Ganti Foto Latar Belakang Super Mudah, Pakai SnapEdit Saja!

Hanif 30 Nov 2023 4 Menit 3

Background removal atau hapus latar belakang foto merupakan proses menghilangkan atau mengubah latar belakang foto atau video. Banyak orang menggunakan aplikasi atau software penghapus latar belakang foto di berbagai industri, khususnya e-commerce, fotografi, periklanan, dan desain grafis. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengisolasi subjek foto, menghilangkan potensi gangguan dan memfokuskan perhatian audiens pada produk atau individu.

Proses ganti background foto sangat penting untuk mendapatkan gambar yang profesional dan tampak bersih. Ini membantu menekankan subjek utama dan mengubah tone foto secara keseluruhan. Dalam industri e-commerce, misalnya, produk dengan latar belakang putih biasanya lebih menarik di mata konsumen.

Dahulu, proses untuk menghilangkan background foto menuntut kemampuan editing yang baik dengan menggunakan aplikasi rumit seperti Photoshop. Namun, seiring dengan makin majunya teknologi, banyak aplikasi & situs penghapus latar belakang yang bisa digunakan bahkan secara gratis. Salah satunya adalah SnapEdit yang akan kita bahas dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

Apa Itu SnapEdit?

Popularitas SnapEdit di kalangan fotografer maupun editor video/foto meningkat berkat kemampuannya dalam menghilangkan orang yang ada di sebuah foto. Misalnya saja, Anda sedang berlibur dan mengambil foto di sebuah tempat yang ramai. SnapEdit bisa membantu menghilangkan orang lain di sekeliling Anda dan membuat Anda seakan-akan sedang sendiri di foto tersebut.

Ganti foto latar belakang super mudah, pakai snapedit saja! 1

SnapEdit sendiri menggunakan AI atau Artificial Intelligence dan teknologi pemrosesan citra terkini untuk melakukan penghapusan foto objek maupun orang secara otomatis di dalam foto. Lewat teknologi face recognition (pengenalan wajah) dan algoritma pemrosesan yang canggih, tool ini dapat menghapus orang di sebuah foto dengan hasil yang bersih dan mengesankan.

Bagi Anda yang membutuhkan tools penghapus latar belakang serta kemampuan hilangkan objek foto, SnapEdit merupakan salah satu opsi terbaik yang tersedia saat ini.

Menghapus Background di SnapEdit dengan Menggunakan Browser

Cara pertama menghapus background dengan SnapEdit bisa dilakukan langsung dari laman browser di PC Anda. Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda menghapus background dan menghasilkan foto yang lebih profesional di SnapEdit:

  • Buka halaman: snapedit.app/id/remove-bg.
  • Unggah foto yang ingin Anda hilangkan latar belakangnya pada laman yang disediakan. Anda bisa juga melakukan drag-and-drop untuk mulai mengeditnya.
Ganti foto latar belakang super mudah, pakai snapedit saja! 3
  • Tunggu beberapa detik sampai Artificial Intelligence milik SnapEdit menemukan background foto yang sudah Anda unggah. Anda bisa memilih beberapa opsi, mulai dari mengubah warna latar belakang, mengganti gambarnya, atau membiarkannya transparan.
Latar belakang foto
  • Jika sudah selesai, unduh gambar dengan format HD.

Selain versi gratis, Anda bisa menikmati berbagai fitur tambahan lain dengan berlangganan versi pro dari SnapEdit. SnapEdit juga tersedia dalam versi aplikasi di sistem operasi Android maupun iOS.

Menghapus Background dengan Menggunakan Aplikasi di SnapEdit

Selain melalui website, SnapEdit juga hadir dalam versi aplikasi, baik untuk Android dan iOS.

Untuk menghapus background dengan menggunakan SnapEdit versi aplikasi, caranya sangat mudah, yakni:

  • Buka Appstore atau Google Playstore di ponsel Anda.
  • Temukan aplikasi SnapEdit, kemudian unduh dan lakukan instalasi.
  • Setelah aplikasi terpasang, buka dan jalankan.
  • Anda akan melihat berbagai opsi menu. Pilih “Remove Background”.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengunggah foto yang akan dihapus background-nya.
  • Tunggu sampai AI bekerja mendeteksi latar belakang foto. Setelah selesai, Anda bisa mengunduh
  • langsung versi transparannya atau mengganti latar belakang dengan warna atau gambar lainnya yang tersedia di aplikasi SnapEdit.

Foto yang sudah tidak memiliki background bisa dipadukan dengan gambar lain, misalnya untuk membuat poster dan materi pemasaran.

Ganti foto latar belakang super mudah, pakai snapedit saja! 6

ADVERTISEMENT

Berbagai Pertanyaan Seputar Penggunaan Aplikasi Hapus BG

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi atau tools ini, ada beberapa hal yang mungkin menjadi pertanyaan:

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Kerja SnapEdit Remove Bg?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, SnapEdit menggunakan AI atau machine learning (pembelajaran mesin) dan algoritma pemrosesan gambar untuk menghapus latar belakang dari sebuah gambar.

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk memotong latar belakang gambar dalam hitungan detik, menganalisis gambar, serta menemukan subjek, latar belakang, dan objek lainnya. Selanjutnya, SnapEdit akan menghapus latar belakang dengan tetap mempertahankan subjek.

Algoritma SnapEdit dilatih pada jutaan foto. Makin banyak foto yang dihapus background-nya oleh SnapEdit, maka makin akurat hasilnya. SnapEdit terus memperbarui dan meningkatkan algoritmanya untuk hasil editing terbaik.

ADVERTISEMENT

Browser Apa Saja yang Mendukung SnapEdit Remove Bg?

SnapEdit kompatibel dengan banyak jenis browser mulai dari Firefox, Google Chrome, Safari, dan masih banyak lagi.

Format Gambar Apa Saja yang Didukung oleh SnapEdit?

SnapEdit mendukung hampir semua format foto yang populer termasuk JPG, PNG, JPEG, dan masih banyak lagi. Hanya saja, jika Anda ingin mengunduh hasil editing dengan kualitas HD, Anda hanya bisa mendapatkan gambar dengan format JPG.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Menghapus Latar Belakang Foto?

Dengan SnapEdit, menghapus background foto bisa dilakukan kurang dari 5 detik. Ini tentu akan menghemat waktu Anda dalam mengedit foto secara keseluruhan.

Apakah Remove Bg dari SnapEdit Bisa Digunakan Secara Gratis?

Saat ini, Remove Bg dari SnapEdit bisa digunakan secara gratis. Anda bisa menghapus background foto dengan berbagai resolusi atau ukuran dan mengunduhnya dalam kualitas HD. Tersedia juga pilihan kualitas foto lainnya, tetapi Anda perlu membayar fee untuk itu. SnapEdit mengklaim bahwa biaya yang mereka kenakan lebih terjangkau dibanding aplikasi untuk hapus background lainnya.

Apa Lagi Fitur Unggulan SnapEdit Selain Remove Bg?

Sebagai tool untuk mengedit foto, SnapEdit menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan proses pengeditan. Selain menghapus objek dan latar belakang, Anda bisa menggunakan SnapEdit untuk berbagai kebutuhan editing foto, termasuk:

  • Menghilangkan jerawat atau keriput di wajah. Ini akan membuat hasil foto wajah jadi lebih bersih dengan menghilangkan skin defects.
  • Memperbaiki foto lama. Jika Anda punya foto cetak yang permukaannya sudah tergores, rusak, dan terlihat tua, Anda bisa memindai dan mengeditnya dengan menggunakan SnapEdit. Tool ini akan memperbaiki area yang Anda pilih.
  • Mudah digunakan. SnapEdit menyediakan platform editing foto online bertenaga AI untuk foto produk secara gratis. SnapEdit juga mudah dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Selain itu, tersedianya dukungan untuk versi web dan aplikasi ponsel memungkinkan pengguna memilih perangkat mana yang paling nyaman untuk mereka.

Dengan SnapEdit, mengganti latar belakang foto jadi lebih mudah dan cepat. Teknologi AI dan algoritma canggihnya memastikan hasil bersih dan profesional. Dari menghapus objek hingga mengubah tone foto, SnapEdit memberikan solusi editing yang praktis dan efisien.

Alternatif untuk SnapEdit

Selain SnapEdit, banyak juga aplikasi alternatif untuk menghilangkan background gambar seperti Remove-bg AI, Slazzer atau Removal.ai. Aplikasi ini juga berkinerja sangat baik dan dapat dipertimbangkan jika Anda merasa kemampuan SnapEdit kurang baik.

Anda dapat mencoba alat tersebut di RemoveBG AI. Berikut adalah contoh kemampuan penghapusan latar belakang pada aplikasi Remove-bg.ai:

Ganti foto latar belakang super mudah, pakai snapedit saja! 8
Ganti foto latar belakang super mudah, pakai snapedit saja! 10

Kombinasikan SnapEdit dengan aplikasi desain grafis AI untuk memudahkan berbagai kebutuhan pekerjaan setiap harinya!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers.  Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Hanif seputar Tutorial, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

3 Comments

  1. Artikel yang memberikan perspektif baru terhadap perkembangan teknologi.

  2. Avatar of lady bird lady bird says:

    Saya suka bagaimana penulis memberikan perspektif yang berbeda.

    1. Avatar of anisa Anisa says:

      Terima kasih ya..^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *