Cara Mengubah Status Konfirmasi Pembayaran dengan Plugin Konfirmasi

Posted on 21 Feb 2019 By Nisa Husnainna

Cara Mengubah Status Konfirmasi Pembayaran – Konfirmasi pembayaran secara sistem (melalui Plugin Konfirmasi Pembayaran) akan mengurangi kerja Admin atau Customer Service (CS) toko online Anda. Tanpa konfirmasi pembayaran otomatis, CS perlu melakukan pengecekan secara manual ke setiap pelanggan.

Dengan penggunaan Plugin Konfirmasi Pembayaran (Tonjoo Payment Confirmation), CS toko online Anda dapat mengecek konfirmasi pembayaran hanya dengan melihat dashboard.

Keuntungan lainnya apabila Anda menginstal Plugin Konfirmasi Pembayaran yaitu:

ADVERTISEMENT
  • Tidak perlu melengkapi persyaratan administrasi yang rumit (seperti payment getway)
  • Tidak membutuhkan prosedur aktivasi yang panjang. Plugin ini dapat langsung digunakan setelah diinstal.
  • Terhindar dari biaya transaksi (transaction fee)
  • Uang Anda dapat langsung ditarik kapanpun
  • Mempermudah customer Anda dalam melakukan konfirmasi pembayaran

Tonjoo Payment Confirmation adalah plugin yang berfungsi untuk membuat halaman konfirmasi pembayaran bagi pelanggan yang telah melakukan pembelian di website kita. Pelanggan meng-upload bukti pembayaran di halaman konfirmasi, kemudian pemilik website akan menerima email pemberitahuan bahwa terdapat konsumen yang melakukan konfirmasi pembayaran. Anda bisa mendapatkan plugin ini di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-konfirmasi-pembayaran/

Dengan plugin tersebut, sekarang customer Anda sudah dapat melakukan konfirmasi pembayaran dengan mudah. (Baca : Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran di Toko Online). Sedangkan cara mengkonfirmasi untuk admin adalah sebagai berikut:

Setelah customer melakukan konfirmasi pembayaran, status order-nya pada back-end area website Anda akan berubah menjadi ‘Waiting Confirmation’. Maksud dari status ‘Waiting Confirmation’ yaitu sistem sedang menunggu pembeli untuk meng-upload bukti pembayarannya. Simak cara mengubah status konfirmasi pembayaran tersebut di sini!

Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk mengkonfirmasi form Payment Confirmation yang telah diupload oleh customer dari sisi admin:

1. Login ke area back-end website Anda: namawebsite.com/wp-admin/

2. Konfirmasi Pembayaran dapat dilihat dari dua menu, yaitu dari Orders dan Payment Confirmation.

2a

2b

 

3. Admin cukup mengecek dari tab Waiting Confirmation seperti pada kotak merah berikut. Pada contoh di bawah, artinya Anda memiliki 1 order yang menunggu untuk dikonfirmasi. Tab ini akan sangat memudahkan Anda dalam memeriksa konfirmasi pembayaran yang masuk.

3

Order yang dapat dikonfirmasi hanya order yang berstatus “On hold”.

 

4. Langkah yang harus Anda/admin/CS lakukan adalah melihat dari halaman order (di back-end WooCommerce). Setelah memastikan dan melakukan cek adanya bukti transfer (seperti yang ditunjuk oleh tanda panah merah di bawah ini), baru ubah status ordernya menjadi “Processing”.

5. Anda dari sisi admin setelah memverifikasi kevalidan bukti pembayaran silakan mengubah status tersebut menjadi “Processing” yang artinya order dari customer tersebut telah Anda proses.

4a

4b

 

6. Klik ‘Update’. Ini akan mengubah status order dari “Waiting Confirmation” menjadi “Processing”.

5

 

7. Status order telah berubah menjadi “Processing”.

6

 

8. Setelah kita memastikan dana benar-benar masuk ke rekening kita, maka ubah status menjadi “Completed”.

processing to completed

Selesai. Sekarang, order telah diproses dan konfirmasi pembayaran yang dilakukan oleh customer Anda telah berhasil. Customer Support (CS) toko Anda pun tidak repot lagi memeriksa secara manual setiap konfirmasi yang masuk. Cukup memantau dari satu layar dan pesanan pun siap diproses lebih lanjut. Semoga membantu :)

 

Belum punya fitur konfirmasi pembayaran? Simak cara membuatnya: Cara Menambahkan Fitur Konfirmasi Pembayaran Pada WooCommerce

 

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

5 Pelajaran dari Kisah Sukses Ahmad Zaky, Pendiri Marketplace BukaLapak

22 Jan 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Kisah Sukses Ahmad Zaky Pendiri Marketplace Bukalapak – Ahmad Zaky, Founder dari BukaLapak, adalah salah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang berhasil memberi pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia lewat …

Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

17 May 2019 BY Nisa Husnainna

Pentingnya nomor resi bagi pelanggan – Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli …

Cara Submit Tiket Support Plugin Ongkos Kirim di Tonjoo Studio

1 Jan 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Cara Submit Tiket Support Plugin Ongkos Kirim – Salah satu fitur utama dari sebuah produk perangkat lunak premium adalah adanya dukungan teknis, atau yang lazim disebut dengan ‘support’. Support sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *