ADVERTISEMENT

7 Plugin WordPress Terbaik Wajib Install Di Tahun 2021 [+Terlengkap]

Posted on 29 Jun 2021 By Aorinka Anendya

Apakah kamu sedang mencari plugin WordPress terbaik untuk website? Tepat sekali, kamu sudah berada di artikel ini. Karena kita akan mengulasnya bersama.

Sebelum itu yang perlu kamu tahu, di WordPress sendiri terdapat puluhan ribu plugin yang bisa diinstall secara gratis maupun berbayar. Dari mulai plugin SEO, toko online, Sitemap dan masih banyak jenis plugin lainnya.

Tentu kamu tidak bisa menginstall semuanya di website kan? Oleh karena itulah kamu perlu mengetahui daftar plugin WordPress gratis terbaik yang bisa kamu pasang.

ADVERTISEMENT

Untuk kamu yang sedang bingung apalagi masih awam dengan berbagai jenis plugin yang ada di WordPress, ikuti terus artikel ini untuk mengetahui.

  • Rekomendasi plugin WordPress untuk toko online, SEO, Sitemap, Keamanan WordPress, Multibahasa, Galeri Foto dan Iklan.
Baca Juga : Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat Youtube Secara Gratis

Plugin WordPress Terbaik

Setiap plugin pasti memiliki kurang dan lebihnya masing – masing. Maka dari itu kamu bisa mencari rekomendasi yang sudah dirangkum di bawah ini. Oke, tidak perlu lama – lama langsung saja masuk ke pembahasan yuk.

Plugin Toko Online

Mungkin diantara kamu ada yang masih bingung bagaimana cara membuat web toko online dengan WordPress. Padahal caranya sangat mudah saja. Kamu bisa tinggal memasang plugin toko online terbaik yang terdapat di WordPress.

Nah, berikut ini plugin e-Commerce WordPress gratis yang bisa dipertimbangkan.

WooCommerce

WooCommerce ini merupakan salah satu plugin WordPress terbaik untuk toko online.

Hal ini ditandai dengan penggunanya yang sudah mencapai sekitar 5.000.000 orang. Pastinya fitur dan ekstensi yang ditawarkan oleh WooCommerce juga sangat lengkap dan fungsionalitas.

ADVERTISEMENT

Kelebihan lain yang dimiliki oleh plugin ini diantaranya seperti.

  • Memiliki komunitas yang besar → dengan adanya komunitas yang besar maka akan memudahkan kamu untuk saling sharing. Atau bisa juga saat ada kendala bisa menanyakannya ke forum tersebut.
  • SEO Friendly → kelebihan ini dapat membantu toko online kamu jadi teroptimasi di search engine.
  • Banyak metode pembayaran → terdapat berbagai jenis metode seperti COD, transfer bank, dan yang lain. Atau bisa juga kamu tambahkan plugin pembayaran WordPress agar lebih lengkap.
  • Terdapat kalkulator pajak WooCommerce → fitur ini bisa kamu gunakan untuk menghitung pajak secara otomatis.

Easy Digital Downloads (EDD)

Plugin WordPress terbaik yang selanjutnya adalah EDD. Jika kamu hanya menjual produk berupa barang digital, maka sebaiknya kamu menggunakan plugin ini.

Produk digital yang didukung oleh EDD, diantaranya adalah ebook, PDF, audio dan yang lain.Yang membuat EDD digemari oleh para penjual barang digital diantaranya karena.

  • Memiliki library lengkap → library merupakan sebuah ekstensi yang mendukung produk digital seperti lisensi software, pembatasan konten, dll. Bisa kamu dapatkan dengan gratis saja.
  • Dokumentasi beragam → dokumentasi ini akan sangat berguna untuk kamu yang terkendala saat pemakaian. Dokumentasi yang ditawarkan seperti forum bantuan, video tutorial dan chatroom.
  • Produk terlindungi dengan baik → apabila ada user yang tidak sah, maka produk kamu akan dilindungi dan mereka tidak bisa mendapatkannya.

Ecwid e-Commerce Shopping Cart

Jika kamu mencari plugin toko online dengan tampilan menarik dan sangat trendy. Maka plugin inilah solusinya. Tidak hanya tampilannya yang menarik, Ecwid juga menyediakan fitur yang lengkap.

Dengan perpaduan antara tampilan dan fitur yang lengkap maka tidak heran banyak yang menggunakan plugin ini kan. Mungkin termasuk kamu juga nantinya?

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki plugin Ecwid.

  • Integrasi dengan banyak platform → Ecwid tidak hanya mendukung ke platform WordPress saja. Selain itu terdapat website builder lain seperti Drupal ataupun toko jejaring sosial seperti Instagram Store.
  • Terdapat sertifikasi PCI – DSS → merupakan standar keamanan informasi organisasi yang menangani kartu bermerek. Karena Ecwid mendukung pembayaran dengan kartu bermerek seperti VISA, MasterCard, dll. Maka Ecwid sudah memiliki sertifikasi tersebut.
Baca Juga : Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

WP eCommerce

Plugin ini merupakan yang paling lama berada di WordPress. Meskipun sudah berumur lama namun penggunaannya masih relevan sampai sekarang, selain itu fitur bawaan untuk toko online juga sangat lengkap.

ADVERTISEMENT

Walaupun beberapa kali pengguna mengeluhkan ada bug dan error yang terjadi pada plugin WP eCommerce. Namun hal itu tidak membuat peminat WP eCommerce menurun. Karena terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki seperti.

  • Dukungan berbagai item produk → mendukung jenis produk baik digital maupun fisik.
  • Pengiriman barang mudah →  terintegrasi dengan jasa pengiriman populer sehingga memudahkan saat pengiriman barang.
  • Kustomisasi website mudah → kamu bisa mengkustom web dengan mudah menggunakan CSS ataupun HTML.

WP EasyCart

Apabila toko online kamu masih berskala kecil. Ada baiknya menggunakan plugin EasyCart. Mereka menawarkan konfigurasi tools yang mudah sehingga cocok juga untuk pemula. Selain itu tampilan pluginnya pun sangat sederhana.

Berikut ini beberapa fitur menarik dari WP EasyCart.

  • Fitur donasi → fitur yang satu ini mungkin jarang ada di plugin lain. Nantinya pemilik toko online memasang donasi dan pengunjung dapat ikut berdonasi di sana.
  • Fitur invoice → fitur ini digunakan apabila membutuhkan nomor invoice saat pembelian barang di toko tersebut.
  • Plugin gratis yang lengkap → meskipun kamu menggunakan secara gratis, tapi kamu bisa mendapatkan fitur tingkat lanjut.
Baca Juga : Arti Preloved Dalam Online Shop Beserta Penjelasannya [+Lengkap]

Plugin SEO

Sebuah website perlu dioptimasi agar bisa tampil di halaman pertama Google. Salah satu cara untuk mengoptimasinya adalah menggunakan plugin SEO terbaik. Berikut plugin wajib untuk SEO yang bisa kamu coba.

Yoast SEO

Plugin SEO WordPress terbaik  adalah Yoast SEO. Fungsi Yoast SEO adalah membantu membuat konten kamu lebih SEO friendly. Sampai saat ini Yoast SEO masih menjadi plugin SEO terbaik.Karena memang fitur dan penggunaannya yang mudah.

Jadi nantinya di plugin ini terdapat poin – poin yang harus kamu penuhi agar kontennya dapat teroptimasi dengan baik. Poin tersebut diantaranya.

ADVERTISEMENT
Plugin WordPress terbaik, seo Analisis Yoast SEO
@SEO Analysis Yoast SEO
  • Focus keyphrase → untuk memasukan keyword utama.
  • Edit snippet → untuk memasukan meta deskripsi konten.

Selain itu juga terdapat Analysis results yang mana jika warnanya sudah berubah jadi hijau maka sudah SEO Friendly. Poin dari analisis tersebut adalah.

  • ALT image.
  • Internal link.
  • Keyphrase length atau panjang keyword.

Dan masih banyak yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan skor hijau.

All in One SEO Pack

Di urutan kedua terdapat plugin All in One SEO Pack. Plugin ini juga tidak kalah menarik dari yang sebelumnya. Untuk fiturnya sendiri hampir sama, seperti.

  • Snippet preview → untuk melihat tampak depan artikel kamu apabila di mesin pencari.
  • Post title → untuk memasukan judul konten.
  • Meta description → untuk mengisi meta deskripsi konten.
  • Focus keyphrase → untuk memasukan kata kunci utama.

Tetapi ada yang berbeda dari plugin ini. Yaitu terdapat fitur untuk mengatur tampilan konten saat di sosial media yaitu Facebook dan Twitter.

Jadi, meskipun kontennya sama. Kamu bisa mengganti judul dan meta deskripsinya.

Baca Juga : Apa Itu LSI Keyword, Manfaat dan Cara Mudah Risetnya Untuk SEO

Rank Math SEO

Rank Math SEO ini biasanya digunakan sebagai plugin SEO Blogger. Mengapa? Karena fitur atau modul yang mereka tawarkan sangat lengkap sehingga semuanya bisa ditemukan dalam satu plugin saja.

Untuk tampilan modulnya kurang lebih seperti berikut.

Modul – modul tersebut bisa diaktifkan dan nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan web kamu saja. Namun ada beberapa modul yang sebaiknya dipasang di web. Diantaranya adalah.

  • 404 monitor → untuk memonitor apabila terdapat error 404 pada website.
  • Image SEO → untuk menambahkan ALT dan title tag pada semua gambar yang di upload ke web.
  • Search console → untuk menghubungkan website dengan Google Search Console.
  • Sitemap → untuk membuat sitemap secara otomatis. Sehingga dapat membantu indeks artikel.

Broken Link Checker

Plugin WordPress terbaik ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Bukan untuk mengoptimasi konten tapi membantu agar performa website dan konten lebih optimal. Yaitu dengan cara melakukan pemantauan pada semua link yang terdapat pada website kamu.

Dengan Broken Link Checker kamu dapat menemukan link yang rusak dengan mudah. Selain itu kamu juga bisa mengaturnya sendiri.

Apa saja link yang akan dicek otomatis oleh plugin ini, diantaranya seperti.

  • Link artikel.
  • Link gambar.
  • Link video Youtube, dll.

Atau mengatur di mana saja halaman yang akan dicek linknya diantaranya adalah.

  • Halaman komentar.
  • Halaman postingan.
  • Template, dan masih banyak lagi.

Google Analytics by MonsterInsight

Setelah konten teroptimasi dan performa website sudah dioptimalkan. Selanjutnya adalah memantau jumlah pengunjung website. Nah, untuk melakukan hal tersebut kamu bisa memasang plugin MonsterInsight di website.

Kira – kira seperti ini tampilan utama plugin MonsterInsight. Di gambar ini terdapat statistik laporan jumlah visitor kamu setiap harinya.

Plugin WordPress Terbaik, dashboard plugin MonsterInsight
@Dashboard Plugin MonsterInsight
Baca Juga : Cara Optimasi On Page SEO Agar Muncul Di Google Halaman Pertama

Selain itu juga jika di scroll lagi ke bawah terdapat beberapa informasi lain seperti.

  • Top 10 countries → sepuluh negara teratas yang paling sering mengunjungi web kamu.
  • Top 10 referrals → sepuluh top link yang merujuk ke website kamu.
  • Top posts → konten yang paling sering dikunjungi oleh visitor.

Bagaimana, sampai sini sudah tahu ingin memasang plugin SEO yang mana?

Plugin Sitemap

Perlu kamu tahu lebih dulu. Sitemap ini berisikan kumpulan link yang terdapat di website. Fungsi sitemap ini yaitu untuk memberi tahu mesin pencari mengenai semua halaman yang dimiliki oleh  web tersebut.

Untuk itu peran sitemap sangatlah penting. Berikut rekomendasi plugin sitemap terbaik.

Google XML Sitemap

Plugin WordPress terbaik untuk kategori sitemap yang paling populer yaitu Google XML Sitemap. Dengan plugin ini kamu bisa membuat sitemap secara mudah. Kamu hanya tinggal install dan mengaktifkannya, maka alamat sitemapnya sudah otomatis terbuat.

Namun, kamu juga bisa melakukan setting tambahan seperti gambar berikut. Tiga kotak di bawah boleh kamu ceklist ataupun tidak.

Plugin WordPress terbaik 2021, plugin Google XML SItemap
@Tampilan Plugin Google XML Sitemap
  • Notify Google about updates of your site → untuk melakukan ping otomatis ke Google apabila terdapat postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Notify Bing about updates of your site → berfungsi untuk melakukan ping otomatis ke Bing apabila terdapat postingan baru atau update terkait postingan lama.
  • Add sitemap URL to the virtual robots.txt → untuk menambahkan URL sitemap ke file robots.txt.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya, lalu kamu salin link sitemap tersebut.

Baca Juga : Panduan Lengkap 7 Meta Tag SEO untuk Optimasi Google

Jetpack

Jetpack sendiri bukanlah plugin khusus untuk sitemap. Justru banyak modul yang disediakan oleh plugin ini. Dan salah satunya adalah Sitemap.

Lalu bagaimana cara membuat sitemap di WordPress menggunakan plugin Jetpack? Caranya mudah saja, kamu hanya perlu memasang lalu aktifkan saja.

Selanjutnya cari di menu Traffic dan gulir ke bawah seperti gambar berikut. Sampai menemukan Generate XML Sitemaps lalu kamu aktifkan. Jika sudah maka alamat sitemap pun otomatis akan muncul.

Plugin Sitemap WordPress terbaik. tampilan sitemap plugin jetpack
@Tampilan Sitemap Plugin Jetpack

Sitemap by BestWebSoft

Plugin ini cocok digunakan untuk pemula yang baru mengetahui bagaimana cara membuat sitemap di WordPress. Mengapa? Karena setting yang diberikan oleh plugin ini tidak ribet dan sangat mudah.

Selain itu tampilannya pun sederhana sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mengoperasikannya.

Untuk mendapatkan URL sitemap nya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal menyalin link yang sudah disediakan. Atau bisa juga mengatur dua opsi di bawah ini.

  • Robots.txt → untuk menambahkan jalur file sitemap ke file Robots.txt.
  • Media sitemap → digunakan apabila kamu ingin membuat file sitemap yang terpisah antara gambar dan video.

Kamu bebas ingin menyentangnya atau tidak. Jika iya maka kedua opsi di atas akan otomatis terbuat. Setelah itu jangan lupa untuk menyimpan perubahannya dan mendapatkan link sitemapnya.

XML Sitemap & Google News

Apabila kamu sedang mencari plugin sitemap WordPress untuk web portal berita. Maka bisa menggunakan plugin ini, meskipun penggunanya baru 100.000 orang namun sudah sering digunakan oleh pemilik web berita.

Kamu dapat membuat sitemap dengan mudah tanpa harus mengubah izin file, folder maupun memindahkan file. Untuk membuat sitemap kamu hanya perlu mengisi beberapa kolom seperti.

  • Publication name → untuk memasukan judul situs.
  • Post type → untuk memilih halaman tipe apa saja yang akan dimasukan ke sitemap.
  • Categories → untuk memilih kategori yang akan diikutsertakan dalam sitemap.
Baca Juga :Apa Itu SERP: Pengertian, Manfaat dan Hubungannya dengan SEO

Setelah itu, jika sudah berhasil maka kamu akan mendapatkan 2 macam link sitemap. Yaitu link sitemap biasa, dan satu lagi link sitemap news.

Simple Sitemap

Plugin sitemap terakhir ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya memakai link dan harus mengaturnya secara manual.

Dengan Simple Sitemap kamu hanya perlu menambahkan sebuah blok ke dalam postingan dan mengkonfigurasinya lewat editor WordPress. Di bagian General Settings kamu hanya perlu memasukan apa saja yang nantinya tampil di display sitemap.

Untuk hasilnya kira – kira seperti di bawah ini.

Plugin WordPress terbaik, hasil sitemap plugin Simple Sitemap
@Tampilan Hasil Plugin Simple Sitemap

Plugin Keamanan WordPress

Keamanan website merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih jika website besar. Untuk membantu mengamankan situs, kamu bisa menggunakan plugin keamanan WordPress terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi pluginnya.

Akismet

Plugin WordPress terbaik kategori security yang pertama adalah Akismet. Mungkin kamu seringkali menemukan spam komentar pada website kamu. Tentunya hal itu pasti akan sangat mengganggu kerapihan web kamu, apalagi jika isi komentarnya link tidak jelas.

Padahal spam komentar seperti itu akan berdampak kurang baik terhadap performa website. Oleh karena itulah kamu perlu menggunakan plugin Akismet.

Plugin ini berfungsi untuk menyaring semua komentar yang masuk. Jadi, apabila terdapat komentar yang terbaca sebagai spam, mereka akan otomatis menghapusnya.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan energi lebih untuk memfilter komentar.

Baca Juga : Cara Membuat Google Bisnisku Dengan Mudah Untuk Pemula [+Komplit]

Wordfence Security

Plugin selanjutnya adalah Wordfence Security. Pihak Wordfence mengklaim bahwa plugin mereka merupakan plugin keamanan WordPress terbaik. Hal ini memang sebanding dengan fitur – fitur yang diberikan.

Salah satu fitur yang digemari oleh para penggunanya adalah Scan. Dengan fitur scan ini kamu bisa memindai semua file yang terdapat dalam website. Jadi, apabila terdapat masalah pada web nanti akan langsung muncul peringatannya dan kamu bisa langsung mengatasinya.

Fitur lain yang terdapat pada plugin Wordfence yaitu.

  • Blokir IP yang berbahaya.
  • Real time monitoring.
  • Two factor authentication atau verifikasi dua langkah.
  • Plugin and themes scanning.

iThemes Security

Jika kamu mencari plugin yang memiliki modul lengkap. Maka kamu bisa coba memasang iThemes Security.

Plugin ini berisikan kumpulan modul yang bisa digunakan untuk membantu keamanan website. Modul – modul tersebut bisa kamu aktifkan ataupun nonaktifkan apabila sekiranya tidak dibutuhkan.

Namun, salah satu modul yang sebaiknya kamu pasang di website yaitu Security Check. Modul ini berfungsi untuk memindai website. Apabila pemindaian sudah berhasil dilakukan, maka kamu akan mendapat informasi seperti.

  • Identifikasi IP Server.
  • Kata sandi dan masih banyak lagi.
Baca Juga : Wajib Tahu! Panduan Sukses Jualan Online Makin Laris 2021 [Lengkap]
Plugin WordPress terbaik, tampilan plugin Security Check
@Tampilan Plugin Security Check

Informasi tersebut cukup lengkap dari mulai yang sudah aman ditandai warna hijau sampai dengan yang warning warna kuning.

Loginizer

Apakah kamu pernah menemukan akun tidak dikenal yang berusaha meretas website kamu? Jika iya maka kamu perlu memasang plugin Loginizer ini.

Fitur andalan pada plugin ini yaitu melindungi halaman login dari akun tidak yang tidak dikenal. Dengan kamu memasang plugin ini, maka histori login website kamu dapat terekam semua oleh plugin Loginizer.

Plugin WordPress terbaik, histori login plugin Loginizer
@Histori Login Plugin Loginizer

Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk melihat apakah terdapat akun yang sekiranya berpotensi dapat membahayakan website.

All in One WP Security

Plugin WordPress terbaik selanjutnya adalah All in One WP Security. Untuk penggunanya sendiri sudah mencapai 900.000 orang. Mungkin diantara kamu ada yang sudah pernah dengar plugin ini.

Baca Juga : Ini Dia Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO, Pilih Yang Mana?

Nah, apa yang menarik? Pada plugin AIO WP Security terdapat fitur pengukur keamanan website atau strength maker.

Yang mana merupakan parameter untuk menunjukkan jumlah skor keamanan sebuah web. Apabila kamu sudah menerapkan keamanan – keamanan web tersebut, maka skor kamu akan besar. Semakin besar skornya, maka semakin bagus juga performa keamanannya.

Sucuri Security

Sucuri Security merupakan plugin keamanan WordPress yang berfungsi untuk merekam semua aktivitas yang sekiranya mencurigakan pada website.

Berikut ini beberapa fitur dari plugin Sucuri.

  • WordPress integrity tool → berfungsi untuk mendeteksi file yang telah ditambahkan, dimodifikasi ataupun dihapus. Sehingga semua historinya akan terekam di sini.
  • Log audit dan malware scanner → untuk memberitahu terkait kejadian yang mencurigakan dan berbahaya bagi web.

Selain itu terdapat fitur pendukung seperti.

  • Scan malware.
  • Post hack security.
  • Blacklist monitoring.

Shield Security

Plugin WordPress terbaik dari kategori keamanan yang terakhir adalah Shield Security. Meskipun penggunanya belum terlalu banyak, namun plugin ini memiliki fitur atau modul yang sangat lengkap untuk ukuran plugin security.

Apabila kamu sudah berhasil memasangnya di website. Saat pertama kali membuka dashboard pluginnya maka akan tampil ringkasan keamanan dari website kamu.

Ringkasan tersebut dibagi menjadi 4 yaitu Danger, Warning, Info dan Good. Seperti gambar di bawah ini.

Plugin WordPress terbaik, tampilan dashboard plugin Shield Security
@Tampilan Dashboard Shield Security

Untuk memperbaikinya kamu hanya tinggal mengetuk pada icons nya saja. Setelah itu kamu akan langsung dibawa pada halaman perbaikan.

Plugin Multibahasa

Kamu ingin website yang memiliki 2 bahasa atau lebih? Jika iya, solusinya kamu bisa menggunakan plugin terjemahan atau plugin multibahasa terbaik. Apabila masih bingung ingin memilih plugin yang mana, baca rekomendasinya berikut ini.

Loco Translate

Sampai saat ini, Loco Translate masih menjadi plugin WordPress terbaik kategori multibahasa yang paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Kira – kira sekitar 1.000.000 orang menggunakan plugin ini.

Sistem terjemahan yang disediakan oleh Loco Translate yaitu manual. Nantinya kamu akan diminta untuk memilih tema mana yang akan diterjemahkan.

Selanjutnya akan muncul semua kalimat yang terdapat di tema tersebut dan kamu bisa memilih beberapa atau diterjemahkan semua.

Plugin WordPress terbaik, fitur terjemahan plugin Loco Translate
@Fitur Terjemahan Loco Translate

Jika sudah jangan lupa simpan, agar saat pengunjung ingin menerjemahkan, maka hasilnya akan keluar.

Selain itu, di Loco Translate juga terdapat progress dari masing – masing bahasa yang sedang kamu terjemahkan. Sehingga nantinya akan kelihatan bahasa mana yang sudah benar – benar selesai.

Polylang

Plugin terjemahan WordPress selanjutnya adalah Polylang. Plugin ini dapat menerjemahkan semua elemen yang terdapat dalam web seperti kategori, widget, post dan masih banyak lagi. Namun, masih sama dengan sebelumnya kamu juga perlu menerjemahkannya secara manual.

Untuk penambahan bahasa, kamu bisa menambahkannya lebih dari 2. Caranya pun sangat mudah hanya tinggal memilih bahasa pada kolom Choose a language setelah itu bahasa baru akan muncul.

Plugin WordPress terbaik, fitur tambah bahasa pada plugin Polylang
@Fitur Penambahan Bahasa Pada Polylang

Tetapi ada yang berbeda saat proses penerjemahan. Untuk Polylang kamu harus menerjemahkannya langsung saat mengedit konten. Selain itu kamu bisa langsung menerjemahkan satu kalimat ke beberapa bahasa sekaligus.

Efektif sekali kan?

Translate Multilingual Sites – TranslatePress

Berbeda dengan sebelumnya, dengan TranslatePress kamu bisa menerjemahkan konten sembari melihat preview halamannya. Dengan adanya preview seperti ini tentu akan semakin memudahkan kamu. Sehingga akan meminimalisir kesalahan saat penerjemahan.

Gambaran previewnya yaitu nanti dibagi menjadi dua kolom. Kolom sebelah kiri digunakan untuk memilih bahasa dan memasukan teks, sedangkan kolom sebelah kanan merupakan tampilan preview tersebut.

Plugin WordPress terbaik, fitur terjemahan plugin TranslatePress
@Fitur Terjemahan TranslatePress

Lalu bagaimana untuk fitur translate otomatis? Untuk fitur tersebut kamu tidak bisa langsung mendapatkannya begitu saja. Karena kamu perlu sebuah API key dari Google Translate langsung.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena API key tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis asalkan mengikuti langkah – langkahnya.

WPML – WooCommerce

Apabila kamu pemilik toko online WooCommerce dan ingin menggunakan lebih dari satu bahasa. Maka kamu bisa mencoba menggunakan WPML.

Kamu tidak perlu khawatir karena fitur yang mereka sediakan lengkap dan sudah pasti mendukung untuk penerjemahan semua produk penjualan. Dan yang pasti sangat kompatibel dengan ekstensi yang terdapat di WooCommerce.

Tidak hanya untuk menerjemahkan. WPML juga menawarkan fitur multi currency. Jadi, apabila toko kamu sudah berskala internasional dan dikenal oleh banyak negara. Kamu bisa menggunakan fitur ini.

Baca Juga : Wajib Tahu! Panduan Sukses Jualan Online Makin Laris 2021 [Lengkap]

Sistemnya nanti selain mata uang utama misalkan Dollar, kamu bisa menambahkan mata uang tambahan seperti euro ataupun mata uang lain. Masing – masing mata uang tersebut bisa kamu setting untuk negara tertentu saja yang menggunakan nilai uang tersebut.

Weglot

Plugin translate WordPress yang terakhir yaitu Weglot. Diantara plugin multibahasa yang lain, plugin Weglot inilah yang memiliki tampilan paling trendy. Selain itu juga terdapat 110 macam bahasa asing yang bisa kamu pilih.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan memasang plugin Weglot adalah sangat SEO Friendly. Mereka mengklaim bahwa Weglot dapat mengindeks semua halaman yang sudah diterjemahkan. Menarik sekali kan pluginnya?

Plugin Galeri Foto / Katalog Foto

Sebuah website akan terlihat lebih menarik jika terdapat visualnya ataupun gambar kan? Dengan adanya gambar tersebut dapat membuat pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi sebuah web.

Oleh karena itu kamu bisa memasang plugin galeri foto / katalog foto WordPress berikut ini.

NextGEN Gallery

Plugin WordPress terbaik galeri foto yaitu NextGEN Gallery. Jika dilansir dari informasi plugin resminya, NextGEN sudah ada sejak tahun 2007 lalu. Selama itulah plugin ini terus mengembangkan kualitas dan fitur – fitur yang dimiliki. Hingga sampai sekarang sudah digunakan oleh lebih dari 700.000 orang.

NextGEN dapat membantu kamu untuk membuat galeri foto WordPress yang sederhana namun tetap terlihat menarik. Selain itu untuk versi gratisnya kamu masih mendapatkan banyak fitur, diantaranya seperti.

  • Mengedit gambar yang akan ditampilkan di galeri.
  • Mengatur dan mengurutkan foto sesuai keinginan.
  • Mengelompokkan galeri ke sebuah album.

Dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu coba sendiri.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Google?: Crawling, Indexing, dan Ranking

Photo Gallery by  10web

Apabila kamu mencari plugin galeri foto yang sangat user friendly maka Photo Gallery ini bisa menjadi pilihan. Karena memang memberikan pengaturan yang mudah. Selain itu juga menyediakan tata letak album dan opsi galeri yang menarik.

Plugin ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki blog fotografi atau website yang membutuhkan banyak gambar sebagai pendukung.

Tidak hanya tampilan web yang menarik, kamu juga masih bisa mengimplementasikan SEO. Karena pada plugin ini terdapat fitur untuk  menambahkan tag dan metadata yang masih relevan dengan gambar tersebut.

Sehingga keduanya bisa berjalan sekaligus antara tampilan dengan optimasi.

FooGallery

Meskipun terdapat di urutan ketiga. Namun rating plugin FooGallery ini cukup memuaskan yaitu sudah mencapai bintang 5. Hal ini sebanding dengan fitur atau opsi yang mereka tawarkan.

Karena faktanya, pada plugin ini memang menyediakan opsi yang banyak. Diantaranya seperti template album ini.

  • Single thumbnail gallery.
  • Simple portfolio gallery.
  • Justified gallery.

Dan masih banyak yang lain. Sedangkan untuk pilihan tata letak albumnya memiliki 2 macam yaitu.

  • Responsive album layout.
  • All in one stack album.

Responsive LightBox & Gallery

Untuk kamu yang tidak mau ribet dan banyak mengeluarkan waktu. Kamu bisa menggunakan plugin ini. Karena cara membuat album gallery di WordPress menggunakan plugin ini sangatlah mudah.

Jika biasanya harus mengupload gambarnya lebih dulu. Di sini kamu hanya perlu drag & drop gambarnya ke dalam plugin tersebut. Sehingga dalam beberapa menit saja galeri foto kamu sudah berhasil terbuat.

Plugin WordPress terbaik, halaman edit foto plugin Responsive Lightbox
@Halaman Edit Plugin Responsive LightBox
Baca Juga : Apa itu Marketplace, e-Commerce, Online Shop? (Beda + Contoh)

Selain itu, Responsive LightBox & Gallery juga memiliki tampilan edit galeri yang minimalis. Hal ini akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang masih pemula.

Envira Gallery

Plugin WordPress terbaik untuk kategori galeri foto selanjutnya yaitu Envira Gallery. Plugin ini cocok digunakan untuk kamu yang ingin mencantumkan sosial media ke gambar tersebut.

Envira Gallery mendukung kamu untuk mengintegrasikan gambar ke sosmed seperti Pinterest, Twitter, Tumblr ataupun Google.

Tidak hanya dengan sosmed, plugin ini juga terintegrasi dengan plugin toko online WooCommerce. Sehingga nantinya kamu bisa menampilkan bahkan menjual foto di WooCommerce dengan bantuan plugin Envira Gallery.

Modula Image Gallery

Plugin satu ini memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu tampilan yang minimalis namun tetap memberikan kesan trendy. Apalagi jika diberi gambar yang menarik, hal tersebut akan membuat pengunjung ingin berlama – lama di webnya.

Plugin WordPress terbaik, tampilan galeri foto plugin Modula
@Demo Plugin Modula Gallery
Baca Juga : Cara Menggunakan Canva: Tutorial Mudah Desain Feed Sosmed

Fitur yang dimiliki Modula namun jarang ada di plugin galeri lain adalah perlindungan klik kanan. Dengan adanya perlindungan ini gambar milik kamu tidak bisa sembarang diunduh oleh pengguna internet.

Sangat aman kan untuk melindungi foto pribadi?

Justified Gallery

Untuk para pemula yang tidak mau ribet dengan urusan galeri WordPress mungkin akan memilih plugin ini. Justified Gallery memang memberikan konsep yang minimalis untuk sebuah galeri foto.

Fitur pendukung lainnya yaitu penambahan deskripsi di setiap gambarnya. Selain itu pluginnya juga sangat responsive apabila diakses lewat perangkat seluler.

Untuk versi gratisnya, kamu hanya bisa memasukan maksimal 50 gambar setiap halamannya. Apabila kamu butuh lebih maka disarankan untuk mengupgrade ke versi premium.

Gallery Bank

Apabila kamu seorang fotografer ataupun profesi yang membutuhkan situs untuk menampilkan hasil gambar. Maka kamu bisa menggunakan Gallery Bank ini.

Plugin ini memang cocok digunakan sebagai portofolio, showcase album, ataupun teaser untuk website.

Sehingga apabila kamu sedang mencari plugin galeri foto semacam ini, bisa langsung kamu coba saja. Karena di sana kamu bisa menampilkan album di bagian postingan, halaman ataupun widget.

Plugin Iklan

Selanjutnya adalah plugin WordPress terbaik kategori iklan. Apakah kamu sedang mencari plugin untuk memasang iklan? Jika iya kamu bisa simak rekomendasi plugin iklan terbaik berikut ini agar menjadi pertimbangan saat memasang.

Ad Inserter

Ad Inserter merupakan salah satu plugin iklan yang paling banyak digunakan pengguna WordPress. Selain itu mereka juga memberikan jenis iklan yang bermacam – macam tidak hanya Adsense diantaranya seperti Ad Manager, Affiliate dan yang lain.

Meskipun menggunakan versi gratis, kamu bisa mendapatkan slot iklan yang cukup banyak yaitu 16 slot.

Untuk pengaturan iklan pada Ad Inserter kebanyakan adalah manual. Maka dari itu sedikit demi sedikit kamu harus tahu dasar – dasar Javascript maupun PHP.

Tapi tidak perlu khawatir juga karena mereka menyediakan dokumentasi yang lengkap.

Baca Juga : Cara Beriklan di Facebook Ads Untuk Jualan Online [Mudah + Komplit]

Advanced Ads

Berbeda dengan sebelumnya, Advanced Ads menawarkan pilihan jenis iklan yang lebih beragam. Diantaranya seperti.

  • Responsive.
  • LinkAds.
  • InFeed
  • InArticle.

Dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk produk iklannya sendiri tidak jauh berbeda dengan sebelumnya seperti Adsense, Amazon Ads dan Google Ad Manager.

Khusus untuk kamu yang menggunakan iklan jenis Adsense. Plugin Advanced Ads menyediakan fitur untuk menampilkan halaman penghasilan Adsense kamu. Sehingga kamu tidak perlu bolak – balik untuk mengeceknya ke Google Ads.

Baca Juga : Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

Quick Adsense

Seperti namanya, dengan plugin ini pemasangan iklan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, yang perlu diingat Quick Adsense hanya terintegrasi dengan iklan Adsense saja tidak dengan merek lain.

Dengan plugin ini kamu hanya tinggal menyalin dan memasukan kode Adsense ke kolom yang sudah tersedia. Dan selanjutnya bisa kamu setting berdasarkan.

  • Penargetan ke negara tertentu.
  • Penargetan berdasarkan tipe perangkat.
  • Penargetan berdasarkan sumber pengunjung.

Ads by WPQUADS

Apabila kamu mencari plugin yang menyediakan banyak vendor iklan. Maka kamu bisa mencoba WPQUADS.

Diantara plugin iklan yang lain. Plugin WPQUADS inilah yang paling banyak bekerjasama dengan banyak vendor iklan. Diantaranya adalah.

  • Google Adsense.
  • Google Ad Manager.
  • Yandex Direct.
  • Mgid.
  • Taboola.
  • Media.net dan masih banyak yang bisa kamu pilih.
Plugin WordPress terbaik, pilihan vendor iklan plugin Ads by WPQUADS,
@Pilihan Vendor Iklan Pada Plugin Ads by WPQUADS
Baca Juga : Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

Sehingga apabila kamu belum diterima Adsense, kamu masih tetap bisa menggunakan plugin WPQUADS ini.

Fitur mereka yang paling terbaru adalah.

  • Terintegrasi dengan cerita web. Sehingga kamu bisa beriklan pada cerita web AMP.
  • Fitur laporan atas kinerja iklan yang terbaik.
  • Mendeteksi apabila terdapat penipuan link.

AdRotate

Jika plugin sebelumnya memiliki vendor iklan yang banyak. Untuk plugin satu ini sangat kompatibel dengan berbagai plugin lain seperti Yoast SEO, Jetpack dan WooCommerce.

Baca Juga : 10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online

Sehingga, apabila kamu pengguna WooCommerce dan ingin menampilkan iklan, bisa coba memasang plugin AdRotate.

Tampilan AdRotate memang dirancang sederhana agar bisa digunakan baik oleh pemula maupun yang sudah professional.

Berikut beberapa fitur dari AdRotate.

  • Bebas untuk menempatkan iklan di manapun.
  • Terdapat fitur untuk melacak jumlah klik, tayangan dan menghitung CTR.
  • Fitur untuk menonaktifkan iklan apabila sudah kedaluwarsa.

WP – Insert

Mereka mengklaim bahwa WP – Insert merupakan salah satu plugin terkuat untuk membuat iklan. Selain untuk membuat dan mengontrol iklan.

Plugin ini juga memiliki fitur menarik yaitu code tracking Google Analytics dan A/B testing untuk melihat performa masing – masing iklan yang kamu pasang.

Plugin WordPress terbaik, fitur A/B testing pada plugin WP - Insert
@Fitur A/B Testing Pada Plugin WP – Insert

Untuk kamu pengguna WooCommerce juga dapat mencoba plugin ini karena masih kompatibel dan mendukung iklan pada WooCommerce.

Baca Juga : 8 Toko Online yang Bisa Bayar di Tempat (COD) Supaya Aman

WP125

Plugin WordPress terbaik untuk kategori iklan yang terakhir adalah WP125. Mengapa 125? Karena jenis iklan yang mereka sediakan yaitu berukuran 125 x 125 cm saja.

Plugin ini akan sangat cocok untuk kamu yang tidak mau dipusingkan oleh setting iklan yang terlalu banyak.

Lalu bagaimana cara memasang iklan di WordPress menggunakan plugin WP125 ini? Kamu hanya perlu mengisi beberapa kolom diantaranya yaitu.

  • Nama iklan.
  • Banyaknya jumlah iklan yang akan dibuat.
  • URL yang dituju.
  • Waktu kedaluwarsa iklan tersebut.
  • Gambar yang akan digunakan pada iklan.

Untuk hasil iklannya sendiri semua akan berbentuk seperti persegi.

 

Plugin WordPress terbaik, contoh iklan Plugin WP125
@Contoh Iklan Pada Plugin WP125

Itulah 7 kategori plugin yang ada di WordPress beserta rekomendasi plugin WordPress terbaik. Sampai sini apakah kamu sudah lebih paham dan memutuskan akan menggunakan plugin mana?

Jika masih ada kendala atau ada yang ingin kamu tanyakan. Langsung tuliskan di kolom komen saja ya. Selamat mencoba.

Apabila kamu membutuhkan plugin lainnya seperti plugin konfirmasi pembayaran, plugin kirim resi atau plugin e-Commerce lain langsung kunjungi situs tonjoostudio.com untuk mendapatkannya.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

Cara Belanja Online di Indomaret (Mudah & Aman) pakai KlikIndomaret

8 Sep 2021 BY Ahmad Muzakki

Yuk simak cara belanja online di Indomaret secara mudah dan cepat dengan KlikIndomaret. Indomaret Online hadir dengan kemudahan belanja di mini market tanpa perlu keluar rumah. Masa pandemi sekarang ini …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat Depok Hingga Jam Buka!

26 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Kamu salah satu pengguna jasa pengiriman terbaik dan tercepat SiCepat Ekspres? Lalu hendak mencari kantor SiCepat Depok terdekat? Tenang saja, kamu tidak perlu bingung dan repot mencari, simak saja artikel …

Cara Cek Resi Sen Hong Akulaku 2021 | Dilengkapi Istilah Pengirimannya

20 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Ternyata masih banyak orang yang masih bingung atau bahkan belum tau cara cek resi Sen Hong Akulaku. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas langkah demi langkah supaya Anda bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *