNE atau J&T yang paling bagus menurut kamu? Berikut ini poin – poin perbandingan yang kami buat untuk membantu Anda menentukan siapa jasa ekspedisi terbaik untuk mitra bisnis Anda.

ADVERTISEMENT

 

Waktu operasional

Dari segi waktu operasional JNE dan J&T Express memiliki perbedaan yang cukup kentara. Kebanyakan outlet JNE akan melayani pengiriman barang setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 20.00. Namun, barang yang datang setelah pukul 13.00 biasanya akan disertakan di pengiriman hari berikutnya. Jika Anda beruntung, beberapa kantor cabang JNE di kota – kota besar bahkan membuka layanan selama 24 jam.

Sayangnya, outlet – outlet kecil JNE yang tersebar hingga cakupan kecamatan bersifat franchise. Karena itu, pengelolaannya diserahkan kepada masing – masing personal. Bukan tidak mungkin jika tiba – tiba agen tutup meski masih ada di jam operasionalnya.

Berbeda dengan JNE, drop point J&T Express siap melayani Anda setiap hari bahkan ketika hari minggu maupun hari libur nasional. Bahkan, di hari raya keagamaan besar seperti lebaran pun, J&T Express masih melayani konsumennya. Karena drop point J&T Express dikelola dari pusat, jam operasionalnya pun seragam di cabang manapun.

 

Jumlah cabang dan keterjangkauan

Dilihat dari banyaknya jumlah cabang, JNE mengungguli jauh di atas J&T Express. Apalagi dengan sistem bisnis franchise, siapapun bisa jadi agen JNE meski berada jauh di pelosok sekalipun. Pengalaman JNE di bidang ekspedisi yang jauh lebih lama dibanding J&T Express juga membuat JNE bisa melebarkan sayapnya hingga ke setiap ujung – ujung Indonesia. Karena itu, layanan JNE juga menjangkau ke lebih banyak daerah dan kecamatan daripada J&T Express.

Meskipun tertinggal sedikit di belakang, J&T Express bukan tidak mungkin menyalip JNE nantinya. Perlahan – lahan J&T Express juga akan berkembang dan memastikan layanan yang mereka berikan menjangkau daerah – daerah yang jauh dari perkotaan.
Baca juga: Daftar Lengkap Kantor JNE di Jogja Mulai Dari Kantor Pusat Hingga Agennya

 

Pilihan layanan

Kita perlu memberikan apresiasi lebih kepada JNE karena layanan yang diberikan untuk pelanggannya sangatlah beragam. Mulai dari layanan pengiriman reguler, ekspress (YES) hingga layanan JESIKA (Jemput Asi Seketika) untuk membantu ibu – ibu menyusui yang juga masih harus bekerja. Sedangkan, J&T hingga saat ini hanya berfokus untuk menyediakan satu pilihan layanan pengiriman saja.

 

Aplikasi untuk smartphone

Di jaman sekarang ini, website tidaklah cukup untuk memudahkan pelanggan. Aplikasi smartphone pun diluncurkan oleh kedua jasa ekspedisi ini untuk memudahkan pelayanan pelanggannya. Sayangnya, aplikasi smartphone JNE yang diberi nama myJNE hanya tersedia di platform android saja. Sedangkan aplikasi smartphone untuk J&T Express bisa berjalan di kedua platform sekaligus baik itu android maupun iOs.

 

Layanan jemput paket

Dari sisi layanan jemput paket inilah letak terobosan ide J&T Express di bidang ekspedisi. Selain melalui website dan call center, J&T menyediakan jasa jemput paket di tempat lewat aplikasi saja. Menariknya, J&T tidak menetapkan tarif atau berat minimal untuk layanan jemput barang ini. Apapun paketnya, sprinter J&T siap menjemputnya ke tempat Anda.

Lalu apakah JNE tidak memiliki layanan jemput paket? Ada dong. Layanan jemput paket JNE diberi nama JNE PIPO (Pick Up Point). Berbeda dengan layanan jemput dari J&T Express, di layanan JNE ini, si penerima yang akan menjemput barang kiriman ke agen yang telah ditentukan. Layanan ini ditujukan untuk mereka yang bermobilitas tinggi dan tidak selalu berada di satu tempat untuk menerima paket secara langsung.

Dari perbandingan di atas, manakah JNE atau J&T yang paling bagus? Tentu jawabannya tergantung kebutuhan masing – masing individu. Yang jelas, kedua jasa pengiriman barang tersebut sudah terbukti profesional dan terus menerus menawarkan berbagai inovasi untuk kepuasan pelanggannya. Sudah menentukan pilihan?

 

Recommended! Dapatkan Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Bandung 2020 (All Kurir)

8 Mar 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

Berikut ini adalah tarif ongkos kirim JNE, J&T, Wahana, Lion Parcel, TIKI, POS, dan kurir lainnya dari Jakarta ke Bandung. Tarif di bawah sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan ekspedisi masing-masing. …

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress – Jika Anda memiliki toko online, maka salah satu fitur terpenting yang harus website Anda miliki adalah fitur penghitungan ongkos kirim. Jika Anda …

5 Plugin WordPress WhatsApp Chat Terbaik

5 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

5 Plugin WordPress WhatsApp Chat Terbaik – Pasang plugin WhatsApp di WordPress? Emangnya bisa?? Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya dan ada yang baru tahu bahwa website dengan platform WordPress dapat …

1 Comments

  1. as always j&t terbaik, mulai dari resi, tracking barang, keberadaan barang, serta kejelasan barang selalu jelas, cepat, dan tepat. berbeda dengan kompetitor sebelah yang selalu ada masalah dalam beberapa poin yang saya jelaskan.
    dear j&t pertahankan dan maksimalkan lagi kualitas kalian, terimakasih 🙂

Comments are closed.