Berapa Bunga Shopee Paylater: Perhitungan Bunga & Denda [Lengkap]

Ayu 19 Apr 2022 3 Menit 0

Fitur Shopee PayLater bayar nanti merupakan pinjaman online yang bisa dinikmati di aplikasi Shopee. Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu tahu berapa bunga Shopee PayLater supaya tidak kaget saat membayar nantinya.

SPayLater menerapkan sistem kredit layaknya kartu kredit. Sehingga dalam pemakaiannya ada bunga, limit, biaya penanganan serta jatuh tempo. Meskipun demikian, besaran bunga SPayLater tidaklah besar sehingga cukup terjangkau bagi masyarakat.

Nah bagi kalian yang tertarik dengan layanan ini, yuk ketahui berbagai hal terkait SPayLater. Di artikel berikut kita akan bahas berapa bunga pinjaman berikut cara penghitungannya lengkap. Stay tuned!

Berapa Bunga Shopee PayLater?

Shopee PayLater menawarkan sistem cicilan yang terbagi ke dalam 3 kategori, yaitu:

  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 12 bulan / 1 tahun

Biaya cicilan SPayLater berupa cicilan pokok (jumlah transaksi) + bunga + biaya penanganan. Besaran suku bunga Shopee PayLater adalah 2,95% per bulan. Jumlah tersebut berlaku untuk seluruh kategori pinjaman, baik 3/6/12 bulan .

Selain bunga, SPayLater juga memberlakukan biaya penanganan sebesar 1% dari total transaksi pembelian.

Belakangan ini banyak yang bertanya apakah bunga Shopee Paylater naik. Sejauh pengamatan kami, bunga SPayLater masih di kisaran 2,95% per bulan dan belum ada informasi kenaikan.

Contoh Perhitungan Bunga Shopee PayLater

Saat menggunakan SPayLater, mungkin kamu agak sedikit bingung dengan cara penghitungannya. Sebetulnya, cara menghitung total tagihan SPayLater cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengalikan total tagihan belanja dengan persenan bunga SPayLater. Agar lebih jelas, kamu bisa simak step contoh perhitungan bunga Shopee Paylater.

-Hitung total transaksi belanja di Shopee, misalnya Rp 1.500.000.

-Untuk mengetahui besaran bunga, kalikan besaran transaksi dengan bunga SPayLater seperti berikut.

Besaran bunga= Rp 1.500.000 (total transaksi) x 2,95% (bunga SPayLater) = Rp 44.250 / bulan

-Tambahkan total transaksi + bunga + biaya penanganan 1%.

Berikut rincian perhitungannya:

  • Pembayaran 1x = Rp 1.500.000 + Rp 44.250 + Rp 15.000 = Rp 1.559.250
  • Pembayaran 2x = Rp 1.559.250 + Rp 44.250 (bunga) = Rp 1.603.300
  • Pembayaran 3x = Rp 1.603.300 + Rp 44.250 (bunga) = Rp 1.647.750
  • Pembayaran 4x = Rp 1.647.750 Rp 44.250 (bunga) = Rp 1.692.000

Karena ada biaya penanganan sebesar 1%, maka besar cicilan pada setiap pembayaran ditambahkan Rp 15.000.

Kapan Jatuh Tempo SPayLater?

Dikutip dari situs resmi Shopee, jatuh tempo Shopee Paylater adalah di akhir bulan. Batas pembayaran tagihan adalah setiap tanggal 5 hingga tanggal 11 di bulan berikutnya setelah muncul detail tagihan.

Pengguna dapat membayar SPayLater sebelum jatuh tempo di tanggal apa saja. Dan maksimal pembayaran tagihan adalah tanggal 11 di bulan berikutnya.

Bagaimana jika tidak membayar Shopee Paylater? Jika tidak membayar Shopee Paylater maka kamu akan dikenakan denda dan juga sanksi.

Berapa Denda Shopee PayLater?

Sanksi apabila telat membayar SPayLater adalah dikenakan denda sebesar 5% setiap bulan. Total denda akan terus bertambah hingga kamu melunasi cicilan.

Misalnya, kamu memiliki tagihan sebesar Rp 50 ribu (cicilan pokok + bunga + biaya penanganan) namun telat membayar. Maka, kamu wajib melunasi tagihan sebesar Rp 52.500 (tagihan + denda 5%).

Kalau tidak kunjung membayar, jumlah akan terus bertambah sebanyak Rp 2.500 per bulan hingga kamu melunasi cicilan tersebut.

Lantas, bagaimana jika telat membayar atau melebihi tanggal jatuh tempo? Selain denda, kamu juga akan dikenai sanksi berupa pembatasan limit pinjaman. Shopee akan terus memantau aktivitas pengguna SPayLater.

Biasanya Shopee akan meningkatkan jumlah limit pinjaman khusus bagi pengguna yang aktif dan tidak bermasalah. Sementara untuk pengguna yang terindikasi telat atau tidak membayar, akan dikurangi batasan pinjamannya sesuai kebijakan Shopee. Atau bisa juga diblokir sehingga SPayLater tidak bisa digunakan.

Untuk itu, segera lunasi cicilan SPayLater sebelum terlambat ya. Kamu bisa ikuti cara melunasi cicilan SPayLater sekaligus tanpa harus menunggu tanggal jatuh tempo.

Berapa Limit Pinjaman SPayLater?

Jumlah limit pinjaman SPayLater berkisar antara Rp 750 ribu sampai Rp 15 juta. Biasanya, Shopee akan memberikan limit awal sebesar Rp 750 ribu bagi pengguna baru.

Jumlah limit pinjaman tersebut akan terus bertambah hingga maksimal Rp 15 juta sesuai dengan aktivitas pinjaman.

Nah, demikian ulasan yang bisa kami sampaikan untuk menjawab pertanyaan berapa bunga Shopee PayLater. Bagaimana? Apakah masih ada yang ingin kamu tanyakan? Jika iya, silakan sampaikan di kolom komentar ya.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa share postingan ini ke pembaca lainnya yaa. Semoga membantu 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu
Ditulis oleh

Ayu

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *