ADVERTISEMENT

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Express [Aman Sampai Tujuan]

Posted on 18 Sep 2020 By Ifan Prasya

Seringkali terbesit dalam pikiran saat ingin kirim barang, “bagaimana ya cara mengirim paket lewat JNE? Apa yang harus pertama kali dilakukan?” Jika Anda juga bertanya seperti itu, scroll laman ini sampai bawah yaa.

Karena kami akan jabarkan langkah-langkah dari awal sampai paket Anda sampai tujuan. Mulai dari (1) menghitung tarif ongkir; (2) mengemas barang; (3) mendatangi kurir; (4) memilih layanan; (5) mengecek kiriman sudah sampai mana.

Baiklah, mari kita mulaaii~ 😉

ADVERTISEMENT

Cek Tarif Ongkir JNE ke Kota Tujuan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah.. menghitung tarif ongkos kirim yang akan Anda keluarkan untuk mengirim paket dari alamat Anda ke alamat penerima.

Hal ini dilakukan, supaya kita dapat mengira-ira kisaran tarif dari kota A ke kota B. Selain dipengaruhi oleh jarak, ongkir JNE juga berbeda-beda tergantung pada jenis layanan yang diambil.

Layanan yang ada di JNE Express cukup komplit. Mulai dari REG, YES, OKE, hingga JTR. Nanti kita bahas di poin berikutnya. Sekarang kita fokus ke bagaimana langkah menghitung tarif ongkir JNE berikut ini:

  1. Buka laman berikut → Cek Ongkir JNE
  2. Pada kolom pertama, isikan Kabupaten / Kota Asal (pengirim)
  3. Pada kolom kedua, isikan Kabupaten / Kota Tujuan (penerima)
  4. Pada kolom berat, isikan Berat Paket Anda dalam satuan Kilogram (Kg)
  5. Jika sudah, klik tombol Cek Tarif
  6. Selesai. Akan muncul juga beberapa ekspedisi lain, silakan cermati untuk JNE berapa ongkirnya

Dengan mengetahui biaya ongkir, Anda akan lebih tau rentangnya dan bisa menyiapkan uangnya saat datang ke agen JNE.

Packing Paket Sesuai Standar JNE

Kemas barang Anda dengan baik dan aman supaya bisa selamat sampai tujuan. Anda bisa mengikuti bagaimana langkah packing barang berikut ini:

  1. Siapkan alat dan bahan
    – Gunting
    – Selotip besar / lakban bening
    – Bubble wrap
    – Kardus
    – Koran
    – Plastik
  2. Lapisi barang menggunakan koran dan plastik dengan rapat
  3. Jika sudah, masukkan ke dalam kardus yang ukurannya sudah disesuaikan
  4. Bungkus kardus dan rekatkan menggunakan selotip besar / lakban bening
  5. Lapisi menggunakan bubble wrap yang telah disiapkan
  6. Tempelkan nama, alamat, nomor HP komplit (pengirim dan penerima)
  7. Rapikan menggunakan selotipi besar / lakban bening

Jika Anda ingin packing kayu, bisa langsung bawa ke agen JNE karena mereka juga menyediakan jasa packing kayu dengan aman.


Cari tau lebih banyak tentang bagaimana cara packing barang yang benar sesuai standar JNE pada laman Packing Barang JNE.


Datang ke Agen JNE Terdekat

Langkah berikutnya ialah mendatangi kantor cabang JNE terdekat dengan rumah / lokasi Anda saat ini. Caranya bisa macam-macam, berikut opsinya:

  1. Google Maps. Semua alamat ada di sini, termasuk agen JNE. Anda tinggal mengetik “kantor JNE terdekat” dan jangan lupa aktifkan GPS, lalu biarkan aplikasi Maps menunjukkan kantor mana yang lokasinya paling dekat dengan Anda. Jika sudah, tinggal siapkan barang dan kunjungi kantor tersebut.
  2. Web Resmi JNE. Anda juga dapat mencari kantor cabang JNE menggunakan layanan resmi di laman berikut → jne.co.id/id/tracking/network. Pada kolom pencarian, ketik nama kecamatan / kabupaten / kota lokasi Anda saat ini lalu tekan ikon Cari. Sistem akan memunculkan data di layar browser Anda.

Untuk cari tau lebih banyak tentang bagaimana cara mencari kantor JNE terdekat, kunjungi laman Cara Mencari Kantor JNE Terdekat.


Pilih Layanan JNE Express

Setelah sampai di kantor JNE, sampaikan pada agen bahwa Anda ingin mengirim barang. Nanti, Anda akan ditawarkan beberapa pilihan layanan dari JNE Express. Berikut rinciannya:

  1. JNE REG (Reguler) → Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1-7 hari kerja (sesuai jarak tempuh). Pengiriman tidak berlaku untuk hari Minggu & libur nasional.
  2. JNE YES (Yakin Esok Sampai) → Layanan kirim paket dengan estimasi waktu sampai 1 hari (termasuk hari Minggu & libur nasional). Ada garansi uang kembali jika terlambat.
  3. JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) → Layanan kirim paket dengan harga yang lebih ekonomis dibanding layanan REG. Pengiriman tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.
  4. JNE Trucking (JTR) → Layanan kirim paket minimum 10 Kg menggunakan armada truk dengan harga yang lebih hemat. Bisa untuk kirim furniture, motor, dan lainnya.

Sebagai pelengkap, selain memilih tipe layanan, diharapkan Anda juga mengasuransikan paket yang Anda kirim. Supaya jika nanti terjadi kerusakan atau barang hilang, Anda bisa melakukan klaim kepada pihak JNE untuk mendapatkan ganti rugi.

Lacak Kiriman dengan Cek Resi

Jika semuanya sudah selesai dan Anda sudah mendapatkan nomor resi, kini saatnya memberikan nomor resi tersebut kepada penerima dan membantu melacak kirimannya.

Caranya cukup mudah, seperti ini:

  1. Masuk ke laman berikut → Cek Resi JNE
  2. Pada kolom kurir, pilih Ekspedisi JNE
  3. Pada kolom resi, isikan Nomor Resi JNE yang telah Anda dapatkan
  4. Jika sudah komplit, klik tombol Lacak
  5. Selesai. Sistem akan memunculkan di mana posisi barang Anda dan beberapa istilah pengiriman JNE lainnya.

Cari tau lebih lanjut tentang cara mengecek paket JNE sudah sampai atau belum pada laman berikut → Cara Cek Paket Barang JNE.


Jika direkap, Anda tinggal melakukan beberapa hal: (1) cek tarif; (2) packing barang; (3) datang ke agen; (4) pilih layanan; (5) lacak kiriman. Selesai~

Bagaimana, cukup simpel, bukan?

Jika ada beberapa hal di atas yang belum jelas, silakan disampaikan lewat kolom komentar yaa. Sebisa mungkin kami bantu jelaskan kembali dengan lebih clear.

Mudah-mudahan membantu 🙂

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam menyajikan konten unggulan yang renyah & gurih untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman pertama Google.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Arti Kode Gateway J&T Express [120+ Kota di Indonesia]

22 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Saat cek resi J&T Express, Anda pasti sering menjumpai kode berjumlah 3 digit. Disebut juga kode gateway J&T, yakni lokasi gudang sortir di kantor cabang terdekat. Jadi misalkan, ketika Anda …

5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online

30 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Plus Minus Payment Gateway – Zaman telah berubah dengan cepat. Kini metode pembayaran pun berkembang tidak hanya melalui transfer rekening bank, namun juga telah tersedia berbagai macam cara pembayaran yang …

11 Alasan Beserta Solusi Paling Top untuk Mengurangi Abandoned Order

8 Feb 2019 BY Nisa Husnainna

Apabila Anda ingin menurunkan tingkat Abandoned Order (keranjang belanja yang ditinggalkan), Anda sebagai pemilik toko online harus memahami alasan mengapa customer melakukan hal itu. Barilliance telah mengumpulkan 11 alasan paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *