ADVERTISEMENT

Berapa Penghasilan TikTokers? Ini Gaji Akun Pemula – Terbesar [Lengkap]

Posted on 19 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Sedang booming fenomena artis bermunculan dari sosial media TikTok, influencer hingga konten kreator. Memangnya, berapa penghasilan TikTokers? Apakah gaji TikTok cukup menjanjikan?

Penasaran, bukan? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai penghasilan TikTokers dan tata cara penghitungannya melalui artikel berikut.

Sumber Penghasilan TikTokers

Tiktok menjadi platform media sosial dengan pengguna terbanyak. Pada 2022, tercatat pengguna TikTok sudah mencapai angka 755 juta. 

ADVERTISEMENT

Dengan pengguna sebanyak itu, TikTok memang menawarkan gaji yang lumayan besar dibandingkan gaji Youtuber. Padahal platform ini tidak mempunyai tayangan iklan, cara umum untuk mencari uang melalui Youtube. 

Lantas, darimana sih sumber penghasilan TikTok? Kenapa banyak sekali selebgram bermunculan dari sosial media ini?

Sebetulnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok. Mulai dari menjadi seller, ikut TikTok affiliate, sponsorship, endorsement, promosi, kemitraan berbayar, bikin konten dan masih banyak lagi.

Bagi influencer dan konten kreator, sumber penghasilan dari TikTok biasanya diperoleh dari 3 macam:

ADVERTISEMENT
  1. dari pihak sponsor atau sponsorship, melalui program sponsor berbayar dengan mempromosikan produk / jasa/ event orang lain.
  2. dari pelaku bisnis melalui program endorsement, promosi, dan kemitraan berbayar.
  3. dari program Creator Fund, bayaran yang diperoleh dari banyaknya jumlah views dengan minimal follower 10K.

Sayangnya, program Creator Fund untuk saat ini hanya berlaku di negara Amerika dan Eropa saja. Sementara di Indonesia program Creator Fund belum tersedia.

Jadi, penghasilan TikTokers Indonesia hanya terbatas melalui program sponsorship dan endorsement saja.

Untuk besarannya, gaji TikTok luar negeri seperti Amerika dan Cina bisa mencapai angka $1000 – $30000 atau setara Rp 14 juta – Rp 422 juta per bulan.

Wow, cukup fantastis bukan? Gaji tersebut bahkan bisa lebih besar apabila meng-endorse produk dari brand terkenal.

Berapa Penghasilan TikTokers Indonesia?

Besaran gaji TikTokers bisa sangat bervariasi. Nominalnya targantung pada lokasi, tampilan, serta kesepakatan kerja sama antara konten kreator dengan pihak sponsor.

ADVERTISEMENT

Lantas, berapa gaji TikTokers Indonesia? Untuk angkanya bisa berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per bulan. Sebagai contoh, TikTokers populer Sandy Saputra dengan akun @sandy.ss, gajinya bisa mencapai $ 1395 – $ 3488 (Rp 19,6 juta – Rp 49 juta).

Tapi secara umum, jenis penghasilan TikTok terbagi dalam 2 macam, yaitu:

  • gaji per post, dihitung berdasarkan jumlah tayangan / klik per konten.

Misalnya, video promosi produk melalui TikTok mampu memperoleh 100k tayangan per posting, maka penghasilannya bisa mencapai $1000 atau setara 14 juta rupiah.

  • gaji per bulan, merupakan jumlah akumulasi pendapatan per post ditambah gaji lainnya dalam 1 bulan.

Nominal gaji per bulan biasanya berbeda-beda sesuai jumlah followers. Untuk akun dengan jumlah followers besar (lebih dari 1 juta) gajinya juga akan tinggi. Sementara untuk akun yang memiliki pengikut kurang dari 100.000 biasanya sulit untuk menghasilkan uang.

Informasi lebih lengkap mengenai penghasilan tiktokers perbulan bisa dilihat melalui daftar berikut ini.

ADVERTISEMENT

1. Gaji TikTok Pemula

TikTokers pemula merupakan akun dengan jumlah follower masih sedikit. Menurut kurs 2022, gaji TikTokers pemula adalah sebesar $100 sampai $7000 per bulan. Angka ini setara dengan Rp 1.455.000 hingga Rp 101.839.500.

2. Gaji TikTok 1k Follower

Estimasi penghasilan akun TikTok dengan followers 1K atau 1000 adalah mulai dari angka $1.37 – $2.5. Atau setara dengan Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per bulan.

Jumlah followers memang sangat mempengaruhi besaran gaji. Apalagi jika jumlah tayangan tidak stabil. Biasanya cukup sulit bagi akun untuk menghasilkan gaji hingga 700 ribu per bulan.

3. Gaji TikTokers Follower 10K

Akun TikTok yang memiliki pengikut minimal 10K atau 10 ribu followers dapar menghasilkan ratusan ribu dalam sebulan.

Sebagai contoh, akun TikTok milik @tryn283 memiliki pengikut sebanyak 11K. Pendapatannya dalam sebulan mencapai $6.89 – $10.33. Jumlah tersebut setara dengan Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Kisaran gaji tersebut dapat menjadi gambaran jumlah penghasilan akun dengan followers 10 ribu. Namun, bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi.

Untuk meningkatkan penghasilan, konten kreator dapat menawarkan berbagai cara. Misal dengan promosi atau endorsement.

4. Gaji tiktok 100k followers

Bagi akun yang memiliki jumlah pengikut mencapai 100K atau 100.000 followers tentu akan memperoleh gaji yang lebih besar. Kisaran gaji akun semacam ini biasanya berada di rentang Rp 500.000 sampai Rp 750.000 per bulannya.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Menulis Alamat Paket Yang Benar Sesuai Standar Ekspedisi

17 Nov 2020 BY Mufti Syawaludin

Sesungguhnya tidak ada aturan baku terkait cara menulis alamat paket dari berbagai macam ekspedisi. Namun yang menjadi standar hampir semua ekspedisi menunjukan yang penting dalam penulisan alamat paket itu bisa …

Baru! Biaya Admin Shopee Terlengkap Disertai Ilustrasi Perhitungannya

28 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Baru-baru ini banyak diperbincangkan di kalangan pengguna marketplace yang satu ini terutama bagi para Seller (penjual) dimana biaya admin Shopee mengalami kenaikan. Ternyata berjualan di marketplace tidak selamanya gratis, loh. …

Jasa Kirim Hemat Shopee: Jenis & Cara Memakainya

23 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Karena masih baru, sistem jasa kirim hemat Shopee membuat banyak pengguna bingung. Bukan dari segi peraturan saja, tampilan di aplikasi juga berubah sehingga mereka malah kesulitan menentukan metode pengiriman. Padahal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *