Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya dalam Bisnis

Amin 09 May 2023 5 Menit 0

Jenis-jenis gudang dalam bisnis memiliki fungsi yang berbeda dibandingkan dengan gudang pada umumnya. Misalnya saja, logistik memiliki beberapa ragam jenis gudang seperti cross-docking dan warehouse center.

Selain itu, ada juga jenis gudang yang disewakan secara online untuk seller, reseller, dropship, dan lainnya. Mereka menggunakan berbagai platform gudang online untuk membantu kelancaran bisnis.

Lantas, apa saja jenis-jenis gudang dalam bisnis saat ini? Seperti apa fungsinya? Mana jenis gudang yang cocok untuk membantu operasional bisnis kamu? Simak jawabannya di bawah ini!

Apa itu Gudang dan Fungsi Utamanya?

Apa itu gudang dan fungsinya

Gudang /gu-dang/ n rumah atau bangsal tempat menyimpan barang – barang.
(Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Secara umum, gudang adalah tempat atau ruang penyimpanan barang-barang. Dalam konteks rumah tangga, gudang berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau frekuensi pemakaiannya jarang.

Sementara, gudang dalam aktivitas ekonomi memiliki skala yang lebih besar dengan fungsi lebih luas. Gudang di sini digunakan untuk keperluan bisnis, logistik, pengelolaan stok hingga distribusi barang.

Dalam ranah aktivitas ekonomi, pengguna gudang adalah perusahaan, distributor, agen, dan toko-toko besar yang membutuhkan tempat aman dan dapat mengakomodasi produk mereka.

Tak ayal jika gudang menjadi salah satu fasilitas logistik dengan peran signifikan, yang berfungsi sebagai pusat distribusi hingga sebagai reverse logistic atau tempat pengelolaan pengembalian barang.

Secara garis besar, jenis gudang dapat dibedakan berdasarkan kepemilikan dan berdasarkan fungsinya. Dari dua pembagian tersebut, jenis gudang dapat dikerucutkan lagi.

Jenis-Jenis Gudang Berdasarkan Kepemilikan

Jenis gudang berdasarkan kepemilikannya dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni gudang umum atau publik, gudang pribadi dan gudang khusus. Berikut penjelasan dan jenis barang yang dapat disimpan dalam gudang tersebut.

1. Gudang Umum atau Publik

Jenis-jenis gudang

Gudang umum adalah jenis gudang yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga dan dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan.

Gudang ini umumnya menyediakan jasa penyimpanan dan pengiriman barang bagi pelanggan yang membutuhkan, sehingga bisa disewa oleh perusahaan ataupun perorangan.

Jenis barang yang disimpan di gudang umum biasanya adalah barang yang umum, tidak memerlukan persyaratan khusus seperti penyimpanan dalam suhu tertentu atau keamanan yang ketat.

2. Gudang Pribadi (Private)

Jenis-jenis gudang

Lalu, apa itu gudang privat? Gudang privat adalah jenis gudang yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan atau bisnis yang membutuhkan gudang untuk keperluan penyimpanan atau distribusi produk mereka.

Gudang privat biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gudang umum dan khusus, karena gudang tersebut hanya untuk mengakomodasi kebutuhan satu perusahaan saja.

Penggunaan gudang privat hanya terbatas pada perusahaan atau bisnis yang memilikinya, sehingga dapat memastikan keamanan dan pengendalian produk yang disimpan secara mandiri.

3. Gudang Khusus

Jenis-jenis gudang

Berbeda dengan dua jenis gudang sebelumnya, gudang khusus adalah jenis gudang yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang memerlukan persyaratan khusus.

Contohnya seperti suhu atau kelembapan tertentu, keamanan yang ketat, atau persyaratan lainnya yang sesuai dengan jenis barang yang disimpan.

Gudang khusus umumnya dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan atau bisnis yang membutuhkan gudang dengan persyaratan khusus untuk menyimpan produk mereka, seperti farmasi, makanan beku, atau bahan kimia.

Secara keseluruhan, perbedaan antara ketiga jenis gudang tersebut terletak pada kepemilikannya, jenis barang yang disimpan, dan aturan pengoperasiannya.

Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya

Selain dapat dipilah berdasarkan kepemilikannya, jenis gudang juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Setidaknya ada tujuh jenis gudang yang dapat dipetakan berdasarkan fungsi atau perannya.

Berdasarkan perannya, apa saja jenis gudang yang ada? Baca penjelasan fungsi, ciri-ciri atau karakteristik, hingga contoh bisnis yang membutuhkan gudang berikut.

1. Gudang Pusat (Warehouse Center)

Jenis-jenis gudang

Gudang pusat atau warehouse center adalah sebuah pusat gudang yang berfungsi sebagai titik kumpul dan distribusi barang. Gudang pusat berperan penting dalam ekosistem perusahaan logistik.

Halaman Selanjutnya
Maka dari itu, gudang pusat...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Amin
Ditulis oleh

Amin

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.