ADVERTISEMENT

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar dan Cara Kerja SEO

Posted on 10 Feb 2021 By Mufti Syawaludin

Secara umum, SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization‘ atau ‘Optimisasi Mesin Pencari’, yang artinya teknik optimasi untuk merangking kata kunci dan menambah trafik di mesin pencari Google.

Supaya lebih paham lagi tentang SEO, kami tidak hanya membahas apa itu SEO namun juga berbagai manfaat dari SEO dan cara kerja SEO itu sendiri.

Serta berapa biaya dan tim SEO yang dibutuhkan untuk mengoptimasi sebuah website agar bisa tampil maksimal di mesin pencari seperti Google.

ADVERTISEMENT

Semuanya kami sajikan dengan bahasa yang sederhana mulai dari yang paling dasar, sehingga pembaca bisa lebih mudah untuk memahami SEO.

Istilah SEO tentunya sudah tidak asing lagi ya bagi sebagian orang yang sering berselancar di dunia internet. Tapi sebenarnya manfaat dari SEO itu apa, sih?

Langsung saja, silahkan simak penjelasannya dibawah ini secara lengkap dan detail ya…

Sekilas Tentang SEO

Sekilas Tentang SEO

Seperti yang telah disebutkan pada awal paragraf, mengenai apa itu SEO?

SEO adalah praktik mengoptimalkan sebuah website untuk meningkatkan visibilitas dari sebuah website atau halaman website tersebut pada pencarian yang relevan di mesin pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Dengan kata lain, SEO akan membuat perubahan tertentu pada desain website kamu dan konten yang membuat website kamu lebih menarik bagi mesin pencari.

ADVERTISEMENT

Tujuan dari pengaplikasian teknik SEO ini yaitu agar mesin pencari menampilkan websitemu sebagai hasil teratas pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

SEO adalah proses yang dilalui suatu organisasi untuk membantu memastikan bahwa peringkat website mereka tinggi di mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang relevan.

Sebagai contoh, ketikan kata kunci “Apple” di laman pencarian Google.

Keyword Apple

Bisa dilihat hasilnya, yang muncul adalah produk Apple bukanlah buah apel.

Dari sini membuktikan bahwa mesin pencari Google akan menampilkan konten atau topik pembahasan yang relevan yaitu sebuah produk Apple bukan buah Apel.

Karena kebanyakan orang akan mencari sebuah informasi mengenai brand Apple dibandingkan dengan buah Apel. Makanya, pada halaman satu Google dikuasai oleh brand Apple itu sendiri.

Apa Manfaat SEO?

Manfaat SEO

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, SEO bertujuan untuk menjadikan website kamu berada di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

ADVERTISEMENT

Ada banyak manfaat SEO untuk bisnismu. Dengan meningkatkan SEO, kamu bisa memperluas visibilitas websitemu di mesin pencari.

Hal ini membantumu menjangkau dan melibatkan lebih banyak pelanggan yang potensial.

Dengan membuat konten yang berfokus pada SEO yang lebih menarik dan efektif, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik yang ditargetkan.

Setidaknya ada lima manfaat utama SEO yaitu:

Meningkatkan Konversi Halaman Website

Dengan menggunakan layanan Google membuat semua tampilan halaman website kamu bisa ditampilkan dengan baik di semua perangkat seperti seluler, tablet, maupun desktop.

Dengan penyajian konten yang berkualitas dan mudah dibaca oleh para pengunjung sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di pada situs tersebut.

Mendapatkan Pengunjung Lebih Banyak

Jelas ini sangat mungkin terjadi, karena cara menampilkan website di halaman pertama Google salah satunya dengan menerapkan SEO di website kamu.

ADVERTISEMENT

Ini akan meningkatkan pengunjung website karena 75 persen pengunjung akan mengklik konten yang tampil teratas di mesin pencari.

Meningkatkan Kredibilitas Brand

SEO memiliki peran penting untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand baik di mata pengunjung maupun di mesin pencari seperti Google.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait website kamu sendiri seperti:

  • Kecepatan akses website
  • Keamanan website
  • Desain atau struktur website
  • Memiliki konten berkualitas

Biaya Relatif Lebih Murah

Dengan penggunaan SEO maka secara tidak langsung minim biaya yang dikeluarkan.

Karena dengan adanya halaman website yang nangkring di halaman satu mesin pencari Google maka website kamu akan mendapatkan pengunjung organik secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk marketing seperti pemasangan iklan, jasa paid promote dan sebagainya.

Mampu Bersaing Dengan Kompetitor

Dengan menggunakan layanan SEO kemungkinan untuk bersaing dengan berbagai macam kompetitor masih bisa diatasi.

Apalagi pesaing tidak menggunakan SEO, ini merupakan kesempatan emas bagi kamu untuk lebih unggul dibandingkan kompetitor bisnis kamu.

Baca Juga: 5 Situs Tempat Belajar Jualan Online Terbaik di Tahun 2021

Bagaimana Cara Kerja Google?

Cara Kerja Google

Dari berbagai macam mesin pencari seperti Bing, Yahoo! Search, Slideshare, yandex, dan masih banyak lagi lainnya. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mesin pencari Google.

Lebih dari 92 persen market shere menggunakan Google diberbagai negara besar, ini yang membuktikan bahwa Google masih mendominasi sebagai tempat penelusuran yang paling banyak penggunanya.

Berbagai macam informasi bisa didapatkan melalui internet dengan bantuan mesin pencari seperti Google ini.

Dengan mengetikan kueri di mesin pencari Google maka Google akan mencari semua halaman website yang tersimpan di dalam Google index.

Kemudian, hasil yang akan dimunculkan adalah konten dari halaman website yang paling sesuai atau relevan dengan kueri yang sedang dicari oleh pengguna.

Konten yang relevan sesuai dengan kueri atau kata kunci pencarian akan ditampilkan paling atas di halaman pencarian Google pertama.

Sepuluh konten yang ada pada halaman pertama di mesin pencarian Google sudah pasti dianggap paling relevan dan memberikan manfaat oleh Google.

Maka dari itu, untuk menjadi konten yang bisa masuk di sepuluh daftar di mesin pencari Google sudah pasti menjadi impian atau tujuan kebanyakan orang untuk website mereka.

Nah, perlu diketahui ya,

Untuk konten yang tampil pada halaman pertama ini merupakan peran dari algoritma mesin pencari Google.

Dimana algoritma mesin pencari Google akan melihat dari beberapa hal pada konten yang ada pada website kamu untuk menentukan bisa tampil pada halaman pertama atau tidak, bagian terkecil diantaranya: kata kunci yang digunakan, informasi yang relevan dan bermanfaat, sumber yang terpercaya, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika kamu ingin membangun sebuah website penting rasanya mengetahui cara kerja mesin pencari Google, agar konten-konten yang ada pada website kamu nantinya bisa merangking di mesin pencari Google sesuai dengan kata kunci.

Menurut Google, setidaknya ada tiga proses yang digunakan oleh Google untuk menampilkan konten yang berkualitas dan relevan di mesin pencarian, yaitu:

Crawling

Crawling merupakan proses penelusuran atau penjelajahan yang dilakukan oleh Googlebot ke semua halaman website melalui url yang ada pada halaman website tersebut.

Indexing

Indexing merupakan proses memasukan semua konten yang ada pada semua halaman website hasil dari proses crawling ke dalam database mesin pencari.

Rangking

Rangking merupakan proses mesin pencari melakukan perangkingan (peringkat) pada halaman yang dianggap relevan sesuai dengan kata kunci kemudian akan ditampilkan di mesin pencari.

Setelah memahami cara kerja Google menemukan konten yang relevan kemudian halaman konten tersebut di rangking untuk tampil di mesin pencari Google.

Untuk itu, sebaiknya kamu memahami cara kerja SEO yang berperan bisa membuat website kamu bisa tampil di halaman satu Google seperti yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Siapakah Ahli 10 Pakar SEO Indonesia Terbaik di Tahun 2021?

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Bagaimana Cara Kerja SEO

 

Setelah mengetahui pengertian SEO, supaya lebih paham lagi mengenai SEO sebaiknya mengetahui sistem kerja dari SEO itu sendiri.

Dimana cara kerja SEO ini bisa di lihat di bawah ini:

  • Crawlability
  • Brainstorming dan Riset Kata Kunci
  • Implemantasi dan Audit On Page SEO
  • Perencanaan dan Produksi Konten
  • Backlink
  • Maintenance

Silahkan simak di bawah ini, penjelasan dari poin-poin cara kerja SEO di atas:

Crawlability Checking Process

Sudah pasti ini menjadi kunci utama SEO, walaupun sifatnya teknis namun ini tidak boleh di abaikan.

Crawlability sendiri merupakan kemampuan Google untuk merayapi situs web, jadi pastikan bahwa situs website  yang kamu tangani mampu dirayapi oleh Google dengan baik.

Untuk itu, setidaknya terdapat 12 item teknis SEO yang harus diterapkan dalam website, yaitu:

  1. Robots.txt
  2. SSL HTTPS
  3. Redirection
  4. Canonicalization
  5. Sitemap
  6. Hreflang
  7. Taxonomy
  8. Mobile friendly
  9. Schema markup
  10. Webpage speed
  11. Search console
  12. Google analytic code

Tidak hanya diterapkan pada website namun harus diatur sesuai dengan kaidah SEO, hal ini masih sangat efektif untuk diterapkan pada sebuah website dan menjadi cara agar website terindex Google.

Selain item-item di atas, perlu diperhatikan juga penggunaan elemen-elemen SEO On-Page pada sebuah website.

Nah, apa saja elemen SEO On-Page yang di maksud? Berikut ini jawabannya:

  • Meta Tag SEO. Terdapat 7 meta tag yang harus ada yaitu:
    – Meta Title
    – Meta Description
    – Meta Charset
    – Meta Robots
    – Meta Refresh Redirect
    – Meta Viewport
    – Social Meta untuk sosial media.
  • Alt Text Image. Jangan lupa untuk memastikan alt text gambar berisi kata kunci
  • Heading SEO. Penerapan heading (H1, H2, dan H3) pada setiap halaman website.
  • Internal Link. Sertakan internal link di setiap konten atau topik yang berkaitan bisa sebagai related content.
  • Mapping Keyword. Pastikan semua kata kunci teroptimasi dengan baik, seperti kata kunci utama, turunan/long-tail keyword, LSI keyword.
  • Memahami Search Intent. Kata kunci yang ada pada website harus berhubungan dengan kata kunci hasil pencarian di Google.

Lakukan pengecekan pada elemen On-Page tersebut yang harus ada pada sebuah website dan pastikan juga tidak terdapat duplikasi, misalnya seperti titel, meta deskripsi atau mapping keyword utama di setiap halaman.

Brainstorming and Keyword Research

Keyword Research

Brainstorming merupakan suatu cara penyelidikan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dilakukan oleh tim dengan sebuah pengembangan ide baru dari anggota kelompok.

Proses brainstorming ini dilakukan berjalan secara bersamaan dengan proses crawlability checking process atau checking technical SEO yang ada di atas pada cara kerja SEO.

Dimana brainstorming dilakukan bersama tim baik itu owner, bagian riset kata kunci dan product knowledge.

Adapun beberapa hal yang akan ditanyakan oleh tim SEO pada proses brainstorming, terkait:

  • Kata kunci apa yang akan dijadikan kata kunci utama di setiap halaman?
  • Memberikan rekomendasi peletakan kata kunci sesuai dan selaras SEO secara maksimal.
  • Halaman mana yang ada pada website yang akan dijadikan target?
  • Halaman mana yang tidak boleh di index?
  • Menentukan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada sebuah website.
  • Mengimplementasikan konten privasi dan keamanan ke dalam website seperti privacy policy, DMCA dan lain sebagainya.
  • Membuat skema dan open graph social media sesuai dengan data dan alamat perusahaan.

Selanjutnya, tim SEO akan melakukan dan menentukan beberapa hal pada tahapan riset keyword, diantaranya:

  • Melakukan riset kata kunci utama, turunan, serta kata kunci yang terkait atau berhubungan dengan topik sesuai target.
  • Malakukan riset kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) yang berhubungan dengan keyword utama.
  • Melakukan riset kompetitor yang akan menjadi pesaing di setiap kata kunci
  • Menentukan kata kunci yang mudah bersaing dengan kompetitor lain.
  • Menentukan nilai dan kelayakan keyword (Search Intent) sebagai tujuan menggunakan mesin pencari.
  • Menentukan atau melakukan mapping keyword di sebuah halaman website.
  • Melakukan riset untuk konten Gap.

Tidak kalah pentingnya, selain melakukan riset kata kunci sebuah tim harus tau dengan Search Intent.

Pengertian Search Intent menurut Yoast adalah sebuah alasan dari tujuan seorang melakukan pencarian di mesin pencari.

Dengan kata lain Search Intent bisa diartikan mendeskripsikan tujuan pengguna mesin pencari dalam melakukan pencarian tertentu.

Untuk menjalankan strategi SEO, memahami search intent adalah salah satu yang harus dilakukan.

Agar nantinya, bisa mengetahui dan menentukan jenis konten yang sesuai dengan kata kunci dan sesuai dengan maksud dari tujuan pengunjung melakukan pencarian.

Sebagai contoh, misalnya dengan kata kunci “Laptop Asus Murah”. Maksud dari keyword tersebut adalah sebuah halaman penjualan laptop Asus bukan informasi yang membahas atau review laptop asus tersebut.

Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh tim SEO setelah melakukan brainstorming dan riset kata kunci adalah melakukan proses audit On Page dan implementasi On Page SEO.

Hal ini, sangat penting dilakukan untuk melihat apakah terdapat permasalahan (error) kemudian menentukan solusinya.

Audit dan Implementasi On Page SEO

Sebelumnya, menurut threedeepmarketing.com audit SEO adalah proses pemeriksaan atau kegiatan menganalisis suatu website untuk melihat kemungkinan adanya kesalahan-kesalahan yang dapat menghambat kinerja di mesin pencarian.

Sedangkan audit On Page SEO adalah tahapan menganalisa konten yang ada di dalam situs website, apakah sudah SEO-Friendly atau belum, apakah adanya celah kesalahan.

Dalam melakukan audit On Page SEO, tim SEO akan mengidentifikasi kata kunci yang ada dalam konten dimana keyword tersebut harus sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Nah, nantinya beberapa penemuan dari hasil audit ini akan dianalisa untuk mendapatkan solusi.

Solusi yang didapat kemudian akan diterapkan atau diimplementasikan.

Teknik On Page SEO
Teknik On Page SEO ©reliablesoft.net

Adapun indikator On Page SEO yang akan di audit dan dianalisis, diantaranya adalah:

  • Meta Title. Apakah judul sudah mengandung kata kunci yang ditergetkan, karakter judul terlalu sedikit atau malah terlalu banyak, dan apakah judul sudah menarik sehingga mengundang klik.
  • Meta Description. Sama seperti meta title dimana meta deskripsi apakah sudah terdapat kata kunci dan jumlah karakter yang sesuai serta menarik sehingga mengundang klik.
  • Heading. Pada setiap heading di dalam konten harus sesuai dengan topik atau kata kunci yang ditargetkan kemudian jenis heading yang digunakan seperti H1, H2, H3 dan seterusnya.
  • Alt Image SEO. Apakah gambar di setiap halaman mengandung kata kunci dan apakah sudah sesuai dengan topik konten.
  • URL. Perlu di perhatikan juga url yang digunakan, apakah mengandung kata kunci atau tidak, dan juga panjang url akan mempengaruhi kata kunci sehingga bisa tidak terlihat.
  • Kualitas Konten. Untuk memberikan sebuah konten yang relevan dan bermanfaat bagi pengunjungnya maka konten harus dibuat oleh yang lebih paham dengan topik atau produk itu sendiri seperti product manager, technical writer atau owner.Seperti halnya untuk konten marketing apakan peletakan tombol CTA sudah sesuai apa belum, sehingga membuat penjualan meningkat.
  • Jumlah Keyword. Di setiap konten memiliki jumlah kata kunci yang sesuai tidak terlalu banyak (keyword stuffing) dan tidak juga terlalu sedikit serta peletakannya sudah tepat atau belum.
  • Jumlah Kata. Ada berapa banyak jumlah kata di setiap konten serta penyajiannya apakah sudah menarik atau belum.
  • Schema Markup. Bagaimana penyajian konten pada schema mark up, apakah perlu diberikan seperti penilain, rating, FAQ, dan sebagainya atau tidak.
  • Internal Link. Link yang menghubungkan sebuah halaman website ke halaman lain dengan konten yang berkaitan masih dalam website yang sama.
  • Exsternal Link. Link keluar yang artinya menghubungkan ke halaman website lain.
  • Mobile Friendly. Website harus berpenampilan responsive yang bisa menyesuaikan tampilan diberbagai macam perangkat, terutama perangkat mobile.
  • Kecepatan Website. Kecepatan loading website saat di buka juga mempengaruhi kualitas website, maka dari itu pastikan website kamu memiliki kecepatan yang maksimal.

Proses audit ini dilakukan secara berkala setelah implementasi dilakukan, jika sudah mengimplementasikan proses tersebut maka seharusnya sudah ada index di mesin pencari seperti Google.

Setelah proses ini, langkah selanjutnya adalah content planning for blog. Bisa di simak penjelasannya berikut ini:

Baca Juga: Cara Optimasi On Page SEO Agar Muncul Di Google Halaman Pertama

Membuat Perencanaan dan Produksi Konten Untuk Halaman Blog

Perencanaan dan Produksi Konten Untuk Blog

 

Membuat perencanaan sangatlah penting untuk setiap upaya strategi.

Begitu pula perencanaan membuat konten akan mengembangkan sebuah ide-ide hebat yang nantinya akan menjadi konten menarik dan relevan sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Dengan adanya proses perencanaan dan produksi konten untuk halaman blog di sebuah website. Hal ini tidak kalah penting yang akan membuat halaman website mudah merangking.

Menurut laman brafton.com paling tidak ada sebelas hal untuk sebuah perencanaan dan produksi konten yang menarik bisa dilakukan, yaitu:

  1. Tinjau tujuan bisnis kamu, konten harus selaras dengan tujuan bisnis
  2. Audit konten, periksa secara berkala konten yang sudah dibuat
  3. Analisis kompetitor yang menjadi pesaing, lihat konten yang mereka sajikan kemudian buat konten lebih menarik lagi dibandingkan kompetitor.
  4. Tentukan kebutuhan pengunjung, sajikan konten sesuai dengan kebutuhan pengunjung
  5. Pilih topik pembahasan yang sesuai dengan tujuan
  6. Riset kata kunci sesuai dengan pilihan topik yang telah ditentukan sebelumnya
  7. Teliti kembali topik, perkaya wawasan dalam sebuah konten yang bisa didapat dari berbagai sumber sehingga konten akan lebih menonjol dan berbobot.
  8. Kembangkan judul, hal ini menjadi faktor penting yang akan menentukan calon pembaca mengklik artikel website kamu dari halaman mesin pencari.
  9. Tulis konten blog yang menarik untuk dibaca serta memiliki manfaat bagi pembacanya. Karena untuk saat ini kebanyak dari calon pembaca menggunakan seluler pastikan bahwa artikel konten memiliki paragraf yang tidak terlalu panjang.
  10. Tambahkan elemen visual untuk mempermudah pembaca mencerna informasi yang ada pada konten tersebut.
  11. Terakhir publikasikan konten kemudian lakukan pemantauan terhadap konten yang sudah dipublikasikan untuk mengetahui apakan konten tersebut sudah sesuai dengan tujuan dan harapan.

Adapun manfaat atau keuntungan dari pembuat artikel pada halaman blog di website kamu adalah:

  • Website akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.
  • Lebih mudah untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu di mata para pengunjung non-commercial.
  • Meningkatkan tingkat relevansi sebuah halaman yang di targetkan.
  • Memberikan pengunjung dari halaman blog ke halaman yang menjadi target.
  • Meningkatkan kekuatan domain sehingga besar kemungkinan akan mendapatkan link dari luar ke halaman website kamu.
  • Dapat mendapatkan organic keyword yang merangking dari mesin pencari seperti Google ke halaman website kamu.
  • Konten akan banyak di share ke sosial media oleh pengunjung sehingga traffic yang didapat juga banyak dari sosial media.
  • Dan masih banyak lagi manfaat dan keuntungan dari pembuatan konten blog yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Tampil Di Halaman Satu Google

Mengajukan Link Dari Website Lain (Backlink)

Mengajukan Link Dari Website Lain

 

Menurut situs moz.com, Backlink adalah link yang dibuat ketika suatu halaman situs website menautkan ke situs website lainnya.

Atau bisa juga kita artikan bahwa backlink adalah sebuah rekomendasi berupa link aktif dofollow di dalam konten website lain ke halaman website kita.

Backlink ini sangat penting dalam SEO hal ini termasuk kedalam Off Page SEO karena dengan adanya backlink ini membuktikan bahwa konten website kita mendapatkan jaminan atau kepercayaan dari situs lainnya.

Selain itu, dengan backlink juga bisa menjadi sebuah sinyal ke mesin pencari karena menjadi rekomendasi dari halaman situs website lain.

Besar kemungkinan jika mendapatkan backlink berkualitas, sebuah situs akan lebih mudah merangking di mesin pencari, dengan demikian maka akan lebih banyak mendapatkan pengunjung.

Pastinya backlink yang dimaksud bukanlah sembarangan backlink ya, namun backlink yang berkualitas.

Berikut ini beberapa kriteria dari backlink yang berkualitas:

  • Memiliki kekuatan domain yang tinggi

Untuk mengetahui sebuah domain itu kuat atau tidak, salah satunya dengan melihat Domain Rating (DR). Dimana domain rating digunakan sebagai cara mengetahui berapa banyak backlink yang didapatkan oleh sebuah website.

Semakin tinggi nilai DR maka semakin bagus untuk dijadikan rekomendasi penanaman backlink. Cara untuk mengetahui DR sebuah website bisa menggunakan software seperti Ahrefs.

Selain DR, ada juga yang menjadi tolak ukur untuk backlink dengan domain yang kuat diantaranya

  • Memiliki Alexa Rank yang bagus

Alexa Rank digunakan sebagai tolak ukur penilaian sebuah situs apakah sudah baik atau belum. Dimana sebuah website yang bagus adalah memiliki alexa rank yang rendah.

  • Memiliki trafik atau pengunjung yang banyak

Sebuah website dengan pengunjung yang banyak ini akan berdampak pula pada halaman website yang menanamkan link pada halaman website tersebut.

Sederhananya, semakin banyak pengunjung website yang ditanam link maka kemungkinan besar semakin banyak pula pengunjung yang kita dapat dari website tersebut.

  • Memiliki kualitas Outbound Link yang bagus

Outbound link yang ditanam harus aktif dan bersifat dofollow, sehingga link tersebut akan berperan bagus untuk menunjang website kita bisa dirayapi Google dan besar kemungkinan bisa halaman tujuan bisa merangking.

  • Kualitas pemilik website

Maksud dari kualitas pemilik website yang akan ditanami backlink ini adalah pastikan artikel atau konten yang di buat apakah berkualitas misalnya konten dibuat atau ditulis secara original bukan hasil dari spin artikel atau cuma copy paste saja.

  • Situs website terindeks Google

Sebuah website yang akan dijadikan untuk penanaman backlink paling tidak harus terindeks Google. Jika tidak terindeks sebaiknya lupakan saja untuk menanam backlink pada website tersebut.

Untuk mengetahui sebuah website terindeks atau tidak sangatlah mudah, sebagai contoh silahkan ketikkan pada halaman pencarian Google site:namadomain.com kemudian klik cari maka akan muncul informasi terkait website tersebut.

Jika tidak ada informasi apapun, bisa dipastikan bahwa website tersebut tidak terindeks.

Maintenance dan Report

Ok, cara kerja SEO selanjutnya adalah maintenance dan report baik secara harian, bulanan dan tahunan jika perlu per kuartal.

Hal ini harus dilakukan setelah semua cara kerja SEO yang telah disampaikan di atas telah diimplementasikan.

Seharusnya seiring berjalannya waktu proses-proses tersebut sudah membuahkan hasil seperti:

  • Jumlah pengunjung yang masuk
  • Jumlah Pageviews
  • Karakter pengunjung yang masuk dari mesin pencari
  • Keyword organik yang masuk
  • CTR di SERP
  • Bounce Rate
  • Backlink
  • Dan lain sebagainya

Data-data tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dan laporan yang nantinya dalam melalukan maintenance bisa berjalan lancar dan faham betul apa yang perlu untuk di maintenance.

Baca Juga: 10 Cara Memilih Jasa Pembuatan Website untuk Bisnis & Profesional

Berapa Lama Hasil SEO Terlihat?

Bisa dikatakan SEO adalah sebuah proses, jadi memerlukan waktu hingga mencapai hasil sesuai dengan tujuan.

Dimana tujuan dari SEO adalah yang paling utama supaya halaman website bisa nangkring di halaman satu Google.

Biasanya proses SEO ini memerlukan waktu di antaran 6 bulan hingga 9 bulan.

Setelah menerapkan langkah-langkah optimasi yang telah dijelaskan di atas seperti riset kata kunci, meminta backlink ke website lain, membuat konten berkualitas, dan lain sebagianya berjalan lancar.

Kemudian Tim SEO akan selalu melakukan maintenance secara rutin, dan akan memperbaiki apabila ditemukan temuan kesalahan.

Namun, perlu kamu ketahui.

Agar tidak terjadi kesalah fahaman, tim SEO hanyalah melakukan apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan cara kerja SEO yang mana tidak ada jaminan dari tim SEO itu sendiri untuk website yang di optimasi mendapatkan halaman pertama di Google.

Karena yang menentukan sebuah website atau halaman website bisa muncul pada halaman pertama Google adalah Google itu sendiri.

Berapa Tim SEO Yang Dibutuhkan Agar Website Tampil Maksimal Di Mesin Pencari Google?

Berapa Tim SEO Yang Dibutuhkan_

Disini kami sampaikan setidaknya untuk sebuah tim SEO harus memiliki orang-orang yang bisa berkolaborasi satu sama lain untuk kelancaran proses kerja SEO hingga website bisa tampil maksimal di mesin pencari Google.

Adapun profesi yang cocok bergabung dan berkolaborasi pada tim SEO diantaranya:

  1. SEO Specialist, yaitu orang yang memiliki wawasan yang luas dan mendalam mengenai SEO baik secara teknis maupun teori. Didalam sebuah tim maka seorang specialist SEO harus mampu berkolaborasi dengan berbagai divisi seperti marketing dan teknologi.
  2. UI/UX Designer, yaitu orang yang memiliki keterampilan dalam menentukan sebuah tampilan yang menarik dan juga untuk meningkatkan kepuasan pengguna pada tampilan sebuah website.
  3. Front End Programmer, yaitu seorang pengembang tampilan situs yang berkolaborasi untuk implementasi On Page SEO.
  4. Back End Programmer, yaitu seorang yang bertanggung jawab pada hal teknikal SEO, disini berkolaborasi untuk memaksimalkan seperti SSL HTTPS, sitemap, robots.txt, dan lain sebagainya.
  5. Content Writer, yaitu seorang yang bertugas menulis artikel SEO friendly atau membuat konten yang berkualitas serta relevan.
  6. Social Media Specialist, yaitu seorang yang mengerti sosial media, disini berkolaborasi untuk meningkatkan traffic dari sosial media yang nantinya bisa berpengaruh ke peningkatan ranking website .
  7. Link Building, yaitu seorang yang berperan mencari traffic dari website lain yang memiliki kekuatan domain yang tinggi.
  8. Digital Advertiser, yaitu seorang yang bertugas menentukan halaman website yang akan diiklankan, dan paid traffic untuk meningkatkan kualitas website di mesin pencari.

Setidak ada 8 orang seperti yang disebutkan di atas untuk tergabung ke sebuah tim SEO supaya segala upaya kerja SEO nantinya berjalan dengan lancar dan meraih hasil sesuai dengan harapan.

Nah, bagaimana untuk skala UMKM atau Blogger?

Tenang, untuk skala UMKM atau Blogger bisa menggunakan jasa SEO atau bisa juga dengan menggunakan freelance sesuai dengan divisi diatas.

Selain itu, para blogger bisa dibantu dengan cara membeli template, plugin SEO wordpress terbaik, plugin sitemap wordpress terbaik, jasa backlink, dan jasa optimasi server.

Berapa Biaya Untuk SEO?

Dengan tim SEO yang prosfesional dan berbagai macam kinerja yang dilakukan oleh tim SEO, biaya yang dibutuhkan untuk sebuah SEO berkisaran antara Rp15.000.000 hingga Rp20.000.000.

Itu sudah sebanding jika melihat cara kerja SEO yang sudah dijelaskan di atas, ini pun pastinya akan membuahkan hasil yang sepadan dengan tujuan website kamu.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Plugin Toko Online Terbaik Untuk Website Kamu!

*****

Ok itulah pembahasan kita kali ini sedikit mengenal apa itu SEO, manfaatnya seperti apa, hingga cara kerja SEO.

Setelah panjang kali lebar pembahasan ini, perlu di pahami bahwa ternyata untuk menerapkan SEO bukanlah main-main.

Hal ini sangat berpotensi baik untuk bisnis online kamu, dengan memiliki sebuah website atau halaman website merangking di mesin pencari seperti Google akan semakin besar keuntungan yang didapat dengan banyaknya pengunjung.

Ok, itulah informasi yang bisa kami sampaikan, karena pembahasan mengenai SEO ini sangatlah panjang, maka artikel ini akan selalu kami update secara berkala.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah ini.

Mungkin cukup sekian, terimakasih atas waktunya yang telah menyempatkan untuk membaca artikel ini

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Info Lengkap Daftar Alamat, Telepon, Jam Buka Herona Express Surabaya

3 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sedang mencari alamat Herona Express di Surabaya Jawa Timur maka sudah berada pada halaman yang tepat karena di sini akan disampaikan lengkap beserta nomor telepon dan jam …

Apa itu Harbolnas? Kapan dan Dimana Bisa Ikut?

11 Des 2020 BY Mufti Syawaludin

Kabar gembira nih telah datang Harbolnas yang merupakan momen tepat bagi kamu yang suka belanja online maupun yang memiliki bisnis jualan online. Jangan sia – siakan kesempatan ini karena akan …

Ini Dia Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO, Pilih Yang Mana?

1 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Masih banyak orang yang belum tau perbedaan white hat SEO dan black hat SEO, dimana mengetahuinya adalah sangat penting untuk keberhasilan bisnis online Anda kedepannya. Makanya, jangan sampai salah dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *