Download Purchase Order Template Gratis untuk Bisnis, [Excel & Word]

Hanif 05 Jul 2024 4 Menit 0

Daripada bikin dari awal, download purchase order template gratis di bawah ini saja. Jadi, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dalam membuat dokumen purchase order yang professional dan rapi.

Purchase order (PO) atau kerap juga disebut “Surat Pesanan” atau “Surat Beli” ini adalah dokumen tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada pemasok atau vendor/supplier untuk memean barang tertentu. Karenanya, surat ini terkadang disebut juga sebagai purchase order request.

Surat ini biasanya mengandung informasi penting berupa nomor PO, tanggal pesanan, detail barang, jumlah, harga, dan informasi kontak vendor/supplier serta pembeli/pemesan.

Dengan surat purchase order ini, supplier bisa mengirimkan barang sesuai pesanan perusahaan. Untuk lebih mudahnya, gunakan saja template purchase order di bawah ini.

Anda bisa dengan mudah mengunduh template PO dalam format Word yang tersedia secara gratis di bawah ini. Template ini bisa langsung digunakan dengan sedikit penyesuaian.

Tambahkan informasi mengenai detil perusahaan sebagai pemesan, termasuk juga Anda bisa membubuhkan logo perusahaan pada bagian kiri atas atau kanan atas.

Lalu Anda juga bisa menambahkan detail supplier dan vendor. Dan yang paling penting, lengkapi detil apa saja barang yang dipesan, termasuk jumlah, harga, dan total harga pada free purchase order template word ini.

Unduh contoh purchase order word gratis

Sayangnya, untuk di Ms. Word kalkulasi tidak bisa menggunakan formula selaknya di Ms. Excel. Anda bisa menggunakan menu “Equation” pada tab “insert“, atau bisa juga menggunakan kalkulator atau menghitungnya secara manual.

Namun, dengan menggunakan Ms. Word Anda bisa mengatur posisi table dengan lebih leluasa tanpa mengubah keseluruhan halaman.

Menggunakan template PO dalam format Word memudahkan bisnis untuk mengelola dan melacak pesanan dengan lebih efisien. Dengan free purchase order template ini, proses pemesanan menjadi lebih cepat, terstruktur, dan profesional, membantu menjaga hubungan baik dengan pemasok serta memastikan semua pesanan tercatat dengan baik.

Contoh Purchase Order Template Excel

Mungkin bagi yang lebih familiar dengan Ms. Excel akan lebih senang untuk menggunakan purchase order request template Ms. Excel ini.

Tidak jauh berbeda dengan ketika menggunakan template dengan format Word, Anda juga tinggal mengganti nama dan detil perusahaan dengan perusahaan Anda. Selain itu, masukkan juga detil vendor/supplier yang sesuai.

Dan yang paling penting, tentu saja untuk mengubah daftar pesanan yang diinginkan oleh perusahaan, lengkap dari nama, kode SKU, unit, dan harganya dalam excel purchase order template ini.

Unduh contoh purchase order excel gratis

Yang menarik ketika menggunakan Ms. Excel, Anda tinggal menggunakan formula untuk menghitung total harga. Termasuk juga ketika menghitung diskon dan juga pajak, semua bisa dilakukan dengan formula excel.

Menggunakan purchse order template dalam format Word memudahkan bisnis untuk mengelola dan melacak pesanan dengan lebih mudah. Jadi, manager perusahaan atau staff purchasing bisa memproses pemesanan menjadi lebih cepat, terstruktur, dan profesional.

Tentunya, sample purchase order template ini membantu hubungan baik antara pemasok serta memastikan semua pesanan bisa tercatat dengan baik.

Contoh Service Purchase Order Template

Selain untuk barang, purchase order juga kerap dikeluarkan untuk pemesanan jasa tertentu, seperti konsultasi, perbaikan, pelatihan, atau layanan teknologi.

Biasanya service purchase order menyertakan deskripsi layanan, durasi atau periode layanan, tarif per jam atau biaya layanan, dan total biaya. Bisa juga mencantumkan milestone atau tahap penyelesaian layanan.

Sebenarnya tidak jauh berbeda, untuk lebih jelasnya, simak saja pada contoh service purchase order template berikut.

Unduh gratis template dokumen service purchase order word excel

Selain versi Ms. Word, Anda juga bisa mengunduhnya dalam versi Ms. Excel.

Sayangnya pada versi Ms. Excel ini masih belum maksimal, karena dari satuan belum diubah otomatis dengan menggunakan satuan rupiah. Dari jumlah biaya total juga masih menggunakan rumus.

Namun dengan menggunakan kerangka di atas Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis dengan bebas.

Contoh Purchase Order

Jika sebelumnya dalam format Ms. Word dan Ms. Excel, Anda juga bisa menggunakan template berikut.


Contoh Purchase Order Sederhana
[Nama Perusahaan Anda]
Alamat: [Alamat Perusahaan Anda]
Telepon: [Nomor Telepon Perusahaan Anda]
Email: [Email Perusahaan Anda]

Purchase Order (PO)
Nomor PO: 001
Tanggal: 22 Juni 2024

Kepada:
[Nama Pemasok]
Alamat: [Alamat Pemasok]
Telepon: [Nomor Telepon Pemasok]
Email: [Email Pemasok]

Detail Pesanan:

NoDeskripsi BarangKuantitasHarga Per UnitTotal Harga
1.Printer HP LaserJet Pro2Rp 2.500.000.-Rp 5.000.000.-
2.Kertas A4 (1 rim)10Rp 50.000.-Rp 500.000.-
3.Toner HP 85A5Rp 700.000.-Rp 3.500.000.-

Subtotal: Rp 9.000.000.-
Pajak (10%): Rp 900.000.-
Totoal: Rp 9.900.000.-

Catatan Tambahan:

  • Barang diharapkan tiba dalam kondisi baik sesuai spesifikasi yang telah disebutkan.
  • Pembayaran akan dilakukan selambat-lambatnya dalam waktu 30 hari setelah barang diterima

Tanda Tangan:

[______________]
[Nama Lengkap]
[Posisi/Departemen]

Kirim ke:

[Alamat Pengiriman]
[Kontak Pengiriman]

Itu dia contoh purchase order yang bisa Anda copy paste ke word atau excel dan kemudian mengeditnya secara manual.

Tips Membuat Dokumen Purchase Order

Ketika membuat dokumen purchase order, perhatikan beberapa tips ini untuk kelancaran urusan bisnis Anda.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *