Daftar Plugin WordPress Terbaik Esensial [Wajib Pasang]

Aorinka Anendya 28 Dec 2023 5 Menit 0

Pasti banyak yang belum tahu plugin WordPress terbaik, terutama karena banyaknya plugin WordPress yang tersedia.

Di antara pilihan plugin untuk WordPress, ada beberapa yang menjadi plugin mendasar yang harus ada di setiap WordPress.

Misalnya plugin SEO, plugin sitemap, plugin keamanan, plugin anti spam, dan plugin optimasi kecepatan menjadi plugin yang kerap dipasang untuk semua website. Plugin penting ini kerap disebut sebagai plugin esensial WordPress.

Baik website company profile, website toko online, website yayasan, atau website lainnya pasti membutuhkan plugin esensial untuk membuatnya bekerja dengan baik.

Simak berbagai kategori plugin esensial tersebut dan rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk melengkapi website Anda!

ADVERTISEMENT

1. Plugin SEO

Sebuah website perlu dioptimasi agar bisa tampil di halaman pertama Google. Salah satu cara untuk mengoptimasinya adalah menggunakan plugin SEO terbaik. Berikut plugin wajib untuk SEO yang bisa Anda coba.

Yoast SEO

Plugin SEO WordPress terbaik  adalah Yoast SEO. Fungsi Yoast SEO adalah membantu membuat konten Anda lebih SEO friendly. Sampai saat ini Yoast SEO masih menjadi plugin SEO terbaik.Karena memang fitur dan penggunaannya yang mudah.

Jadi nantinya di plugin ini terdapat poin-poin yang harus Anda penuhi agar kontennya dapat teroptimasi dengan baik. Poin tersebut diantaranya.

Contoh tampilan yoast seo

@tampilan Yoast SEO dalam edit post

  • Focus keyphrase: untuk memasukan keyword utama.
  • Edit snippet: untuk memasukan meta deskripsi konten.

Selain itu juga terdapat Analysis results yang mana jika warnanya sudah berubah jadi hijau maka sudah SEO Friendly. Poin dari analisis tersebut adalah.

  • ALT image.
  • Internal link.
  • Keyphrase length atau panjang keyword.

Dan masih banyak yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan skor hijau.

Selain Yoast SEO, berikut beberapa alternatif Plugin SEO yang juga banyak digunakan untuk memaksimalkan ranking website di mesin pencari.

  • All in One SEO Pack
  • Rank Math SEO
  • MonsterInsights
  • SEOPress

Bagaimana, sampai sini sudah tahu ingin memasang plugin SEO yang mana? Kami sendiri merekomendasikan RankMath karena fitur premiumnya yang membantu untuk membuat website ranking satu di mesin pencari.

2. Plugin Sitemap

Perlu Anda tahu lebih dulu. Sitemap ini berisikan kumpulan link yang terdapat di website. Fungsi sitemap ini yaitu untuk memberi tahu mesin pencari mengenai semua halaman yang dimiliki oleh  web tersebut.

Untuk itu peran sitemap sangatlah penting. Berikut rekomendasi plugin sitemap terbaik.

ADVERTISEMENT

Google XML Sitemap

Plugin WordPress terbaik untuk kategori sitemap yang paling populer yaitu Google XML Sitemap. Dengan plugin ini Anda bisa membuat sitemap secara mudah. Anda hanya tinggal install dan mengaktifkannya, maka alamat sitemapnya sudah otomatis terbuat.

Namun, Anda juga bisa melakukan setting tambahan seperti gambar berikut. Tiga kotak di bawah boleh Anda ceklist ataupun tidak.

  • Notify Google about updates of your site: untuk melakukan ping otomatis ke Google apabila terdapat postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Notify Bing about updates of your site: berfungsi untuk melakukan ping otomatis ke Bing apabila terdapat postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Add sitemap URL to the virtual robots.txt: untuk menambahkan URL sitemap ke file robots.txt.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya, lalu
Anda salin link sitemap tersebut.

Selain Google XML Sitemap, berikut beberapa alternatif plugin sitemap yang bisa digunakan.

  • Companion Sitemap Generator
  • Jetpack
  • XML Sitemap & google News
  • Simple Sitemap

Oh iya, sebenarnya Jetpack sendiri bukanlah plugin yang dedicated untuk Sitemap. Artinya, Jetpack sebenarnya bukan sebuah plugin yang memiliki fungsi utama sebagai sitemap, tetapi memiliki fitur sitemap.

Plugin SEO sendiri juga seringkali juga dilengkapi dengan fitur sitemap. Sehingga, perlu dicermati apakah mau menggunakan fitur sitemap dari dedicated plugin atau dari plugin lain.

ADVERTISEMENT

3. Plugin Keamanan WordPress

Keamanan website merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih jika website besar. Untuk membantu mengamankan situs, Anda bisa menggunakan plugin keamanan WordPress terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi pluginnya.

Halaman Selanjutnya
Wordfence Security...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Aorinka Anendya
Ditulis oleh

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *