Cara Bayar Tol Pakai Gopay, Mudah dan Cepat

Hanif 26 Nov 2023 5 Menit 0

Mungkin banyak yang belum tahu, tapi sebenarnya ada loh cara bayar tol pakai GoPay.

Dengan kemajuan teknologi di era digital saat ini, berbagai transaksi sehari-hari menjadi lebih mudah dan efisien, termasuk pembayaran kartu e-toll.

Sebagai salah satu aplikasi dompet digital terpopuler di Indonesia, Gopay telah menjadi solusi pembayaran tol yang efektif.

Pada artikel ini, kami akan membahas:

  • mengganti pembayaran tol yang dilakukan driver GoCar
  • mengisi saldo e-Toll dengan GoPay

Mari kita jelajahi kemudahan yang ditawarkan Gopay dalam pembayaran tol, menjadikan setiap perjalanan Anda lebih mudah dan cepat.

ADVERTISEMENT

Cara Bayar Tol Pakai GoPay ke Driver GoCar

Membayar tarif tol dan parkir saat menggunakan layanan GoCar telah menjadi lebih mudah dan praktis dengan opsi pembayaran non-tunai.

Berikut adalah cara membayar tarif tol ke driver GoCar.

  1. Komunikasikan dengan Driver
    Saat Anda memasuki gerbang tol atau perlu membayar parkir, beritahukan kepada driver GoCar bahwa Anda ingin biaya tersebut ditambahkan ke total biaya perjalanan.
  2. Pilih Metode Pembayaran
    Anda dapat memilih untuk menggunakan GoPay, PayLater, LinkAja, atau Kartu Debit/Kredit sebagai metode pembayaran untuk biaya tol dan parkir. Pastikan bahwa metode pembayaran yang Anda pilih telah terdaftar dan aktif dalam aplikasi Gojek.
  3. Pemotongan Otomatis oleh Driver
    Driver GoCar akan membebankan biaya parkir dan/atau tol langsung ke total biaya perjalanan Anda. Proses ini dilakukan secara otomatis melalui aplikasi.

Di akhir perjalanan, Anda akan menerima rincian pembayaran melalui aplikasi yang mencakup biaya perjalanan, tol, dan parkir. Ini memudahkan Anda untuk melihat total biaya yang harus dibayar.

Cara bayar tol pakai gopay, mudah dan cepat 1
Sumber: gojek

Jika saldo Anda tidak cukup untuk menutupi biaya tol dan parkir, biaya tersebut masih dapat dibayarkan secara non-tunai. Namun, Anda harus melunasi kekurangan pembayaran tersebut sebelum melakukan perjalanan GoCar berikutnya.

Dengan sistem ini, pengalaman menggunakan GoCar menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama bagi pengguna yang lebih memilih transaksi non-tunai atau yang tidak membawa uang tunai.

Selain dari Saldo Gay, sistem ini juga memungkinkan untuk membayar dengan menggunakan eWallet lain, misalnya bayar tol pakai Linkaja.

Cara Mengisi Kartu Tol dengan Menggunakan GoPay

Jika sebelumnya dibahas pembayaran tol yang dilakukan oleh driver GoCar, kaliini yang menjadi pembahasan adalah cara top up kartu e-toll dengan menggunakan GoPay.

Cara bayar tol pakai gopay, mudah dan cepat 3

Untuk menggunakan Gopay dalam mengisi saldo kartu tol (e-toll), Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Akun Gopay yang Aktif
    Pastikan Anda memiliki akun Gopay yang aktif dan terdaftar dalam aplikasi Gojek. Jika belum memiliki aplikasi Gojek, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Google Play Store atau Apple App Store dan mendaftar.
  • Saldo Gopay yang Cukup
    Pastikan saldo Gopay Anda mencukupi untuk mengisi saldo kartu tol. Jika saldo tidak mencukupi, Anda perlu mengisi ulang saldo Gopay terlebih dahulu. Saldo bisa diisi melalui transfer bank, minimarket, atau metode lainnya yang tersedia di aplikasi.
  • Kartu E-Toll atau Uang Elektronik yang Terintegrasi dengan Gopay
    Pastikan kartu e-toll atau uang elektronik yang akan diisi saldonya sudah terintegrasi dengan Gopay. Jika belum, Anda perlu mengintegrasikannya melalui aplikasi Gopay.
  • Akses Internet yang Stabil
    Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk melakukan transaksi pengisian saldo e-toll melalui Gopay.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, Anda dapat dengan mudah mengisi saldo e-toll Anda menggunakan Gopay, yang memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan praktis saat melalui gerbang tol.

Pengisian saldo e-toll melalui Gopay dilakukan secara digital. Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu e-toll di aplikasi Gopay dan melakukan transaksi pengisian saldo secara online.

Untuk mengisi saldo e-toll menggunakan Gopay, ponsel dengan NFC (Near Field Communication) tidak merupakan syarat wajib. Proses pengisian saldo e-toll melalui Gopay umumnya dilakukan secara digital melalui aplikasi Gojek dan tidak memerlukan interaksi fisik antara ponsel dan kartu e-toll.

Untuk mengisi saldo kartu tol (e-toll) menggunakan Gopay, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Gojek
    Pastikan Anda telah masuk ke akun Anda.
  2. Di halaman utama aplikasi, pilih fitur Gopay. Anda akan diarahkan ke halaman Gopay yang menunjukkan saldo Anda saat ini.
  3. Pilih Menu ‘Bayar’
  4. Pilih Opsi top up e-money atau e-toll. Pilih opsi ini.
  5. Masukkan Detail E-Toll, Ini biasanya melibatkan memasukkan nomor kartu e-toll. Pastikan untuk memasukkan nomor dengan benar.
  6. Setelah memasukkan detail kartu, masukkan jumlah saldo yang ingin Anda tambahkan ke kartu e-toll Anda. Pilih jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. Setelah memasukkan semua detail, periksa kembali untuk memastikan informasi tersebut benar.
  8. Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima konfirmasi transaksi. Saldo e-toll Anda akan segera bertambah sesuai dengan jumlah yang Anda top up.
  9. Setelah transaksi selesai, Anda bisa mengecek saldo e-toll Anda untuk memastikan top up berhasil. Ini bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek atau alat cek saldo e-toll yang tersedia di beberapa lokasi.
Cara bayar tol pakai gopay, mudah dan cepat 5

Catatan: Pengecekan Saldo Toll umumnya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat yang memiliki fitur NFC.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengisi saldo e-toll Anda menggunakan Gopay. Metode ini menawarkan kenyamanan karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, selama Anda memiliki koneksi internet dan saldo Gopay yang cukup.

Keuntungan bayar tol pakai GoPay ini memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo e-Toll ketika kehabisan dan belum sempat melakukan top up di minimarket atau bank.

Selain GoPay, ada juga e-Wallet lain yang bisa digunakan untuk top up e-Toll. Misalnya seperti Top Up Flazz BCA dengan Shopee yang sebelumnya sudah pernah kita ulas. Selain itu, bisa juga bayar tol pakai Ovo, Dana, dan e-Wallet lainnya.

Bagaimana Cara Bayar Tol Pakai Gopay?

Sejauh penelusuran kami, belum ada ruas tol yang menerima pembayaran secara langsung dengan menggunakan GoPay. Meski begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa ujicoba pembayaran tol dengan menggunakan QRIS sudah diberlakukan.

QRIS adalah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR untuk transaksi digital. Pengguna jalan dapat membayar tol dengan memindai kode QR yang disediakan di gerbang tol menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS, seperti GoPay.

Metode pembayaran yang mirip barcode ini memudahkan transaksi tanpa kontak fisik dan mengurangi kebutuhan akan uang tunai atau kartu.

Namun, cara bayar tol pakai QRIS ini mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama daripada sekedar mengetap kartu atau HP karena harus memasukkan pin. Walaupun sudah menggunakan QRIS Dinamis dan nominal nya dibuat otomatis sekalipun, proses scan dan input pin tetap membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berbeda lagi dengan cara bayar tol tanpa kartu dengan menggunakan aplikasi Cantas. Aplikasi ini bisa bekerja sebagai OBU (On Board Unit) yang mencatat posisi mobil selama di jalan tol.

Teknologi yang digunakan adalah Global Navigation Satelit System (GNSS). Sistem ini menggunakan basis Multi Lane Free Flow (MLFF) yang memungkinkan pembayaran tol dipotong otomatis ketika mobil melewati titik tol tertentu.

ADVERTISEMENT

FAQ

ADVERTISEMENT

Apakah QRIS bisa untuk bayar tol?

Sejauh penelusuran kami, pembayaran tol dengan menggunakan QRIS masih dalam tahap pengembangan. Jika mulai berlaku ini akan menjadi metode pembayaran yang lebih praktis.

ADVERTISEMENT

Bagaimana cara bayar pakai GoPay?

Masuk ke menu e-money/e-toll, kemudian masukkan nomor kartu e-toll. Selanjutnya akan diminta nominal jumlah saldo top up. Saldo e-toll anda akan segera bertambah.

Apakah bisa top up e-money di GoPay?

Ya, GoPay menyediakan fitur untuk top up e-money termasuk kartu e-toll. Menu ini ada di halaman depan ketika membuka aplikasi GoPay.

Bayar tol bisa pakai apa saja?

Untuk saat ini bayar tol bisa dilakukan dengan kartu e-Toll yang saldonya diisi di minimarket Indomaret, e-Wallet seperti GoPay, OVO, ShopeePay, Dana, dan PPOB lainnya.

Apakah GoPay bisa untuk bayar tol?

GoPay bisa digunakan untuk top up saldo e-Toll maupun mengganti pembayaran tol yang dilakukan oleh driver GoCar.

Akhir Kata

Sebagai penutup, membayar tol menggunakan Gopay tidak hanya membawa kemudahan dan kecepatan dalam setiap perjalanan Anda, tetapi juga menunjukkan langkah maju dalam mengadopsi solusi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengintegrasikan pembayaran tol ke dalam aplikasi Gojek, Gopay membuka pintu untuk transaksi yang lebih lancar, aman, dan efisien, membebaskan Anda dari ketergantungan pada uang tunai dan membantu mengurangi antrean di gerbang tol.

Jadi, jika sudah terlanjur masuk tol dan lupa isi kartu tol, cara bayar tol pakai hp ini bisa jadi solusi.

Kami mengundang Anda untuk memanfaatkan inovasi ini dan merasakan sendiri betapa praktisnya melakukan perjalanan dengan Gopay.

Mari bersama-sama mendukung penggunaan pembayaran digital untuk masa depan yang lebih cerah dan terkoneksi, dimulai dengan langkah sederhana seperti pembayaran tol menggunakan Gopay.

sumber:

  • Bayar Tol Pakai HP Pengganti E-Toll di Indonesia, Pertama di Dunia – https://oto.detik.com/berita/d-6089286/bayar-tol-pakai-hp-pengganti-e-toll-di-indonesia-pertama-di-dunia
  • Bayar Tol dengan QRIS: Inovasi Pembayaran Terbaru di Jalan Tol – https://www.indibizpay.id/artikel/bayar-tol-dengan-qris-inovasi-pembayaran-terbaru-di-jalan-tol
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *