ADVERTISEMENT

5 Plugin Sitemap Terbaik WordPresss Lengkap Dengan Cara Instalasi

Posted on 25 Mei 2022 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Plugin sitemap terbaik adalah salah satu pelengkap website yang harus dimiliki bagi kamu content writer ataupun pakar SEO. Optimasi sitemap sangat membantu website untuk meningkatkan performa.

Selain plugin SEO dan plugin toko online WordPress, plugin sitemap merupakan plugin yang sering dijumpai di website WordPress.

Mungkin, kamu masih belum begitu mengetahui apa itu sitemap dan fungsinya untuk website kamu?

ADVERTISEMENT

Ikuti terus artikel ini karena kita akan membahas tentang:

  • Pengertian sitemap website dan fungsinya
  • Rekomendasi plugin sitemap terbaik WordPress
  • Instalasi plugin sitemap WordPress

Maka dari itu ikuti terus artikelnya dan jangan sampai ada yang terlewat.

Apa Itu Sitemap dan Fungsinya Bagi Website?

Sitemap merupakan file yang berisikan kumpulan link atau URL dari konten yang ada di sebuah website. Fungsi sitemap sendiri yaitu untuk memberi tahu pada mesin pencari terkait halaman – halaman yang ada pada website tersebut.

Selain itu juga dapat membantu mengindeks dan crawling halaman website dengan cepat. Itulah mengapa sitemap merupakan salah satu cara dari optimasi SEO.

ADVERTISEMENT

Dari penjelasan di atas sudah terlihat kan bagaimana sitemap berperan sangat penting baik untuk mengindeks website maupun membantu optimasi SEO. Namun, sampai sekarang masih banyak penguna yang belum membuat sitemap untuk websitenya.

Oleh karena itu, setelah ini kita akan memberikan beberapa plugin sitemap  terbaik 2022 yang bisa kamu gunakan untuk membuat sitemap.

Meskipun menggunakan sitemap generator juga bisa, tapi akan lebih baik jika memasang pluginnya di website.

Daftar Plugin Sitemap Terbaik 2022

Bagi pengguna WordPress, apabila ingin membuat atau memasang sitemap di website. Kamu bisa menggunakan beberapa plugin di bawah ini.

Sedangkan bagi para pemilik web toko online, penting juga untuk memasang plugin e-Commerce. Agar fitur toko online kamu semakin lengkap.

ADVERTISEMENT

Tak perlu lama – lama mari kita bahas.

Google XML Sitemap

Rekomendasi plugin sitemap terbaik 2022 yang pertama yaitu Google XML Sitemap, dengan pengguna yang sudah mencapai 2 juta orang. Membuat plugin ini semakin populer di kalangan para Blogger maupun pengguna WordPress.

Dengan plugin ini kamu dapat membuat sitemap dengan mudah bahkan hanya beberapa kali klik saja. Lalu bagaimana cara membuat sitemap dan apa saja yang bisa dilakukan dengan plugin Google XML sitemap?

Setelah berhasil menginstal kamu dapat melakukan setting sendiri, dengan cara masuk Settings > XML Sitemap seperti berikut.

Plugin Sitemap Terbaik,Settings Plugin Google XML Sitemap
@Settings Plugin Google XML Sitemap

Tampilan di atas merupakan sedikit gambaran mengenai fitur yang ada pada Google XML Sitemap.

ADVERTISEMENT

Untuk bagian Advanced options bisa kamu biarkan default saja. Sedangkan pada bagian Basic Options terdapat 3 pilihan yaitu.

  • Notify Google about updates of your site → berfungsi untuk melakukan ping otomatis ke Google webmaster apabila kamu melakukan postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Notify Bing about updates of your site → berfungsi untuk melakukan ping otomatis ke Bing webmaster apabila kamu melakukan postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Add sitemap URL to the virtual robots.txt → berfungsi untuk menambahkan URL sitemap ke file robots.txt.

Bagaimana? Fitur dari Google XML Sitemap sangat memudahkan kamu kan? Untuk mendapatkan URL sitemapnya cari di bagian seperti berikut setelah pengaturannya disimpan.

Plugin Sitemap Terbaik, Tampilan URL Sitemap Plugin Google XML Sitemap
@Tampilan URL Sitemap Plugin Google XML Sitemap

Jetpack

Plugin sitemap WordPress selanjutnya adalah Jetpack. Mungkin diantara kamu sudah tidak asing dengan plugin ini, terbukti penggunanya pun sudah cukup banyak sekitar 5 juta orang.

Jetpack sendiri bukan plugin khusus untuk membuat sitemap. Justru banyak fitur atau modul yang ditawarkan meskipun gratis. Dari mulai optimasi performa website, keamanan website sampai dengan pengaturan tampilan konten.

Plihan menunya seperti gambar di bawah.

Plugin Sitemap Terbaik, Menu Plugin Jetpack
@Menu Plugin Jetpack

Untuk mendapatkan URL sitemapnya kamu bisa masuk ke menu Traffic lalu scroll sampai ke bawah sampai menemukan pilihan Sitemaps. Lalu ketuk pada tombol on/off agar sitemapnya bisa terbuat.

Plugin Sitemap Terbaik, Tampilan Sitemap Plugin Jetpack
@Tampilan Sitemap Plugin Jetpack

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Berapa Bunga Shopee Paylater: Perhitungan Bunga & Denda [Lengkap]

19 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Fitur Shopee PayLater bayar nanti merupakan pinjaman online yang bisa dinikmati di aplikasi Shopee. Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu tahu berapa bunga Shopee PayLater supaya tidak kaget saat membayar nantinya.  SPayLater …

Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri

19 Nov 2020 BY Mufti Syawaludin

Cara mengirim paket ke luar negeri pada zaman yang serba modern ini sangat lah mudah dan cepat. Bahkan beberapa ekspedisi menyediakan pelayanan secara online dan menjemput paket ke rumah. Anda …

Cara Mendapatkan Saldo ShopeePay Gratis Terbukti 100%

22 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Saldo ShopeePay kamu menipis atau bahkan kosong? Eits jangan bingung! Simak beberapa cara mendapatkan saldo Shopee gratis yang terbukti sukses berikut ini.  Kamu pasti nggak akan nyangka bisa dapat saldo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *