10 Ide Bisnis Makanan Pre Order Online + Tips Cara Memulainya [Panduan Lengkap]

Posted on 22 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Istilah pre order dalam online shop sering kita jumpai untuk jual beli barang seperti fashion, aksesoris dan produk-produk yang butuh waktu dalam pembuatannya. Seiring meningkatnya kebutuhan pasar, bisnis makanan pre order online juga semakin banyak bermunculan.

Sistem pre order atau biasa disebut PO kini banyak diterapkan dalam bisnis kuliner. Selain lebih minim kerugian, jualan dengan sistem PO juga lebih fleksibel. Sebab dapat memudahkan penjual dalam mengatur kuota serta jadwal pesanan sesuai keinginan.

Meski demikian, memulai bisnis PO tidaklah mudah. Tidak semua jenis kuliner cocok diterapkan dengan sistem ini.

Melalui artikel berikut kami akan kupas tuntas tips serta cara memulai bisnis makanan pre order online. Kami juga akan sajikan beberapa referensi makanan yang cocok untuk sistem ini. Simak sampai selesai yaa…

Bisnis Pre Order Seperti Apa Sih?

Pre Order atau PO adalah sistem bisnis dimana pembeli melakukan pemesanan sekaligus membayar terlebih dahulu, lalu penjual akan menyiapkan dan mengirimkan barang sesuai waktu yang telah disepakati.

Sistem pre order seperti apa? Sesuai penjelasan di atas, tata cara pre order mewajibkan pembeli untuk memesan dan membayar pesanan terlebih dahulu.

ADVERTISEMENT

Pembayaran bisa berupa bayar penuh di awal, bayar setengahnya atau bahkan tidak perlu membayar sama sekali. Tergantung syarat ketentuan yang diberlakukan oleh penjual atau kesepakatan antara keduanya.

Contoh pre order makanan yang paling sederhana bisa Anda temukan pada bisnis makanan / minuman di GoFood, GrabFood, atau Shopee Food.

Dalam sistem tersebut, pembeli memesan makanan, yang kemudian akan dibuatkan dalam waktu beberapa menit. Pembeli pun bisa membayar di awal atau di akhir setelah makanan diterima.

Selain di ketiga platform tersebut, masih ada banyak contoh pemasaran secara pre order untuk bisnis kuliner. Pada bisnis kuliner lainnya, penjual biasanya menerapkan sistem pre order melalui pembatasan jumlah slot pembelian.

Misal, hanya menerima 100 pesanan. Apabila slot terpenuhi dan para pembeli sudah transfer pembayaran, maka slot akan ditutup. Penjual biasanya tidak menerima pemesanan lain apabila jumlah slot sudah penuh.

Keunggulan Bisnis Pre Order

keunggulan bisnis PO

ADVERTISEMENT

Karena dinilai lebih menguntungkan, pre order menjadi peluang bisnis online yang patut diperhitungkan. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Bisnis pre order juga dinilai dapat meminimalisir kerugian karena penjual hanya menyiapkan makanan sesuai pesanan tanpa perlu takut dagangan tidak laku.

Sistem pre order pun sangat memudahkan penjual dalam mengelola bisnisnya. Sebab, pesanan sudah terjadwal sehingga penjual mempunyai waktu luang untuk mengelola hal lainnya, misalnya promosi.

Selain itu, masih ada banyak keuntungan bisnis makanan pre order online, baik untuk pelaku usaha maupun konsumen, seperti berikut.

Keuntungan bagi Pelaku Usaha:

  • Fleksibel, menyesuaikan budget & kemampuan yang Anda miliki.
  • Modalnya kecil, bisa dimulai dari rumah tanpa buka toko / tempat usaha khusus.
  • Lebih mudah untuk mengatur waktu.
  • Hemat waktu, lebih efisien, efektif dan produktif.
  • Minim resiko dan kerugian, karena membuat makanan sesuai pesanan.
  • Jadi alternatif strategi pemasaran baru yang dapat menarik pelanggan.
  • Membantu survei kepuasan pelanggan.
  • Promosi dapat dilakukan secara online dan tepat sasaran.
  • Jualan 100% laku dan habis.
  • Tidak

Keuntungan bagi Konsumen:

  • Lebih mudah dalam hal pemesanan karena tersedia secara online.
  • Makanan dijamin fresh karena disiapkan sesuai jadwal.
  • Pembeli dapat memilih dan request pesanan.
ADVERTISEMENT

Setelah mengetahui keunggulan di atas, tentu Anda semakin tertarik untuk memulai usaha makanan online dengan sistem pre order, kan?

Eits, jangan buru-buru, yuk simak dulu beberapa referensi makanan yang cocok untuk bisnis pre order. Setelah itu, baru ikuti cara memulainya dan tipsnya di sesi berikut ini.

Ide Produk Makanan untuk Pre Order Online

Sistem pre order online memang sangat pas jika diterapkan dalam usaha kuliner. Bisnis makanan pre order online bisa menjadi peluang usaha bisnis sampingan yang menguntungkan.

Apalagi bisnis ini tidak butuh modal besar, siapapun pelaku usahanya, baik itu pelajar, mahasiswa, atau ibu rumah tangga dapat memulainya dengan mudah. Dan gampangnya lagi, Anda dapat memulai bisnis hanya dari rumah.

Lalu, dagangan makanan apa yang laris? untuk open pre order makanan? Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa ide dagang makanan yang cepat laku pakai sistem PO.

1. Siomay & Dimsum

siomay dan dimsum

Kudapan ringan yang lezat ini yang banyak diburu pecinta kuliner, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Anda bisa jadikan kedua jenis makanan ini sebagai ide jualan pre order online.

Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah ditemukan. Selain itu, cara membuatnya pun tidak sulit. Agar lebih menarik pelanggan, Anda bisa jual Siomay dan Dimsum dengan berbagai varian, seperti Hakau, Gao Zi, Bakpao, Lumpia atau Fong Zau.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Shopee Affiliate Program 2022: Pengertian Dan Cara Daftar

14 Jan 2022 BY Mufti Syawaludin

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan? Sebaiknya gabung Shopee Affiliate Program yang caranya sangat mudah, bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja.Program yang satu ini terbilang sebuah ide bisnis online …

4 Cara Membuat Label Pengiriman Olshop di Word, Canva, Excel, HP

6 Jun 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Cara membuat label pengiriman olshop penting untuk Anda ketahui jika bekerja atau berwirausaha di online shop, baik di shopee, tokopedia, bukalapak dan yang semisal.Dengan adanya label pengiriman pada barang Anda, …

Cara Menemukan Agen BRILink Terdekat dari Lokasi Saya Anti Ribet

27 Des 2021 BY Ayu Triworo

Banyak orang mencari cara menemukan agen BRILink terdekat dari lokasi agar lebih mudah transaksi perbankan tanpa harus ke bank. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mari lihat beberapa alternatif untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *