ADVERTISEMENT

Search Engine Marketing (SEM): Pengertian Dan Manfaat Kegunaannya

Posted on 15 Mar 2021 By Mufti Syawaludin

Search Engine Marketing adalah langkah baik untuk mendapatkan ranking pertama di mesin pencari seperti Google selain menggunakan metode SEO. Jika Anda ingin cepat mendapatkan hasil dari website/toko online yang sedang dikelola, pilihan yang tepat untuk menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin tau lebih dalam mengenai pengertian dan manfaat  search engine marketing ini untuk bisnis online, pilihan yang tepat untuk membaca artikel yang satu ini.

Disini kami akan bahas secara lengkap dengan bahasa yang sederhana.

Tanpa panjang lebar langsung saja, mari kita mulai…

Pengertian Search Engine Marketing

SEM singkatan dari Search Engine Marketing adalah praktik memasarkan bisnis secara online dengan membayar mesin pencari yang akan muncul di halaman SERP.

ADVERTISEMENT

Nah, metode membayar mesin pencari ini disebut juga dengan memasangkan iklan, dimana pengiklan menggunakan kata kunci yang menjadi target bisnisnya.

Kata kunci ini sangat penting agar iklan dapat muncul sesuai dengan kueri yang digunakan pengguna mesin pencari untuk mendapatkan informasi.

Kebanyakan mesin pencari menggunakan metode Pay Per Click (PPC) untuk pembayarannya. Jadi, pengiklan hanya membayar sebanyak jumlah klik yang didapatkan.

Iklan yang muncul di hasil penelusuran bisa berupa teks dan juga produk (Shopping).

Dengan menggunakan search engine marketing ini pengiklan akan di berikan peluang untuk mendapatkan calon konsumen yang tepat dengan bisnisnya.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, tidak ada media pengiklan lainnya yang sebagus SEM, karena sangat efektif untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Ada dua kategori yang muncul di hasil mesin pencari (SERP) yang sering ditemukan oleh penelusur yaitu (1) Organik, dan (2) Iklan/Ad. berikut ini contohnya:

Perbedaan SERP Organik dengan Iklan

Nah, iklan yang muncul di pencarian seperti gambar di atas itulah yang disebut search engine marketing.

Sedangkan untuk hasil pencarian organik merupakan halaman website yang menggunakan metode SEO (Search Engine Optimization).

Hasil dari SEM biasanya akan muncul di atas hasil pencarian organik, sesuai dengan kueri yang digunakan oleh pengguna mesin pencari.

Baca Juga:

Manfaat Penggunaan SEM Untuk Bisnis Anda

Berikut ini beberapa manfaat dari menggunakan SEM untuk bisnis Anda:

Mendapatkan Konsumen Yang Tepat

Dengan menggunakan SEM, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan konsumen yang memang benar-benar sedang membutuh atau menginginkan yang ditawarkan bisnis Anda.

ADVERTISEMENT

Di sini Anda bisa menentukan karakteristik konsumen yang spesifik mungkin misalnya: orang dengan usia 16-45 tahun, jenis kelamin, lokasi dimana, minat atau keinginan apa, dan lain sebagainya.

Iklan di mesin pencari akan ditampilkan sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh pengiklan terkait karakteristik konsumen yang diinginkan.

Dengan demikian pasti apa yang bisnis Anda tawarkan akan cepat mendapatkan pembeli karena tepat sasaran.

Hasilnya Terlihat Lebih Cepat

Dibandingkan dengan metode SEO, SEM lebih cepat untuk memperoleh hasilnya. Alasannya karena membayar mesin pencari untuk mendapatkan trafik.

Mesin pencari akan memprioritaskan website yang menggunakan fitur iklannya untuk tampil di pencarian halaman pertama dengan urutan teratas.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong baru memiliki website atau toko online.

Misalnya, bisnis Anda menawarkan jasa SEO, dengan menggunakan iklan di Google maka akan tampil peringkat satu di halaman pertama mesin pencari.

ADVERTISEMENT

Contoh SERP dengan iklan

Dengan demikian, ketika orang yang sedang mencari jasa SEO di Google maka halaman Anda yang pertama kali dilihat oleh penelusur tersebut.

Sehingga halaman website Anda akan mendapatkan trafik yang banyak dan penjualan pun semakin meningkat.

Berbeda jika Anda menggunakan teknik SEO, untuk mendapatkan muncul di halaman pertama Google memerlukan waktu yang relatif lama hingga berbulan-bulan, loh.

Teknik SEO memang tidak perlu membayar mesin pencari, namun jika menginginkan hasil yang singkat kami sarankan untuk menggunakan SEM.

Karena ketika iklan telah diterbitkan, maka Anda akan segera mengetahui hasilnya seperti jumlah trafik yang masuk ke halaman website.

Biaya Yang Dikeluarkan Bisa Disesuaikan

Untuk menggunakan metode SEM, biaya yang akan dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan dari diri masing-masing, ya.

Tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan untuk memulainya, bisa di coba mulai dari yang terkecil misalnya ratusan ribu hingga masuk ke angka jutaan.

Jika hasilnya memang sesuai, baru Anda bisa meningkat budget untuk mengiklan. Jangan sampai dengan menggunakan metode ini justru membuat Anda rugi.

Misalnya, dengan mengiklan penjualan Anda semakin meningkat dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Nah, dengan begitu berarti teknik SEM patut diteruskan.

Lagi pula, penerapan SEM yang harus dibayar oleh pengiklan ke mesin pencari sebanyak jumlah klik yang di dapat.

Semakin banyak yang mengklik maka akan semakin banyak pula yang harus dibanyarkan pengiklan ke mesin pencari.

Itulah sebabnya biaya yang dikeluarkan untuk iklan bisa disesuaikan dengan kemampuan pengiklan itu sendiri.

Baca Juga:

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali sebuah merek hanya dari melihat sesuatu yang menjadi identitas sebuah brand seperti warna, logo, maupun gambar.

Menerapkan SEM dipercaya mampu meningkatkan brand awareness dari suatu bisnis.

Karena setiap kali orang mengetikkan sesuatu yang terkait dengan layanan bisnis Anda maka mesin pencari akan menampilkannya karena relevan dengan kueri yang di ketikkan oleh penelusur.

Selain itu, dengan mengiklankan halaman bisnis Anda dengan metode SEM ini pula, Anda bisa dengan mudah mengalahkan berbagai macam kompetitor yang hanya menggunakan metode SEO tanpa SEM.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, jika ada seseorang melakukan penelusuran dengan mengetikan nama produk atau kueri yang menjadi target bisnis maupun kompetitor Anda, maka mesin penelusur akan menampilkan halaman website yang menggunakan iklan dari mesin penelusur seperti Google.

Walaupun hasil mesin pencarian dengan bentuk iklan tersebut tidak di klik tetap saja penelusur tidak bisa menghindarkan hasil tersebut.

Makanya, sudah pasti penelusur akan melihat dan mengingat hasil pencariannya. Apa lagi jika penelusur mengklik dengan hasil pencarian yang berbayar, mereka akan dapat melihat nama/merek, logo, warna dan lain sebagainya dari bisnis Anda.

Untuk itu, SEM sangat berpotensi dalam meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Setidaknya menurut Google, peningkatan bisa mencapai hingga 80%.

Patut dicoba, jika brand bisnis Anda tergolong baru sehingga perlu dikenal banyak orang terlebih dahulu sampai memiliki banyak pelanggan tetap nantinya.

Meningkatkan Konversi

Konversi adalah tujuan utama bagi penggiat digital marketing. Artinya, pebisnis secara digital mengharapkan konsumen melakukan transaksi yang menguntungkan.

Penggunaan SEM bisa meningkatkan konversi dari sebuah bisnis digital, apalagi jika membidik kata kunci search intent pembelian misalnya seperti kata “Jual”, “Murah”, “Diskon/promo”, “Baru/bekas”, dan masih banyak lagi lainnya.

Kata-kata seperti di atas sering disebut juga dengan Commercial Intent. Misalnya seperti contoh “hosting murah”.

Kata Kunci Search Intent untuk SEM

Commercial intent adalah kata yang digunakan dalam pencarian dengan tujuan untuk membeli. Seperti contoh halaman yang ada pada SERP di atas, jika di klik maka pengunjung akan diarahkan ke landing page.

Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut ke dalam judul menarik yang mengundang klik. Dengan demikian konversi dari website Anda akan semakin meningkat.

Baca Juga:

*****

Bagaimana cukup jelas bukan, apa yang akan Anda dapatkan dari manfaat penggunaan SEM untuk bisnis Anda.

Penggunaan Search Engine Marketing adalah salah satu faktor penting jika ingin mengembangkan bisnis secara online, apalagi ditambah dengan teknik SEO untuk keberlangsungan jangka panjang bisnis Anda muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Namun kembali lagi kepada keputusan masing-masing apakah ingin menggunakan SEM atau SEO, bisa juga keduanya.

Nah mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, jika terdapat pertanyaan yang ingin disampaikan bisa melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Silahkan bagikan artikel ini kepada teman atau bahkan saudara yang membutuhkan.

Akhir kata, semoga bermanfaat…

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Batam Hingga Jam Buka

20 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari alamat kantor pusat dan agen SiCepat Ekspres di Batam Kepulauan Riau (termasuk Tanjung Pinang dan Karimun), scroll sampai bawah ya. Karena selain alamat, akan ada …

Cara Lacak Kiriman Paket JNE Tanpa Resi

31 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Cara Cek dan Lacak Kiriman Paket JNE Tanpa Resi – Pernahkah kamu ingin melacak paket tapi kamu kehilangan nomor resinya? Jika tidak mempunyai nomor resi, apakah masih tetap bisa melacak …

Lengkap! Daftar Alamat Herona Express Jakarta [+Telepon Dan Jam Buka]

7 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang ingin menggunkan ekspedisi Herona Express di Jakarta pada artikel ini akan di sampaikan alamat lengangkap disertai nomor telepon dan jam buka layanannya. Untuk itu, silahkan simak hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *