Daftar Lengkap 7 kategori Plugin WordPress Terbaik Wajib Install

Posted on 27 Mei 2022 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Jika kamu sedang mencari plugin WordPress terbaik untuk website? Selamat, kamu sudah berada di artikel yang tepat. Kami akan membahas plugin yang bisa melengkapi websitemu dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, di WordPress terdapat banyak plugin yang bisa diinstall secara gratis ataupun berbayar. Plugin itu bisa dikategorisasikan sebagai plugin SEO, toko online, sitemap, keamanan, dan masih banyak lagi plugin lainya.

Plugin ini penting untuk menambah fitur yang tidak dimiliki WordPress biasa. Tapi, tidak semua plugin ini kamu harus install. Misalnya, jika websitemu adalah website pembelajaran, maka tidak perlu untuk memasang plugin ongkoskirim.

Jadi, sesuaikan plugin yang akan kamu pasang dengan kebutuhan websitemu. Kami akan memebrikan beberapa rekomendasi plugin yang bisa kamu pasang di website kamu. Ikuti terus artikel ini supaya bisa kamu bisa memilih mana yang kamu butuhkan.

Plugin WordPress Terbaik

Setiap plugin pasti memiliki kurang dan lebihnya masing – masing. Maka dari itu kamu bisa mencari rekomendasi yang sudah dirangkum di bawah ini. Oke, tidak perlu lama – lama langsung saja masuk ke pembahasan yuk.

Plugin Toko Online

Mungkin diantara kamu ada yang masih bingung bagaimana cara membuat web toko online dengan WordPress. Padahal caranya sangat mudah saja. Kamu bisa tinggal memasang plugin toko online terbaik yang terdapat di WordPress.

ADVERTISEMENT

Nah, berikut ini plugin e-Commerce WordPress gratis yang bisa dipertimbangkan.

WooCommerce

WooCommerce ini merupakan salah satu plugin WordPress terbaik untuk toko online.

Hal ini ditandai dengan penggunanya yang sudah mencapai sekitar 5.000.000 orang. Pastinya fitur dan ekstensi yang ditawarkan oleh WooCommerce juga sangat lengkap dan fungsionalitas.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh plugin ini diantaranya seperti.

  • Memiliki komunitas yang besar → dengan adanya komunitas yang besar maka akan memudahkan kamu untuk saling sharing. Atau bisa juga saat ada kendala bisa menanyakannya ke forum tersebut.
  • SEO Friendly → kelebihan ini dapat membantu toko online kamu jadi teroptimasi di search engine.
  • Banyak metode pembayaran → terdapat berbagai jenis metode seperti COD, transfer bank, dan yang lain. Atau bisa juga kamu tambahkan plugin pembayaran WordPress agar lebih lengkap.
  • Terdapat kalkulator pajak WooCommerce → fitur ini bisa kamu gunakan untuk menghitung pajak secara otomatis.

Easy Digital Downloads (EDD)

Plugin WordPress terbaik yang selanjutnya adalah EDD. Jika kamu hanya menjual produk berupa barang digital, maka sebaiknya kamu menggunakan plugin ini.

ADVERTISEMENT

Produk digital yang didukung oleh EDD, diantaranya adalah ebook, PDF, audio dan yang lain.Yang membuat EDD digemari oleh para penjual barang digital diantaranya karena.

  • Memiliki library lengkap → library merupakan sebuah ekstensi yang mendukung produk digital seperti lisensi software, pembatasan konten, dll. Bisa kamu dapatkan dengan gratis saja.
  • Dokumentasi beragam → dokumentasi ini akan sangat berguna untuk kamu yang terkendala saat pemakaian. Dokumentasi yang ditawarkan seperti forum bantuan, video tutorial dan chatroom.
  • Produk terlindungi dengan baik → apabila ada user yang tidak sah, maka produk kamu akan dilindungi dan mereka tidak bisa mendapatkannya.

Ecwid e-Commerce Shopping Cart

Jika kamu mencari plugin toko online dengan tampilan menarik dan sangat trendy. Maka plugin inilah solusinya. Tidak hanya tampilannya yang menarik, Ecwid juga menyediakan fitur yang lengkap.

Dengan perpaduan antara tampilan dan fitur yang lengkap maka tidak heran banyak yang menggunakan plugin ini kan. Mungkin termasuk kamu juga nantinya?

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki plugin Ecwid.

  • Integrasi dengan banyak platform → Ecwid tidak hanya mendukung ke platform WordPress saja. Selain itu terdapat website builder lain seperti Drupal ataupun toko jejaring sosial seperti Instagram Store.
  • Terdapat sertifikasi PCI – DSS → merupakan standar keamanan informasi organisasi yang menangani kartu bermerek. Karena Ecwid mendukung pembayaran dengan kartu bermerek seperti VISA, MasterCard, dll. Maka Ecwid sudah memiliki sertifikasi tersebut.

WP eCommerce

Plugin ini merupakan yang paling lama berada di WordPress. Meskipun sudah berumur lama namun penggunaannya masih relevan sampai sekarang, selain itu fitur bawaan untuk toko online juga sangat lengkap.

Walaupun beberapa kali pengguna mengeluhkan ada bug dan error yang terjadi pada plugin WP eCommerce. Namun hal itu tidak membuat peminat WP eCommerce menurun. Karena terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki seperti.

ADVERTISEMENT
  • Dukungan berbagai item produk → mendukung jenis produk baik digital maupun fisik.
  • Pengiriman barang mudah → terintegrasi dengan jasa pengiriman populer sehingga memudahkan saat pengiriman barang.
  • Kustomisasi website mudah → kamu bisa mengkustom web dengan mudah menggunakan CSS ataupun HTML.

WP EasyCart

Apabila toko online kamu masih berskala kecil. Ada baiknya menggunakan plugin EasyCart. Mereka menawarkan konfigurasi tools yang mudah sehingga cocok juga untuk pemula. Selain itu tampilan pluginnya pun sangat sederhana.

Berikut ini beberapa fitur menarik dari WP EasyCart.

  • Fitur donasi → fitur yang satu ini mungkin jarang ada di plugin lain. Nantinya pemilik toko online memasang donasi dan pengunjung dapat ikut berdonasi di sana.
  • Fitur invoice → fitur ini digunakan apabila membutuhkan nomor invoice saat pembelian barang di toko tersebut.
  • Plugin gratis yang lengkap → meskipun kamu menggunakan secara gratis, tapi kamu bisa mendapatkan fitur tingkat lanjut.

Plugin SEO

Sebuah website perlu dioptimasi agar bisa tampil di halaman pertama Google. Salah satu cara untuk mengoptimasinya adalah menggunakan plugin SEO terbaik. Berikut plugin wajib untuk SEO yang bisa kamu coba.

Yoast SEO

Plugin SEO WordPress terbaik adalah Yoast SEO. Fungsi Yoast SEO adalah membantu membuat konten kamu lebih SEO friendly. Sampai saat ini Yoast SEO masih menjadi plugin SEO terbaik.Karena memang fitur dan penggunaannya yang mudah.

Jadi nantinya di plugin ini terdapat poin – poin yang harus kamu penuhi agar kontennya dapat teroptimasi dengan baik. Poin tersebut diantaranya.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri [Tips & Cara Lapor]

4 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Kabarnya lagi marak nih penipuan bermodus paket kiriman. Biar lebih waspada, yuk simak seperti apa sih ciri-ciri penipuan kiriman paket dari luar negeri.Di artikel sebelumnya kita juga sudah menjawab “apakah …

Cara Cek Tarif Grab Termudah di Aplikasi & Google Maps

2 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Siapa nih yang kemana-mana langganan ojek online khususnya Grab? Yuk simak cara cek tarif Grab biar lebih irit dan semakin cerdas mengatur pengeluaran setiap harinya. Cara cek Ongkos Grabsangat mudah …

Cara Cek Resi ID Express Dari Shopee 2022, Lengkap dan Akurat

10 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Jka kamu sedang menggunkan ekspedisi ID Express, mungkin kamu penasaran dengan cara cek resi ID Express dari Shopee. dari berbagai ekspedisi yang bisa kita pilih, ID Express sering digunakan karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *