ADVERTISEMENT

10 Ide Bisnis Makanan Pre Order Online + Tips Cara Memulainya [Panduan Lengkap]

Posted on 22 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Istilah pre order dalam online shop sering kita jumpai untuk jual beli barang seperti fashion, aksesoris dan produk-produk yang butuh waktu dalam pembuatannya. Seiring meningkatnya kebutuhan pasar, bisnis makanan pre order online juga semakin banyak bermunculan. 

Sistem pre order atau biasa disebut PO kini banyak diterapkan dalam bisnis kuliner. Selain lebih minim kerugian, jualan dengan sistem PO juga lebih fleksibel. Sebab dapat memudahkan penjual dalam mengatur kuota serta jadwal pesanan sesuai keinginan.

Meski demikian, memulai bisnis PO tidaklah mudah. Tidak semua jenis kuliner cocok diterapkan dengan sistem ini.

ADVERTISEMENT

Melalui artikel berikut kami akan kupas tuntas tips serta cara memulai bisnis makanan pre order online. Kami juga akan sajikan beberapa referensi makanan yang cocok untuk sistem ini. Simak sampai selesai yaa…

Bisnis Pre Order Seperti Apa Sih?

Pre Order atau PO adalah sistem bisnis dimana pembeli melakukan pemesanan sekaligus membayar terlebih dahulu, lalu penjual akan menyiapkan dan mengirimkan barang sesuai waktu yang telah disepakati.

Sistem pre order seperti apa? Sesuai penjelasan di atas, tata cara pre order mewajibkan pembeli untuk memesan dan membayar pesanan terlebih dahulu.

Pembayaran bisa berupa bayar penuh di awal, bayar setengahnya atau bahkan tidak perlu membayar sama sekali.  Tergantung syarat ketentuan yang diberlakukan oleh penjual atau kesepakatan antara keduanya. 

ADVERTISEMENT

Contoh pre order makanan yang paling sederhana bisa Anda temukan pada bisnis makanan / minuman di GoFood, GrabFood, atau Shopee Food.

Dalam sistem tersebut, pembeli memesan makanan, yang kemudian akan dibuatkan dalam waktu beberapa menit. Pembeli pun bisa membayar di awal atau di akhir setelah makanan diterima.

Selain di ketiga platform tersebut, masih ada banyak contoh pemasaran secara pre order untuk bisnis kuliner. Pada bisnis kuliner lainnya, penjual biasanya menerapkan sistem pre order melalui pembatasan jumlah slot pembelian.

Misal, hanya menerima 100 pesanan. Apabila slot terpenuhi dan para pembeli sudah transfer pembayaran, maka slot akan ditutup. Penjual biasanya tidak menerima pemesanan lain apabila jumlah slot sudah penuh.

Keunggulan Bisnis Pre Order

keunggulan bisnis PO

Karena dinilai lebih menguntungkan, pre order menjadi peluang bisnis online yang patut diperhitungkan. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

ADVERTISEMENT

Bisnis pre order juga dinilai dapat meminimalisir kerugian karena penjual hanya menyiapkan makanan sesuai pesanan tanpa perlu takut dagangan tidak laku.  

Sistem pre order pun sangat memudahkan penjual dalam mengelola bisnisnya. Sebab, pesanan sudah terjadwal sehingga penjual mempunyai waktu luang untuk mengelola hal lainnya, misalnya promosi.

Selain itu, masih ada banyak keuntungan bisnis makanan pre order online, baik untuk pelaku usaha maupun konsumen, seperti berikut.

Keuntungan bagi Pelaku Usaha:

  • Fleksibel, menyesuaikan budget & kemampuan yang Anda miliki.
  • Modalnya kecil, bisa dimulai dari rumah tanpa buka toko / tempat usaha khusus.
  • Lebih mudah untuk mengatur waktu.
  • Hemat waktu, lebih efisien, efektif dan produktif.
  • Minim resiko dan kerugian, karena membuat makanan sesuai pesanan.
  • Jadi alternatif strategi pemasaran baru yang dapat menarik pelanggan.
  • Membantu survei kepuasan pelanggan.
  • Promosi dapat dilakukan secara online dan tepat sasaran.
  • Jualan 100% laku dan habis.
  • Tidak

Keuntungan bagi Konsumen:

  • Lebih mudah dalam hal pemesanan karena tersedia secara online.
  • Makanan dijamin fresh karena disiapkan sesuai jadwal.
  • Pembeli dapat memilih dan request pesanan.

Setelah mengetahui keunggulan di atas, tentu Anda semakin tertarik untuk memulai usaha makanan online dengan sistem pre order, kan?

Eits, jangan buru-buru, yuk simak dulu beberapa referensi makanan yang cocok untuk bisnis pre order. Setelah itu, baru ikuti cara memulainya dan tipsnya di sesi berikut ini.

ADVERTISEMENT

Ide Produk Makanan untuk Pre Order Online 

Sistem pre order online memang sangat pas jika diterapkan dalam usaha kuliner. Bisnis makanan pre order online bisa menjadi peluang usaha bisnis sampingan yang menguntungkan.

Apalagi bisnis ini tidak butuh modal besar, siapapun pelaku usahanya, baik itu pelajar, mahasiswa, atau ibu rumah tangga dapat memulainya dengan mudah.  Dan gampangnya lagi, Anda dapat memulai bisnis hanya dari rumah.

Lalu, dagangan makanan apa yang laris? untuk open pre order makanan? Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa ide dagang makanan yang cepat laku pakai sistem PO.

1. Siomay & Dimsum

siomay dan dimsum

Kudapan ringan yang lezat ini yang banyak diburu pecinta kuliner, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Anda bisa jadikan kedua jenis makanan ini sebagai ide jualan pre order online.

Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah ditemukan. Selain itu, cara membuatnya pun tidak sulit. Agar lebih menarik pelanggan, Anda bisa jual Siomay dan Dimsum dengan berbagai varian, seperti Hakau, Gao Zi, Bakpao, Lumpia atau Fong Zau.

Anda pun bisa menyediakan yang versi Frozen Foods sebagai alternatif jika ada pembeli yang ingin mengonsumsinya di lain waktu.

2. Dessert Box

Siapa yang tak kenal kudapan manis yang satu ini? Dessert Box adalah salah satu makanan yang sedang naik daun di kalangan muda mudi, khususnya di kota-kota besar.

Setelah Dessert Box by Najla sukses di pasaran, bisnis serupa semakin menjamur di Indonesia. Banyak penjual yang menjajakan makanan ini dari yang versi ekonomis hingga premium.

Anda bisa menyediakan berbagai varian Dessert Box yang laris seperti Cheese, Red Velvet Oreo, Tiramisu, atau Pandan. Selain Dessert Box, Panna Cotta atau Puding juga bisa jadi menu pelengkap usaha makanan Anda.

3. Brownies

Brownies memang bukan menu baru, tapi makanan manis yang selalu jadi kesukaan banyak orang. Cita rasanya yang manis gurih dan unik ini selalu pas dijadikan kudapan penutup maupun camilan.

Selain modal untuk membuatnya cukup terjangkau, cara membuat brownies pun tidaklah sulit. Sangat cocok dijadikan bahan jualan PO online bagi mahasiswa maupun ibu rumah tangga.

Anda bisa menyediakan menu brownies dalam berbagai versi, baik yang panggang maupun kukus. Untuk menarik pelanggan, Anda juga dapat memvariasikan rasa dan tipe. Beberapa tipe brownies yang sedang viral diantaranya fudgy brownies, cakey brownies dan chewy brownies. 

4. Minuman Botolan

Selain jadi ide jualan takjil, minuman satu ini juga cocok lho jadi salah satu ide bisnis kuliner pre order. Beberapa contoh diantaranya adalah kopi, thai tea, jus atau minuman herbal botolan yang dikemas dalam kemasan 250 ml, 500 ml atau 1 literan.

Kalau Anda pandai dalam meracik minuman lezat dan khas tentu akan laris dan banyak pelanggan. Anda pun bisa menambahkan daya tarik lain dalam produk minuman, misal bebas bahan pengawet atau bahan 100% asli.

Kualitas minuman yang bagus diiringi strategi marketing yang oke akan memudahkan Anda menjalankan bisnis ini. Selamat mencoba.

5. Rice Bowl

rice bowl

Salah satu usaha makanan pre order online yang trend selanjutnya adalah Rice Bowl. Menu yang satu ini cukup laris manis di kota-kota besar yang notabene masyarakatnya sibuk.

Rice Bowl menjadi solusi makanan sehat yang praktis serta mudah disantap kapanpun dan dimanapun. Biasanya, menu ini terdiri dari nasi, sayur dan lauk pauk yang ditata dalam kemasan sekali pakai dengan porsi yang pas.

Buat kalian yang jago masak boleh juga lho menjajal bisnis ini. Memang agak sedikit ribet karena harus menyiapkan beberapa menu dalam satu produk. Tapi, keuntungannya cukup lumayan dan dijamin laris.

6. Salad Buah

Memulai bisnis pre order dengan camilan sehat seperti salad buah adalah ide bagus. Apalagi, masyarakat sekarang cenderung ingin sehat dengan cara yang enak dan gampang. Dan salad buah adalah solusinya.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu sulit. Cara membuatnya juga gampang, karena Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan untuk isiannya. Tapi, kunci dari kelezatan salad buah terletak pada sausnya.

Nah, Anda bisa coba resep membuat saus yang lezat dan pas agar cita rasa salad buah Anda lain dari yang lain. Selain itu, Anda bisa variasikan berbagai isian agar semakin menarik perhatian.

7. Sambal

sambal

Siapa sih yang tidak suka sambal? Sambal merupakan makanan pendamping yang biasanya menjadi menu wajib pelengkap nasi. Akhir-akhir ini, makanan pedas yang satu ini juga semakin populer jadi ide usaha bisnis pre order online.

Selain banyak peminatnya, sambal juga tahan lama dan mudah dalam pembuatan sera pengemasannya. Biasanya sambal akan dikemas dalam kemasan botol plastik maupun kaca dengan ukuran kecil hingga besar. Anda bisa sediakan sambal dalam berbagai level dan varian.

Buat kalian yang pintar bikin sambal enak, Anda bisa mencoba bisnis ini. Ada banyak sekali pilihan sambal yang bisa Anda jadikan produk jualan. Mulai dari yang umum seperti sambal bawang, sambal terasi, sambal cumi hingga sambal khas berbagai daerah di Indonesia.

8. Baso Aci

Selain sambal, kudapan pedas seperti Baso Aci juga cocok untuk bisnis pre order online. Makanan ini cukup trend di kalangan anak muda terutama yang suka pedas dan asam.

Untuk sistem pre order, Baso Aci biasanya akan dijual dalam bentuk racikan / frozen. Sehingga konsumen yang akan memasak sendiri racikan tersebut.

Selain Baso Aci, Anda juga bisa menyediakan menu sejenis lain seperti Seblak, Cilok dan berbagai menu yang terbuat dari aci. Atau menu kering pelengkap lainnya, seperti basreng, kripca, seblak kering atau kerupuk cikur.

9. Kue Kering

Usaha pre order makanan online juga cocok untuk jualan makanan musiman seperti kue kering. Kue kering adalah ide jualan menjelang lebaran yang dijamin laris dan menguntungkan.

Pesanan kue kering biasanya akan semakin tinggi saat menjelang Idul Fitri, Natal, Arisan atau acara gathering lainnya. Bukan itu saja, kue kering juga menjadi isian hampers atau parcel.

Dengan sistem pre order, kue kering jualan Anda dijamin masih fresh dan enak karena pembuatannya menyesuaikan pesanan. Sistem PO juga akan membantu Anda dalam mengatur waktu serta memberikan pelayanan efektif kepada pelanggan.

Sehingga, meskipun orderan membludak saat menjelang hari raya, Anda tetap dapat mengelola waktu dan pesanan dengan baik.

Beberapa ide kue kering yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen diantaranya nastar, kastengel, lidah kucing, kue kacang, atau cookies kekinian.

10. Aneka Sushi

bisnis makanan pre order online_sushi

Walaupun berasal dari Jepang, kudapan yang satu ini juga cukup populer di Indonesia. Tak sedikit masyarakat kita yang menyukai Sushi, khususnya dari kalangan muda mudi.

Sushi biasa dijadikan camilan atau sebagai pilihan pengganti makan berat. Selain enak, porsinya pas dan cukup mengenyangkan.

Nah, Anda bisa memanfaatkan menu ini sebagai usaha makanan pre order online. Jualan Sushi cukup praktis, selain itu modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Anda bisa tawarkan berbagai macam varian Sushi, mulai dari rasa, harga serta isianyya. Sebaiknya sediakan pula menu-menu pendamping seperti minuman atau makanan berat khas Jepang lainnya.

Tips Cara Memulai Bisnis Makanan Pre Order Online

Setelah menyimak referensi makanan yang cocok untuk bisnis PO, Anda pasti penasaran bagaimana cara jualan PO?

Sistem ini memang masih baru sehingga beberapa pelalku usaha cukup bingung dengan tata cara sistem pre order. Tapi, jangan khawatir. Di bawah ini akan kami berikan ilustrasi bisnis makanan pre order berikut tipsnya agar laris manis.

1. Siapkan Modal

Langkah pertama yang wajib Anda perhatikan di sini adalah modal. Anda harus menyiapkan modal yang cukup untuk membeli bahan pembuatan produk dan biaya pengiriman.

Sebaiknya pertimbangkan juga modal lebih untuk keperluan lain seperti marketing atau sewa tenaga jika Anda tidak mampu menghandle bisnis sendiri.

2. Tentukan Menu Jualan

Selanjutnya, Anda bisa memulai menenukan menu apa yang cocok. Anda bisa pertimbangkan beberapa referensi di atas. Jika ingin lebih akurat, lakukan survey pasar melalui internet atau media sosial.

Cari makanan apa yang sedang trend dan bisa dijual dengan sistem pre order. Anda juga perlu memastikan apakah Anda mampu membuat menu tersebut. Jika belum, Anda bisa melakukan beberapa percobaan terlebih dahulu.

3. Perhatikan Kualitas Makanan

Kualitas makanan adalah yang paling utama. Untuk itu, siapkan peralatan dan bahan untuk membuat makanan yang hendak dijual. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan segara agar tidak mengecewakan konsumen.

4. Memilih Vendor yang Tepat

Jika Anda punya waktu lebih, coba carilah vendor yang kredibel dan terpercaya sebagai penyuplai bahan makanan. Hal ini tentu membutuhkan waktu, karena Anda harus riset satu per satu dan menentukan vendor mana yang paling berkualitas.

5. Tentukan Target Market

Setelah menentukan menu dan vendor, langkah berikutnya adalah memilih target market. Bidiklah target penjualan yang sesuai dengan kemampuan dan budget Anda.

Semakin luas target pasar tentu membutuhkan biaya serta usaha yang lebih besar pula.

6. Tetapkan Harga

Dalam tahap ini, sebaiknya Anda melakukan riset internal dan eksternal. Riset internal adalah dengan menyesuaikan harga jualan dengan harga bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sementara riset eksternal yakni dengan membandingkan harga menu yang sama yang ada di pasaran. Pastikan harga jualan Anda kompetitif dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

7. Sesuaikan SDM

Sistem pre order kadangkala membutuhkan tenaga SDM yang tangguh. Apalagi jika target penjualan besar, Anda harus menyiapkan tim yang solid agar bisnis berjalan solid.

Jika ingin memulai bisnis dengan modal kecil, Anda tidak perlu menambah SDM, cukup dikerjakan sendiri dengan bantuan saudara atau kerabat saja.

8. Lakukan Promosi

Tahap ini penting karena sangat menentukan bagaimana bisnis Anda berjalan nantinya. Anda bisa memanfaatkan platform online seperti sosial media untuk melakukan promosi.

Jika ada modal lebih, Anda bisa daftarkan usaha ke platform pesanan makanan online seperti Gojek, Grab atau Shopee Food.

9. Tentukan Jadwal

Setelah bisnis Anda siap, jangan lupa tentukan jadwal pemesanan / PO. Buatlah jadwal PO di setiap akhir bulan sampai awal bulan. Waktu tersebut strategis karena biasanya orang sudah gajian dan siap membeli barang yang diinginkan.

10. Tentukan Jumlah Pesanan

Salah satu tahap terpenting dalam sistem pre order makanan online adalah jumlah pesanan. Silakan tentukan jumlah pesanan yang tersedia dalam 1x pemesanan. Pastikan Anda membuka slot sesuai kemampuan.

Jangan terlalu terobsesi dengan orderan yang banyak. Cukup sesuaikan dengan budget, waktu dan kemampuan Anda.

11. Komunikasi dengan Pembeli

Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan pembeli. Calon pembeli biasanya akan bertanya terlebih dahulu mengenai produk atau alur pemesanan. Responlah pertanyaan mereka dan pastikan Anda melayani dengan baik.

12. Infokan Alur Pemesanan yang Jelas

Beberapa pembeli mungkin masih bingung dengan alur pemesanan makanan dengan sistem pre order. Untuk itu, sebaiknya beri penjelasan detail mengenai bagaimana tahap yang harus mereka lewati dan cara untuk melakukan pemesanan.

Anda bisa sediakan berbagai platform seperti SMS, email, Whatsapp, Inbox atau yang lainnya. Beri alternatif yang memudahkan dan usahakan jangan mempersulit konsumen untuk order jualan Anda.

13. Catat Pesanan Secara Detail

Dalam tahap ini, Anda harus melakukannya secara tepat dan teliti agar tidak ada miskomunikasi atau kesalahan. Karena, sedikit kesalahan dalam pencatatan pesanan berpotensi kerugian dan kekecewaan konsumen.

Untuk itu, silakan catat secara detail pesanan, mulai dari nama, nomor HP, alamat, pesanan, jumlah, varian dan hal penting lainnya.

14. Proses Pesanan

Setelah mencatat pesanan dan PO Anda tutup, selanjutnya proseslah pesanan pembeli dengan baik. Pastikan Anda menginformasikan kepada pembeli berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Setelah pesanan jadi, silakan kirimkan pesanan sesuai alamat masing-masing. Atau Anda bisa gunakan sistem COD atau ambil di tempat.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai bisnis makanan pre order online yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memulai usaha. Dari uraian di atas, apakah Anda mulai tertarik dengan bisnis ini?

Jika iya, Anda bisa gunakan link cek tarif dan cek resi jasa ekspedisi berikut sebagai salah satu penunjang pengiriman produk nantinya.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Top Up OVO Lewat Merchant, Minimarket, dan Bank [Lengkap]

9 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Banyak sekali alternatif cara top up OVO. Mulai dari gerai resmi, minimarket, hingga bank (mobile banking, ATM, internet banking). Hampir semuanya bisa dilakukan via aplikasi. Mudah & praktis. Biaya isi …

Apa Itu Leads (Prospek)? – Arti dan Pentingnya Leads

10 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Apa Arti Leads (Prospek) – Layaknya kebanyakan industri atau sektor pekerjaan yang ada, sektor penjualan bisnis (business sales) mempunyai banyak kata unik yang digunakan dalam kalangannya sendiri.   Seperti yang …

8 Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Terlengkap

21 Des 2021 BY Ayu Triworo

Salah satu trik mempercantik tampilan feed adalah dengan Instagram grid. Sayangnya, tidak ada fitur cara membuat feed Instagram nyambung yang bisa diklik otomatis. Pengguna harus membuat sendiri feed Instagram grid di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *