Cara Cek Saldo Tokopedia untuk Tarik ke Rekening, Mudah!

Amin 09 Jan 2023 3 Menit 0

Cara cek saldo Tokopedia berguna untuk melihat dua jenis saldo, yakni 1.) Saldo Penghasilan, dan 2.) Saldo Refund atau saldo pengembalian dana.

Saldo tersebut bisa digunakan untuk berbelanja produk, beli pulsa, hingga beli tiket di Tokopedia. Apabila untuk belanja kurang, kamu bisa menambahnya dengan cara top up Tokopedia.

Namun, jika kamu tidak ingin membelanjakannya, kamu juga bisa menarik saldo Tokopedia menuju ke rekening bank, seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan bank lainnya.

Lantas, bagaimana cara melihat saldo refund dan penghasilan Tokopedia? Jika sudah bisa cek saldo, bagaimana cara menarik saldo Tokopedia? Berikut tutorial selengkapnya.

Markimak. Mari kita simak 😉 ~

A. 2 Jenis Saldo di Tokopedia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada dua macam saldo di Tokopedia. Berikut penjelasan perbedaan keduanya.

1. Saldo Penghasilan

Saldo penghasilan ada dua jenis, yakni 1.) saldo penghasilan untuk penjual dan 2.) saldo penghasilan untuk pembeli.

Untuk penjual, saldo penghasilan ini merupakan hasil dari penjualan toko dan investasi (emas & reksa dana) yang telah diselesaikan melalui aplikasi Tokopedia.

Sedangkan untuk pembeli, saldo bisa didapatkan dari penghasilan Tokopedia jika mengikuti program affiliate marketing Tokopedia.

2. Saldo Refund (hanya untuk Pembeli)

Saldo Refund hanya tersedia untuk pembeli yang berisi pengembalian dana (refund) dari transaksi yang gagal. Dana pengembalian akan masuk Saldo Refund jika metode pembayaran yang dilakukan sebelumnya selain OVO dan/kartu kredit.

Ketika pesanan kamu dibatalkan, atau tidak jadi beli, atau ternyata habis, maka kamu bisa melakukan refund. Dan uangnya akan masuk ke saldo Tokopedia.

B. Cara Cek Saldo Tokopedia

Berikut ini cara cek saldo Tokopedia untuk melakukan refund dan untuk cek penghasilan.

1. Cara Melihat Saldo Refund Tokopedia

Berikut adalah cara melihat saldo refund Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia;
  2. Ketuk daftar menu di pojok kanan atas;
    Cara cek saldo tokopedia
  3. Ketuk bagian nama akun Tokopedia kamu;
    Cara cek saldo tokopedia
  4. Pada bagian Saldo & Points, ketuk Saldo Tokopedia;
    Cara cek saldo tokopedia
  5. Pada bagian Semua Transaksi, ketuk Saldo Refund;
    Cara cek saldo tokopedia
  6. Selesai, kamu sudah berhasil melihat Saldo Refund Tokopedia.

Jika masih kesulitan, kamu bisa menyimak video tutorial cara cek saldo pengembalian atau refund di Tokopedia berikut ini:

2. Cara Cek Saldo Tokopedia Seller

Jika kamu sebagai penjual atau pembeli namun mengikuti program affiliate marketing Tokopedia, kamu bisa cek saldo Tokopedia untuk melihat penghasilan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Tokopedia;
  2. Ketuk daftar menu di pojok kanan atas;
  3. Ketuk bagian nama akun Tokopedia kamu;
  4. Pada bagian Saldo & Points, ketuk Saldo Tokopedia;
  5. Pada bagian Semua Transaksi, ketuk Saldo Penghasilan;
  6. Selesai, kamu sudah berhasil melihat Saldo Penghasilan Tokopedia.

Mungkin banyak yang belum tahu berapa lama uang masuk ke saldo Tokopedia. Jika pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan barang, maka maksimal dana masuk ke Saldo Penghasilan adalah 2×24 jam.

Nah, jika sudah bisa melihat saldo di Tokopedia, lantas bagaimana cara menggunakan saldo Tokopedia? Saldo Tokopedia bisa digunakan untuk belanja atau juga bisa dicairkan.

C. Cara Cairkan Saldo Tokopedia

Saldo di Tokopedia bisa dicairkan melalui rekening bank atau melaluie-walletdengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Tokopedia;
  2. Ketuk daftar menu tiga garis horisontal di pojok kanan atas;
  3. Ketuk nama akun Tokopedia;
  4. Pada bagian Saldo & Points, ketuk Saldo Tokopedia;
  5. Selanjutnya, ketuk Tarik Saldo dan pilih bank yang kamu gunakan;
  6. Selesai, kamu sudah berhasil melihat Saldo Refund Tokopedia.

Setelah dilakukan proses pencairan, Saldo Tokopedia masuk ke rekening dalam jangka waktu maksimal 1×24 jam untuk bank BCA, BRI, BNI, Mandiri dan CIMB Niaga.

Sementara, untuk penarikan saldo Tokopedia ke bank selain yang disebutkan sebelumnya, maka maksimal waktu penarikannya adalah 2×24 jam di hari kerja.

Selain melalui rekening bank, kamu juga bisa menarik atau mengirim saldo Tokopedia ke e-wallet seperti DANA dan GoPay, loh. Jadi tidak perlu menggunakan rekening bank.

Cara mengirim saldo Tokopedia ke DANA, GoPay, atau e-wallet lainnya dapat kamu lihat di tutorial berikut ini:

Oh, ya! Jika penarikan saldo belum berhasil, coba kamu baca alasan kenapa kamu belum mendapatkan saldo penghasilan dari penjualan.

Sudah Berhasil Cek Saldo Tokopedia dan Menarik Saldonya?

Demikian penjelasan mengenai cara cek saldo Tokopedia, baik bagi penjual maupun bagi pembeli. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tutorial cara menarik saldo tersebut ke rekening bank.

Jika tidak kamu tarik ke rekeing juga tidak masalah. Saldo tersebut dapat kamu gunakan untuk belanja di Tokopedia. Jangan lupa untuk memberi ulasan di Tokopedia juga, ya!

Apabila terdapat kendala atau ada masalah dengan belanjaan kamu atau saldo kamu di Tokopedia, kamu bisa coba cara komplain Tokopedia.

Ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun? Kamu dapat menyampaikannya melalui email kami di contact@tonjoo.com. Feedback dari kamu sangat berarti untuk kami 🙂

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir Gratis. Mudah. Akurat.

Bagi yan sering berkirim barang dan hendak melakukan cek resi atau tarif ongkos kirim, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan layanan kami, loh. Selain itu juga 100% gratis.

Yuk, cek resi dan ongkos kirim pengiriman barang kamu.

Cara cek resi

Lacak di mana paket JNE, POS, Tiki, JNT, Wahana, Lion Parcel, Sicepat, dll dengan mudah, akurat, dan gratis hanya di Plugin Ongkos Kirim!


Baca juga artikel menarik di Plugin Ongkos Kirim yang terkait dengan Bisnis, Info Ekspedisi, Cara Belanja atau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pluginongkoskirim.com


Sumber:

  • Pengecekan Saldo Tokopedia – https://www.tokopedia.com/help/article/pengecekan-saldo-tokopedia
  • Saldo Refund & Saldo Penghasilan – https://www.tokopedia.com/help/article/apa-itu-saldo-refund-saldo-penghasilan
Bagikan ke:
Amin
Ditulis oleh

Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.