Info Lengkap Proses Pengiriman Paket J&T Express

Posted on 3 Feb 2019 By Fadhil Guntur Ashari

Dari sekian banyak jasa ekspedisi yang kita kenal di Indonesia, J&T Express adalah si pendatang baru yang langsung berhasil merebut hati pelanggan. Sudah banyak juga pelaku bisnis online yang bermitra dengan J&T Express. Mengapa J&T Express bisa secepat itu duduk di papan atas jasa ekspedisi terbaik di Indonesia? Jawabannya adalah karena J&T Express menawarkan inovasi baru dari segi sistem pengiriman barang.

Apakah inovasinya? Sekalian saja kita belajar info lengkap proses pengiriman paket J&T Express di sini, ya!

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

ADVERTISEMENT

Penyerahan Barang dari pengirim ke Drop Point J&T

Tahap pertama dalam pengiriman paket tentunya adalah tahap penyerahan paket dari pengirim ke pihak J&T Express. Sebelum mengirimkan paket, ada baiknya pengirim menyiapkan paket dengan melakukan pengecekan dan pengemasan yang baik sesuai tipe barang yang akan dikirimkan. Untuk paket berisi makanan dan barang elektronik tentu membutuhkan pengemasan khusus demi mempertahankan kualitas barang hingga sampai di tangan penerima.

Setelah paket sudah disiapkan, kini saatnya mengantarkan paket ke Drop Point J&T Express. Drop Point adalah penghubung antara pihak kurir dengan pelanggan. Inilah perbedaan pertama antara J&T Express dan jasa ekspedisi lainnya. Jika agen jasa pengiriman lain biasanya bersifat franchise dan dikelola perseorangan, drop point J&T Express dikelola dengan sistem sentralisasi.

Dengan begitu, semua drop point di Indonesia memiliki jam operasional yang seragam, bahkan melayani di saat tanggal merah maupun libur nasional.

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengantarkan paket ke Drop Point, ini adalah saatnya untuk memanfaatkan inovasi dari J&T Express selanjutnya. J&T Express menyediakan layanan jemput paket untuk setiap konsumennya. Layanan yang diberikan ini pun berlaku untuk semua jenis paket. Tidak ada minimal batas minimal berat atau jumlah untuk mendapatkan layanan ini.

Cukup dengan mengakses aplikasi J&T Express atau menelepon Drop Poin terdekat, maka J&T akan mengirimkan sprinter untuk menjemput paket Anda.

 

Pengiriman dari Drop Point ke Warehouse Kota Penerima

Ketika barang Anda sudah sampai di Drop Point, baik itu dengan Anda mengantarkan sendiri atau lewat layanan jemput paket, Anda akan mendapatkan sebuah kwitansi bukti bayar. Di dalam kwitansi ini terdapat nomor resi yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melacak lokasi paket Anda. Berbeda dengan jasa ekspedisi lain yang mengunggah nomor resi ke website di jam tertentu saja, nomor resi pengiriman lewat J&T Express akan langsung aktif sekitar setengah jam setelah paket kamu sampai di Drop Point.

Dari Drop Point, paketmu kemudian akan dikirim ke warehouse (gudang) di kota penerima. Namun, beberapa pengiriman memang tidak bisa langsung sampai ke kota yang dituju. Ada kota transit sebelum paket sampai di warehouse gudang penerima. Namun, proses transit ini cukup cepat dan tidak memakan waktu hingga lebih dari 1 hari.

 

Pengiriman dari Warehouse ke Drop Point Terdekat dengan Alamat Penerima

Setelah melewati proses penyortiran di dalam warehouse kota penerima, paket Anda pun akan langsung dikirim ke masing – masing Drop Point J&T Express yang terdekat dengan alamat si penerima. Proses pengiriman ini biasanya kurang dari 1 hari. Dalam sistem J&T Express, paket yang tiba harus segera diproses tanpa harus menumpuk terlebih dahulu di dalam gudang.

 

Pengiriman dari Drop Point ke Alamat Penerima

Setibanya paket Anda di lokasi Drop Point, J&T Express akan langsung mengerahkan kurir untuk langsung mengirimkan barang. Sama seperti sistem di warehouse, Drop Point pun menerapkan sistem untuk tidak menumpuk paket. Paket yang datang akan langsung diserahkan ke sprinter untuk dikirimkan.

Bahkan, jika di proses ini Anda sedang melakukan pengecekan resi, Anda bisa mengetahui nama sprinter yang bertanggung jawab untuk mengantarkan paket hingga ke tangan penerima. Sprinter ini pun nantinya akan memberikan nomor yang bisa dihubungi ke penerima jika saja si penerima butuh layanan jemput paket dari J&T Express suatu saat nanti.

 

Itulah informasi penting yang perlu Anda ketahui ketika menggunakan jasa pengiriman J&T Express. Selamat berbelanja dan berjualan online!

Baca juga: Info Lengkap Proses Pengiriman Paket JNE

 

Gambar: apkcombo.com

`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

3 Jasa Ekspedisi yang Paling Murah untuk Penggemar Belanja Online

10 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

3 Jasa Ekspedisi Paling Murah – Apakah Anda termasuk kategori penggemar belanja online namun masih sering galau memilih ekspedisi pengiriman? Terkadang memang masih ada saja kami jumpai pembeli yang bingung …

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T dengan Mudah dan Cepat

13 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Sebelum membeli barang atau transaksi online, Anda harus mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T. Jika kita membeli barang secara online maka kita tidak tahu apakah barang kita sudah …

Pengiriman Paket Terlambat Saat Lebaran? Ini 3 Penyebab Utamanya!

19 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Paket Terlambat Datang Saat Lebaran – Momen lebaran merupakan waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan, salah satunya dengan mengirimkan hadiah kepada saudara, sahabat, dan handai taulan di luar kota. Namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *