ADVERTISEMENT

Midtrans vs Doku, Mana Payment Gateway yang Terbaik?

Posted on 3 Apr 2019 By Nisa Husnainna

Setelah sebelumnya kita membahas tentang 5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua payment gateway yang paling populer di Indonesia, yaitu Midtrans dan Doku. Menurutmu, mana yang lebih baik di antara keduanya?

 

1. Midtrans

Midtrans berdiri pada tahun 2012 sebagai joint venture dari payment gateway Jepang bernama Veritrans Inc. Sama seperti kebanyakan payment gateway lainnya, Midtrans menawarkan beberapa pilihan pembayaran seperti kartu kredit, debit, dan transfer bank. Transaksi debit dilakukan atas kerjasama dengan bank-bank di Indonesia seperti Bank Mandiri, CIMB, BRI, dan BCA. Untuk layanan e-wallet, Midtrans juga telah bekerja sama dengan layanan e-money lain seperti Mandiri e-cash, T-cash, XL Tunai, serta Dompetku.

Mitra-mitra Midtrans memungkinkan pembayaran melalui konter langsung atau Indomart dan Kioson. Terdapat 18 metode pembayaran yang disediakan oleh Midtrans, yang semuanya terintegrasi dalam laman bernama Snap.

ADVERTISEMENT

Dari sisi pemilik usaha online, Midtrans mempunyai kelebihan berupa keamanan data perusahaan yang terjamin aman. Apabila terdapat transaksi yang tampak mencurigakan atau beresiko penipuan, maka transaksi tersebut akan ditahan oleh Midtrans dan mitra kerja akan langsung dihubungi melalui telepon.

Kekurangan Midtrans yaitu adanya charge sebesar 4 % plus Rp 2.200 untuk merchant yang sudah termasuk biaya pajak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena charge ini hanya berlaku untuk transaksi yang menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Cara Menambahkan Fitur Konfirmasi Pembayaran Pada WooCommerce

 

2. Doku

Doku juga merupakan payment gateway yang paling banyak digunakan dan paling populer di masyarakat Indonesia. Sebelumnya Doku dikenal dengan nama NSIAPay dan merupakan industri pembayaran online pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007.

Doku menjadi pionir untuk penyedia jasa solusi pembayaran online yang ada di Indonesia. Doku adalah perusahaan independen pertama yang bergerak dalam bidang ini dan menitikberatkan pada inovasi yang disesuaikan dengan berbagai tuntutan bisnis atau gaya hidup masyarakat di zaman modern seperti sekarang.

ADVERTISEMENT

Dengan menggunakan layanan payment Doku, Anda bisa melakukan transaksi online meskipun tidak memiliki kartu kredit. Anda juga bisa lebih mudah melakukan pembayaran listrik, air, telepon, dan cicilan lainnya.

Doku menyediakan produk seperti Payment Link, E-Invoice, Web, dan Applications. Pemilik usaha bisa menerima pembayaran melalui surel dengan E-invoice, media sosial, aplikasi pesan singkat, ataupun forum yang disediakan Payment Link. Pembayaran pada platform Doku bisa dilakukan melalui web ataupun aplikasi iOS dan Android.

Metode pembayaran yang dilayani Doku bermacam-macam, dari kartu kredit, debit, internet banking, transfer bank, dan e-wallet bernama Doku Wallet yang telah mendapatkan sertifikasi untuk menjalankan e-money. Sejak November 2013, pengguna Doku Wallet bisa mengirimkan uang lewat satu akun Facebook ke akun Facebook lainnya dengan minimum jumlah Rp 1,- hingga Rp 1.000.000,-

Selain pembayaran online, Doku juga mendukung pembayaran offline dari beberapa minimarket yang tergabung dalam Alfagroup seperti Alfamart, Alfamidi, dan Alfa Express. Layanan e-money dari Doku baru-baru ini diakuisisi oleh konglomerat media Indonesia Emtek.

 

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing payment gateway yang telah dijabarkan di atas, apakah Anda sudah memutuskan akan menggunakan yang mana? Midtrans memiliki hingga 18 metode pembayaran sedangkan Doku memiliki kerjasama dengan ribuan merchant. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan Doku karena telah berdiri selama hampir 12 tahun sehingga tentu sudah mempunyai lebih banyak pengalaman di bidangnya.

ADVERTISEMENT

 

Bagi pemilik toko online yang lebih memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank daripada payment gateway, silakan menginstal Plugin Konfirmasi Pembayaran pada laman berikut: https://tonjoostudio.com/product/plugin-konfirmasi-pembayaran/

 

Sumber Referensi:

  • 2 April 2019. 3 Daftar Pembayaran Online Terbaik di Indonesia – xendit.co
  • 2 April 2019. Mengenal Berbagai Macam Gateway Payment – koinworks.com
  • 2 April 2019. Pilih Mana: Doku atau Midtrans – selera.id

Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

Tips Mudah Jualan Laris di Facebook

6 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Mudah Jualan Laris di Facebook – Tidak hanya untuk bersosial media, Facebook yang hingga kini masih menjadi media sosial nomor 1 paling banyak digunakan di Indonesia juga dapat kita …

Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris

10 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Tidak cukup hanya membangun website untuk toko online, jika ingin jualan online Anda ramai pembelinya. Solusinya dengan cara optimasi SEO untuk toko online Anda agar masuk halaman pertama Google dan …

Platform CMS Terbaik Untuk Buat Web Toko Online [+Tips Memilih]

12 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi platform CMS terbaik untuk buat web toko online? Pas sekali membuka artikel ini. Karena kita akan membahas apa saja platform toko online terbaik. Tapi sebelum …

2 Comments

    1. Hi kak Ahzelan. Wah, boleh nih kak. Terima kasih sarannya, ya! Ikuti terus blog kami untuk informasi menarik lainnya seputar e-commerce dan ekspedisi 🙂 -R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *