7 Plugin Keamanan WordPress Terbaik dan Cara Instalasinya

Aorinka Anendya 25 May 2022 5 Menit 0

Jika kamu sedang mencari rekomendasi Plugin keamanan WordPress terbaik untuk website, kamu menemukan artikel yang tepat. Keamanan web adalah hal yang tidak bisa disepelekan. Oleh karena itu, plugin keamanan website adalah komponen esensial dalam sebuah website.

Jadi, jangan hanya memasang plugin SEO dan plugin sitemap saja. Maksimalkan keamanan website dengan plugin keamanan terbaik.

Walaupun keamanan yang disediakan oleh WordPress memang sudah cukup baik, namun masih perlu keamanan lebih. Apalagi jika website itu adalah website besar atau web toko online yang di dalamnya banyak data penting.

Tidak perlu risau, ada banyak plugin keamanan yang bisa kamu pilih untuk membuat website lebih aman. Di artikel ini, kita akan membahas:

  • Rekomendasi plugin keamanan WordPress terbaik untuk website.
  • Instalasi plugin keamanan di WordPress.

Oke, langsung masuk ke pembahasan yuk.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik 2022

Jika kemarin sudah membahas plugin sitemap terbaik, maka berikut ini terdapat 7 rekomendasi plugin keamanan WordPress terbaik yang bisa kamu pasang di website dengan mudah. Diantaranya yaitu berikut ini.

Akismet

Diantara kamu pasti pernah menjumpai spam komentar pada sebuah website. Hal itu tentu akan sangat mengganggu untuk dilihat. Selain itu spam komentar juga dampaknya kurang baik untuk performa website.

Itulah kenapa banyak orang yang sangat memperhatikan hal ini. Karena itu juga muncul plugin WordPress bernama Akismet.

Akismet merupakan plugin yang dapat mengecek otomatis semua komentar yang masuk dan menyaring apabila komentar tersebut terlihat sebagai spam.

Plugin ini sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Tidak heran Akismet menjadi andalan para pemilik website.

Untuk mengaktifkan plugin ini kamu perlu API key yang nanti bisa kamu dapatkan secara gratis, dengan catatan website tersebut merupakan blog pribadi.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik, Mengaktifkan Plugin Akismet

@Mengaktifkan Plugin Akismet – Youtube Zamhari Official

Tampilan di atas merupakan gambaran saat kamu akan mengaktifkan Akismet menggunakan API key. Jika berhasil maka plugin akan otomatis bekerja dengan sendirinya.

Sedangkan untuk bisnis atau situs komersial diperlukan biaya untuk berlangganan.

Dengan Akismet, kamu tidak perlu mengeluarkan energi lebih banyak untuk memfilter komentar yang masuk. Sangat efektif kan.

Wordfence Security

Plugin keamanan WordPress terbaik 2022 selanjutnya yaitu Wordfence. Sampai artikel ini dibuat, kira – kira pengguna aktif Wordfence sudah mencapai sekitar 4 juta orang. Angka tersebut sudah lumayan banyak untuk kategori plugin keamanan WordPress.

Bahkan sampai pihak Wordfence sudah mengklaim bahwa plugin ini merupakan salah satu yang terbaik. Saat selesai melakukan instalasi berikut tampilan dashboard Wordfence.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik, Dashboard Wordfence Secuirty

@Dashboard Wordfence Security- Youtube Yusep Nugraha

Lalu fitur apa yang membuat Wordfence digemari oleh para pemilik website? Salah satunya yaitu Scan. Fitur ini digunakan untuk melakukan pemindaian ke seluruh file yang terdapat dalam website tersebut. Untuk memulainya kamu bisa klik Start New Scan.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik, Fitur Plugin Wordfence Security

@Fitur Plugin Wordfence Security – Youtube Yusep Nugraha

Dan nanti jika ada masalah pada websitenya, akan muncul di bagian bawah. Selain itu masih banyak fitur lain lagi yang bisa dimanfaatkan untuk keamanan website dari mulai yang gratis sampai premium.

iThemes Security

Plugin keamanan WordPress terbaik 2022 yang tidak kalah populer dengan sebelumnya adalah iThemes Security. Saat ini penggunanya sudah mencapai 1 juta orang. Dan terbukti memang pengguna plugin ini setiap tahunnya semakin meningkat.

Hal itu tentu sebanding dengan fitur atau modul yang dimiliki oleh iThemes. Karena plugin ini memiliki modul lengkap untuk menangani keamanan website. Diantaranya seperti di bawah ini.

Plugin Keamanan WordPress Terbaik, Modul Plugin iThemes Security

@Modul Plugin iThemes Security

Karena modulnya banyak, maka plugin ini pun memberikan rekomendasi modul apa saja yang sekiranya perlu diaktifkan di website. Salah satunya adalah Security Check, apabila modul tersebut sudah diaktifkan maka iThemes akan mulai memindai website kamu.

Kira – kira berikut tampilan Security check setelah selesai memindai, di bawah ini terdapat beberapa informasi terkait keamanan website. Dari mulai identifikasi IP server, kata sandi dan masih banyak lagi.

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Aorinka Anendya
Ditulis oleh

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.