Info Lengkap Proses Pengiriman Paket JNE

Posted on 5 Feb 2019 By Fadhil Guntur Ashari

Jika berbicara mengenai jasa ekspedisi di Indonesia, nama JNE berulang kali muncul ke permukaan. Siapa yang tak kenal JNE? Bahkan sebelum bisnis online menjamur seperti sekarang ini, JNE telah menjadi jasa ekspedisi terdepan di Indonesia. Menjadi yang terdepan bukan berarti layanan JNE dianggap memuaskan oleh seluruh pelanggannya.

Berbagai keluhan pelanggan pun sering muncul terkait paket yang sampai di luar jadwal yang diperkirakan. Keluhan semacam ini sebenarnya bisa dihindari jika pelanggan terlebih dahulu diedukasi tentang info lengkap proses pengiriman paket JNE. Apa saja proses tersebut?

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

ADVERTISEMENT

 

Paket diantarkan pelanggan menuju Agen/Sub Agen/Counter JNE terdekat

Sebelum Anda menyerahkan paket Anda pada agen, sub agen, atau counter JNE terdekat, pastikan Anda telah mengecek jam operasional masing – masing tempat. Hal ini dikarenakan sistem franchise yang diaplikasikan JNE untuk counter yang mereka miliki. Dengan begitu, pengelolaan counter pun diserahkan kepada perseorangan.

Bukan tidak mungkin jika masing – masing agen menerapkan jam operasional yang berbeda – beda. Pemilihan tempat penyerahan paket pertama pun nantinya menentukan lama pengiriman paket Anda.

 

Paket ditampung di agen setempat

Jika Anda langsung datang ke agen yang terdekat di kota Anda, ada kemungkinan paket Anda akan diproses lebih cepat karena paket yang diterima di agen akan langsung diberangkatkan ke kota penerima. Namun, bisa saja yang paling dekat dengan lokasi Anda saat ini statusnya hanya sub agen atau counter saja.

Jika ini yang terjadi pada Anda, maka paket Anda harus menunggu dulu sebelum dijemput oleh agen setempat. Di dalam proses ini, nomor resi yang Anda dapatkan pun masih belum aktif dan belum bisa dilakukan pelacakan.

 

Paket telah tiba di JNE cabang (Status Manifested)

Ketika paket Anda sudah sampai di JNE cabang, proses selanjutnya adalah penyortiran. Paket Anda akan disortir dengan ribuan paket lain yang ada berdasarkan alamat tujuan dan layanan pengiriman paket yang Anda pilih (REG, OKE, YES). Di tahap ini nomor resi tiap paket sudah diproses untuk dimasukkan ke database di dalam website.

Nomor resi Anda kini sudah aktif dan sudah bisa dilakukan pelacakan. Di tahap ini, paket Anda sudah berada dalam status manifested.

 

Paket tiba di warehouse JNE Jakarta (Status In Transit)

Setelah paket Anda melewati proses di JNE cabang kota setempat, paket Anda akan diantar menuju JNE Jakarta baik lewat pengiriman udara atau pengiriman darat. Transit via JNE ini hanya berlaku jika rute pengiriman paket melewati jalur Jakarta. Jika rute pengiriman tidak melewati Jakarta, pengiriman dilakukan antara cabang kota pengirim ke cabang kota penerima.

Jika Anda sedang melakukan pengecekan resi saat paket sedang di tahap ini, paket Anda akan tertulis dalam status in transit.

 

Paket tiba di kantor cabang kota penerima (Status Received on Destination)

Setelah melewati proses transit, paket Anda akan dikirimkan ke gudang di kantor cabang kantor penerima. Di tahap ini, paket akan kembali disortir berdasarkan alamat tujuan dan pilihan layanan pengiriman paket. Saat di tahap ini, paket Anda akan berstatus received on destination. Setelah tahap ini, paket akan diproses secara berbeda.

 

Kurir mengantarkan paket ke alamat penerima

Jika alamat penerima paket ternyata masih dalam satu cakupan wilayah dengan cakupan kantor cabang, maka paket akan langsung diserahkan kepada kurir untuk diantarkan hingga ke tangan penerima. Jika paket sudah diterima, status yang tertera adalah delivered.

 

Paket diantarkan ke agen/sub agen sebelum diserahkan ke penerima

Jika tujuan paket ternyata di luar cakupan wilayah kantor cabang, paket akan menempuh perjalanan lebih jauh dan tentunya memakan waktu tambahan. Dari JNE cabang, paket akan lebih dulu diantarkan ke agen. Jika tujuan masih di luar jangkauan agen, paket akan diserahkan ke sub agen dan kurir dari sub agen baru akan mengirimkan paket hingga ke penerima.

 

Dari penjelasan di atas, bisa kita lihat jika proses pengiriman barang di JNE memang cukup panjang. Untuk mempersingkat waktu tempuh pengiriman paket, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Sebagai pengirim, Anda bisa langsung menyerahkan paket ke agen setempat. Sebagai penerima, jika Anda segera membutuhkan paket tersebut, Anda bisa langsung menjemput paket Anda ke agen yang telah ditentukan. Semoga sukses selalu!

Baca juga: Info Lengkap Proses Pengiriman Paket TIKI

 

Gambar: akurat.co

`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Cek Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Bali (Terlengkap)

20 Oct 2019 BY Nisa Husnainna

Cek Tarif Ongkir Jakarta Bali 2019 Terlengkap – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Bali, halaman ini sangat tepat untuk Anda. Berikut kami paparkan informasi tarif …

Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

15 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Kemudahan untuk belanja online pasti sering membuat kita terlena sehingga kita tidak tahu Penyebab Belanja Online Jadi Mahal. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda bisa memilih barang yang Anda inginkan …

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress – Jika Anda memiliki toko online, maka salah satu fitur terpenting yang harus website Anda miliki adalah fitur penghitungan ongkos kirim. Jika Anda …

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *