ADVERTISEMENT

Review Biaya, Lama Pengiriman Cargo Shopee, Kelebihan & Kekurangan

Posted on 17 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Jasa kirim hemat dan reguler merupakan dua layanan favorit yang tersedia di Shopee. Tapi, tahukah kamu ternyata ada juga lho pengiriman cargo Shopee.

Sesuai namanya, cargo Shopee merupakan layanan pengiriman khusus barang berat dan berukuran besar. Misalnya, peralatan rumah tangga, elektronik dan barang besar lainnya.

Jadi, kalau kamu belanja produk jumbo di Shopee tidak usah bingung lagi terkait biaya ongkir. Cargo Shopee bisa alternatif supaya tarif pengiriman tetap realistis. 

ADVERTISEMENT

Lantas, apakah sistem dan tarifnya sama dengan layanan lainnya? Dan berapa lama pengiriman, serta apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk kupas tuntas di artikel berikut.

Apa Itu Pengiriman Cargo Shopee?

Cargo Shopee atau biasa disebut pengiriman reguler cargo Shopee adalah fasilitas kirim paket khusus barang besar / berat yang tidak sesuai jika dikirim lewat layanan ekspres. 

Layanan pengiriman ini lebih cocok dipakai untuk barang berukuran besar atau berat di atas 10 kilogram. Customer tidak akan terbebani dengan tarif pengiriman yang tinggi apabila membeli produk-produk besar.

Dengan layanan cargo, tarif ongkir cenderung lebih terjangkau bila dibandingkan dengan pengiriman reguler yang bisa mencapai berkali-kali lipat dari harga normal.

ADVERTISEMENT

Untuk pengiriman cargo, Shopee bekerja sama dengan 3 jasa ekspedisi populer khusus barang besar yang ada di Indonesia yaitu:

  1. JNE Trucking (JTR), dan
  2. SiCepat Gokil (Kilat Cargo)
  3. J&T Cargo

Dengan ketiga layanan pengiriman ini, selain biaya lebih terjangkau, pengiriman lebih cepat dan terjamin. Untuk info lebih lengkap, silakan baca ulasan selanjutnya di bawah ini.

Apa Beda Cargo dan Reguler di Shopee?

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, perbedaan utama reguler dengan cargo terletak pada berat, tarif dan jenis barang.

Pada pengiriman reguler, biasanya tidak ditetapkan minimum berat pengiriman. Perhitungan biaya ongkir didasarkan tarif per kilogram. Sementara pada pengiriman cargo biasanya sudah ditentukan berat minimum pengiriman, misalnya 10 kg, 50 kg, dsb.

Karena menggunakan sistem tersebut, tarif per kg pada layanan cargo terhitung lebih murah dibandingkan reguler. Jadi, jika kamu ingin mengirim barang berat sebaiknya gunakan layanan cargo agar tarifnya bisa lebih terjangkau.

ADVERTISEMENT

Untuk jenis barang, ekspedisi cargo biasanya hanya menerima barang dengan kapasitas besar atau barang berat saja. Beberapa jenis barang yang umum dikirim dengan cargo diantaranya furniture, kendaraan, elektronik, bahan pokok, bahan industri, dll. 

Sedangkan untuk pengiriman reguler biasanya hanya melayani pengiriman barang ringan atau kecil. Seperti dokumen, makanan ringan, baju, aksesori, fashion, dan sebagainya.

Berapa Biaya Pengiriman Jasa Cargo Shopee?

Biaya jasa pengiriman cargo Shopee bisa bervariasi tergantung jarak antar lokasi serta kebijakan dari Shopee. Namun, estimasi biaya cargo yang ditentukan di masing-masing jasa ekspedisi bisa jadi gambaran. 

Berikut tarif biaya pengiriman cargo JNE Trucking, SiCepat Gokil dan J&T Cargo dilansir dari situs web resmi mereka:

  • Tarif pengiriman cargo menggunakan JNE Trucking variatif dan menyesuaikan lokasi tujuan. Untuk tarif standar mulai dari Rp 30 ribu per 10 kg.
  • Biaya pengiriman menggunakan SiCepat Gokil adalah Rp 15 ribu per 10 kg. Tapi, tarif juga bisa berbeda-beda tergantung lokasi pengiriman.
  • Tarif pengiriman dengan J&T Cargo bisa sangat bervariasi menyesuaikan lokasi pengiriman. Sebagai contoh, pengiriman Jakarta – Jogja, tarifnya mencapai Rp 50.000 ribu per 10 kg.

Berapa Lama Pengiriman Kargo / Ekonomi Shopee?

Karena memiliki tarif yang relatif murah, banyak konsumen mempertanyakan pengiriman cargo Shopee berapa lama? Dan apakah pengiriman cargo shopee diantar sampai rumah?

ADVERTISEMENT

Oke, mari kita jawab.

Berbeda dengan estimasi Shopee Express, layanan cargo Shopee menggunakan jasa kirim dari JNE Trucking, SiCepat Cargo dan J&T Cargo.

Maka lama pengiriman bisa dilihat dari estimasi yang tersedia di situs web resmi mereka.

  •  Untuk layanan dengan JNE Trucking, estimasi pengiriman cargo Shopee berkisar antara 2 hingga 7 hari (bisa lebih cepat / lambat tergantung lokasi tujuan) (minimum berat 3 kg dan maksimum 249 kg).
  • Untuk layanan dengan SiCepat Cargo, estimasi pengiriman cargo Shopee sama dengan layanan reguler, yakni sekitar 1 sampai 3 hari (minimal 10 kg).
  • Untuk layanan dengan J&T Cargo sama dengan layanan SiCepat Cargo, yakni 1 sampai 3 hari (minimal berat 5 kg dan maksimal 80 kg).

Untuk pertanyaan kedua, apakah pengiriman cargo Shopee diantara sampai alamat tujuan? Jawabannya adalah iya. Sesuai pengalaman dan review beberapa pengguna, paket akan diantar ke rumah sesuai alamat tujuan.

Jadi, bisa dibilang tidak ada fasilitas yang berbeda ya baik untuk layanan hemat, reguler dan cargo ini. Dengan layanan cargo, kamu tetap bisa menerima paket di rumah tanpa harus repot ambil sendiri ke counter jasa ekspedisi.

Apa Kelebihan & Kekurangan Cargo Shopee?

Setelah mengetahui detail biaya dan lama pengiriman, kenali juga apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan cargo Shopee. Hal ini penting agar kamu bisa memberikan pilihan pengiriman terbaik untuk customer toko Shopee mu. 

Kelebihan

Menggunakan cargo Shopee menawarkan sejumlah keuntungan bagi customer, diantaranya:

  • Tarif pengiriman lebih murah

Ini berlaku jika kamu memang melakukan pengiriman untuk barang dengan volume atua berat yang besar, ya. Jadi, layanan cargo bisa murah apabila kamu paketmu memenuhi minimum berat pengiriman yang biasanya standar 5 – 10 kg.

  • Bisa menyesuaikan ukuran dan berat barang

Maksudnya karena layanan cargo memiliki kapasitas jumlah paket yang lebih banyak dna lebih besar, maka akan memudahkan kamu untuk mengangkut barang ke alamat tujuan.

  • Bisa diantara sampai rumah

Keuntungan lainnya menggunakan cargo Shopee yaitu barang bisa diantara sampai rumah sesuai alamat tujuan. Sehingga kamu tidak perlu repot ambil paket sendiri ke counter atau kantor pengiriman.

Kekurangan

Di samping beberapa kelebihan di atas, layanan cargo juga ada kekurangannya lho. Berikut diantaranya:

  • Waktu pengiriman lebih lama

Sebetulnya lama pengiriman cargo dengan reguler tidak terpaut jauh, yang membedakan hanyalah jarak lokasi pengiriman saja.

Untuk pengiriman reguler biasanya membutuhkan waktu 1-3 hari, sementara cargo bisa sampai 5-7 hari. Hal ini wajar karena pengiriman barang besar membutuhkan treatment khusus.

Belum ditambah jika ada kendala di perjalanan terkait muatan dan masalah teknis lainnya.

  • Resiko barang rusak lebih tinggi 

Kelemahan ekspedisi cargo selanjutnya yaitu lebih rentan mengalami kerusakan. Tidak heran untuk paket besar dna berat akan lebih mudah mengalami rusak.

Tapi selama kerusakaannya ringan, misal hanya pada bungkusnya saja, sepertinya tidak masalah. Untuk menghindari kerugian, sebaiknya tambahkan asuransi dan proteksi agar paket kamu aman sampai tujuan.

Pengiriman Cargo Shopee Aman atau Tidak?

Cargo Shopee merupakan layanan khusus yang disediakan pihak Shopee. Sehingga keamanannya tentu akna sangat terjamin. Apabila terjadi masalah atau kendala, pihak Shopee pasti akan bertanggung jawab. 

Ditambah Shopee juga bekerja sama dengan jasa ekspedisi besar dan terpercaya seperti JNE, J&T dan SiCepat. Ketiga perusahaan ini juga terkenal dengan kualitas pengiriman dan keamanannya. 

Jadi, bisa dipastikan layanan cargo Shopee ini aman dan bisa dijadikan alternatif pengiriman di toko Shopee kamu. Untuk memasanganya, kamu bisa simak cara pakai cargo di Shopee di situs web resmi Shopee. 

Penutup

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai layanan pengiriman cargo Shopee berikut waktu pengiriman, biaya, kelebihan serta kekurangannya. Gimana? Sudah lengkap kan penjelasan kami, semoga kalian jadi paham ya.

Sampai sini, apakah kamu tertarik menyediakan cargo Shopee untuk customer tercinta? Jika belum yakin, kamu bisa review banyak pengalaman pengiriman cargo Shopee di internet. Yaa untuk menambah wawasan saja. 

Nah, buat kalian yang mau tau persis tarif serta cara cek resi cargo Shopee, bisa gunakan fitur di URL berikut:

Sepertinya cukup sekian ya, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Memulai Bisnis Online dari Rumah [Tanpa Banyak Modal]

24 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Sebenarnya, informasi tentang cara memulai bisnis online di internet sudah begitu membludak di luar sana. Namun, seringkali kita kesulitan untuk mulai dari mana. Karena itu, kami akan memberikan langkah yang …

Cara Jadi Agen Gerai TIKI [Syarat & Ketentuan Lengkap!]

31 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Bagaimana sih cara jadi agen TIKI? Apa saja persyaratan dan ketentuan yang harus dilengkapi? Nah, apakah kamu ingin membuka usaha jasa pengiriman barang?  Tenang saja, kamu tidak perlu repot – …

Cara Cek Resi SAP Express & Cek Ongkir Terlengkap

11 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Cara cek resi SAP Express bisa membantu kalian mengetahui keberadaan paket secara cepat dan akurat. Kalau belum tahu gimana caranya, yuk scroll artikel ini sampai selesai.  Customer setia SAP Express …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *