Intip Kisah Sukses Pendiri Shopee, Si Milyarder di Usia Muda

Posted on 25 Nov 2021 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Menjadi salah satu orang terkaya dunia, kisah sukses pendiri Shopee tentu menarik banyak orang. Siapapun ingin belajar dari pengalaman hidup serta kegigihan pemilik marketplace terbesar se-Asia Tenggara ini.

Apakah Anda penasaran siapa sosok penting dibalik suksesnya bisnis Shopee? Dan, seperti apa lika liku hidup yang dijalani sehingga bisa sesukses sekarang? Jangan kemana-mana, simak informasi selengkapnya mengenai pendiri Shopee online di sini.

Namun sebelumnya, mari disimak postingan kami berikut,

Nomor Whatsapp (WA) Shopee Express Seluruh Indonesia

Profil & Biografi Pendiri Shopee

Terlepas dari besarnya nama Shopee di Asia, pasti banyak yang penasaran siapa pendiri sekaligus pemilik bisnis ini. Siapakah pendiri Shopee di Indonesia? Dia orang asli mana, masih mudakah? Berapa kekayaannya? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Pendiri Shopee adalah pria paruh baya kewarganegaraan Singapura bernama asli Li Xiaodong. Namun lebih familiar dan terkenal dengan panggilan Forrest Li. Foto dan profil selengkapnya silahkan dilihat pada ilustrasi berikut.

ADVERTISEMENT

 

NamaForrest Li (Li Xiadong)
KelahiranTianjin, China tahun 1977
Usia44 tahun
Pendidikan
  • Shanghai Jiao Tong University, China (Teknik).
  • Stanford University, Amerika (Master Administrasi Bisnis)
IstriLiqian Ma
PerusahaanSEA Limited (Garena, Shopee, AirPay Limited) & Free Fire

Forrest Li adalah pendiri, Co-founder, chairman sekaligus CEO Sea Ltd, perusahaan induk yang menaungi Garena, Shopee, dan AirPay. Saat ini Li diketahui menjadi milyarder sekaligus orang terkaya di Singapura.

Sebetulnya Forrest Li tidak sendirian saat mendirikan Shopee, melainkan bersama tim yang salah satunya bernamaChris Feng. Chris Feng adalah pemuda kelahiran Desember 1982.

Ia bergabung di Garena setelah sekian tahun bekerja di perusahaan lain seperti Rocket Internet, Zalora dan Lazada. Tahun 2015, Forrest Li dan Chris Feng mendirikan Shopee dan keduanya sama-sama memegang jabatan sebagai CEO Shopee.

ADVERTISEMENT

Simak lebih lengkap mengenai biografi Chris Feng di sini.

Baca Juga: Cara Menjadi Star Seller Shopee Paling Ampuh dan Gampang

Kisah Sukses Pendiri Shopee

Li Xiadong atau Forrest Li adalah pendiri Shopee ID kelahiran Cina yang merantau ke Singapura. Ia pun menetap dan menjadi warga negara Singapura sejak saat itu.

Di negara itulah karir Forrest Li berawal dari nol hingga sukses menjadi milirader seperti sekarang. Yuk simak bagaimana si pendiri Shopee Indonesia ini menapaki jalan hidupnya.

Menjadi Pegawai Motorola

Kisah pendiri Shopee Forrest Li diawali saat ia studi di fakultas Teknik Universitas Jiatong Shanghai. Selama masa kuliah tersebut Li hanya menghabiskan hari-harinya dengan bermain game. Selain game, Li juga sangat hobi olahraga, yaitu sepakbola.

Lulus dari pendidikan pertamanya, Li kemudian bekerja menjadi tim rekruter di perusahaan semacam Motorola di kota Shanghai. Setelah 4 tahun bekerja, ia tidak melihat ada masa depan cerah di sana. Ia pun memutuskan untuk berhenti dan melanjutkan studi.

Selain bekerja sebagai rekruter, Li juga pernah menjadi pegawai di Viacom Media networks, dan perusahaan kaca Corning Inc. Namun, itu hanya bertahan selama beberapa tahun hingga ia memutuskan untuk lanjut kuliah.

Kuliah di Stanford University

Setelah memutuskan berhenti bekerja, Li pun lanjut kuliah di Stanford University jurusan Master Bisnis Administrasi. Di kampus inilah Li kemudian mengubah nama panggilannya menjadi Forrest Li.

ADVERTISEMENT

Hal ini dikarenakan para dosen kesulitan saat melafalkan namanya. Mereka meminta Li membuat nama panggilan Western yang mudah dilafalkan. Li pun memilih nama Forrest yang terinspirasi dari film Forrest Gump.

Selain perubahan nama, siapa sangka, di sinilah tempat Li bertemu dengan orang-orang berpengaruh pada karirnya di kemudian hari.

Pertama, wanita bernama Liqian Ma yang menjadi istrinya. Dan kedua adalah Steve Jobs. Pada tahun 2005 tepatnya saat wisuda sang istri, Li yang menghadiri acara wisuda itu terbius pesan yang disampaikan Steve Jobs saat mengisi pidato.

Ucapan Steve Jobs “Stay Hungry Stay Foolishmenjadi mantra ampuh yang akan mengubah hidupnya. Sejak saat itu, Li bahkan tidak bosan mengulang pidato tersebut setiap hari hingga ia mulai memberanikan diri menjadi seorang businessman.

Merantau ke Singapura dengan Berbagai Keterbatasan

Setelah kelulusan sang istri, mereka berdua pun pindah ke Singapura dan memulai hidup benar-benar dari nol. Menurut sumber Business Times, Li hanya menyewa sebuah flat dengan 3 kamar di kawasan Braddle.

Kondisi keuangan yang tentunya sangat sulit karena tinggal di perantauan. Ditambah, Li juga dikabarkan masih mempunyai hutang mahasiswa sebanyak 100.000 dolar saat itu.

Tapi Li tetap bertahan demi dapat selalu bersama istri. Satu-satunya alasan mereka pindah ke Singapura adalah karena istri mendapat beasiswa kontrak.

Baca Juga: Cara Ikut Flash Sale Shopee 2021 Untuk Penjual Online [+Tips Jitunya]

2005, Merintis GG Games Namun Gagal

Berkat inspirasi dari pidato Steve Jobs, Li pun mulai peruntungannya dengan merintis GG Games di tahun 2005. Bisnis pertamanya fokus pada game online, sesuai dengan hobinya.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress WooCommerce

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Berbicara mengenai cara membuat toko online WooCommerce WordPress untuk pemula, erat hubungannya dengan plugin yang akan digunakan dan juga theme yang digunakan. Dalam hal ini menggunakan CMS WordPress. Ya, tentu …

Daftar Kantor JNE di Malang yang Paling Sering Dicari

1 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor JNE di Malang – JNE merupakan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang, paket, dan dokumen ke seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai jasa ekspedisi yang telah meraih penghargaan ‘1st …

9 Tema WordPress Terbaik Gratis Untuk Sekolah [+Dengan Instalasi]

3 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Untuk kamu yang akan membuat web sekolah, kamu perlu membaca rekomendasi tema WordPress terbaik gratis untuk sekolah berikut ini. Agar situs sekolah tersebut dapat memiliki desain yang ramah pengguna.Di masa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *