Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express

Hanif 12 Oct 2023 4 Menit 0

Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express – Pasti sudah tidak asing lagi dengan dua jasa pengiriman ini, kan? Di antara beberapa jasa ekspedisi yang ada di Indonesia sekarang ini, JNE dan J&T Express memang banyak dipercaya untuk mengirimkan barang pembelian online.

Sayangnya, beberapa pelayanan yang mereka berikan seringkali tidak sesuai dengan ekspektasimu. Jika sudah begitu, apakah kamu harus mulai mencari jasa ekspedisi lain yang terpercaya?

Sebelum berpindah ke lain hati, ada baiknya kamu membaca tulisan ini sampai selesai untuk mencari tahu lebih jauh masalah yang sering terjadi saat pengiriman dan tips mengatasi masalah pengiriman JNE dan J&T Express.

 

ADVERTISEMENT

Saat Melakukan Tracking di Website, Nomor Resi Tidak Bisa Ditemukan

tracking status paket sudah menjadi standar layanan bagi jasa ekspedisi apapun, tak terkecuali JNE dan J&T Express. Semua pelanggan pun sepertinya sudah mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T Dengan Mudah dan Cepat.

Sayangnya, banyak pelanggan dari JNE dan J&T Express yang mengeluhkan bahwa paket mereka tidak terlacak. Saat memasukkan nomor resi untuk proses pengecekan, ternyata data tidak ditemukan.

Resi tidak bisa ditemukan

Apakah kamu ditipu? Tenang dulu.

Pihak jasa ekspedisi pun butuh waktu untuk memasukkan data setiap resi dan mengunggah data tersebut ke website mereka. Jadi, berilah mereka waktu 1×24 jam untuk melakukan tugas ini.

Jika lebih dari 24 jam data belum masuk, tetaplah bersabar. Di beberapa kasus, resi memang tidak terlacak tetapi barang pesanan sampai dengan aman di tempat tujuan. Bukankah hal itu yang jauh lebih penting?

 

Paket Datang Sangat Terlambat

Keterlambatan sepertinya menjadi masalah yang seringkali dikeluhkan oleh pelanggan. Apalagi jika paket yang ditunggu – tunggu merupakan barang berharga.

Jika kamu mengalami masalah ini, coba pikirkan Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express. Tunda dulu niatanmu untuk mengajukan komplain dan marah – marah.

Cek kembali status paketmu lewat fitur cek resi atau tracking yang ada di setiap website.

Status tersebut menjelaskan alasan dari pihak ekspedisi mengapa kamu belum menerima paket itu. Khusus untuk pelanggan JNE, ini adalah beberapa istilah status paket yang perlu kamu ketahui untuk menjelaskan masalahmu.

1. Criss Cross

Criss Cross adalah suatu keadaan di mana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertera pada paket.

Hal ini menyebabkan paket kemungkinan tertukar. Dikarenakan hal ini terjadi karena kelalaian pihak ekspedisi, mereka yang akan menanggungnya.

Berikanlah waktu 2 – 4 hari kerja bagi mereka untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Miss Route

Miss Route adalah suatu keadaan di mana paket kamu nyasar.

Kamu bermaksud mengirim paket ke Solo, namun paket terbawa dengan rombongan paket yang akan dikirimkan ke Semarang. Hal ini pun murni terjadi karena kelalaian petugas dari pihak ekspedisi.

Butuh waktu 2 – 4 hari kerja agar paketmu dikembalikan ke rute yang tepat dan sampai di tangan dengan selamat.

3. Redelivery / Reschedule

Redelivery atau reschedule adalah suatu keadaan di mana paketmu sudah diantar ke tempat tujuan tetapi ternyata tidak ada orang yang bisa menerima paket tersebut.

Jika kamu berada sebagai pihak penerima dan kamu pun jarang berada di rumah, kamu bisa membantu pihak JNE dengan menghubungi call center JNE.

Dengan begitu, kamu pun bisa ‘janjian’ kapan kurir bisa mengirim barang ketika kamu sedang berada di rumah. Jika tidak, kamu pun bisa mengajukan untuk mengambil sendiri paket tersebut di kantor cabang JNE yang terdekat dengan tempat kamu.

Simak juga 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya! Dapatkan harga terbaik ketika belanja di e-Commerce.

 

Membayar Untuk Layanan JNE YES, Tapi Kemudian Terdaftar Menjadi JNE Reguler

Meski terhitung sangat jarang, kasus ini bisa saja sesekali menimpamu.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more